Loading...
Loading...

10 Provinsi Di Indonesia Dengan Persentase Kristen Tertinggi

Gereja terbesar di Sulawesi Utara adalah Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM), yang merupakan gereja etnis Minahasa; Gereja Masehi Injili di Sangihe Talaud (GMIST), gereja terbesar etnis Sangir-Talaud; dan Gereja Masehi Injili di Bolaang Mongondow (GMIBM), yang merupakan gereja etnis Bolaang Mongondow.

Ketiga gereja ini termasuk ke dalam daftar 25 Sinode Gereja Terbesar Di Indonesia saat ini.

 

4. Papua Barat (Kristen: 60, 80 %)

Provinsi dengan persentase Kristen tertinggi lainnya di Indonesia adalah Papua Barat.

Papua Barat terletak di ujung barat Pulau Papua, ibu kotanya adalah Manokwari. Provinsi ini merupakan provinsi paling timur kedua di Indonesia, setelah provinsi Papua.

Provinsi Papua Barat merupakan pemekaran dari provinsi Papua, dan keduanya merupakan provinsi yang memperoleh status otonomi khusus.

Jumlah populasi Papua Barat sebesar 760.422 Jiwa.

Persentase penganut agama Kristen di Papua Barat adalah 60,80 %, dengan perincian: Kristen Protestan 53,77% dan Kristen Katolik 7,03%.

Gereja terbesar di provinsi Papua Barat pada dasarnya sama dengan yang ada di provinsi Papua (lihat pada poin 2 di atas).

 

5. Maluku (Kristen: 48, 16 %)

Provinsi dengan persentase Kristen tertinggi berikutnya di Indonesia adalah Maluku.

Maluku adalah sebuah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Ibu kota Maluku adalah Ambon. Kota Ambon berdiri di bagian selatan dari Pulau Ambon, yaitu di jazirah Leitimur.

Jumlah penduduk provinsi ini adalah 1.533.506 jiwa.

Persentase penduduk Maluku penganut agama Kristen adalah 48,16 %, dengan perincian: Kristen Protestan sebanyak 41,40%, dan Kristen Katolik sebanyak 6,76% penduduk.

Gereja Protestan Maluku (GPM) merupakan sinode gereja terbesar yang ada di Maluku.

Namun sangat disayangkan, Maluku tercatat dalam ingatan sejarah dunia karena konflik agama yang menimbulkan banyak korban jiwa, yang dikenal sebagai Tragedi Ambon.

 

6. Kalimantan Barat (Kristen: 34, 32 %)

Provinsi dengan persentase Kristen tertinggi selanjutnya di Indonesia adalah Kalimantan Barat.

Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) terletak di Pulau Kalimantan bagian barat dengan ibu kotanya Pontianak. Jumlah penduduknya  5.348.954 jiwa.

Persentase penganut agama Kristen di Kalimantan Barat adalah 34, 32 %, dengan perinciannya: Kristen Katolik 22.94% dan Kristen Protestan 11.38 %.

Kalbar adalah termasuk ke dalam tiga provinsi di Indonesia (bersama Nusa Tenggara Timur dan Yogyakarta) di mana jumlah populasi Kristen Katolik lebih banyak daripada populasi Kristen Protestan.

Sebagian besar orang Kristen/Katolik di Kalbar berasal dari etnis Dayak (etnis terbesar di Kalbar), termasuk Gubernur Kalbar saat ini, Cornelis, yang beragama Katolik.

Salah satu gereja terbesar di Kalimantan Barat adalah Gereja Kalimantan Evangelis (GKE).

 

7. Sumatera Utara (Kristen: 31, 00 %)

Provinsi dengan persentase Kristen tertinggi lainnya di Indonesia adalah Sumatera Utara.

Sumatera Utara (Sumut) merupakan provinsi paling ujung barat kedua di Indonesia, setelah Aceh. Ibu kotanya Medan, dan memiliki jumlah penduduk sebesar 12.982.204 jiwa.

Persentase penganut agama Kristen di Sumatera Utara adalah 31, 00 % dari jumlah penduduk, dengan perincian: Kristen Protestan 27.03% dan Kristen Katolik 3.97%.

Loading...
7 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!