10 Perbedaan Gereja Lutheran Dengan Gereja Calvinist

6. Perbedaan Dalam Hal Perjamuan Kudus

Perbedaan antara gereja-gereja beraliran Lutheran dengan gereja-gereja beraliran Calvinist/Reformed, yang keenam adalah dalam hal Perjamuan Kudus.

Gereja Lutheran percaya bahwa dalam roti perjamuan Yesus benar-benar hadir.

Inilah yang disebut dengan pandangan Konsubstansiasi.

Sedangkan dalam gereja Calvinist/Reformed, roti hanyalah lambang tubuh Yesus, bukan benar-benar tubuh Kristus.

Yesus tidak hadir dalam roti perjamuan, tetapi hadir secara rohani di tengah umatNya yang melakukan Perjamuan Kudus.

 

7. Perbedaan Dalam Hal Tanda Salib Di Kepala Dan Pundak

Perbedaan antara gereja-gereja beraliran Lutheran dengan gereja-gereja beraliran Calvinist/Reformed, yang ketujuh adalah dalam hal tanda salib di kepala dan pundak.

Gereja beraliran Lutheran, seperti halnya Katolik, membuat tanda salib di kepala dan pundak ketika berdoa seraya menyebut dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus.

Dalam gereja gereja beraliran Calvinist/Reformed, tidak ada membuat tanda seperti itu.

 

8. Perbedaan Dalam Hal Simbol Salib Yesus

Perbedaan antara gereja-gereja beraliran Lutheran dengan gereja-gereja beraliran Calvinist/Reformed, yang kedelapan adalah dalam hal simbol salib Yesus.

Banyak salib gereja Lutheran (tidak semua), seperti halnya dalam Katolik, misalnya dalam patung, hiasan, kalung salib, yang terdapat figur/gambar Yesus di dalamnya.

Sedangkan dalam simbol salib gereja Calvinist/Reformed tidak ada gambar Yesus, hanya bentuk salib.

 

9. Perbedaan Dalam Hal Pengakuan Dosa Kepada Rohaniwan

Perbedaan antara gereja-gereja beraliran Lutheran dengan gereja-gereja beraliran Calvinist/Reformed, yang kesembilan adalah dalam hal pengakuan dosa di hadapan rohaniwan/pastor.

Seperti halnya gereja Katolik, gereja beraliran Lutheran juga mengakui dosanya di hadapan para rohaniwan.

Sedangkan orang gereja beraliran Calvinist/Reformed tidak demikian, tetapi langsung mengaku dosa kepada Tuhan lewat doa.

Namun dalam gereja Calvinist/Reformed jemaat boleh saja memberitahu dosanya kepada pendeta jika sedang dalam konseling.

10. Perbedaan Dalam Hal Predestinasi 

Perbedaan antara gereja-gereja beraliran Lutheran dengan gereja-gereja beraliran Calvinist/Reformed, yang terakhir adalah dalam hal predestinasi.

Predestinasi adalah sebuah sistem teologi dalam doktrin keselamatan atau Soteriologi.

Baik gereja beraliran Lutheran maupun gereja-gereja beraliran Calvinist/Reformed, menerima doktrin predestinasi, yakni seseorang telah Tuhan pilih untuk diselamatkan.

Tetapi dalam gereja beraliran Calvinist/Reformed, umumnya percaya predestinasi ganda, yakni seseorang juga telah Tuhan pilih untuk tidak diselamatkan/dihukum.

 

Itulah 10 Perbedaan antara gereja-gereja beraliran Lutheran dengan gereja-gereja beraliran Calvinist/Reformed.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

2 komentar untuk “10 Perbedaan Gereja Lutheran Dengan Gereja Calvinist”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!