10 Provinsi Di Indonesia Dengan Persentase Kristen Tertinggi

 

Artikel ini akan membahas tentang 10 provinsi di Indonesia dengan persentase Kristen/Katolik tertinggi.

Indonesia sangat beragam, terdiri dari berbagai macam etnis, bahasa dan agama. Ada ratusan etnis dan bahasa di Indonesia, dan ada enam agama resmi yang diakui negara. Di samping itu, sejumlah “agama tradisional” juga masih terdapat di beberapa wilayah Indonesia.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), sebuah lembaga resmi negara, tidak ada satu pun provinsi di Indonesia yang terdiri dari hanya satu agama tertentu. Semua provinsi di Indonesia terdiri dari berbagai agama.

Baca juga: 20 Provinsi Di Indonesia Dengan Populasi Kristen Terbesar

Demikian juga dengan agama Kristen/Katolik, menyebar di semua provinsi yang ada di Indonesia.

Kendati demikian, persebaran agama Kristen dan Katolik tidak merata di Indonesia. Terdapat beberapa provinsi di Indonesia di mana persentase Kristen/Katolik sangat rendah. Di sisi lain, beberapa provinsi memiliki persentase Kristen/Katolik yang cukup tinggi, bahkan sangat tinggi.

Menurut sensus penduduk BPS tahun 2010 (sensus penduduk terbaru secara nasional hingga saat ini), persentase penduduk Indonesia yang beragama Kristen, baik Protestan maupun Katolik, adalah sekitar 10 persen dari 237 juta jiwa penduduk (saat ini penduduk Indonesia sudah sekitar 250 juta jiwa).

Baca juga: 103 Kabupaten Dan Kota Di Indonesia Mayoritas Beragama Kristen

Namun demikian, beberapa kalangan di antara orang Kristen mengatakan bahwa – melalui penelitian mereka – persentase Kristen/Katolik di Indonesia saat ini sudah mencapai sekitar 20 persen, bahkan 30 persen, dari total penduduk Indonesia.

Akan tetapi, bagaimanapun juga, BPS adalah lembaga resmi negara, sehingga datanya merupakan acuan resmi yang dipakai di seluruh Indonesia.

Baca juga: 157 Negara Di Dunia Mayoritas Beragama Kristen

Jika kita mengacu pada hasil sensus penduduk yang dikeluarkan oleh BPS, maka kita menemukan 10 provinsi di Indonesia dengan persentase Kristen/Katolik tertinggi.

Bahkan 4 dari 10 provinsi tersebut mayoritas beragama Kristen atau Katolik. Dan seluruh atau sebagian besar kabupaten/kota di 4 provinsi tersebut mayoritas beragama Kristen/Katolik.

Provinsi mana saja saat ini yang termasuk 10 provinsi di Indonesia dengan persentase Kristen/Katolik tertinggi? Berikut daftarnya.

 

1. Nusa Tenggara Timur (Kristen: 88, 88 %)

Provinsi dengan persentase Kristen tertinggi pertama di Indonesia adalah Nusa Tenggara Timur.

Nusa Tenggara Timur (NTT) terletak di bagian tenggara Indonesia. Ibu kotanya adalah Kupang, yang terletak di bagian barat pulau Timor. Provinsi ini terdiri dari kurang lebih 550 pulau. Pulau terbesarnya antara lain adalah Flores, Sumba, Timor, Alor (disingkat Flobamora).

Total jumlah penduduknya sebesar 4.683.827 jiwa.

Persentase orang Kristen di provinsi Nusa Tenggara Timur adalah 88, 88 persen, dengan perincian: Katolik 54.14%, Kristen Protestan 34.74%.

Nusa Tenggara Timur adalah satu-satunya provinsi di Indonesia yang mayoritas beragama Katolik, yang umumnya terkonsentrasi di pulau Flores dan pulau-pulau sekitarnya, serta di kabupaten Belu, pulau Timor.

Gubernur NTT saat ini juga beragama Kristen Katolik, yang berasal dari Flores. (Baca: 10 Gubernur Dan Wakil Gubernur Beragama Kristen Di Indonesia)

Di kalangan Kristen Protestan, gereja terbesar di provinsi ini adalah Gereja Masehi Injili di Timor  (GMIT) yang terkonsentrasi di Pulau Timor dan sekitarnya, serta Gereja Kristen Sumba (GKS), yang terkonsentrasi di Pulau Sumba.

Kedua sinode gereja ini termasuk ke dalam 25 Sinode Gereja Terbesar Di Indonesia.

 

2. Papua (Kristen: 83, 15 %)

Provinsi dengan persentase Kristen tertinggi berikutnya di Indonesia adalah Papua.

Papua adalah provinsi terluas di Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur wilayah Papua milik Indonesia. Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini. Jadi Papua adalah provinsi paling timur Indonesia. Ibu kotanya adalah Jayapura.

Total jumlah populasi Papua sebesar 2.833.381 jiwa.

Persentase penganut agama Kristen dan Katolik di Papua adalah sebesar 83, 15 persen. Perinciannya: Kristen Protestan 65.48%, Kristen Katolik 17.67%.

Gereja terbesar di Papua adalah Gereja Kristen Indonesia Di Papua (GKI Papua), Gereja Injili Di Indonesia (GIDI), dan Gereja Protestan Indonesia di Papua (GPI Papua), yang termasuk ke dalam 25 Sinode Gereja Terbesar Di Indonesia.

 

3. Sulawesi Utara (Kristen: 68, 00 %)

Provinsi dengan persentase Kristen tertinggi selanjutnya di Indonesia adalah Sulawesi Utara.

Sulawesi Utara terletak di ujung utara Pulau Sulawesi dengan ibu kotanya Manado. Sulawesi Utara merupakan provinsi paling utara Indonesia, yang berbatasan dengan Negara Filipina.

Total jumlah penduduknya 2.270.596 jiwa.

Persentase penduduk penganut agama Kristen dan Katolik di Sulawesi Utara adalah 68, 00 %, dengan perincian: Kristen Protestan 63,60 % dan Kristen Katolik 4,40 %.

Penduduk yang mayoritas beragama Kristen dan Katolik umumnya berasal dari etnis Minahasa (etnis terbesar di Sulut), Sangir Talaud, dan sebagian Bolaang Mongondow.

Gereja terbesar di Sulawesi Utara adalah Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM), yang merupakan gereja etnis Minahasa; Gereja Masehi Injili di Sangihe Talaud (GMIST), gereja terbesar etnis Sangir-Talaud; dan Gereja Masehi Injili di Bolaang Mongondow (GMIBM), yang merupakan gereja etnis Bolaang Mongondow.

Ketiga gereja ini termasuk ke dalam daftar 25 Sinode Gereja Terbesar Di Indonesia saat ini.

 

4. Papua Barat (Kristen: 60, 80 %)

Provinsi dengan persentase Kristen tertinggi lainnya di Indonesia adalah Papua Barat.

Papua Barat terletak di ujung barat Pulau Papua, ibu kotanya adalah Manokwari. Provinsi ini merupakan provinsi paling timur kedua di Indonesia, setelah provinsi Papua.

Provinsi Papua Barat merupakan pemekaran dari provinsi Papua, dan keduanya merupakan provinsi yang memperoleh status otonomi khusus.

Jumlah populasi Papua Barat sebesar 760.422 Jiwa.

Persentase penganut agama Kristen di Papua Barat adalah 60,80 %, dengan perincian: Kristen Protestan 53,77% dan Kristen Katolik 7,03%.

Gereja terbesar di provinsi Papua Barat pada dasarnya sama dengan yang ada di provinsi Papua (lihat pada poin 2 di atas).

 

5. Maluku (Kristen: 48, 16 %)

Provinsi dengan persentase Kristen tertinggi berikutnya di Indonesia adalah Maluku.

Maluku adalah sebuah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Ibu kota Maluku adalah Ambon. Kota Ambon berdiri di bagian selatan dari Pulau Ambon, yaitu di jazirah Leitimur.

Jumlah penduduk provinsi ini adalah 1.533.506 jiwa.

Persentase penduduk Maluku penganut agama Kristen adalah 48,16 %, dengan perincian: Kristen Protestan sebanyak 41,40%, dan Kristen Katolik sebanyak 6,76% penduduk.

Gereja Protestan Maluku (GPM) merupakan sinode gereja terbesar yang ada di Maluku.

Namun sangat disayangkan, Maluku tercatat dalam ingatan sejarah dunia karena konflik agama yang menimbulkan banyak korban jiwa, yang dikenal sebagai Tragedi Ambon.

9 komentar untuk “10 Provinsi Di Indonesia Dengan Persentase Kristen Tertinggi”

  1. Hasil yang saya peroleh per tahun 2017 (Lebih dari 10%/Bisa di cek data BPS tahun 2017) adalah:

    1. Nusa Tenggara Timur (90.11%)
    2. Papua (84.83%)
    3. Sulawesi Utara (69.36%)
    4. Papua Barat (64.61%)
    5. Maluku (49.20%)
    6. Kalimantan Barat (37.11%)
    7. Sumatera Utara (33.27%)
    8. Kalimantan Utara (31.38%)
    9. Maluku Utara (27%)
    10. Kalimantan Tengah (19.97%)
    11. Sulawesi Tengah (19.50%)
    12. Sulawesi Barat (15.28%)
    13. Kepulauan Riau (14.74%)
    14. DKI Jakarta (12.63%)
    15. Kalimantan Timur (12.33%)
    16. Riau (11.05%)
    17. Sulawesi Selatan (10.37%)

    Terima Kasih

    1. Shalom, di pendahuluan artikel sudah dijelaskan bahwa data yang dipakai adalah data BPS tahun 2010. Kenapa tahun 2010? Karena itulah data BPS pusat terakhir hingga saat ini. Memang di banyak BPS provinsi sudah ada juga data terbaru, bahkan data tahun 2017, tetapi karena itu baru ada di sebagian provinsi, belum secara nasional, maka kami tidak memakai data itu.

      Karena itu data BPS pusat tahun 2010 sudah pasti berbeda dgn data terbaru BPS daerah, katakanlah data tahun 2017. Memang kalau kita lihat beberapa data BPS daerah yang terbaru, ada peningkatan populasi Kristen/Katolik.

      Tetapi terima kasih untuk info yang Anda berikan. GBU.

  2. Dalmasius Agustinus

    Transmigran adalah faktor utama yang membuat prosentase Kristiani Kalbar semakin rendah. Dari sekitar 5,5 juta penduduk, sekitar 1,5 juta adalah transmigran dan pendatang yang hampir 100% non Kristiani…Dampak demografinya Kristiani (Dayak) jadi minoritas di rumahnya sendiri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!