Loading...

10 Pemimpin Gereja Paling Berpengaruh Di Alkitab

Loading...

Artikel ini membahas tentang 10 pemimpin gereja paling berpengaruh di Alkitab.

Dalam Alkitab Perjanjian Baru, kita dapat membaca tentang kisah para pemimpin gereja yang paling berpengaruh, yang punya peran besar di dalam memberitakan Injil dan memimpin gereja Tuhan.

Dari sejumlah gereja lokal yang disebutkan di Alkitab, ada dua gereja yang paling dominan dan paling berpengaruh.

Gereja pertama adalah gereja Yerusalem, gereja tertua di dunia, yang lahir pada hari Pentakosta, dan yang sebagian besar anggota jemaatnya berasal dari bangsa Yahudi.

Para pemimpin gereja Yerusalem adalah para rasul generasi pertama, yakni 12 murid pertama Tuhan Yesus, dengan Matias sebagai pengganti Yudas Iskariot.

Baca juga: 100 Pendeta Paling Berpengaruh Di Indonesia

Gereja kedua adalah gereja Antiokhia, Siria, yang lahir dari hasil penginjilan anggota jemaat gereja Yerusalem, yakni orang-orang yang melarikan diri akibat penganiayaan yang terjadi di Yerusalem (lihat poin 7 di bawah). Sebagian besar anggota jemaat gereja Antiokhia berasal dari bangsa-bangsa bukan Yahudi.

Para pemimpin gereja Antiokhia adalah orang-orang Kristen “generasi kedua” setelah para rasul generasi pertama, yakni 12 murid Yesus.

Mereka inilah – para pemimpin gereja Yerusalem dan pemimpin gereja Antiokhia – yang menjadi pemimpin-pemimpin gereja paling berpengaruh di Alkitab Perjanjian Baru.

Baca juga: 17 Gereja Dengan Jumlah Jemaat Terbanyak Di Indonesia

Artikel kali ini akan membahas tentang 10  Pemimpin gereja paling berpengaruh di Alkitab Perjanjian Baru.

Mereka disebut berpengaruh sebab merekalah yang paling dominan di dalam memberitakan Injil dan memimpin/menggembalakan jemaat Tuhan. Mereka menguatkan jemaat, mengajar, berkhotbah, mengadakan mujizat, berapologet, dan memimpin sidang gereja.

Lalu, siapa sajakah 10 Pemimpin gereja paling berpengaruh di Alkitab? Berikut pembahasannya.

 

1. Petrus

Petrus merupakan pemimpin utama gereja Yerusalem, gereja pertama di bumi,  sebelum akhirnya digantikan oleh Yakobus saudara Yesus (lihat poin 4 di bawah).

Petruslah yang memimpin 120 orang murid yang berdoa menantikan turunnya Roh Kudus, dan yang berinisiatif untuk memilih pengganti Yudas Iskariot yang berkhianat (Kisah Para Rasul 1:12-22).

Dan ketika terjadi pencurahan Roh Kudus pada Hari Pentakosta, dialah yang tampil berkhotbah di hadapan orang-orang Yahudi sehingga 3000 orang bertobat (Kisah Para Rasul 2:14-40).

Dialah juga yang memegang otoritas untuk mendisiplin jemaat di gereja Yerusalem (Kisah Para Rasul 5:1-11).

Petrus juga yang memimpin para rasul dalam pemberitaan Kabar Baik kepada orang-orang Yahudi (Kisah Para Rasul 3:11-26).

Menurut tradisi, Petrus memberitakan Injil di kota Roma, pusat kekaisaran Romawi. Dan di Roma ia mati martir  pada masa penganiayaan Kaisar Nero. (Baca: 12 Murid Yesus Dan Akhir Hidup Mereka)

 

2. Paulus

Paulus adalah seorang rasul Tuhan Yesus yang memberitakan Injil ke banyak bangsa dan mendirikan banyak gereja di mana-mana.

Sebelum bertobat, ia bernama Saulus, dan ia adalah seorang penganut agama Yahudi yang sangat fanatik serta telah membunuh dan menganiaya banyak orang Kristen.

Ketika sedang dalam perjalanan ke Damsyik, Siria, untuk menganiaya dan membunuh orang Kristen,  maka Saulus pun bertobat setelah Yesus menampakkan diri kepadanya (Kisah Para Rasul 9:1-9).

Paulus merupakan salah satu pemimpin gereja Antiokhia (Kisah Para Rasul 13:1-3), dan salah satu dari 10 Tokoh Alkitab Terbesar Di Perjanjian Baru

 

3. Yohanes

Yohanes dikenal sebagai murid yang dikasihi Tuhan Yesus, yang bersandar dekat kepadaNya pada Perjamuan Paskah Terakhir (Yohanes 13:23).

Bersama Petrus dan Yakobus saudaranya, ia merupakan murid terdekat Yesus.

Di gereja mula-mula di Yerusalem, peran Yohanes cukup besar. Bersama Petrus ia menjadi pemimpin gereja terkemuka.

Dan, bersama Petrus dan Yakobus saudara Tuhan Yesus, Yohanes adalah sokoguru jemaat mula-mula di Yerusalem (Galatia 2:9).

Yohanes merupakan saudara sepupu Tuhan Yesus. (Baca: 7 Anggota Keluarga Yesus Yang Aktif Melayani)

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!