10 Perbedaan Gereja Anglikan Dengan Gereja Protestan

6. Perbedaan Dalam Hal Maria, Ibu Yesus

Perbedaan antara gereja Anglikan dengan gereja Protestan, yang keenam adalah dalam hal Maria, ibu Yesus.

Bunda Maria (ibu Yesus secara manusia) sangat dihormati dalam gereja Anglikan sebagai bunda Allah (Theotokos).

Gereja Anglikan juga, seperti halnya gereja Katolik, meyakini bahwa Maria tetap perawan setelah melahirkan bayi Yesus.

Tetapi gereja Anglikan, umumnya berbeda dengan gereja Katolik, menolak ajaran bahwa Maria tidak berdosa dan tidak mengalami kematian jasmani, tetapi langsung naik ke surga.

Gereja Anglikan juga menolak bahwa Maria adalah perantara Yesus sehingga dapat dimintai bantuan dalam doa (seperti pandangan gereja Katolik), kecuali oleh sebagian kecil dari gereja Anglikan.

Sedangkan dalam pandangan gereja Protestan, Maria hanyalah perempuan pilihan Allah untuk mengandung Juruselamat, dia bahkan melahirkan anak-anak lagi dari Yusuf yang di Alkitab disebut saudara-saudara Yesus.

Hanya saja aliran Lutheran umumnya berpandangan sama seperti Gereja Anglikan.

 

7. Perbedaan Dalam Hal Orang-orang Kudus (Santo/Santa)

Perbedaan antara gereja Anglikan dengan gereja Protestan, yang ketujuh adalah dalam hal orang-orang kudus (santo/santa).

Gereja Anglikan umumnya, seperti halnya orang Katolik, menerima sejumlah orang sebagai orang-orang kudus (santo/santa) yang perlu diteladani.

(Santo adalah laki-laki dan santa adalah perempuan).

Mereka sangat dihormati dan selalu diperingati sesuai kalender gereja Anglikan.

Mereka adalah orang-orang yang telah meninggal, yang selama hidupnya di bumi dianggap telah banyak berbuat dan menjadi teladan.

Dalam gereja Protestan para santo/santa umumnya tidak ada, kecuali dalam aliran Lutheran.

 

8. Perbedaan Dalam Hal Tanda Salib Di Kepala Dan Pundak

Perbedaan antara gereja Anglikan dengan gereja Protestan, yang kedelapan adalah dalam hal tanda salib di kepala dan pundak.

Gereja Anglikan, seperti halnya Katolik, membuat tanda salib di kepala dan pundak ketika berdoa seraya menyebut dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus.

Sedangkan dalam gereja gereja Protestan, tidak ada membuat tanda seperti itu, kecuali dalam aliran Lutheran.

 

9. Perbedaan Dalam Hal Pengakuan Dosa Kepada Rohaniwan

Perbedaan antara gereja Anglikan dengan gereja Protestan, yang kesembilan adalah dalam hal pengakuan dosa di hadapan rohaniwan.

Seperti halnya gereja Katolik, gereja Anglikan juga mengakui dosanya di hadapan para rohaniwan.

Sedangkan gereja Protestan umumnya tidak demikian (kecuali dalam aliran Lutheran), tetapi langsung mengaku dosanya kepada Tuhan lewat doa.

Namun dalam gereja Protestan umumnya anggota jemaat boleh saja memberitahu dosanya kepada pendeta jika sedang dalam konseling.

10. Perbedaan Dalam Hal Patung Di Gereja

Perbedaan antara gereja Anglikan dengan gereja Protestan, yang terakhir adalah dalam hal patung.

Gereja Anglikan, walau tidak sebanyak di gereja Katolik dan gereja Ortodoks, mempunyai sejumlah patung (patung Yesus, Maria, para santo/santa) di gereja dan tempat lainnya.

Tetapi gereja Protestan, umumnya tidak punya patung di gereja, kecuali dalam aliran Lutheran.

 

Itulah 10 Perbedaan antara gereja Anglikan dengan gereja Protestan.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!