10 Fakta Tentang Yesus Menurut Alkitab

6. Yesus Naik Ke Surga 40 Hari Setelah KebangkitanNya

Fakta tentang Yesus menurut Alkitab yang keenam adalah: Yesus Naik Ke Surga 40 Hari Setelah KebangkitanNya.

Setelah menampakkan diri selama 40 hari kepada murid-muridNya, maka Yesus naik ke surga meninggalkan murid-muridNya.

Kenaikan Yesus ke surga terjadi setelah Ia terlebih dahulu memberi perintah kepada murid-muridNya untuk memberitakan Injil kepada segala bangsa (Matius 28:19-20).

Tuhan Yesus naik ke surga dari atas bukit Zaitun, di pinggiran kota Yerusalem (Kisah Para Rasul 1:9,12).

Saat Yesus naik ke surga, Ia disaksikan oleh murid-muridNya.

Setelah naik ke surga, Alkitab menggambarkan bahwa Yesus duduk di sebelah kanan Allah (Markus 16:19).

Istilah duduk di sebelah kanan Allah punya makna otoritas dan perkenanan. (Baca: 10 Makna Kenaikan Yesus Ke Surga)

 

7. Yesus Akan Datang Kembali Sebagai Hakim Dan Raja

Fakta tentang Yesus menurut Alkitab yang ketujuh adalah: Yesus Akan Datang Kembali Sebagai Hakim Dan Raja.

Sebagaimana dengan kebangkitanNya disertai dengan kehadiran para malaikat, demikian juga dengan kenaikanNya ke surga.

Dua orang malaikat hadir di antara para muridNya yang menyaksikan kenaikan Yesus ke surga.

Para malaikat itu berkata bahwa Yesus yang naik ke surga akan datang kembali (Kisah Para Rasul 1:10-11).

Tuhan Yesus sendiri mengatakan bahwa Ia akan datang kembali ke bumi sebagai Hakim dan Raja (Matius 25:31-46).

Hal senada disampaikan oleh para rasulNya, misalnya Paulus (1 Tesalonika 4:13-18) dan Petrus (2 Petrus 3:1-16).

Kedatangan Yesus kembali ke bumi merupakan pusat eskatologi Kristen. (Baca: 10 Peristiwa Terpenting Yang Akan Terjadi Pada Akhir Zaman)

 

8. Yesus Adalah Tuhan Yang Menjadi Manusia

Fakta tentang Yesus menurut Alkitab yang kedelapan adalah: Yesus Adalah Tuhan Yang Menjadi Manusia.

Satu fakta yang sangat penting tentang Yesus yang dicatat di Alkitab adalah bahwa Yesus adalah Tuhan yang menjadi manusia.

Dari tulisan para rasul Yesus kita tahu bahwa Yesus adalah Tuhan.

Rasul Petrus, Yohanes, dan Paulus, rasul-rasul utama Yesus, sepakat mengajarkan bahwa Yesus adalah Tuhan, bukan hanya manusia biasa.

Hal itu dapat kita baca dari tulisan-tulisan mereka yang menjadi bagian dari Kitab Suci.

Demikian juga dengan para penulis Injil lainnya di luar Yohanes, yakni Matius, Markus, dan Lukas; mereka semua mencatat bahwa Yesus adalah Tuhan. (Baca: 10 Bukti Alkitab Bahwa Yesus Adalah Tuhan).

Para rasul Yesus dan para penulis Alkitab lainnya yang mengajarkan bahwa Yesus adalah Tuhan, selaras dengan pengakuan Yesus sendiri.

Jelas Yesus mengklaim diriNya sebagai Tuhan, yang ilahi, baik secara langsung maupun tidak. (Baca: 10 Cara Yesus Mengatakan Dia Adalah Tuhan)

Jadi menurut Alkitab, Yesus adalah Tuhan, yang ilahi. Yesus bukan hanya sekedar manusia biasa, atau hanya seorang nabi atau utusan Allah. Tetapi Yesus adalah Tuhan sendiri yang berinkarnasi, datang ke bumi sebagai manusia.

Jika demikian, maka Yesus adalah seratus persen Allah dan seratus persen manusia.

Yesus adalah salah satu dari Pribadi Allah Tritunggal, selain Allah Bapa dan Allah Roh Kudus.  (Baca: 10 Bukti Alkitab Tentang Ajaran Allah Tritunggal)

 

9. Yesus Mati Demi Pengampunan Dosa Manusia

Fakta tentang Yesus menurut Alkitab yang kesembilan adalah: Yesus Mati Demi Pengampunan Dosa Manusia.

Kematian Yesus di kayu salib ternyata bukan kematian biasa, tetapi punya makna khusus bagi manusia.

Yesus adalah Tuhan. Tetapi tentu Tuhan tidak dapat mati, manusia yang dapat mati. Karena itu Tuhan harus menjadi manusia terlebih dahulu agar Ia bisa mati.

Manusia menjadi Tuhan tidak mungkin terjadi. Tetapi Tuhan menjadi manusia mungkin terjadi, sebab tidak ada yang mustahil bagi Dia.

Dan itulah yang dilakukan Tuhan Yesus. Dia menjadi manusia agar Ia bisa mati bagi manusia.

Jadi kematianNya di atas kayu salib bukan terjadi karena manusia – manusia hanya alat saja – tetapi karena Yesus sendiri yang secara sukarela datang ke dunia menjadi manusia dan mengalami kematian.

Mengapa Yesus harus mengalami kematian? Karena hanya dengan kematianNyalah manusia dapat beroleh pengampunan dosa dan hidup kekal di surga (Markus 10:45).

Segala perbuatan baik manusia, bahkan sistem korban-korban dalam agama Yahudi di Perjanjian Lama, tidak memadai untuk keselamatan manusia, hanya korban Yesus di kayu salib yang dapat menyelamatkan manusia yang berdosa (Ibrani 10:1-18).

 

10. Kedatangan Yesus Ke Dunia Telah Berulang Kali Dinubuatkan Sejak Manusia Jatuh Ke Dalam Dosa

Fakta tentang Yesus menurut Alkitab yang kesepuluh/terakhir adalah: Kedatangan Yesus Ke Dunia Telah Berulang Kali Dinubuatkan Sejak Manusia Jatuh Ke Dalam Dosa.

Kedatangan Yesus ke dunia sebagai manusia untuk menebus dosa manusia, telah dinubuatkan berulang-ulang, ratusan bahkan ribuan tahun sebelumnya.

(sebagai contoh, silakan baca: 10 Nubuat Perjanjian Lama Yang Digenapi Saat Kematian Yesus)

Ada ratusan nubuat di Perjanjian Lama yang menubuatkan kedatangan Yesus ke dunia, termasuk penderitaan dan kematianNya, untuk menyelamatkan manusia yang berdosa.

Penderitaan, penyaliban dan kematian Yesus di dunia adalah rancangan Allah yang besar untuk menyelamatkan manusia ciptaanNya yang terbelenggu oleh dosa.

Tidak lama setelah manusia jatuh ke dalam dosa, Tuhan telah menubuatkan bahwa suatu saat nanti Ia akan menghancurkan dosa dan iblis, melalui salah seorang keturunan Hawa (Kejadian 3:15).

Nubuat itu jelas mengacu pada kedatangan Yesus Kristus, Sang Juru Selamat, ke dunia.

Nubuat ini kemudian dipertegasNya melalui Abraham, orang yang dipilihNya sebagai penyalur keselamatan itu ke seluruh bumi.

Lalu lewat nabi-nabiNya, atau orang-orang pilihanNya dari antara bangsa Israel, umat pilihanNya, yakni keturunan Abraham yang dipilihNya.

Nabi-nabi ini dalam rentang ribuan tahun, dalam berbagai cara dan kesempatan, telah bernubuat tentang kedatangan, penderitaan, bahkan kematian Sang Juru Selamat dunia, yang dalam konsep Perjanjian Lama lebih dikenal sebagai Mesias.

Hal ini semua menunjukkan bahwa kedatangan Yesus ke dunia sangatlah penting, bahkan suatu keharusan, demi keselamatan manusia.

Hanya Yesus di antara para tokoh Alkitab yang kedatanganNya dinubuatkan sebanyak ratusan kali dalam rentang waktu ribuan tahun.

 

Itulah 10 fakta tentang Yesus menurut Alkitab, Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!