Loading...
Loading...

10 Peristiwa Terpenting Yang Terjadi Di Perjanjian Baru

 

4. Kenaikan Yesus Ke Surga

Setelah menampakkan diri selama 40 hari kepada murid-muridNya, maka Yesus naik ke surga meninggalkan murid-muridNya.

Kenaikan Yesus ke surga terjadi setelah Ia terlebih dahulu memberi perintah kepada murid-muridNya untuk memberitakan Injil kepada segala bangsa (Matius 28:19-20).

Tuhan Yesus naik ke surga dari atas bukit Zaitun, di pinggiran kota Yerusalem (Kisah Para Rasul 1:9,12).

Saat Yesus naik ke surga, Ia disaksikan oleh murid-muridNya.

Setelah naik ke surga, Alkitab menggambarkan bahwa Yesus duduk di sebelah kanan Allah (Markus 16:19).

Istilah duduk di sebelah kanan Allah punya makna otoritas dan perkenanan. (Baca: 10 Makna Kenaikan Yesus Ke Surga)

 

5. Pencurahan Roh Kudus Dan Kelahiran Gereja

Sebelum Tuhan Yesus naik ke surga, Ia memerintahkan agar murid-muridNya tidak meninggalkan kota Yerusalem sebelum mereka diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi, yaitu dipenuhi dengan kuasa Roh Kudus, seperti yang dijanjikan oleh Bapa (Lukas 24:49; Kisah Para Rasul 1:4).

Hal ini dituruti oleh murid-muridNya. Ketika mereka kembali dari bukit Zaitun, tempat di mana Yesus naik ke surga, ke kota Yerusalem, mereka naik dan berdoa di ruang atas di tempat mereka menumpang di Yerusalem. Jumlah mereka saat itu adalah 120 orang (Kisah Para Rasul 1:12-15).

Pada hari ke-10 mereka berdoa, yakni hari ke-50 setelah kenaikan Yesus ke surga, maka turunlah Roh Kudus atas mereka dalam bentuk lidah-lidah api dan mereka penuh dengan Roh Kudus.

Lalu Petrus berkhotbah di hadapan orang banyak, dan ada sekitar 3000 orang yang bertobat (Kisah Para Rasul 2).

Inilah hari kelahiran gereja Tuhan di bumi.

Jadi walaupun “benih-benih” gereja sudah ada ketika Tuhan Yesus memilih murid-muridNya yang pertama, yaitu dua belas rasulNya ditambah dengan orang-orang lain yang percaya kepadaNya, namun baru pada Hari Pentakosta (Hari Pencurahan Roh Kudus) gereja lahir dan ”diresmikan”.

 

6. Kematian Stefanus, Martir Pertama Gereja

Stefanus adalah satu dari tujuh diaken gereja mula-mula di Yerusalem. Ia seorang yang penuh iman dan Roh Kudus (Kisah Para Rasul 6:5). Selain itu, ia juga penuh karunia dan kuasa, sehingga ia mengadakan mujizat-mujizat dan tanda-tanda di antara orang banyak (Kisah Para Rasul 6:8).

Stefanus terlibat dalam perdebatan dengan jemaat Sinagoge Yahudi, dan mereka menyeret  Stefanus ke Mahkamah Agama Yahudi.

Di Mahkamah Agama ini Stefanus harus menghadapi tuduhan saksi-saksi palsu. Mereka menuduhkan kepada Stefanus bahwa Tuhan Yesus yang diberitakannya akan merubuhkan Bait Suci mereka dan mengubah hukum Taurat dan adat-istiadat yang diwariskan Musa kepada bangsa Yahudi. Namun tanpa takut Stefanus melakukan pembelaannya serta berkhotbah dengan penuh keberanian.

Mendengar khotbah Stefanus, orang-orang Yahudi sangat marah. Sebab Stefanus mengecam mereka sebagai orang-orang yang keras kepala dan selalu menentang Roh Kudus. Akibatnya mereka pun melempari Stefanus dengan batu sampai mati! (Baca: 7 Fakta Tentang Stefanus Di Alkitab)

Tetapi justru kematian Stefanus inilah yang menjadi awal gereja mula-mula untuk memberitakan Injil di wilayah Yudea dan Samaria (Kisah Para Rasul 8:1-3). Dengan demikian, tanpa mereka sadari, mereka sedang menggenapi perintah Tuhan Yesus untuk membawa Injil ke Yudea dan Samaria (Kisah Para Rasul 1:8).

 

7. Pemberitaan Injil Kepada Keluarga Kornelius

Kornelius adalah seorang perwira pasukan Romawi. Dia jelas bukan orang Yahudi. Namun ia adalah seorang yang “takut akan Allah”, yakni seorang penganut agama Yahudi.

Kornelius seorang yang saleh, yang banyak beramal bagi umat Yahudi. Dan ia juga seorang yang senantiasa berdoa kepada Allah.

Pada waktu berdoa, Kornelius dikunjungi oleh seorang malaikat, yang menjelaskan bahwa ia harus menjemput seorang yang bernama Simon (Simon Petrus) untuk menyatakan keselamatan kepadanya dan seisi rumahnya.

Awalnya Petrus enggan menaati panggilan Tuhan, sebab ia berpikir bahwa Injil hanya ditujukan bagi bangsa Yahudi saja, bukan bagi segala bangsa.

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!