Loading...

10 Cara Yesus Mengatakan Dia Adalah Tuhan

Loading...

 

4. Yesus Berkata Bahwa Ia Tak Berawal Dan Tak Berakhir

“Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir.” (Wahyu 22:13).

Ayat di atas adalah perkataan Tuhan Yesus sendiri kepada Rasul Yohanes, ketika Ia sudah ada di sorga.

Bandingkan dengan perkatan Allah Bapa ini,

“Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa.” (Wahyu 1:8).

Kedua ayat di atas, yang masing-masing diucapkan oleh Allah Bapa dan Tuhan Yesus, diambil dari Yesaya 44:6, yang merupakan perkataan Allah sendiri.

Jelas hal ini adalah sebuah pengakuan Yesus secara tidak langsung bahwa Ia adalah Tuhan, walaupun Dia tidak memakai istilah Tuhan. Sebab, siapakah yang kekal adanya, tidak berawal dan tidak berakhir, selain daripada Tuhan itu sendiri?

 

5. Yesus Mengatakan Bahwa Ia Akan Datang Sebagai Hakim Manusia Kelak

“Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.” (Matius 16:27)

Banyak orang dari berbagai agama yang memercayai bahwa kelak pada suatu waktu akan ada masa penghakiman, di mana Tuhan sendiri yang menjadi Hakimnya.

Tetapi dalam ayat di atas Yesus menegaskan bahwa Dialah yang akan datang kelak menghakimi manusia, bukan orang lain, atau tuhan yang lain.

Hal ini berarti bahwa Yesus adalah Tuhan. Sebab tidak seorang pun yang berkuasa menghakimi manusia pada akhir zaman. Hanya Yesus bersama BapaNya yang kelak mengadili semua manusia (Wahyu 22:1).

 

6. Yesus Mengatakan Pada Akhir Zaman Banyak Orang Yang Berseru KepadaNya Sebagai Tuhan

“Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?” (Matius 7:22).

Tuhan Yesus berkata bahwa pada akhir zaman akan banyak orang yang berseru kepadaNya dengan memanggilnya Tuhan.

Mereka mengaku telah bernubuat demi nama Yesus, mengusir setan demi namaNya, dan mengadakan banyak mujizat demi namaNya.

Namun Tuhan Yesus akan menolak mereka, bukan karena Ia bukan Tuhan seperti yang mereka panggil, tetapi karena mereka melakukan kejahatan (Matius 7:23).

Perlu diperhatikan, konteks perkataan Yesus ini adalah akhir zaman, maka tentu “Tuhan” (Kurios) yang dimaksud adalah dalam pengertian ilahi, sebab hanya Tuhanlah yang berhak menghakimi manusia pada akhir zaman (lihat poin 5 di atas).

 

7. Yesus Mengatakan Bahwa Hidup-Mati Semua Orang Tergantung Pada DiriNya

“Jawab Yesus: Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya….” (Yohanes 11:25-26a).

Siapakah manusia di dunia ini, apakah ia nabi, rasul, pemimpin agama, atau pemimpin politik dan pemerintahan, yang berkuasa menentukan nasib akhir manusia? Tidak ada! Hanya Tuhan yang berkuasa menentukannya.

Loading...
18 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!