Loading...

10 Cara Untuk Sukses Menurut Alkitab

Loading...

 

4. Mempunyai Perencanaan

Di dalam Amsal 24:6 dikatakan,

“Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang, dan kemenangan tergantung pada penasihat yang banyak.”

Ini menggambarkan pentingnya perencanaan untuk mencapai sebuah keberhasilan. Hidup tanpa rencana yang jelas tidak akan mungkin bisa menghasilkan kesuksesan.
Kita tidak boleh punya prinsip, “Mengalir sajalah, nanti Tuhan akan tolong.” Dalam kasus tertentu memang kita boleh saja berkata demikian; tetapi dalam keseluruhan aspek hidup kita, kita tidak sepatutnya mempunyai prinsip seperti itu, jika kita ingin maju dan sukses.

Membuat perencanaan bukanlah sikap mengabaikan Tuhan. Di Alkitab tidak pernah dipertentangkan antara perencanaan dengan iman. Orang beriman harus punya rencana tentang masa depannya. Dan jika perencanaan sudah dibuat dengan jelas, baik jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang, maka kita akan lebih mudah untuk meraih keberhasilan.

Misalnya, apa yang akan kita lakukan hari ini, minggu ini, bulan ini, tahun ini, 5 tahun lagi, 10 tahun lagi, dan seterusnya. Tetapi tentu saja semua rencana tersebut harus kita serahkan kepada Tuhan sehingga bisa terwujud (Amsal 16:3).

 

5. Rajin Dan Kerja Keras

Tuhan ingin agar setiap kita rajin dan bekerja keras. Dengan kerajinan maka kita bisa mendapatkan kesuksesan dalam hidup ini. Inilah syarat penting lainnya untuk bisa sukses.

Di dalam Amsal 10:4 dikatakan,

“Tangan yang lamban membuat miskin, tetapi tangan orang rajin menjadikan kaya.”

Siapa saja yang rajin pasti akan berhasil. Bahkan orang yang tidak berbakat sekalipun akan berhasil, sejauh ia bekerja dengan rajin. Demikian juga sebaliknya, jika seseorang tidak rajin walaupun ia berbakat maka ia juga tidak akan mungkin mencapai keberhasilan dalam hidupnya.

Tidak semua manusia itu cerdas, berbakat, atau dari keluarga yang kaya. Namun setiap orang bisa menjadi orang yang sukses, asalkan ia rajin bekerja. Sebaliknya, jika seseorang malas bekerja, maka ia tidak akan mungkin mencapai kesuksesan (Amsal 13:4).

 

6. Bertekun

Ketekunan sangat dibutuhkan untuk meraih kesuksesan. Di dalam Amsal 13:11 dikatakan,

“Harta yang cepat diperoleh akan berkurang, tetapi siapa mengumpulkan sedikit demi sedikit, menjadi kaya.”

Dalam ayat ini disebutkan istilah “sedikit demi sedikit”. Artinya ada proses waktu yang harus dilalui, yang tentu saja membutuhkan kerja keras dan kesabaran. Mungkin kita sudah sering mendengar kata-kata Thomas Alva Edison, “Kesuksesan adalah 1 % bakat dan 99 % ketekunan.” Dan itu adalah benar!

Biasanya ketekunan berhubungan dengan sikap dan waktu. Jika seseorang bekerja dengan rajin, tetapi tidak sabar dalam menunggu keberhasilan, atau ketika menghadapi suatu masalah ia berhenti, maka ia tidak akan berhasil. Kerajinan dalam waktu yang singkat, tanpa berkesinambungan, akan membuat kita gagal mencapai keberhasilan.

Kerajinan adalah sesuatu yang dibutuhkan, tetapi ketekunan juga adalah sesuatu yang perlu untuk mencapai keberhasilan. Tidak ada kesuksesan tanpa ketekunan.

 

7. Mempergunakan Cara-Cara Yang Benar

Ada banyak cara untuk meraih kesuksesan, termasuk cara-cara yang tidak benar dan dibenci Tuhan. Tidak sedikit orang yang menghalalkan segala cara untuk mencapai kesuksesan. Namun bagi kita orang percaya, meraih kesuksesan haruslah dengan cara-cara yang benar, yang sesuai dengan firman Tuhan.

Di dalam Amsal 28:19 disebutkan,

“Siapa mengerjakan tanahnya akan kenyang dengan makanan, tetapi siapa mengejar barang yang sia-sia akan kenyang dengan kemiskinan.”

Loading...
6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!