10 Bukti Alkitab Bahwa Yesus Adalah Tuhan

 

6. Keilahian Yesus Dalam Kitab Filipi

“Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib” (Filipi 2:5-8).

Dalam kitab Filipi yang ditulis oleh rasul Paulus, terdapat juga ayat Alkitab yang mencatat tentang keilahian Yesus, yang mendukung ajaran bahwa Yesus adalah Tuhan, yang ilahi.

Dalam ayat di atas, dicatat tentang Yesus Kristus yang pada dasarnya adalah dalam rupa Allah Bapa, yang setara dengan Allah Bapa.

Namun kesetaraan dengan Allah Bapa ini tidak membuat Yesus menganggapnya sebagai milik yang harus dipertahankan.

Sebaliknya, Yesus telah mengosongkan diriNya sendiri dan menjadi manusia agar Ia bisa menderita dan mati bagi manusia untuk menebus dosa-dosa mereka.

Jadi Yesus pada dasarnya adalah Alah, yang derajatNya setara dengan Allah Bapa, namun Ia rela merendahkan diriNya sendiri dengan mengambil rupa manusia, berinkarnasi, datang ke bumi sebagai manusia, sehingga Ia dapat mengorbankan diriNya bagi manusia.

 

7. Keilahian Yesus Dalam Kitab Kolose

“Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan, karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.” (Kolose 1:15-17).

Dalam kitab Kolose, rasul Paulus juga mencatat ayat-ayat yang mendukung ajaran tentang keilahian Yesus, bahwa Yesus adalah Tuhan.

Seperti dikutip dalam ayat-ayat di atas, dapat disimpulkan bahwa Yesus telah ada sejak kekekalan dan bahwa Dia adalah Pencipta segala sesuatu.

Maksudnya adalah bahwa Yesus terlibat dalam penciptaan segala sesuatu, bersama dengan Allah Bapa.

Ayat-ayat ini jelas mengajarkan keilahian Yesus, bahwa Yesus adalah Tuhan, yang ilahi.

 

8. Keilahian Yesus Dalam Kitab Ibrani

Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta. Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi.” (Ibrani 1:1-3).

Penulis Surat Ibrani juga mencatat ayat-ayat Alkitab yang mendukung doktrin keilahian Yesus, bahwa Yesus adalah Tuhan.

Dalam ayat-ayat yang telah dikutip di atas, dicatat tentang Yesus sebagai gambar wujud Allah yang melaluiNya kita mengenal Allah Bapa (Yohanes 1:18).

Selainitu, dijelaskan juga bahwa melalui Yesus, Allah menjadikan segala sesuatu dan bahwa Yesus menopang segala sesuatu. Maksudnya, Yesus terlibat dalam penciptaan segala sesuatu.

Jadi ayat-ayat ini selaras dengan Injil Yohanes (poin 3 di atas), Kitab 1 Korintus (poin 5 di atas) dan kitab Kolose (poin 7 di atas) dalam hal Yesus sebagai Pencipta dan Penopang segala sesuatu.

 

9. Keilahian Yesus Dalam Kitab 2 Petrus

“Dari Simon Petrus, hamba dan rasul Yesus Kristus, kepada mereka yang bersama-sama dengan kami memperoleh iman oleh karena keadilan Allah dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Kasih karunia dan damai sejahtera melimpahi kamu oleh pengenalan akan Allah dan akan Yesus, Tuhan kita.” (2 Petrus 1:1-2).

 Ayat Alkitab selanjutnya yang mendukung keilahian Yesus, bahwa Yesus adalah Tuhan, adalah kitab 1 Petrus.

Dalam ayat-ayat yang dikutip di atas, rasul Petrus mencatat dua pribadi Allah secara sejajar, yakni Allah Bapa dan Tuhan Yesus, secara bersamaan.

Rasul Petrus menyebut Allah Bapa dan Tuhan Yesus sebagai Pemberi keselamatan kekal.

Orang percaya juga perlu mengenal bukan hanya Allah Bapa, tetapi juga Tuhan Yesus.

 

10. Keilahian Yesus Dalam Kitab Yudas

“Dari Yudas, hamba Yesus Kristus dan saudara Yakobus, kepada mereka, yang terpanggil, yang dikasihi dalam Allah Bapa, dan yang dipelihara untuk Yesus Kristus.” (Yudas 1:1).

Rasul Yudas juga mencatat tentang keilahian Yesus.

Rasul Yudas menyebut orang percaya dikasihi oleh Allah dan dipelihara untuk Yesus Kristus.

Bahwa orang percaya dipelihara untuk Yesus menunjukkan bahwa Yesus adalah Tuhan, yang ilahi, sehingga Ia menjadi tujuan hidup orang percaya.

Selain itu, penyebutan nama Yesus secara sejajar dengan Allah menunjukkan adanya kesetaraan Yesus dengan Allah, khususnya dalam konteks keselamatan orang percaya.

Jelas ayat Alkitab dalam kitab Yudas ini mengajarkan keilahian Yesus, Yesus adalah Tuhan.

 

Itulah 10 bukti ayat-ayat Alkitab yang menyatakan bahwa Yesus adalah Tuhan, yang ilahi.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

61 komentar untuk “10 Bukti Alkitab Bahwa Yesus Adalah Tuhan”

  1. Maaf mau tanya. Dalam imanat 11(7&8) menyebutkan bahwa babi haram (tdk boleh dimakan).tapi kenapa orang kristen boleh makan babi.

  2. Yesus sudah terang-terangan menyatakan diri-Nya adalah Tuhan Allah saat Yesus berbicara dengan Pilatus. Yesus menyatakan diri-Nya adalah Raja Sorga alias Raja segala raja. Segala puji sembah bagi Yesus Raja segala raja. Yesus adalah Tuhan Allah. Amin. GBU.

  3. Timbang Pangaribuan

    Manusia yang percaya yang harus memberi pengakuan sendiri, apakah Yesus itu adalah Tuhan bagi dirinya? Saya mengakui, Yesuslah Tuhanku, Guruku dan Juruselamatku.

    1. Kalau dikatakan berasal dari Hymne Platonis kurang tepat. Tetapi ayat-ayat itu bertujuan untuk menjelaskan pribadi Yesus (sebagai Logos/Firman), Allah yang menjadi manusia, dalam konteks pemahaman orang-orang yang telah dipengaruhi oleh filsafat Yunani (termasuk Plato) pada masa itu, termasuk Filo, seorang filsuf Yahudi.

      Demikian, terima kasih, Gbu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!