Loading...
Loading...

10 Kisah Tokoh Alkitab Paling Menginspirasi

 

4. Musa

Kisah tokoh Alkitab paling menginspirasi yang keempat adalah kisah Musa.

Musa lahir di Mesir, di mana orang Israel berada di bawah perbudakan orang Mesir. Tetapi ia dididik dan dibesarkan di rumah raja Firaun hingga ia berusia 40 tahun.

Ketika Musa hendak menolong bangsa Israel atas kekuasaan orang Mesir, ia ditolak oleh bangsanya sehingga ia harus melarikan diri ke Midian. Di situ ia berkeluarga dan bekerja pada mertuanya, 40 tahun lamanya.

Lalu Tuhan memanggilnya untuk membawa umat Israel keluar dari Mesir menuju Tanah Perjanjian.

Dia memimpin sekitar 2 juta umat Israel keluar dari Mesir menuju Tanah Pejanjian, mengembara di padang gurun selama 40 tahun (Kisah Para Rasul 7:20-39).

Musa memang tidak masuk ke Tanah Perjanjian, ia mati di perbatasan Tanah Kanaan. Tetapi ia telah berhasil membawa umat Tuhan dari Mesir hingga ke perbatasan Tanah perjanjian.

Musa lahir di tanah perbudakan, diangkat anak oleh putri Firaun, dibesarkan dan dididik di istana, tetapi ditolak bangsanya.

Tetapi Tuhan kemudian memanggilnya sehingga menjadi pemimpin pertama umat Tuhan di padang gurun menuju Tanah Perjanjian.

 

5. Rut

Kisah tokoh Alkitab paling menginspirasi yang kelima adalah kisah Rut.

Naomi, seorang perempuan Israel yang pergi bersama keluarganya mengungsi dari kampung halamannya di Betlehem menuju Moab, karena kelaparan yang terjadi di Israel.

Mereka pergi pada zaman hakim-hakim memerintah di Israel (ketika raja belum ada di Israel), tetapi tidak disebutkan pada zaman hakim siapa.

Naomi pergi ke Moab bersama suaminya, Elimelekh, dan kedua anaknya laki-laki, Mahlon dan Kilyon.

Di Moab suami Naomi meninggal. Kedua anak Naomi menikah, yang pertama menikahi Orpa, anak kedua menikahi Rut, keduanya orang Moab yang tidak meyembah Tuhan Israel.

Kedua anak Naomi itu kemudian meninggal tanpa meninggalkan anak. Lalu Naomi bersiap pulang ke kampungnya, Betlehem di Israel, setelah masa kelaparan di Israel berlalu.

Ia meminta kedua menantunya itu untuk kembali kepada orang tua mereka masing-masing. Walau dengan berat hati, Orpa akhirnya bersedia pulang ke orang tuanya.

Tetapi Rut tidak, ia bersikeras ingin mengikuti mertuanya itu pulang ke Israel dan menyembah Tuhan Israel (Rut 1).

Naomi dan Rut pun kembali ke Betlehem, kampung halaman Naomi.

Di Betlehem Rut akhirnya dinikahkan dengan Boas, seorang pria kaya namun baik hati dan takut akan Tuhan, yang masih merupakan kerabat Naomi.

Rut melahirkan anak laki-laki bernama Obed (Rut 4).

Obed adalah ayah Isai, ayah Daud, raja terbesar Israel, yang juga menjadi nenek moyang Mesias (Tuhan Yesus secara manusia).

Nama Rut diabadikan dalam silsilah Tuhan Yesus (Matius 1:5).

Dari seorang perempuan asing yang tidak percaya Tuhan, lalu menjadi janda, Rut berubah menjadi istri orang kaya yang takut Tuhan, dan menjadi nenek moyang Sang Juruselamat!

 

6. Daud

Kisah tokoh Alkitab paling menginspirasi yang keenam adalah kisah Daud.

Daud adalah raja kedua Israel setelah Saul.

Awalnya Daud hanyalah seorang gembala kambing domba ayahnya.

Namun, ketika Saul telah ditolak oleh Tuhan sebagai raja Israel, maka Daud diurapi oleh nabi Samuel menjadi raja Israel menggantikan Saul (1 Samuel 16:1-13).

Daud kemudian tampil sebagai pembela bagi Israel, tatkala Goliat, pahlawan Filistin, datang menakut-nakuti bangsanya. Daud berhasil mengalahkan Goliat (1 Samuel 17:1-58).

Sejak itu Daud menjadi terkenal dan mendapat simpati dari rakyat Israel. Hal ini membuat Saul iri hati kepadanya.

Sejak itu dan seterusnya, hingga kematian Saul, Daud selalu diburu oleh Saul dan berusaha membunuhnya. Tetapi Daud selalu luput, sebab Tuhan menyertai Daud.

Karena itulah, selama Saul masih hidup, Daud tidak bisa langsung merasakan empuknya kursi kerajaan, sekalipun ia telah diurapi menjadi raja Israel.

Barulah setelah Saul mati Daud bisa menjadi raja bangsa Israel sepenuhnya, selama 40 tahun.

Dari seorang gembala kambing domba, Daud diurapi menjadi raja Israel, umat pilihan Tuhan.

Tetapi ia harus menunggu selama lebih dari 10 tahun, serta mengalami banyak penderitaan, baru bisa menjadi raja Israel secara de facto.

 

7. Daniel

Kisah tokoh Alkitab paling menginspirasi yang ketujuh adalah kisah Daniel.

Daniel adalah seorang pemuda Yahudi ketika ia, bersama orang-orang Yahudi lainnya, dibuang ke Babel akibat pemberontakan bangsa mereka kepada Allah.

Raja Babel, Nebukadnezar, memilih beberapa pemuda cerdas untuk dididik selama tiga tahun tentang budaya dan bahasa orang Kasdim (Babel) sehingga mereka bisa bekerja untuk raja.

Di antara para pemuda yang terpilih tersebut terdapat Daniel berserta tiga temannya.

Dan Daniel beserta tiga temannya lebih cerdas sepuluh kali dari para pemuda yang bersama-sama dididik dengan mereka! (Daniel 1:1-21).

Karena Daniel berhasil menafsirkan mimpi Nebukadnezar, ia kemudian diangkat sebagai penguasa atas seluruh wilayah Babel di bawah raja Nebukadnezar.

Namun Daniel menyerahkan jabatan tersebut kepada ketiga temannya, sedangkan ia sendiri tinggal di istana raja (Daniel 2:48-49).

Dan atas anugerah Tuhan, karier pemerintahan Daniel terus berlanjut.

Setelah beberapa lama (di usianya yang sudah tua, 80 tahun!), Daniel menjadi satu dari tiga orang yang menjadi pejabat tertinggi di bawah raja Darius.

Tetapi Daniel melebihi dua pejabat tertinggi raja tersebut dan para pejabat yang lainnya.

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!