10 Fakta Tentang Agama Kristen Yang Wajib Diketahui

Artikel ini berisi tentang 10 fakta tentang agama Kristen/Katolik yang perlu diketahui.

Agama Kristen/Katolik adalah salah satu agama atau kepercayaan yang ada di dunia.

Di Indonesia sendiri agama Kristen dan Katolik merupakan agama resmi yang diakui oleh negara.

Agama Kristen, atau biasa juga disebut gereja Kristen, terdiri dari berbagai cabang atau aliran, seperti Katolik, Ortodoks, Anglikan, dan berbagai aliran gereja Protestan (Ekumenikal, Injili, Baptis, Metodis, Advent, Pentakosta, Karismatik, dll).

Namun hanya ada dua aliran Kristen paling besar, yakni aliran Protestan dan aliran Katolik.

Baca juga: 157 Negara Di Dunia Mayoritas Beragama Kristen

Kedua aliran utama Kristen ini bahkan sudah dianggap sebagai dua agama yang berbeda, yakni agama Kristen Protestan dan agama Kristen Katolik.

Agama Kristen Protestan lebih sering disebut sebagai agama Kristen saja. Sedangkan agama Kristen Katolik lebih sering disebut sebagai agama Katolik saja.

Kendati demikian, pada dasarnya Kristen Katolik dan Kristen Protestan merupakan dua aliran utama Kristen yang sama-sama termasuk pada agama Kristen.

Sebab ada lebih banyak persamaan di antara keduanya ketimbang perbedaannya, sekalipun harus diakui bahwa perbedaan di antara keduanya juga cukup besar.

Baca juga: 20 Negara Di Dunia Dengan Populasi Kristen Terbesar

Sebagai salah satu agama besar di dunia, dan juga di Indonesia, maka agama Kristen/Katolik sangatlah penting untuk dibahas. Dengan demikian kita semakin mengetahui lebih banyak lagi tentang agama ini.

Bukan lagi hanya sekedar mengetahui bahwa kitab suci agama Kristen dengan berbagai aliran yang ada di dalamnya adalah Alkitab, dan bahwa tempat ibadahnya adalah (gedung) gereja.

Bagi orang Kristen/Katolik sendiri tentu sangat penting untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang agamanya, sehingga ia menjadi lebih bangga menjadi seorang Kristen/Katolik.

Baca juga: 20 Negara Di Dunia Dengan Persentase Kristen Terendah

Tetapi bukan hanya bagi orang Kristen/Katolik saja, orang lain di luar agama Kristen/Katolik juga sangat perlu untuk mengetahui fakta-fakta seputar agama Kristen/Katolik, sehingga mereka mempunyai pemahaman yang benar tentang agama tersebut.

Dengan demikian mereka dapat lebih menghormati agama lain, sehingga tercipta toleransi dan saling menghargai di antara para pemeluk agama yang berbeda.

Ada banyak fakta penting seputar agama Kristen/Katolik yang perlu kita ketahui.

Baca juga: 10 Negara Di Timur Tengah Dengan Persentase Kristen Tertinggi

Namun artikel ini hanya akan membahas 10 fakta tentang agama Kristen/Katolik, baik bagi kita pemeluk agama Kristen/Katolik, maupun bagi mereka yang bukan pemeluknya.

Apa sajakah fakta-fakta tentang agama Kristen/Katolik yang perlu kita ketahui?

Berikut pembahasannya.

 

1. Agama Kristen Berpangkal Pada Pribadi, Ajaran, Dan Karya Yesus 

Fakta tentang agama Kristen/Katolik yang pertama adalah, Agama Kristen/Katolik berpangkal pada pribadi, ajaran, dan karya Yesus Kristus.

Istilah “Kristen” berasal dari bahasa Yunani, Christianos (jamak: Christianoi), yang artinya pengikut Kristus.

Kristus sendiri adalah salah satu gelar dari Yesus, yang akhirnya menjadi nama pribadiNya. Kristus artinya adalah Yang diurapi. (Baca: 10 Gelar Yesus Terpopuler Di Alkitab)

Jadi “Kristen” artinya adalah pengikut atau murid Yesus Kristus.

Dengan demikian, agama Kristen adalah suatu kepercayaan kepada pribadi Yesus Kristus serta ajaran-ajaranNya.

Tetapi orang Kristen meyakini bahwa Yesus dulu di dunia bukan hanya hidup dan mengajar, tetapi juga mati di kayu salib demi pengampunan dosa-dosa manusia.

Karena itu, agama Kristen bukan hanya percaya kepada Yesus dan ajaran-ajaranNya, tetapi juga karyaNya di kayu salib yang menyelamatkan manusia dari dosanya. (Baca: 10 Fakta Tentang Yesus Menurut Alkitab)

 

2. Agama Kristen Adalah Penggenapan Dari Agama Yahudi Yang Berdasarkan Alkitab Perjanjian Lama

Fakta tentang agama Kristen/Katolik yang kedua adalah, Agama Kristen/Katolik merupakan penggenapan dari agama Yahudi.

Agama Kristen punya keterkaitan dengan agama Yahudi, tetapi agama Kristen bukanlah agama Yahudi.

Agama Yahudi merupakan sebuah agama yang kitab sucinya adalah Alkitab Perjanjian Lama.

Sedangkan agama Kristen punya kitab suci Alkitab Perjanjian Lama ditambah dengan Alkitab Perjanjian Baru.

Karena Perjanjian Baru adalah penggenapan Perjanjian Lama, maka agama Kristen boleh dikatakan merupakan penggenapan agama Yahudi.

Agama Yahudi masih menantikan kehadiran seorang Mesias, yakni orang yang diurapi Allah; sedangkan bagi agama Kristen, Mesias itu sudah datang, yakni Yesus Kristus. (Baca: 10 Fakta Tentang Mesias Menurut Alkitab)

Jadi jelas, agama Yahudi berbeda dengan agama Kristen, sekalipun punya keterkaitan yang erat.

 

3Agama Kristen Mengakui Yesus Adalah Tuhan, Satu Dari Tiga Pribadi Allah Tritunggal

Fakta tentang agama Kristen/Katolik yang ketiga adalah, Agama Kristen/Katolik percaya bahwa Yesus adalah Tuhan, tetapi tidak menyembah tiga Allah, melainkan menyembah satu Allah dalam tiga pribadi atau biasa disebut Allah Tritunggal.

Bagi agama Kristen, Yesus bukan hanya pusat iman, tetapi juga adalah Tuhan yang menjadi manusia. Sebab itulah yang menjadi ajaran Alkitab, kitab suci agama Kristen. (Baca: 10 Bukti Alkitab Bahwa Yesus Adalah Tuhan)

Namun tidak berarti bahwa agama Kristen menyembah dua Tuhan atau lebih. Orang Kristen tetap menyembah satu Tuhan, tetapi Tuhan yang punya tiga pribadi, yakni Allah Bapa, Allah Putra (Yesus), dan Allah Roh Kudus.

Ajaran tentang Allah Tritunggal, satu Allah dalam tiga pribadi, merupakan salah satu ciri khas agama Kristen, yang membedakannya dari agama-agama lainnya di dunia.

Ajaran tentang Allah Tritunggal itu bersumber dari ajaran Alkitab sendiri. (Baca: 10 Bukti Alkitab Tentang Ajaran Allah Tritunggal)

 

4Agama Kristen Telah Mengalami Keselamatan, Dan Berkarya Di Bumi Karena Telah Diselamatkan, Bukan Agar Diselamatkan

Fakta tentang agama Kristen/Katolik yang keempat adalah, Agama Kristen/Katolik telah mengalami keselamatan di dalam Yesus, tidak lagi mencari keselamatan itu sendiri.

Agama Kristen meyakini bahwa mereka telah diselamatkan oleh Yesus dari dosa-dosa mereka dan diberi hidup yang kekal atau surga.

Dengan kata lain, orang Kristen meyakini bahwa mereka adalah orang-orang yang telah ditentukan masuk surga, bukan karena perbuatan baik/amal baik mereka, melainkan karena karya Yesus di kayu salib.

Segala sesuatu yang diperbuat oleh orang Kristen di dunia bukan lagi agar mereka diselamatkan, agar mereka masuk surga, melainkan sebagai rasa syukur dan ucapan terima kasih mereka kepada Tuhan karena mereka telah diberi masuk surga.

Jadi jika agama-agama lain melakukan perbuatan baik, berbagai ritual agama, dan ajaran-ajaran agama lainnya, bertujuan agar mereka berkenan kepada Tuhan dan layak masuk surga, maka orang Kristen melakukan hal-hal itu sebagai tambahan kepada imannya (iman yang disertai perbuatan), serta rasa terima kasihnya kepada Tuhan.

Agama Kristen melihat keselamatan atau kelayakan masuk surga merupakan karya Allah sendiri di dalam Yesus, yang diberikan kepada siapa saja yang percaya kepadaNya, bukan usaha manusia sendiri yang tidak bisa dipastikan.

 

5Ciri Khas Ajaran Agama Kristen Adalah Kasih, Pengampunan, Dan Perdamaian

Fakta tentang agama Kristen/Katolik yang kelima adalah, Agama Kristen/Katolik mempunyai ajaran khas tentang kasih dan pengampunan.

Ajaran khas agama Kristen adalah kasih, pengampunan, dan perdamaian.

Hal ini dapat dilihat di dalam Alkitab sendiri.

Alkitab mengajarkan bahwa semua manusia telah jatuh ke dalam dosa, yang disebabkan oleh jatuhnya manusia pertama, nenek moyang seluruh manusia, yakni Adam dan Hawa, ke dalam dosa.

Hukuman yang selayaknya diterima manusia atas dosanya adalah kematian kekal atau hukuman kekal di neraka. (Baca: 10 Hukuman Tuhan Terbesar Kepada Manusia)

Namun karena kasihNya kepada manusia, maka Tuhan sendiri datang menjadi manusia, yakni Yesus Kristus, serta mati menggantikan mereka di kayu salib.

Dengan demikian, manusia yang percaya kepada Yesus yang telah mati bagi mereka, akan diselamatkan. (Baca: 7 Makna Kematian Yesus Bagi Orang Percaya)

Karena Allah mengasihi manusia yang berdosa, serta mengampuni dosa-dosa mereka, maka Allah juga mengharapkan manusia untuk mengasihi sesamanya serta mengampuni (dalam arti memaafkan) dosa/kesalahan mereka.

Itulah sebabnya kasih dan pengampunan menjadi ajaran utama Alkitab, dan tentu menjadi ajaran utama agama Kristen.

Agama Kristen tidak pernah mengajarkan kebencian, permusuhan, balas dendam, atau pembunuhan kepada manusia lain, bahkan kepada mereka yang bukan penganut agama Kristen.

Tentu saja hal ini tidak berarti bahwa agama Kristen sebagai sebuah agama, atau orang Kristen sebagai individu-individu di dalamnya, selalu mengamalkan ajaran-ajaran utama Alkitab ini.

Bagaimanapun, sejarah mencatat masa-masa kelam agama Kristen, yang jauh dari ajaran kasih dan pengampunan (lihat poin 10 di bawah).

 

6Agama Kristen Terutama Bukan Masalah Lahiriah, Tetapi Masalah Batiniah

Fakta tentang agama Kristen/Katolik yang keenam adalah, Agama Kristen/Katolik terutama bukan masalah lahiriah, tetapi masalah batiniah.

Agama Kristen sangat menekankan hal-hal yang batiniah, bukan hal-hal yang lahiriah.

Itulah sebabnya banyak orang yang mengatakan bahwa agama Kristen bukan sekedar sebuah agama, yang identik dengan berbagai aturan dan ritual ibadah, melainkan sebuah gaya hidup, yang berlandaskan nilai-nilai Alkitab.

Hal-hal lahiriah yang berupa ritual dan seremonial keagamaan memang juga perlu, tetapi bukan itu yang terutama, tetapi esensi dari ritual-ritual tersebut.

Hal ini terjadi karena agama Kristen adalah agama pertobatan dan kelahiran baru, yang dikerjakan oleh Roh Kudus di dalam hidup mereka yang percaya kepada Yesus Kristus.

Sebagai contoh, agama Kristen tidak disunat secara lahiriah/jasmani, sebab yang terpenting adalah hatinya yang perlu disunat. (Baca: 10 Fakta Tentang Sunat Menurut Pandangan Kristen)

Demikian juga dengan makanan halal dan haram, najis dan tahir, berbagai macam upacara kurban keagamaan, serta berbagai hari raya keagamaan seperti Sabat, yang terdapat dalam agama Yahudi, tidak diajarkan dalam agama Kristen; sebab semuanya itu telah digenapi oleh Yesus Kristus. (Baca: 10 Nubuat Perjanjian Lama Yang Digenapi Saat Kematian Yesus)

 

7Agama Kristen Adalah Agama Yang Misioner

Fakta tentang agama Kristen/Katolik yang ketujuh adalah, Agama Kristen/Katolik merupakan agama yang misioner, yang diperintahkan untuk bermisi, memberitakan Injil.

Agama Kristen diajarkan untuk memberitakan Injil kepada semua bangsa, serta menjadikan mereka menjadi murid Yesus. Itulah ajaran Yesus sendiri.

Injil adalah kabar baik bahwa Yesus datang ke dunia dan mati untuk menebus dosa manusia. Dengan demikian mereka yang percaya kepadaNya diselamatkan serta menjadi muridNya.

Itulah sebabnya orang Kristen memberitakan Injil.

Jadi agama Kristen adalah agama yang misioner, yang mengajak orang lain untuk percaya kepada Yesus.

Tetapi perlu diketahui, tidak ada paksaan untuk menerima Injil.

Orang Kristen hanya diperintahkan untuk memberitakan Injil, bukan untuk menobatkan manusia, apalagi mengkristenkan mereka.

Orang Kristen hanya dapat memberitakan Injil, yang membuat manusia bertobat dan percaya adalah Tuhan sendiri.

 

8Agama Kristen Adalah Agama Terbesar Di Dunia

Fakta tentang agama Kristen/Katolik yang kedelapan adalah, Agama Kristen/Katolik merupakan agama terbesar di dunia dari segi banyaknya jumlah penganut.

Kini agama Kristen adalah agama terbesar di dunia dari segi banyaknya jumlah penganut. (Baca: 10 Agama Terbesar Di Dunia)

Agama Kristen sebagai agama terbesar di dunia sudah sangat lama.

Sejak Yesus datang ke dunia dan mendapatkan murid, hingga sekitar 300 tahun kemudian, agama Kristen masih merupakan agama minoritas di dunia.

Namun sejak pertobatan Kaisar Romawi, Konstantinus (kaisar Romawi pertama yang memeluk agama Kristen), tahun 312 Masehi, agama Kristen menjadi salah satu agama resmi di kekaisaran Romawi dan menjadi salah satu agama yang besar.

Dan sejak Kaisar Romawi Theodisius menjadikan agama Kristen sebagai agama resmi kekaisaran Romawi pada tahun 380 Masehi, maka agama Kristen menjadi agama terbesar di dunia, hingga saat ini.

Apalagi ketika benua Eropa dan Amerika berhasil dikristenkan, kekristenan menjadi agama terbesar di dunia, meski bukan agama mayoritas dunia.

 

9Agama Kristen Adalah Agama Paling Berpengaruh Di Dunia

Fakta tentang agama Kristen/Katolik yang kesembilan adalah, Agama Kristen/Katolik merupakan agama paling berpengaruh di dunia.

Agama Kristen bukan hanya agama terbesar di dunia, tetapi juga agama paling berpengaruh di dunia, baik secara politik, ekonomi, budaya, dan teknologi.

Hal ini terutama karena negara-negara paling berpengaruh di dunia saat ini, merupakan negara-negara mayoritas beragama Kristen/Katolik.

Banyak ilmuwan tersohor dunia, para penemu, para pemenang hadiah nobel, ekonom, dan budayawan dunia, yang beragama Kristen/Katolik, melebihi tokoh-tokoh dari agama mana pun.

Pengaruh agama Kristen ini banyak yang merupakan penerapan dari nilai-nilai Alkitab, kitab suci agama Kristen. Sebab tokoh-tokoh Kristen berpengaruh dunia banyak yang dipengaruhi oleh nilai-nilai Alkitab. (Baca: 10 Fakta Tentang Alkitab Yang Wajib Diketahui)

 

10Agama Kristen Pernah Mempunyai Masa-Masa Kegelapan Paling Suram

Fakta tentang agama Kristen/Katolik yang kesepuluh atau terakhir adalah, Agama Kristen/Katolik mempunyai masa-masa kegelapan.

Seperti banyak agama lainnya di dunia, agama Kristen/Katolik juga punya masa-masa suram, yang khususnya terjadi pada abad pertengahan dan di abad modern ini.

Di abad pertengahan, agama Kristen, yakni Gereja Katolik, pernah terjerembab pada kehidupan gereja yang tidak benar, berada pada titik nadir, yang menimbulkan protes dari banyak kalangan intelektual.

Hal ini juga menjadi pemicu utama dari reformasi gereja, yang melahirkan gereja Protestan, yang terpisah dari gereja Katolik.

Perang Katolik dengan Protestan yang memakan banyak korban jiwa di Eropa, perang-perang salib dengan kaum Muslim, perbudakan di Amerika, serta kolonialisasi/penjajahan, turut memberi stigma negatif pada agama Kristen.

Bagaimanpun, perbudakan, kolonialisasi, perang atas nama agama, bukanlah ajaran Alkitab yang dipercayai oleh agama Kristen, melainkan kasih, pengampunan, dan perdamaian.

Masa-masa suram gereja ini menjadi peringatan bagi gereja segala zaman, bahwa gereja/agama Kristen bukanlah organisasi politik, yang berpusat pada hal-hal duniawi, tetapi sebuah ajaran kristiani yang menekankan kasih, pengampunan, dan perdamaian (lihat poin 5 di atas), serta misi pemberitaan Injil yang menyelamatkan manusia berdosa (lihat poin 7 di atas).

 

Itulah 10 fakta tentang Agama Kristen/Katolik yang wajib kita tahu.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!