10 Orang Paling Panjang Usianya Di Alkitab

dfe4b1630b9a54d0a07db15eee6f102a

Artikel ini berisi tentang orang-orang paling panjang usianya di Alkitab.

Pada umumnya manusia ingin punya umur panjang di bumi dan meninggal di usia yang sangat lanjut. Namun faktanya, tidak semua manusia mencapai usia yang panjang. Banyak orang yang meninggal di usia yang belum terlalu tua, di usia remaja atau pemuda, bahkan ketika masih anak-anak ataupun masih bayi.

Pada awal penciptaannya, manusia umurnya panjang-panjang. Tetapi semakin lama umur manusia semakin pendek. Alkitab tidak menjelaskan mengapa demikian. Tetapi tampaknya Tuhan yang memperpendek umur manusia, seiring kejatuhan manusia ke dalam dosa. Dan bisa jadi ada juga pengaruh alam/bumi yang semakin rusak sejak kejatuhan manusia tersebut.

Baca juga: 10 Pria Paling Tampan Di Alkitab

Musa menyebut bahwa usia manusia pada zamannya hanya sekitar 70-80 tahun saja, itulah usia produktif mereka, selebihnya hanya ada penderitaan (Mazmur 90:10). Musa sendiri “hanya” berusia 120 tahun ketika meninggal, walau tubuhnya masih sehat dan kuat (Ulangan 34:7).

Zaman sekarang, rasanya usia manusia 80 tahun saja sudah dianggap sangat tua, dan sudah agak jarang orang yang mencapai usia sedemikian, mungkin 1 di antara 1000 orang.

Baca juga: 10 Wanita Paling Cantik Di Alkitab

Namun Alkitab mencatat beberapa tokoh di Perjanjian Lama yang mencapai umur yang sangat panjang. Mereka adalah orang-orang paling panjang usianya di Alkitab. 7 orang di antaranya berusia di atas 900 tahun; 1 orang lagi berusia hampir 900 tahun; 1 orang berusia hampir 800 tahun; dan 1 orang lagi berusia 600 tahun.

Di sini akan dicantumkan orang paling panjang usianya di Alkitab, 600 tahun ke atas!

Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

 

1. Adam (930 Tahun)

Tokoh Alkitab pertama yang berusia sangat panjang adalah Adam. Adam adalah manusia pertama di bumi. Sebagai manusia pertama, tentu ada banyak catatan Alkitab tentang dia, termasuk usianya ketika ia mendapat anak-anak maupun ketika ia meninggal dunia.

Adam mempunyai banyak anak laki-laki dan perempuan. Anak-anak pertama Adam adalah Kain dan Habel. Kain orangnya jahat, ia membunuh adiknya, Habel. Tuhan menghukum Kain atas perbuatannya itu. Dan garis keturunan Adam tidak dilanjutkan melalui Kain, sekalipun Kain adalah anak sulung Adam. Garis keturunan Adam berlanjut dari anaknya yang lahir kemudian, Set.

Adam memperanakkan Set pada saat ia telah berumur 130 tahun, dan ia masih hidup 800 tahun lagi setelah kelahiran Set. Jadi total usia Adam hingga ia meninggal adalah 930 tahun!

“Setelah Adam hidup seratus tiga puluh tahun, ia memperanakkan seorang laki-laki menurut rupa dan gambarnya, lalu memberi nama Set kepadanya. Umur Adam, setelah memperanakkan Set, delapan ratus tahun, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. Jadi Adam mencapai umur sembilan ratus tiga puluh tahun, lalu ia mati.” (Kejadian 5:3-5).

 

2. Set (912 Tahun) 

Set adalah salah satu tokoh Alkitab yang paling panjang umurnya di bumi. Sebagai pengganti Kain, yang membunuh saudaranya, Habel, kisah Set tidak banyak dicatat di Alkitab, seperti halnya Kain. Tetapi sebagaimana dengan catatan umur Adam, ayahnya, umur Set juga dicatat di Alkitab.

Alkitab mencatat bahwa ketika Set berusia 105 tahun, ia memperanakkan Enos. Dikatakan bahwa pada saat kelahiran Enos, manusia mulai memanggil nama Tuhan (Kejadian 4:26). Hal ini berarti bahwa pada masa Enos mulai timbul penyembahan yang benar kepada Tuhan.

Set juga memperanakkan anak-anak laki-laki dan perempuan, selain Enos. Set masih hidup 807 tahun lagi setelah ia memperanakkan Enos. Jadi total usia Set ketika meninggalnya adalah 912 tahun! Usia Set hanya terpaut 18 tahun dari usia ayahnya, Adam.

“Setelah Set hidup seratus lima tahun, ia memperanakkan Enos. Dan Set masih hidup delapan ratus tujuh tahun, setelah ia memperanakkan Enos, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. Jadi Set mencapai umur sembilan ratus dua belas tahun, lalu ia mati.” (Kejadian 5:6-8).

 

3. Enos (905 Tahun)

Tokoh Alkitab lainnya yang berumur sangat panjang adalah Enos. Enos, anak Set, memperanakkan Kenan pada waktu ia berusia 90 tahun. Dan ia juga memperanakkan anak-anak laki-laki dan anak-anak perempuan, selain Kenan.

Alkitab mencatat bahwa Enos meninggal ketika ia berusia 905 tahun! Usianya hanya terpaut 7 tahun dari usia ayahnya, Set.

“Setelah Enos hidup sembilan puluh tahun, ia memperanakkan Kenan. Dan Enos masih hidup delapan ratus lima belas tahun, setelah ia memperanakkan Kenan, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. Jadi Enos mencapai umur sembilan ratus lima tahun, lalu ia mati.” (Kejadian 5:9-11).

 

4. Kenan (910 Tahun) 

Tokoh Alkitab berikutnya yang berusia sangat panjang adalah Kenan. Kenan, anak Enos, berusia 70 tahun pada waktu ia memperanakkan Mahalaleel. Dan Kenan memperanakkan anak laki-laki dan anak perempuan lainnya.

Alkitab mencatat bahwa ketika meninggal, Kenan berusia 910 tahun! Umur Kenan lebih panjang 5 tahun dari umur ayahnya, Enos.

“Setelah Kenan hidup tujuh puluh tahun, ia memperanakkan Mahalaleel. Dan Kenan masih hidup delapan ratus empat puluh tahun, setelah ia memperanakkan Mahalaleel, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. Jadi Kenan mencapai umur sembilan ratus sepuluh tahun, lalu ia mati.” (Kejadian 5:12-14).

 

5. Mahalaleel (895 Tahun) 

Mahalaleel merupakan tokoh Alkitab lainnya yang berumur sangat panjang. Alkitab mencatat bahwa Mahalaleel, anak Kenan, memperanakkan Yared ketika ia berusia 65 tahun. Selain memperanakkan Yared, Mahalaleel juga memperanakkan anak laki-laki dan anak perempuan yang lain.

Dan pada saat Mahalaleel meninggal, usianya sudah mencapai 895 tahun! Umur Mahalaleel lebih singkat 15 tahun dari umur ayahnya, Kenan.

“Setelah Mahalaleel hidup enam puluh lima tahun, ia memperanakkan Yared. Dan Mahalaleel masih hidup delapan ratus tiga puluh tahun, setelah ia memperanakkan Yared, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. Jadi Mahalaleel mencapai umur delapan ratus sembilan puluh lima tahun, lalu ia mati.” (Kejadian 5:15-17).

 

6. Yared (962 Tahun) 

Tokoh Alkitab selanjutnya yang umurnya sangat panjang adalah Yared. Yared, anak Mahalaleel, berusia 162 tahun ketika ia memperanakkan Henokh. Yared juga memperanakkan anak laki-laki dan anak perempuan selain Henokh.

Dan pada saat meninggalnya, Yared mencapai usia 962 tahun! Usianya lebih panjang 67 tahun dari usia ayahnya, Mahalaleel.

“Setelah Yared hidup seratus enam puluh dua tahun, ia memperanakkan Henokh. Dan Yared masih hidup delapan ratus tahun, setelah ia memperanakkan Henokh, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. Jadi Yared mencapai umur sembilan ratus enam puluh dua tahun, lalu ia mati.” (Kejadian 5:18-20).

 

7. Metusalah (969 Tahun)

Metusalah adalah salah satu tokoh Alkitab yang paling panjang umurnya. Metusalah adalah anak Henokh, cucu Yared.

Henokh, dua kali dikatakan oleh Alkitab sebagai orang yang bergaul dengan Tuhan. Dan Henokh diangkat Tuhan ke sorga, jadi ia tidak mengalami kematian seperti manusia pada umumnya. Henokh berumur 365 tahun pada saat ia diangkat ke sorga (Kejadian 5:21-24). Karena itu Henokh tidak mencapai umur yang panjang di bumi.

Metusalah memperanakkan Lamekh pada saat ia berusia 187 tahun. Ia juga memperanakkan anak laki-laki dan perempuan. Dan ketika Metusalah meninggal, usianya mencapai 969 tahun! Hal ini berarti bahwa Metusalah adalah manusia tertua yang pernah hidup di bumi.

“Setelah Metusalah hidup seratus delapan puluh tujuh tahun, ia memperanakkan Lamekh. Dan Metusalah masih hidup tujuh ratus delapan puluh dua tahun, setelah ia memperanakkan Lamekh, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. Jadi Metusalah mencapai umur sembilan ratus enam puluh sembilan tahun, lalu ia mati.” (Kejadian 5:25-27).

 

8. Lamekh (777 Tahun) 

Tokoh Alkitab lainnya yang berusia panjang adalah Lamekh. Lamekh, anak Metusalah, memperanakkan Nuh ketika ia berumur 182 tahun. Dan seperti ayah dan nenek moyangnya, ia juga memperanakkan anak laki-laki dan anak perempuan yang lainnya. Dan ketika meninggalnya, Lamekh berusia 777 tahun!

Usia Lamekh terpaut 192 tahun dari ayahnya, Metusalah, yang merupakan manusia paling panjang umurnya di bumi. Dan dibandingkan dengan semua nenek moyangnya yang dicatat di atas, bahkan dibandingkan dengan anaknya, Nuh (lihat di bawah), Lamekh tergolong “muda”. Semua nenek moyangnya dan anaknya, Nuh, berusia 800 tahun ke atas.

“Setelah Lamekh hidup seratus delapan puluh dua tahun, ia memperanakkan seorang anak laki-laki, dan memberi nama Nuh kepadanya,.… Dan Lamekh masih hidup lima ratus sembilan puluh lima tahun, setelah ia memperanakkan Nuh, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. Jadi Lamekh mencapai umur tujuh ratus tujuh puluh tujuh tahun, lalu ia mati.” (Kejadian 5:28-31).

 

9. Nuh (950 Tahun)

Nuh merupakan salah satu tokoh Alkitab yang berumur sangat panjang. Nuh adalah orang yang benar di hadapan Tuhan. Ia hidup bergaul dengan Tuhan, di tengah-tengah dunia yang moralnya bobrok.

Pada masa Nuh kejahatan manusia di bumi semakin besar dan kecenderungan hatinya hanyalah melakukan kejahatan. Karena itu Tuhan sangat marah dan hendak menghukum manusia dengan mendatangkan air bah ke bumi.

Tetapi Tuhan ingin menyelamatkan Nuh sekeluarga. Karena itu Tuhan menyuruhnya untuk membuat sebuah bahtera, yang mampu menampung Nuh sekeluarga dan sejumlah spesies hewan di bumi sehingga hewan-hewan tersebut tidak punah. Dan setelah Nuh selesai membuat bahtera, Tuhan menyuruh Nuh berserta seluruh keluarganya masuk ke dalamnya sehingga selamat dari air bah yang melanda bumi.

Sebelum peristiwa air bah itu, Nuh memperanakkan Sem, Ham dan Yafet, setelah ia berusia 500 tahun. Dan ia masih hidup 350 tahun lagi setelah air bah surut, sehingga total umur Nuh ketika meninggal adalah 950 tahun! Usia Nuh lebih panjang 173 tahun dari usia ayahnya, Lamekh.

“Setelah Nuh berumur lima ratus tahun, ia memperanakkan Sem, Ham dan Yafet…. Nuh masih hidup tiga ratus lima puluh tahun sesudah air bah. Jadi Nuh mencapai umur sembilan ratus lima puluh tahun, lalu ia mati.” (Kejadian 5:32; 9:28-29).

 

10. Sem (600 Tahun)

Tokoh Alkitab terakhir yang berumur sangat panjang adalah Sem. Sem, anak sulung Nuh, berusia 100 tahun ketika ia memperanakkan Arpakhsad, dua tahun setelah air bah surut di bumi.

Dan Sem masih hidup 500 tahun lagi setelah ia memperanakkan Arpakhsad. Dengan demikian total usia Sem ketika meninggal adalah 600 tahun!

“Inilah keturunan Sem. Setelah Sem berumur seratus tahun, ia memperanakkan Arpakhsad, dua tahun setelah air bah itu. Sem masih hidup lima ratus tahun, setelah ia memperanakkan Arpakhsad, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.” (Kejadian 11:10-11)

Jika kita perhatikan, usia Sem sangat jauh selisihnya dari usia ayahnya, Nuh, yakni 350 tahun. Ini turunnya sangat drastis, padahal mereka hanya beda satu generasi. Dan jika kita perhatikan lagi, nenek moyang Sem dan Nuh umurnya rata-rata 900 tahun, hanya Lamekh yang umurnya agak lebih “muda”, yakni 777 tahun.

Hal ini membuktikan bahwa semakin hari usia manusia semakin pendek di bumi. setelah Sem, tidak ada lagi orang yang berusia sampai 600 tahun, apalagi sampai 900 tahun, seperti pada zaman Nuh. Anak Sem, Arpakhsad, “hanya” berusia 438 tahun ketika meninggal (Kejadian 11:12-13).

Terah, ayah Abraham, yang beberapa generasi di bawah Sem, “hanya” berusia 205 tahun waktu meninggalnya (Kejadian 11:32). Sedangkan Abraham sendiri “hanya” mencapai usia 175 tahun (Kejadian 25:7-8).

Itulah daftar 10 orang paling panjang usianya di Alkitab, 600 tahun ke atas.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!