Loading...
Loading...

10 Cara Untuk Sukses Menurut Alkitab

success-pic

Artikel ini membahas tentang 10 cara untuk sukses menurut Alkitab dan pandangan Kristen.

Setiap orang pasti ingin menjadi orang yang sukses atau berhasil di dalam hidupnya. Dan itu adalah hal yang wajar, tak terkecuali bagi setiap orang Kristen. Sukses bukanlah hal yang salah.

Baca juga: 10 Tokoh Alkitab Yang Telah Sukses Di Usia Muda

Tuhan tidak pernah melarang kita untuk sukses.

Tuhan malah ingin agar kita orang Kristen menjadi orang yang sukses dalam hidup ini, bukan saja dalam hal materi, tetapi dalam segala aspek kehidupan.

Baca juga: 10 Tokoh Minoritas Alkitab Yang Berkuasa Di Tengah Kaum Mayoritas

Bahkan Tuhan tidak hanya ingin agar kita menjadi manusia yang sukses, Ia juga telah memberikan cara atau jalan bagi kita untuk mencapai kesuksesan atau keberhasilan tersebut.

Baca juga: 10 Tokoh Alkitab Paling Kaya

Dalam Alkitab, khususnya kitab Amsal, banyak dibahas tentang kesuksesan hidup, serta cara-cara untuk memperolehnya.

Berikut ini akan diberikan 10 cara untuk sukses menurut Alkitab atau menurut pandangan Kristen, khususnya yang diambil dari kitab Amsal.

 

1. Meyakini Bahwa Berkat Itu Asalnya Dari Tuhan

Cara untuk sukses menurut Alkitab yang pertama adalah dengan meyakini terlebih dahulu bahwa berkat itu sesungguhnya asalnya dari Tuhan.

Di dalam Amsal 10:22 dikatakan,

“Berkat TUHANlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.”

Apa arti ayat ini? Hal ini tidak berarti bahwa kita hanya percaya kepada Tuhan saja tanpa kita berusaha. Tetapi maksudnya adalah, tanpa perkenanan Tuhan maka segala jerih payah kita untuk meraih kesuksesan adalah sia-sia.

Jadi bagi orang percaya, hal pertama yang dibutuhkan dalam meraih kesuksesan adalah campur tangan Tuhan, bukan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kemampuan manusiawi kita.

Kita harus tahu bahwa segala sesuatu asalnya dari Tuhan. Dialah yang memberi kita kesehatan, kekuatan, kemampuan, dan hikmat dalam mengerjakan setiap pekerjaan dan usaha kita sehingga pekerjaan dan usaha tersebut berhasil.

Di sisi lain, kita hanyalah manusia yang terbatas. Tetapi jika kita selalu mengandalkan Tuhan dalam segala aspek hidup kita, maka kita akan dapat mencapai keberhasilan hidup.

 

2. Takut Akan Tuhan

Takut akan Tuhan artinya adalah membenci kejahatan atau dosa (Amsal 8:13). Jika hal ini kita lakukan maka Tuhan akan mengganjar kita dengan kekayaan, kehormatan, dan kehidupan, yakni kesuksesan yang seutuhnya.

Dalam Amsal 22:4 disebutkan,

“Ganjaran kerendahan hati dan takut akan TUHAN adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan.”

Sikap takut akan Tuhan adalah hal lain yang perlu kita miliki jika kita ingin mencapai kesuksesan hidup. Kita tidak cukup hanya sekadar melibatkan Tuhan dalam hidup kita, tetapi kita juga harus mempunyai sikap hidup yang mengasihi Tuhan serta membenci dosa.

Tuhan itu tidak senang dengan dosa, karena itu Dia tidak akan memberkati usaha orang-orang yang masih hidup di dalam dosa.

 

3. Mempersembahkan Harta Kita Kepada Tuhan

Cara untuk sukses menurut Alkitab yang kedua adalah mempersembahkan harta kita kepada Tuhan.

Jika kita mempersembahkan harta kita kepada Tuhan, maka kita akan diberkatiNya secara berlimpah-limpah. Amsal 3:9-10 berkata,

“Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu, maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.”

Banyak orang yang berpikir bahwa memberi persembahan kepada Tuhan hanya dapat kita lakukan setelah kita menjadi kaya atau berhasil. Tetapi justru sebaliknya, kita harus melakukannya terlebih dahulu; maka Tuhan akan memberkati hidup kita. Sebab sesungguhnya Tuhan tidak butuh harta kita, karena Ia tidak kekurangan suatu apa pun.

Ia hanya ingin menguji hati kita, sejauh mana kita mengasihi Dia dan terpaut pada harta kita. Jadi tujuan kita memberi persembahan kepadaNya adalah demi kebaikan kita sendiri, yakni agar kita diberkatiNya dan segala usaha kita dibuatNya berhasil.

Loading...
6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!