Loading...

10 Perempuan Yang Dilayani Yesus Di Alkitab

Loading...

Artikel ini membahas tentang perempuan-perempuan yang dilayani Yesus di Alkitab Perjanjian Baru.

Selama hidup dan pelayananNya di bumi, Tuhan Yesus melakukan kontak dengan banyak perempuan.

Pada zamanNya, posisi perempuan sangat rendah. Yesus datang membawa perubahan dan mengangkat derajat perempuan ke posisi yang lebih tinggi.

Sebagaimana banyak perempuan yang melayani Yesus di Alkitab, demikian juga banyak perempuan yang dilayani Yesus di Alkitab ketika Ia hidup dan melayani di bumi, bahkan hingga Ia disalibkan dan wafat.

Pelayanan Tuhan Yesus terhadap para perempuan ini bermacam-macam, mulai dari memberi pelepasan dari belenggu roh jahat, menyembuhkan dari sakit-penyakit, hingga memberi suatu pengajaran penting.

Baca juga: 7 Perempuan Mandul Di Alkitab Yang Melahirkan Secara Ajaib

Perempuan-perempuan yang dilayani Yesus di Alkitab ini terdiri dari latar belakang yang berbeda-beda, baik tua maupun muda, dari bangsa Israel ataupun dari bangsa lain di luar Israel.

Baca juga: 9 Perempuan Yang Melayani Yesus Di Alkitab

Artikel kali ini akan membahas 10 perempuan yang dilayani Yesus di Alkitab Perjanjian Baru, baik dalam satu kesempatan maupun dalam jangka waktu yang panjang, terus-menerus, hingga kematianNya di kayu salib.

Baca juga: 10 Wanita Paling Cantik Di Alkitab

Lalu siapa sajakah kesepuluh perempuan yang dlayani Yesus di Alkitab Perjanjian Baru  ketika Ia ada di dunia? Berikut pembahasannya.

 

1. Ibu Mertua Petrus

Perempuan pertama yang dilayani Yesus di Alkitab Perjanjian Baru adalah ibu mertua Simon Petrus.

Ibu mertua Simon Petrus, salah satu murid Tuhan Yesus, disebut hanya satu kali di Alkitab tatkala ia dilayani oleh Tuhan Yesus.

Bentuk pelayanan Yesus kepada mertua Petrus ini adalah dalam hal kesembuhan, di mana saat itu ia sedang sakit demam.

Yesus pergi ke rumah Petrus dan Andreas untuk menyembuhkan mertua Petrus bersama Yohanes dan Yakobus saudara Yohanes.

Dari sini dapat diketahui bahwa Petrus saat menjadi murid Yesus ternyata sudah menikah dan rupanya ia tinggal bersama ibu mertuanya itu (Markus 1:29-31).

 

2. Janda Di Nain

Perempuan yang dilayani Yesus di Alkitab berikutnya adalah janda di Nain.

Suatu ketika Tuhan Yesus dan murid-muridNya memasuki suatu kota yang bernama Nain. Orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia.

Ketika Dia berada dekat pintu gerbang kota itu, Ia melihat orang-orang membawa tandu jenazah untuk dimakamkan di luar kota.

Dalam tandu tersebut ialah seorang pemuda, anak tunggal ibunya yang sudah janda. Tidak disebutkan nama janda itu dan juga anaknya. Janda itu menangisi kematian anak tunggalnya. Dan janda tersebut disertai oleh banyak orang dari kota Nain.

Melihat hal itu, Tuhan Yesus sangat tersentuh hatiNya, Ia berbelas kasihan kepada janda Nain itu. Ia berkata kepadanya, “Jangan menangis!”

Maka Ia menghampiri usungan jenazah itu dan menyentuhnya, sementara para pengusungnya berhenti. Lalu Ia berkata kepada jenazah anak itu, “Hai anak muda, Aku berkata kepadamu, bangkitlah!”

Maka anak itu pun bangkit dan hidup kembali! Ia mulai duduk dan berkata-kata. Lalu Tuhan Yesus menyerahkannya kepada ibunya, janda di Nain.

Hal ini membuat orang-orang di situ sangat heran, dan mereka memuliakan Allah. Setelah kebangkitan anak tunggal janda ini, nama Tuhan Yesus pun makin tersiar di seluruh Yudea dan di seluruh wilayah sekitarnya (Lukas 7:11-17).

 

3. Maria Magdalena

Perempuan lainnya yang dilayani Yesus di Alkitab adalah Maria Magdalena.

Maria Magdalena adalah seorang perempuan yang berasal dari Magdala.

Dari Maria Magdalena Tuhan Yesus pernah mengusir tujuh roh jahat. Inilah pelayanan yang dilakukan oleh Yesus terhadap Maria dari Magdalena.

Tak bisa dibayangkan bagaimana hidup Maria Magdalena dengan 7 roh jahat di tubuhnya!

Namun setelah dibebaskan dari roh jahat, Maria Magdalena setia mengikut Yesus dalam pelayananNya (Lukas 8:1-3).

Maria Magdalena juga merupakan salah satu saksi dari penyaliban dan kematian Tuhan Yesus (Matius 27:55-56). Bahkan dialah saksi pertama dari kebangkitan Tuhan Yesus adalah Maria Magdalena (Markus 16:9).

Kesetiaan Maria Magdalena dalam mengikut dan melayani Tuhan Yesus, bahkan setia hingga penyaliban dan kematianNya, memberinya sebuah kehormatan sebagai saksi pertama dari kebangkitanNya.

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!