Categories: KEKRISTENAN

10 Jenderal TNI Aktif Beragama Kristen

 

6. Mayjen TNI Joppye Wayangkau (Pangdam XVIII/Kasuari)

Mayor Jenderal TNI Joppye Onesimus Wayangkau lahir di Serui, Kepulauan Yapen, Papua, pada 17 Juli 1962.

Saat ini Mayjen Joppye menjabat sebagai Panglima Kodam XVIII/Kasuari, yang mencakup wilayah Papua Barat.

Wayangkau merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1986 dari kecabangan Infanteri.

Jabatan yang pernah dipegangnya di militer antara lain: Danyonif 400/Raider, Dandim 0736/Batang, Danbrigif 24/Bulungan Cakti, Asops Kasdam XVII/Cendrawasih, Danrem 172/Praja Wira Yakthi, Irdam XVII/Cendrawasih.

Kemudian, Wadanpussenif Kodiklat TNI AD, Kasdam V/Brawijaya, Pati Sahli TK III Bid Sosbud HAM Panglima TNI, dan kini Pangdam XVIII/Kasuari.

 

7. Mayjen TNI Heronimus Guru (Deputi Operasi Basarnas)

Mayor Jenderal TNI Heronimus Guru, M.Si., lahir di Ruteng, Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur, pada 23 Januari 1960.

Mayjen Heronimus saat ini menjabat sebagai Deputi Bidang Operasi SAR di Badan Sar Nasional (Basarnas), lembaga pemerintah yang bertugas menangani berbagai bencana.

Mayjen Heronimus merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1984.

Karier militernya antara lain: Liaison Officer Garuda XII B di Kamboja, Wadan Yonif Linud 328/Dirgahayu Kostrad, Pabandya Ops Sops Mabes Kostrad, Danyonif Linud 328/Dirgahayu Kostrad, Kepala Staf Brigade Infanteri Linud 17/Kujang I Kostrad, Komandan Brigade Infanteri Linud 17/Kujang I Kostrad.

Lalu, Asops Kasdam XVII/Cendrawasih, Danmentar Akmil, Danrem 171/Praja Vira Tama, Irut Sus Itum Itjen TNI, Direktur Latihan (Dirlat) Kodiklat TNI, Wadan Kodiklat TNI, dan kini Deputi Bidang Operasi SAR Basarnas.

 

8. Mayjen TNI Felix Hutabarat (Koorsahli Kasad)

Mayor Jenderal TNI Felix Hutabarat, SIP, MBA saat ini menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Koorsahli Kasad) di Markas Besar TNI Angkatan Darat. Sebelumnya ia menjabat sebagai Pati Ahli Kasad Bidang Ekonomi.

Mayjen Felix lahir dan besar di Medan, dan cukup lama berkarir di Medan. Mulai Danyon Armed 2, Dandim Medan, Kepala Penerangan Kodam I/Bukit Barisan, Ketua Puskopad Kodam I/Bukit Barisan hingga Staf Ahli Pangdam I/Bukit Barisan.

Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Dirbinlitbang Akmil di Magelang.

Mayjen Felix telah menyelesaikan studi S2 dan telah mengikuti pendidikan di Sesko TNI.

 

9. Mayjen TNI Dominicus Agus Riyanto (Asrena Kasad)

 Mayor Jenderal TNI Dominicus Agus Riyanto saat ini bertugas di Mabes TNI Angkatan Darat dengan jabatan Asisten Perencanaan dan Anggaran Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Asrena Kasad).

Sebelum menjabat sebagai Asrena Kasad, Mayjen Dominicus bertugas di Kementerian Pertahanan, yakni sebagai Direktur Direktorat Perencanaan Program dan Anggaran (Renprogar) di Ditjen Perencanan Pertahanan (Renhan).

Sebelum itu, Mayjen Dominicus menjabat sebagai Paban V/Dalprograr Staf Perencanaan dan Anggaran TNI Angkatan Darat (Srenad).

 

10. Mayjen TNI Ivan Ronald Pelealu (Tenaga Ahli Lemhanas)

Mayor Jenderal TNI Ivan Ronald Pelealu, S.E, saat ini menjabat sebagai Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Strategi di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). Sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Biro Kerjasama Settama Lemhanas, ketika masih berpangkat Brigjen TNI.

Mayjen Ivan Ronald Pelealu pernah menjadi Atase Pertahanan (Athan) Indonesia di Vientiane, Laos. Selain itu, ia juga pernah bertugas di Somalia, Thailand, Brunei Darussalam, dan Selandia Baru.

Mayjen Ivan merupakan kelahiran Minahasa, Sulawesi Utara.

 

Itulah 10 Jenderal TNI yang masih aktif menjabat saat ini, beragama Kristen/Katolik.

 

Kita berdoa agar mereka semua kiranya bisa memakai jabatan mereka untuk kemajuan TNI secara khusus, dan untuk kemajuan Bangsa dan Negara secara umum.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Page: 1 2