Loading...
Loading...

10 Pria Paling Tampan Di Alkitab

6a5bf26b-8c8d-4268-8005-4a931ee65b1d-1020x612-1

Artikel ini berisi tentang 10 pria paling tampan di Alkitab.

Ketika Alkitab mencatat tentang seorang figur, biasanya yang dicatat adalah perbuatannya ataupun sifat-sifatnya, baik sifat yang baik maupun sifat yang jelek. Namun demikian, cukup banyak juga Alkitab mencatat ciri-ciri fisik seseorang, termasuk fisik mereka yang sangat menarik.

Di Alkitab paling sedikit ada 10 laki-laki yang disebut berparas elok atau berperawakan baik, 10 pria paling tampan di Alkitab, yaitu para pria yang sangat menarik secara fisik, atau yang dalam bahasa Indonesia sehari-hari kita kenal dengan istilah tampan atau ganteng (walaupun Alkitab terjemahan bahasa Indonesia tidak memakai kedua istilah tersebut).

Baca juga: 10 Wanita Paling Cantik Di Alkitab

Kesepuluh pria tampan ini semuanya terdapat di Perjanjian Lama, dan semuanya adalah orang Israel (keturunan Yakub).

Karena hanya mereka yang disebut sebagai pria-pria tampan di Alkitab, maka boleh dikatakan bahwa mereka inilah pria-pria paling tampan di Alkitab.

Siapa saja 10 pria paling tampan di Alkitab? Berikut daftarnya.

 

1. Yusuf

Pria pertama di Alkitab yang disebut berwajah tampan adalah Yusuf.

Yusuf adalah anak kesayangan Yakub, sebab Yusuf lahir di masa tua Yakub dari istri kesayangannya, Rahel. Karena itulah Yakub memanjakan Yusuf. Ia membelikan Yusuf jubah yang sangat indah.

Hal ini membuat saudara-saudara Yusuf menjadi cemburu. Apalagi setelah Yusuf menceritakan mimpinya kepada mereka yang menggambarkan keunggulan Yusuf atas saudara-saudaranya itu, makin bencilah mereka kepada Yusuf.

Karena itulah Yusuf mereka jual kepada seorang Ismael yang kemudian membawa Yusuf ke Mesir. Yusuf dijual kepada seorang pegawai istana Firaun yang bernama Potifar. Yusuf kemudian menjadi kepala rumah tangga Potifar dan orang kepercayaannya.

“Segala miliknya diserahkannya pada kekuasaan Yusuf, dan dengan bantuan Yusuf ia tidak usah lagi mengatur apa-apa pun selain dari makanannya sendiri. Adapun Yusuf itu manis sikapnya dan elok parasnya.” (Kejadian 39:6).

Karena Yusuf adalah seorang pemuda yang tampan serta punya karakter yang baik, istri Potifar sangat tertarik kepadanya, dan ia berkali-kali menggoda Yusuf agar mau berhubungan intim dengannya. Tetapi Yusuf tidak pernah mau menuruti ajakan istri Potifar itu, karena ia takut akan Tuhan dan tidak mau melakukan dosa di hadapanNya.

 

2. Musa

Pria lainnya yang termasuk berperawakan tampan di Alkitab adalah Musa, salah satu tokoh terbesar di Perjanjian Lama.

Musa lahir di Mesir, di mana orang Israel berada di bawah perbudakan orang Mesir. Ketika jumlah orang Israel semakin bertambah di Mesir, maka orang Mesir mulai takut, sebab mereka berpikir orang Israel akan memberontak dan memerangi mereka. Karena itu, raja Firaun membunuh semua bayi laki-laki Israel.

Ketika Musa lahir, ibunya menyembunyikannya selama tiga bulan agar ia tidak dibunuh Firaun, apalagi ia seorang bayi yang terlihat tampan.

“Seorang laki-laki dari keluarga Lewi kawin dengan seorang perempuan Lewi; lalu mengandunglah ia dan melahirkan seorang anak laki-laki. Ketika dilihatnya, bahwa anak itu cantik, disembunyikannya tiga bulan lamanya.” (Keluaran 2:1-2)

Namun ibu Musa tak bisa lagi menyembunyikan Musa lebih lama. Karena itu, ia memasukkan Musa ke dalam sebuah peti pandan, lalu menaruhnya ke sungai Nil, di mana putri Firaun biasa mandi. Kakak Musa, Miryam, disuruhnya mengawasi bayi Musa. Ketika putri Firaun melihat bayi Musa, ia pun mengambilnya dan mengangkatnya sebagai anak hingga Musa dewasa.

Musa kemudian membawa orang Israel keluar dari Mesir menuju Tanah Perjanjian.

 

3. Saul

Pria lain yang disebut berperawakan tampan di Alkitab adalah Saul.

Saul adalah raja pertama Israel. Saul adalah pria paling tampan dari semua pria di Israel pada zamannya.

“Ada seorang dari daerah Benyamin, namanya Kish bin Abiel, bin Zeror, bin Bekhorat, bin Afiah, seorang suku Benyamin, seorang yang berada. Orang ini ada anaknya laki-laki, namanya Saul, seorang muda yang elok rupanya; tidak ada seorang pun dari antara orang Israel yang lebih elok dari padanya: dari bahu ke atas ia lebih tinggi dari pada setiap orang sebangsanya.” (1 Samuel 9:1-2).

Namun karakter Saul sangat bertolak belakang dengan ketampanan wajahnya. Selain ia tidak taat kepada Tuhan, sehingga ia ditolakNya sebagai raja Israel, Saul juga selalu berusaha untuk membunuh Daud, raja yang dipilih Tuhan untuk menggantikannya. Padahal Daud tidak berbuat salah kepada Saul, dan Daud juga menantu Saul sendiri.

Akhir hidup raja Saul sangat tragis, ia harus mati di dalam pertempuran melawan orang Filistin karena Tuhan telah meninggalkannya.

 

4. Daud

Pria lainnya yang disebut tampan di Alkitab adalah Daud.

Daud adalah raja kedua Israel setelah Saul dan merupakan raja terbesar Israel. Keturunan Daud adalah raja di Israel/Yehuda turun-temurun.

Ketampanan Daud sudah tidak diragukan lagi. Berkali-kali Alkitab mencatat parasnya yang tampan.

“Kemudian disuruhnyalah menjemput dia. Ia kemerah-merahan, matanya indah dan parasnya elok. Lalu TUHAN berfirman: Bangkitlah, urapilah dia, sebab inilah dia.” (1 Samuel 16:12)

“Lalu jawab salah seorang hamba itu, katanya: “Sesungguhnya, aku telah melihat salah seorang anak laki-laki Isai, orang Betlehem itu, yang pandai main kecapi. Ia seorang pahlawan yang gagah perkasa, seorang prajurit, yang pandai bicara, elok perawakannya; dan TUHAN menyertai dia.” (1 Samuel 16:18)

“Ketika orang Filistin itu menujukan pandangnya ke arah Daud serta melihat dia, dihinanya Daud itu karena ia masih muda, kemerah-merahan dan elok parasnya. (1 Samuel 17:42).

Selain seorang raja yang dikenal takut akan Tuhan (walau pernah jatuh ke dalam dosa), dan punya karakter yang baik, Daud juga punya fisik dan wajah yang menawan.

 

5. Absalom

Pria lain yang termasuk berparas tampan di Alkitab adalah Absalom.

Absalom adalah salah satu anak Daud. Boleh jadi Absalom adalah orang paling tampan di antara pria-pria Israel pada zamannya.

Alkitab mencatat bahwa,

“Di seluruh Israel tidak ada yang begitu banyak dipuji kecantikannya seperti Absalom. Dari telapak kakinya sampai ujung kepalanya tidak ada cacat padanya.” (2 Samuel 14:25).

Tetapi ketampanan fisik Absalom tidak berbanding lurus dengan sifat dan karakternya. Ia membunuh saudara tirinya, Amnon, karena memperkosa adik perempuannya,Tamar.

Absalom juga bahkan berani memberontak kepada ayahnya sendiri, Daud, raja yang sah di Israel, yang dipilih oleh Tuhan. Akibatnya, ayahnya, raja Daud, terpaksa mengungsi ke luar Yerusalem.

Namun akibat perbuatannya ini, Absalom harus meregang nyawa. Ia dibunuh oleh Yoab, Panglima Daud.

Loading...
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!