Loading...
Loading...

10 Gubernur Dan Wakil Gubernur Beragama Kristen Di Indonesia

 

 

Artikel ini membahas tentang 10 gubernur dan wakil gubernur beragama Kristen dan Katolik di Indonesia.

Gubernur dan wakil gubernur adalah kepala daerah atau pemimpin tertinggi dalam bidang politik dan pemerintahan di setiap provinsi di Indonesia. Mereka dilantik dan bertanggungjawab kepada presiden melalui Menteri Dalam Negeri.

Dari puluhan gubernur dan wakil gubernur yang ada di Indonesia saat ini, yang terdiri dari 34 provinsi, terdapat 10 gubernur dan wakil gubernur beragama Kristen dan Katolik, yang memerintah di 6 provinsi.

Kesepuluh gubernur dan wakil gubernur ini adalah yang masih menjabat saat ini.

Baca juga: 26 Senator Indonesia Beragama Kristen

Seperti kita tahu, ada beberapa provinsi lain juga yang pernah dipimpin oleh gubernur dan/atau wakil gubernur beragama Kristen atau Katholik, seperti Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, dan DKI Jakarta. Tetapi sekarang mereka sudah tidak menjabat lagi.

Baca juga: 7 Menteri Jokowi Beragama Kristen

Siapa sajakah gubernur dan wakil gubernur beragama Kristen dan Katolik di Indonesia saat ini? Berikut daftarnya.

 

1. Cornelis (Gubernur Kalimantan Barat)

Drs. Cornelis, M.H. lahir di Sanggau, Kalimantan Barat, pada 27 Juli 1953.

Cornelis merupakan Gubernur Kalimantan Barat selama dua periode (2008-2013; 2013-2018) berpasangan dengan Christiandy Sanjaya.

Cornelis juga menjabat sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Kalimantan Barat dan Ketua Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPPP) Kalimantan Barat.

Sebelum menjadi gubernur, ia adalah Bupati Landak, Kalimantan Barat, selama dua periode, yakni 2001–2006 dan 2006–2011. Namun pada tahun 2007 ia berhenti sebagai bupati karena maju sebagai calon gubernur.

Putri sulungnya, dr. Karolin Margret Natasa, bau saja terpilih menjadi bupati Landak, dan sebelumnya adalah anggota DPR-RI dari PDI Perjuangan untuk Daerah Pemilihan Kalimantan Barat.

Cornelis menempuh pendidikannya di APDN Pontianak, Kalimantan Barat; Sarjana (S1) di Universitas Brawijaya di Malang, Jawa Timur; dan Pasca Sarjana (S2) di Universitas Tanjungpura, Pontianak.

 

2. Christiandy Sanjaya (Wakil Gubernur Kalimantan Barat)

Drs. Christiandy Sanjaya, S.E., M.M. (terlahir dengan nama Bong Hon San) lahir di Singkawang, Kalimantan Barat, pada 29 Maret 1964.

Christiandy adalah Wakil Gubernur Kalimantan Barat selama dua periode (2008-2013; 2013-2018).

Christiandy Sanjaya juga merupakan Ketua Majelis Pertimbangan DPD Partai Demokrat Kalimantan Barat.

Ia juga pernah menjadi anggota DPRD Kota Pontianak dan Kepala SMP Kristen Imanuel Pontianak.

Jabatan lain yang pernah diembannya antara lain adalah: Wakil Ketua Badan Pengurus Cabang KWK-MGR Kota Pontianak, Wakil Bendahara Dewan Pengurus Daerah Persatuan Intelegensi Kristen Indonesia (PIKI) Kalimantan Barat, Ketua Majelis Pendidikan Kristen Indonesia Kalimantan Barat, Anggota Tim Kerja Asosiasi Yayasan untuk Bangsa (AYUB).

Christiandy menempuh pendidikan Sarjana S1 dan S2 di Universitas Tanjungpura,  Pontianak, Kalimantan Barat.

 

3. Olly Dondokambey (Gubernur Sulawesi Utara)

Olly Dondokambey, S.E. lahir di Manado, Sulawesi Utara, pada 18 November 1961.

Sebelum menjadi gubernur, ia adalah anggota DPR RI dari PDI Perjuangan untuk daerah pemilihan Sulawesi Utara selama tiga periode (2004-2009; 2009-2014; 2014-2019).

Sejak 2009, Ia dipercaya menjadi Bendahara Fraksi PDI Perjuangan. Kemudian dia menjabat sebagai Bendahara Umum DPP PDIP hingga dua periode (2010-2015; 2015-2020).

Di tingkat daerah, Olly terpilih menjadi Ketua DPD I PDIP Sulawesi Utara sejak tahun 2012, dan terpilih kembali untuk periode 2015-2020.

Pendidikannya ditempuh di Akademi Akuntansi Manado dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Widya, Jakarta.

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!