10 Motivator Terbaik Indonesia Beragama Kristen

Artikel ini berisi tentang 10 motivator terbaik Indonesia beragama Kristen dan Katolik.

Motivator adalah sebuatan bagi mereka yang aktif memberikan seminar, pelatihan, pengajaran di bidang motivasi dan pengembangan diri.

Para motivator terdiri dari para penulis, akademisi, kaum profesional dan bisnisman,  yang telah sukses di bidang mereka masing-masing.

Selain itu,  juga orang-orang yang telah mengalami banyak keterpurukan dan kegagalan hidup tetapi dapat bangkit kembali dan menjadi sukses.

Baca juga: 25 Pengacara Terbaik Indonesia Beragama Kristen

Para motivator ini melakukan motivasi dan pengembangan diri terhadap perusahaan-perusahaan atau berbagai organisasi/lembaga/institusi, serta perorangan.

Mereka menjalankan peran sebagai motivator melalui seminar, pelatihan, penulisan buku, hingga berbicara di radio, televisi, dan lewat internet seperti Youtube.

Baca juga: 25 Politisi Indonesia Terpopuler Beragama Kristen

Hingga saat ini sudah banyak motivator yang muncul di Indonesia, beberapa di antaranya adalah para motivator terbaik, yang telah melakukan pelatihan dan seminar terhadap banyak orang dan perusahaan/organisasi.

Dan banyak dari motivator terbaik Indonesia beragama Kristen/Katolik.

Baca juga: 50 Penyanyi Pria Terbaik Indonesia Beragama Kristen

Artikel kali ini akan membahas 10 motivator terbaik Indonesia beragama Kristen dan Katolik.

Siapa sajakah mereka? Berikut profilnya, yang dirangkum dari berbagai sumber, terutama Wikipedia.

 

1. Jansen Sinamo 

Jansen Sinamo lahir di Sidikalang, Sumatera Utara, 2 Juli 1958.

Sebagai motivator, Jansen Sinamo telah berpengalaman lebih dari 20 tahun menyampaikan ceramah, seminar, dan pelatihan di berbagai lembaga dan korporasi milik negara.

Antara lain: Kementerian Keuangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Riset dan Teknologi, Bank Indonesia, BPK, BPPT, UI, beberapa perguruan tinggi, perusahaan swasta, dan lain-lain.

Jansen juga merupakan kolumnis tetap di Harian Kompas dan telah menulis sejumlah buku inspiratif.

Dalam buku karya Presiden Joko Widodo berjudul Revolusi Mental Dalam Institusi Birokrasi dan Korporasi, Jansen Sinamo bertindak sebagai editor.

Pengalaman kerja Jansen Sinamo antara lain: seismic engineer pada PT. Matra Delta dan PT. Horizon Indonesia, World Vision International Indonesia sebagai manajer sistem informasi, dan Dale Carnegie Training di Indonesia sebagai instruktur.

Dan akhirnya Jansen Sinamo mendirikan Institut Darma Mahardika untuk memulai debutnya sebagai motivator.

Ia dikenal sebagai penggagas, pengembang, sekaligus pengemban program seminar dan pelatihan sumberdaya manusia berbasis etos pertama di Indonesia.

Institut Darma Mahardika kemudian fokus dalam mengembangkan konsep dan pelatihan “Etos Kerja Profesional” dan “menahbiskan” Jansen Sinamo sebagai Guru Etos Indonesia.

Sejak tahun 2005, dia dipercaya mengasuh program Smart-Ethos pada jaringan Radio Smart FM Jakarta yang dipancarkan ke seluruh Nusantara melalui 24 kota besar Indonesia.

Pada tahun 2008 ia terpilih menjadi salah satu Indonesia’s 100 Educators of the Year versi majalah Campus Asia pada kategori Great Intellectuals Impacting Society.

Sebagai pembicara publik, terutama di ranah bisnis, ia telah memberi ceramah dan seminar di depan ratusan ribu orang mulai dari tingkat pelaksana, wiraniaga, teller, staf, supervisor, manajer, direktur, CEO, bupati, gubernur, dirjen, hingga menteri.

Jansen adalah alumnus Jurusan Fisika Institut Teknologi Bandung pada tahun 1984.

 

2. Andrias Harefa

Andrias Harefa, seorang keturunan Nias, lahir di Curup, Bengkulu, 6 September 1964.

Andrias Harefa adalah seorang penulis lebih dari 40 buku best-seller terbitan Kompas-Gramedia, trainerpreneur, coach, pendidik, dan motivator.

Sebelumnya Andrias pernah menjadi jurnalis independen (1987-1989) dan HRD Consultant di Dale Carnegie Training Indonesia (1989-1998).

Setelah itu ia fokus menjadi Trainer Profesional dan Trainer Coach, yang banyak memberikan pelatihan di bidang kepemimpinan, komunikasi, motivasi, kewirausahaan, dan pembelajaran.

Pada tahun 1998, ia bersama Jansen H. Sinamo (lihat poin 1 di atas) dan Agus Santoso mendirikan Institut Darma Mahardika.

Tahun 2008, bersama Dr. Januar Darmawan, ia mendirikan PT Mitra Pembelajar sebagai wadah bagi pengembangan komunitas pembelajaran Writing School, Trainer School, dan Proaktif Organizer.

Lewat kiprahnya dalam Writing School, ratusan penulis buku telah dihasilkan dan berbagai gerakan pelatihan menulis artikel dan menulis buku telah menyebar ke seluruh Indonesia.

Ia dan timnya juga memberikan jasa penulisan ghost-writing untuk membantu orang-orang dan perusahaan yang perlu mengembangkan knowledge management, knowledge sharing, dan website writing, PR writing, dan sebagainya.

Klien Writing School termasuk BCA, Mandiri, Pembangunan Jaya, Perusahaan Listrik Negara, Perusahaan Gas Negara, Ciputra Group, dan lain-lain.

Lewat Trainer School, ia telah melatih ratusan internal trainer di perusahaan-perusahaan terkemuka Indonesia termasuk Astra Group, Kalbe Group, Matahari, Alfamart, MCCI, PGN, SOS Indonesia, Bank Indonesia, dan sebagainya.

Atas jasanya di bidang edukasi dan pelatihan, Andrias Harefa mendapat beberapa penghargaan dari Dale Carnegia & Associates, New York.

Antara lain: Training Konsultan berprestasi, Club 250, Training Konsultan berprestasi tertinggi, Diamond Club, dan Instruktur yang Kreatif dan Inovatif.

Andrias menempuh pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (1983-1988) Yogyakarta.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!