Loading...
Loading...

10 Fakta Tentang Paskah Menurut Alkitab

 

4. Paskah Dirayakan Di Rumah-rumah Atau Di Bait Suci

Paskah pertama kali diadakan di Mesir di dalam rumah-rumah orang Israel sebelum mereka dibebaskan Tuhan dari tanah perbudakan tersebut.

Paskah ini dirayakan di dalam setiap keluarga yang dipimpin oleh kepala keluarga (ayah). Sembari makan Paskah, mereka juga harus menceritakan kepada anak-anak mereka apa makna Paskah tersebut, yakni bagaimana Tuhan membunuh setiap anak sulung di rumah-rumah orang Mesir, tetapi “melewati” anak-anak sulung di rumah-rumah bangsa Israel yang diolesi dengan darah anak domba.

Ketika Bait Suci dibangun di Yerusalem, maka perayaan itu dilakukan di Bait Suci, dan anak domba Paskah itu disembelih di Bait Suci (Ulangan 16:2). Tetapi ketika Bait Suci Israel tidak ada lagi (terakhir dihancurkan bangsa Romawi pada tahun 70 Masehi), maka Paskah kembali dirayakan di rumah-rumah hingga saat ini.

Hanya orang Israel asli yang boleh makan Paskah, tidak boleh orang asing, kecuali mereka yang telah menganut agama Yahudi (proselit) dan disunat (Keluaran 12:43-49).

 

5. Menyembelih Dan Memakan Anak Domba Adalah Unsur Utama Dalam Perayaan Paskah

Menyembelih dan memakan anak domba adalah unsur utama dari perayaan Paskah Israel. Mereka menyembelih dan memasak anak domba itu dengan cara dipanggang. Lalu mereka memakannya pada perayaan Paskah, itulah yang disebut dengan anak domba Paskah.

Anak domba yang disembelih pada setiap hari Paskah bukanlah anak domba sembarangan, tetapi harus anak domba yang tidak bercacat dan masih muda. Sekalipun kambing atau lembu juga diperbolehkan, tetapi anak domba adalah yang paling umum dipakai dalam Paskah orang Israel hingga saat ini.

Anak domba tersebut dimakan bersama roti yang tidak beragi dan sayur pahit. Roti, yang terbuat dari gandum, adalah makanan pokok orang Israel (Keluaran 12:1-11).

 

6. Dalam Perkembangannya, Anggur Juga Menjadi Unsur Utama Paskah Dan Dapat Dirayakan Selain Di Dalam Keluarga

Dalam perkembangannya kemudian (tidak diketahui kapan secara pasti), unsur anggur ditambahkan dalam Paskah orang Israel. Sebagaimana dengan roti adalah makanan pokok orang Israel, anggur adalah minuman pokok orang Israel.

Selain dalam penambahan unsur Paskah, dalam perkembangannya kemudian, Paskah juga dapat dilaksanakan di dalam sebuah komunitas non-keluarga. Misalnya dalam komunitas seorang guru dengan murid-muridnya, dan hal ini dapat dianggap sebagai sebuah unit keluarga.

Dalam hal ini sang guru bertindak sebagai kepala keluarga yang memimpin perayaan Paskah tersebut (lihat poin 7 di bawah).

 

7. Sebagai Orang Yahudi, Yesus Merayakan Paskah Pada ZamanNya

Selama Yesus hidup dan melayani di dunia, sebagai orang Yahudi secara manusia, Ia beberapa kali merayakan Paskah (misalnya, Yohanes 2:23).

Dan sehari sebelum Dia wafat, Yesus dan murid-muridNya merayakan Paskah. Seperti disebut di atas (poin 6), Yesus dan murid-muridNya dapat dianggap sebagai unit keluarga sehingga dapat merayakan Paskah sendiri layaknya satu keluarga. Dalam hal ini, Yesus bertindak sebagai kepala keluarga.

Sebagaimana Paskah orang Israel pada zaman itu, Yesus dengan murid-muridNya merayakan Paskah dengan memakan roti dan meminum anggur. Tetapi tidak dijelaskan apakah mereka menyembelih anak domba atau tidak.

Loading...
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!