Loading...
Loading...

10 Anggota DPD Kristen Peraih Suara Terbanyak

Artikel ini berisi tentang Anggota DPD Kristen peraih suara terbanyak pada pemilu 17 April 2019 lalu.

Pemilihan umum untuk memilih para anggota DPR RI/DPRD dan anggota DPD RI, yang pelaksanaannya berbarengan dengan pemilihan presiden dan wakil presiden, telah berlalu.

Dan para pemenangnya juga sudah bisa ditentukan, sebab telah diumumkan secara resmi oleh KPU RI, termasuk para anggota DPD RI.

Sebagai informasi, Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) adalah lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang anggotanya merupakan perwakilan dari setiap provinsi yang dipilih melalui Pemilihan Umum.

Baca juga: 27 Anggota DPD RI Periode 2019-2024 Beragama Kristen

DPD lahir pada tanggal 1 Oktober 2004, ketika 128 anggota DPD yang terpilih untuk pertama kalinya dilantik dan diambil sumpahnya. Sebelum tahun 2004, lembaga ini disebut Utusan Daerah (UD), yang menjadi satu fraksi tersendiri di MPR RI.

Anggota DPD berasal dari setiap provinsi, di mana setiap provinsi diwakili oleh 4 orang yang mendapat suara terbanyak di provinsinya dalam pemilihan umum.

Baca juga: 82 Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Beragama Kristen

DPD bersama Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) membentuk Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI). Artinya, anggota MPR adalah anggota DPR ditambah dengan anggota DPD.

DPD memiliki fungsi pengajuan usul, ikut dalam pembahasan dan memberikan pertimbangan yang berkaitan dengan bidang legislasi tertentu serta pengawasan atas pelaksanaan Undang-Undang tertentu.

Baca juga: 10 Anggota DPR Kristen Peraih Suara Terbanyak

Masa jabatan anggota DPD, yang sering disebut sebagai senator atau anggota senat, sama dengan masa jabatan anggota DPR RI, yakni 5 tahun, dan berakhir bersamaan pada saat anggota DPD yang baru mengucapkan sumpah/janji.

Artikel kali ini akan membahas tentang 10 Anggota DPD Kristen peraih suara terbanyak (baik Protestan maupun Katolik), pada Pemilu 2019 lalu.

Baca juga: 7 Caleg Kristen Milenial Yang Lolos Ke Senayan

Data-data ini berdasarkan hasil rekapitulasi yang telah diumumkan secara resmi oleh KPU RI, pada 31 Agustus 2019 silam.

Lalu, siapa sajakah 10 Anggota DPD Kristen peraih suara terbanyak di Pemilu 2019 lalu?

Berikut daftarnya dan profil singkat mereka, serta jumlah suara yang berhasil mereka raih.

 

1. Yorrys Raweyai (Suara: 962.880)

Anggota DPD Kristen peraih suara terbanyak pertama adalah Yorrys Th. Raweyai.

Yorrys Th. Raweyai adalah anggota DPD RI terpilih dari Papua yang lahir di Serui, Papua, pada 28 Januari 1951.

Pada Pemilu 17 April 2019 silam, Yorrys Raweyai meraup sebanyak hampir 1 juta suara, tepatnya 962.880, di Daerah Pemilihan (Dapil) Papua.

Capaian suara yang fantastis tersebut bukan hanya menjadikan Yorrys sebagai peraih suara terbanyak di dapil Papua, tetapi juga merupakan sebuah rekor baru untuk pemilu DPD RI di Papua, sejak lahirnya DPD RI pada 2004 silam.

Sebelum menjadi anggota DPD RI, Yorrys dikenal sebagai tokoh senior Golkar, yang pernah menjadi anggota DPR RI dari partai tersebut pada periode 2009-2014, juga salah satu Ketua DPP Partai Golkar.

Yorrys aktif di banyak organisasi. Ia menjadi Ketua Umum Angkatan Muda Partai Golkar (PP-AMPG), Ketua Umum Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), dan Ketua Dewan Adat Papua hingga saat ini.

 

2. Willem T.P. Simarmata (Suara: 803.638)

Anggota DPD Kristen peraih suara terbanyak kedua adalah Pdt. Willem T.P. Simarmata.

Pdt. Willem T.P. Simarmata adalah anggota DPD RI terpilih dari Sumatera Utara yang lahir di Samosir,  Sumatera Utara, pada tanggal 4 Juli 1954.

Pada Pemilu 17 April 2019 lalu, Pdt. Willem Simarmata berhasil memperoleh suara sebanyak 803.638 di Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara.

Suara sebesar itu membuat Pdt. Willem Simarmata menjadi peraih suara terbanyak di Sumatera Utara, baik untuk pemilu DPD RI, maupun DPR RI.

Hal ini cukup wajar mengingat Pdt. Willem Simarmata adalah tokoh Kristen berpengaruh di  Sumatera Utara, khususnya di kalangan gereja HKBP, gereja terbesar di Sumatera Utara, bahkan di Indonesia.

Pdt. Willem Simarmata adalah Ephorus HKBP pada periode 2012-2016, dan Sekjen HKBP pada periode sebelumnya.

 

3. Sabam Sirait (Suara: 626.618)

Anggota DPD Kristen peraih suara terbanyak ketiga adalah Sabam Sirait.

Sabam Sirait adalah anggota DPD RI terpilih dari DKI Jakarta yang lahir di Tanjung Balai, Sumatera Utara, tanggal 13 Oktober 1936.

Pada Pemilu 17 April 2019 lalu, Sabam Sirait berhasil memperoleh suara sebanyak 626.618 di Daerah Pemilihan (Dapil) DKI Jakarta.

Dengan jumlah suara sebanyak itu, Sabam Sirait menjadi peraih suara terbanyak kedua untuk DPD RI di DKI Jakarta, setelah Prof. Jimly Asshiddiqie (mantan ketua MK).

Ini adalah periode kedua bagi Sabam Sirait sebagai anggota DPD RI, setelah sebelumnya menjadi anggota DPD RI Pergantian Antar Waktu (PAW), menggantikan A.M. Fatwa yang meninggal dunia.

Sebelumnya Sabam Sirait dikenal sebagai politisi senior PDIP, yang pernah duduk di DPR RI selama beberapa periode dan selama 10 tahun menjadi Sekjen PDI (cikal bakal PDIP).

Sabam Sirait adalah ayah dari Maruarar Sirait, juga seorang politisi PDIP yang populer.

 

4. Badikenita Sitepu (Suara: 496.760)

Anggota DPD Kristen peraih suara terbanyak keempat adalah Badikenita Sitepu.

Badikenita Sitepu adalah anggota DPD RI terpilih dari Sumatera Utara yang lahir di Kabanjahe, Sumatera Utara pada 27 Juni 1975.

Pada Pemilu 17 April 2019 silam, Badikenita Sitepu berhasil meraih suara sebanyak 496.760 di Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara.

Badikenita Sitepu adalah anggota DPD RI periode 2014-2019 Pergantian Antar Waktu (PAW). Ia menggantikan H. Rijal Sirait yang ditahan KPK dalam kasus suap.

Sebelumnya Badikenita Sitepu adalah seorang akademisi/dosen di Universitas Sumatera Utara (USU), Medan.

Badikenita Sitepu menyelesaikan gelar doktornya di Universitas Indonesia (UI), Jakarta.

 

5. Lily Amelia Salurapa (Suara: 474.696)

Anggota DPD Kristen peraih suara terbanyak kelima adalah Lily Amelia Salurapa.

Lily Amelia Salurapa adalah anggota DPD RI terpilih dari Sulawesi Selatan yang lahir di Toraja, Sulawesi Selatan, pada 10 April 1958.

Pada Pemilu 17 April 2019 silam, Lily Amelia Salurapa berhasil meraih suara sebanyak 474.696 di Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Selatan.

Sebelum terpilih menjadi anggota DPD RI,  Lily Amelia Salurapa adalah seorang pensiunan PNS di Kementerian Pariwisata RI.

Lily Amelia Salurapa juga merupakan ketua Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Jabodetabek.

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!