10 Gubernur Dan Wakil Gubernur Beragama Kristen Di Indonesia

 

5. Frans Lebu Raya (Gubernur Nusa Tenggara Timur)

Drs. Frans Lebu Raya lahir di Adonara, Nusa Tenggara Timur, pada 18 Mei 1960.

Frans adalah Gubernur Nusa Tenggara Timur selama dua periode (2008-2013; 2013-2018).

Sebelum menjadi gubernur, dia merupakan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur periode 2003 hingga 2008.

Frans adalah ketua DPD PDIP Nusa Tenggara Timur.

Frans Lebu Raya menempuh pendidikannya di Universitas Nusa Cendana, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

 

6. Benny Alexander Litelnoni (Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur)

Drs. Benny Alexander Litelnoni, SH, M.Si, lahir di Niki-niki, Amanuban Tengah, Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, pada 5 Agustus 1956.

Benny adalah Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur sejak tahun 2013.

Sebelum menjadi wakil gubernur, Benny adalah Wakil Bupati Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, sejak tahun 2009 hingga tahun 2013.

Sebelum menjadi wakil bupati, ia menempati beberapa jabatan penting di Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Timor Tengah Selatan. Antara lain: Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja, Kepala Badan Penjenjangan pada Badan DIKLAT, dan Kasubdin Postel pada Dinas Perhubungan.

Pendidikannya ia tempuh di Sekolah Tinggi Administrasi Negara, Malang, Jawa Timur; Universitas Kristen Artha Wacana, Kupang; dan di Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Jawa Tengah.

 

7. Lukas Enembe (Gubernur Papua)

Lukas Enembe, S.IP, M.H lahir di Kembu, Tolikara, Papua, pada 27 Juli 1967.

Ia mulai menjabat gubernur Papua sejak tahun 2013. Sebelumnya ia menjabat sebagai Bupati Puncak Jaya, Papua.

Jabatan lain yang pernah diembannya antara lain adalah: Penggerak Kegiatan Tani Pegunungan Tengah, Ketua Dewan Pembina DPW PDS Papua, Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Papua, Ketua Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah, Papua, dan Wakil Bupati Kabupaten Puncak Jaya.

Pendidikan yang ditempuhnya adalah di FISIP Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, dan di The Christian Leadership & Secound Leanguestic, Cornerstone College, Australia.

 

8. Klemen Tinal (Wakil Gubernur Papua)

Klemen Tinal, SE, M.M lahir di Beoga, Puncak, Papua, pada 23 Agustus 1970.

Sebelumnya ia menjabat sebagai Bupati Mimika, Papua, selama dua periode.

Jabatan lain yang pernah diembannya adalah: Ketua Pemuda Pancasila Provinsi Irian Jaya, Ketua DPC Partai Golongan Karya (GOLKAR) Kabupaten Mimika, Ketua DPD Partai Golongan Karya (GOLKAR) Provinsi Papua.

Pendidikannya ia tempuh di Universitas Surapati, Jakarta dan di Universitas Cenderawasih, Jayapura, Papua.

 

9. Dominggus Mandacan (Gubernur Papua Barat)

Drs. Dominggus Mandacan lahir di Manokwari, Papua Barat, pada 16 Desember 1959.

Sebelum menjadi gubernur, ia menjabat sebagai Staf Ahli Khusus Bupati Pegunungan Arfak bidang Pemerintahan (sejak tahun 2015).

Sebelum itu, ia adalah Bupati Manokwari, Papua Barat, sejak 2000 hingga 2010 (dua periode), dan pejabat Bupati Pegunungan Arfak, Papua Barat (2013-2015).

 

10. Zeth Sahuburua (Wakil Gubernur Maluku)

Dr. Zeth Sahuburua, S.H., M.H. lahir di Titawaai, Nusa Laut, Maluku, pada 1 September 1942.

Ia adalah Wakil Gubernur Maluku yang menjabat sejak 10 Maret 2014.

Zeth pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Maluku, Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, serta Ketua DPRD Provinsi Maluku (1999-2004)

Ia juga merupakan Ketua DPD I Partai Golkar Maluku (2010-2015) dan Ketua Dewan Pertimbangan DPD I Partai Golkar Maluku (2016-sekarang).

Pendidikannya ia tempuh di S1 Fakultas Hukum Jurusan Hukum Tata Negara Universitas Pattimura, Ambon, Maluku, dan S2 Fakultas Hukum Jurusan Hukum Tata Negara Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara.

 

Itulah 10 Gubernur Dan Wakil Gubernur beragama Kristen dan Katolik di Indonesia saat ini.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

 

2 komentar untuk “10 Gubernur Dan Wakil Gubernur Beragama Kristen Di Indonesia”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!