Loading...
Loading...

10 Anggota DPD Kristen Termuda

Artikel ini berisi tentang Anggota DPD Kristen termuda periode 2019-2024, yang terpilih pada 17 April 2019 yang lalu.

Pemilihan umum untuk memilih para anggota DPR RI/DPRD dan anggota DPD RI, yang pelaksanaannya berbarengan dengan pemilihan presiden dan wakil presiden, telah berlalu.

Dan para pemenangnya juga sudah bisa ditentukan, sebab telah diumumkan secara resmi oleh KPU RI, termasuk para anggota DPD RI.

Sebagai informasi, Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) adalah lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang anggotanya merupakan perwakilan dari setiap provinsi yang dipilih melalui Pemilihan Umum.

Baca juga: 27 Anggota DPD RI Periode 2019-2024 Beragama Kristen

Anggota DPD berasal dari setiap provinsi, di mana setiap provinsi diwakili oleh 4 orang yang mendapat suara terbanyak di provinsinya dalam pemilihan umum.

DPD bersama Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) membentuk Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI).

DPD memiliki fungsi pengajuan usul, ikut dalam pembahasan dan memberikan pertimbangan yang berkaitan dengan bidang legislasi tertentu serta pengawasan atas pelaksanaan Undang-Undang tertentu.

Baca juga: 82 Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Beragama Kristen

Artikel kali ini akan membahas tentang Anggota DPD Kristen termuda Periode 2019-2024 (baik Protestan maupun Katolik), yang terpilih pada pemilu 17 April 2019 lalu.

Data-data ini berdasarkan hasil rekapitulasi yang telah diumumkan secara resmi oleh KPU RI, pada 31 Agustus 2019 silam.

Baca juga: 10 Anggota DPD Kristen Peraih Suara Terbanyak

Anggota DPD Kristen termuda ini berasal dari berbagai latar belakang dan dari enam Daerah Pemilihan (Dapil)/Provinsi.

Mereka maksimal berusia 44 tahun, bahkan masih ada yang berusia di bawah 30 tahun.

Mereka semua diharapkan bisa bekerja dengan baik sebagai wakil rakyat serta menjadi sumber inspirasi bagi para pemuda Kristen untuk berkarya di bidang mereka masing-masing.

Baca juga: 7 Caleg Kristen Milenial Yang Lolos Ke Senayan

Sebab di zaman modern ini tidak ada lagi bidang kehidupan atau dunia kerja yang tak bisa dimasuki oleh kaum muda, asalkan mereka punya kemampuan.

Lalu, siapa sajakah kesepuluh Anggota DPD Kristen termuda Periode 2019-2024 (baik Protestan maupun Katolik), yang terpilih pada pemilu 17 April 2019 lalu?

Berikut daftarnya dan profil singkat mereka, termasuk jumlah suara yang berhasil mereka raih.

 

1. Octovianus P. Tebai (27 Tahun)

Anggota DPD Kristen termuda pertama adalah Octovianus P. Tebai.

Octovianus P. Tebai adalah anggota DPD RI terpilih dari Papua yang lahir di Modio, Papua pada tanggal 5 Oktober 1991.

Jadi Octovianus P. Tebai saat ini masih berusia 27 tahun.

Pada Pemilu 17 April 2019 yang lampau, Octovianus P. Tebai berhasil meraup suara sebanyak 425.159 di Daerah Pemilihan (Dapil) Papua.

Sebelum terpilih menjadi anggota DPD RI, Octovianus P. Tebai bekerja sebagai Tenaga Kontrak di Dinas Perhubungan Kabupaten Nabire, Papua.

 

2. Angelius Wake Kako (29 Tahun)

Anggota DPD Kristen termuda kedua adalah Angelius Wake Kako.

Angelius Wake Kako adalah anggota DPD RI terpilih dari Nusa Tenggara Timur yang lahir di Woloora, Nusa Tenggara Timur pada tanggal 22 Januari 1990.

Jadi Angelius Wake Kako saat ini masih berusia 29 tahun.

Pada Pemilu 17 April 2019 yang lalu, Angelius Wake Kako berhasil mengumpulkan suara sebanyak 179.197 di Daerah Pemilihan (Dapil) Nusa Tenggara Timur.

Angelius Wake Kako adalah mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI).

Angelius Wake Kako pernah populer tatkala melaporkan Habib Rizieq Shihab ke Polda Metro Jaya (Jakarta Raya) dalam kasus dugaan penistaan agama Kristen (Kristiani).

 

3. Asyera Respati A. Wundalero (35 Tahun)

Anggota DPD Kristen termuda ketiga adalah Asyera Respati A. Wundalero.

Asyera Respati A. Wundalero adalah anggota DPD RI terpilih dari Nusa Tenggara Timur yang lahir di Jakarta pada 11 November 1983.

Jadi Asyera Respati A. Wundalero saat ini masih berusia 35 tahun.

Pada Pemilu 17 April 2019 lalu, Asyera Respati A. Wundalero berhasil memperoleh suara sebanyak 199.022 di Daerah Pemilihan (Dapil) Nusa Tenggara Timur. (Baca: 8 Perempuan Kristen Di  DPD RI Periode 2019-2024)

Sebelum terpilih menjadi anggota DPD RI periode 2019-2024, Asyera Respati A. Wundalero dikenal sebagai seorang dokter yang berpraktek di kota Bekasi, Jawa Barat.

Asyera merupakan perempuan Sumba yang lahir dan tinggal di pulau Jawa.

Ia aktif mengkampanyekan industri obat herbal di NTT. Dan ternyata idenya tersebut berhasil memikat hampir 200 ribu warga NTT untuk memilihnya sebagai anggota DPD RI mewakili mereka.

 

4. Alexander Fransiscus (38 Tahun)

Anggota DPD Kristen termuda keempat adalah Alexander Fransiscus.

Alexander Fransiscus adalah anggota DPD RI terpilih dari Kepulauan Bangka Belitung yang lahir di Mentok, Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 4 April 1981.

Jadi Alexander Fransiscus saat ini masih berusia 38 tahun.

Pada Pemilu 17 April 2019 silam, Alexander Fransiscus berhasil merai suara sebanyak 71.588 di Daerah Pemilihan (Dapil) Kepulauan Bangka Belitung.

Sebelum terpilih menjadi anggota DPD RI, Alexander Fransiscus bekerja sebagai karyawan swasta.

 

5. Mamberob Yosepus Rumakiek (40 Tahun)

Anggota DPD Kristen termuda kelima adalah Mamberob Yosephus Rumakiek.

Mamberob Yosephus Rumakiek adalah anggota DPD RI terpilih dari Papua Barat yang lahir di Teminabuan, Papua Barat pada tanggal 16 Maret 1979.

Jadi Mamberob Yosephus Rumakiek saat ini masih berusia 40 tahun.

Pada Pemilu 17 April 2019 yang lampau, Mamberob Yosephus Rumakiek berhasil mengumpulkan suara sebanyak 85.062 di Daerah Pemilihan (Dapil) Papua Barat.

Sebelum terpilih menjadi anggota DPD RI, Mamberob Yosephus Rumakiek adalah Anggota DPD RI Periode 2014-2019 PAW (Pergantian Antar Waktu).

Ia menggantikan posisi Abdullah Manaray, yang mengundurkan diri karena mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur, berpasangan dengan calon Gubernur Irene Manibuy di Pilkada Papua Barat tahun 2017.

Saat Pemilihan anggota DPD untuk provinsi Papua Barat pada 2014 lalu, Mamberob menduduki urutan kelima, dengan jumlah 39.401 suara.

Mamberob Yosephus Rumakiek juga merupakan mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI).

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!