6. Komjen. Pol. Drs. Petrus Golose (Kepala BNN)

Saat ini Komjen Petrus Golose mengemban amanat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

Komisaris Jenderal Polisi Dr. Drs. Petrus Reinhard Golose, lahir di Manado, Sulawesi Utara, pada 27 November 1965.

Jabatan yang pernah diembannya, antara lain: Wakaden 88/Antiteror Polda Metro Jaya, Wadir II/Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Direktur Penindakan di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), dan Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT.

Lalu, Kapolda Bali, dan saat ini Kepala BNN. (Baca: 4 Jenderal Kristen Kepercayaan Presiden Jokowi

 

7. Alexander Marwata (Komisioner KPK)

Alexander Marwata adalah salah satu pimpinan/Wakil Ketua KPK jilid keempat (periode 2015-2019 dan 2019-2024) yang kini masih aktif menjabat.

Sebelum terpilih menjadi salah satu wakil ketua KPK, Alexander Marwata adalah seorang Hakim ad hoc di pengadilan Tipikor (tindak pidana korupsi) Jakarta.

Alexander Marwata lahir di Klaten, Jawa Tengah, pada 26 Februari 1967. Alexander Marwata adalah seorang penganut Agama Kristen Katolik.

Alexander Marwata menempuh pendidikan tingginya di Jurusan Akuntansi (D IV) STAN, Jakarta. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Indonesia, Jakarta (S1 Ilmu Hukum).

Sebelum menjadi seorang hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Alexander Marwata pada 1987-2011 berkarier sebagai auditor di Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Pengangkatan Alexander Marwata sebagai salah satu pimpinan KPK sempat menuai kontroversi. Sebab saat menjadi seorang hakim, Alex dianggap kerap memberikan pendapat berbeda (dissenting opinion) dengan memberikan putusan yang ringan bagi para pelaku korupsi.

Salah satunya adalah, Alexander menyatakan mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah tidak terbukti korupsi.

Kendati demikian, Alexander dianggap punya kemampuan untuk menjadi salah satu pimpinan KPK, mengingat pengalamannya sebagai Hakim Tipikor selama empat tahun dan lebih dari 10 tahun menjadi auditor BPKP.

 

8. Viktor Laiskodat (Gubernur NTT/Politikus Partai Nasdem)

Viktor Laiskodat saat ini adalah Gubernur  Nusa Tenggara Timur (NTT) dan politikus Partai Nasdem.

Viktor Bungtilu Laiskodat lahir di Kupang, Nusa Tenggara Timur, pada 17 Februari 1965.

Sebelumnya ia menjadi anggota DPR RI dari Partai NasDem dari daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur II,dan merupakan Ketua Fraksi Partai NasDem di DPR RI.

Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Bidang Pertanian dan Maritim DPP Partai NasDem (2013-2018).

Sebelum di Partai Nasdem, ia pernah menjadi Anggota DPR RI dari Partai Golkar, pada periode 2004-2009.

Ia juga salah satu anggota Badan Pemenangan Pilpres Jokowi-JK (2014).

Advertisements
Ad 16
Advertisements Text

Viktor adalah alumnus Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jakarta. Dan sebelum menjadi politisi, ia merupakan seorang pengacara/Konsultan Hukum, yang pernah menjadi Wakil Ketua Penasihat Himpunan Advokat Indonesia.

 

9. Olly Dondokambey (Gubernur Sulut/Politisi PDIP)

Olly Dondokambey adalah Gubernur Sulawesi Utara sekaligus politikus partai PDIP.

Olly Dondokambey, S.E. lahir di Manado, Sulawesi Utara, pada 18 November 1961.

Sebelum menjadi gubernur, ia adalah anggota DPR RI dari PDI Perjuangan untuk daerah pemilihan Sulawesi Utara selama tiga periode (2004-2009; 2009-2014; 2014-2019).

Sejak 2009, Ia dipercaya menjadi Bendahara Fraksi PDI Perjuangan. Kemudian dia menjabat sebagai Bendahara Umum DPP PDIP hingga dua periode (2010-2015; 2015-2020).

Di tingkat daerah, Olly terpilih menjadi Ketua DPD I PDIP Sulawesi Utara sejak tahun 2012, dan terpilih kembali untuk periode 2015-2020.

Pendidikannya ditempuh di Akademi Akuntansi Manado dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Widya, Jakarta.

 

10. Hinsa Siburian (Kepala BSSN)

Saat ini Letjen TNI (Purn) TNI Hinsa Siburian menjabat sebagai Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), sebuah jabatan setingkat menteri.

Letnan Jenderal TNI Hinsa Siburian (Purn) lahir di Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, pada 28 Oktober 1959.

Letjen Hinsa Siburian merupakan lulusan terbaik Akmil tahun 1986 sehingga meraih penghargaan Adhi Makayasa. (Baca: 6 Jenderal Kristen Lulusan Terbaik Akmil).

Selain berpengalaman di bidang infanteri, Letjen Hinsa juga banyak berkarier di baret merah/Kopassus.

Jabatan yang pernah diembannya antara lain: Danyon Aksussat-81 Kopassus, Dansatdik Komando Pusdikpassus, Dandim 1710/Mimika, Waasintel Kasdam XVII/Trikora, Kasrem 172/Praja Wira Yakthi, Asops Kasdivif-1/Kostrad, Asops Kas Kostrad, Danrem 043/Garuda Hitam.

Kemudian, Dirlat Kodiklat TNI, Danrem 173/Praja Vira Braja, Kasdam XVII/Cendrawasih, Asops Kasad, Danpussenif Kodiklatad, Pangdam XVII/Cendrawasih, dan Wakil KSAD.

 

Itulah 10 Pejabat Kristen paling populer di Indonesia saat ini.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Balasan