Loading...
Loading...

10 Renungan Harian Kristen Terbaik Di Indonesia

manna-surgawi

Artikel ini membasa tentang 10 renungan harian Kristen terbaik di Indonesia.

Renungan harian Kristen tentu sudah tidak asing lagi bagi banyak orang Kristen. Yang dimaksud dengan renungan harian Kristen di sini bukanlah kegiatan merenungkan firman Tuhan sehari-hari, tetapi sebuah buku berisi renungan firman Tuhan yang terbit setiap bulannya (atau setiap dua bulan).

Renungan harian Kristen biasanya berisi ayat-ayat firman Tuhan (satu ayat atau lebih, atau bahkan satu perikop Alkitab) disertai dengan uraian yang cukup panjang. Uraian tersebut, yang merupakan isi renungan, biasanya disertai dengan ilustrasi, kesaksian, pengalaman, data-data, atau hal-hal yang menarik lainnya.

Selain bagian penerapan, isi renungan harian Kristen biasanya ditutup dengan doa atau kata-kata bijak yang sesuai dengan tema renungan tersebut.

Baca juga: 10 Terjemahan Alkitab Bahasa Indonesia Paling Berpengaruh

Renungan harian Kristen mengajak para pembacanya untuk membaca Alkitab secara rutin, setiap hari, sebab pembahasan ayat Alkitab dilakukan per hari, sesuai dengan tanggal dalam setiap bulannya.

Namun pembacaan Alkitab dibuat tidak membosankan, sebab renungan harian Kristen tidak hanya menyuguhkan ayat Alkitab secara “mentah”, tetapi dibahas secara menarik.

Itulah sebabnya banyak orang yang secara rutin membaca renungan harianKristen, sebab dengan demikian mereka juga pasti membaca Alkitab, bahkan mendapat renungan singkat yang membantu mereka mengerti dan menerapkan bagian Alkitab yang sedang dibaca.

Baca juga: 20 Universitas Kristen Terbaik Di Indonesia

Buku-buku renungan harian Kristen sangat mudah didapatkan. Di toko-toko buku terkenal seperti Gramedia, tersedia berbagai buku renungan harian Kristen. Terlebih lagi di toko-toko buku Kristen, buku renungan harian Kristen sangat mudah didapatkan.

Para pembaca renungan harian Kristen juga bisa berlangganan tetap sehingga mereka tidak perlu lagi datang ke toko buku untuk mendapatkan buku renungan harian Kristen favorit mereka. Buku renungan harian Kristen bisa langsung dikirimkan ke alamat rumah atau kantor mereka.

Baca juga: 25 Sinode Gereja Terbesar Di Indonesia

Ada banyak buku renungan harian Kristen di Indonesia, baik yang merupakan produk asli Indonesia (tulisan orang Indonesia), maupun terjemahan dari luar negeri. Ada renungan harian Kristen yang diterbitkan khusus untuk gereja atau denominasi gereja tertentu, dan tidak dijual di toko-toko buku. Tetapi ada juga renungan harian Kristen interdenominasi dan dijual secara luas di toko-toko buku, baik toko buku rohani maupun toko buku sekuler.

Nah, dari sekian banyak buku renungan harian Kristen yang ada di Indonesia saat ini, di sini ditampilkan 10 renungan harian Kristen terbaik.

Berikut 10 renungan harian Kristen terbaik di Indonesia tersebut serta sedikit pembahasannya.

 

1. Manna Sorgawi

Renungan harian Manna Sorgawi atau yang sering disingkat Mansor, boleh dikatakan sebagai renungan harian Kristen terbaik di Indonesia saat ini. Hal ini terutama karena renungan Mansor merupakan renungan harian terlengkap di Indonesia.

Renungan ini terdiri dari dua halaman per hari (per tanggal), di sebelah kiri dan kanan, tidak seperti kebanyakan renungan harian lainnya yang hanya terdiri dari satu halaman per hari.

Di sebelah kiri terdapat isi renungan, sedangkan di sebelah kanan ada Pendalaman Alkitab, Pelajaran Khusus, Mutiara Kata Hari Ini, Doa Syafaat, Humor, Tanya Jawab, Kesaksian, dan – kadang-kadang – Bible Quiz, bahkan resep makanan!

Selain itu, setiap tanggal 1-7 setiap bulannya, bahan renungan adalah tokoh-tokoh Alkitab, yang disebut sebagai Seminggu Bersama (SB). Misalnya, Seminggu Bersama Markus, Seminggu Bersama Filipus, Seminggu Bersama Simson, dan lain lain. Dengan demikian para pembaca semakin mengenal tokoh-tokoh Alkitab dan belajar dari hidup mereka, baik kelebihan mereka maupun kekurangan mereka.

Hal lain yang unik dari renungan ini adalah karena covernya setiap bulan selalu mengambil gambar dari pemandangan lokasi-lokasi yang ada di Alkitab. Misalnya gambar Gunung Sinai, Lembah Kidron, Sungai Yordan, dan sebagainya.

Juga di covernya ada inzet, yang berupa benda-benda menarik di Alkitab seperti kambing hutan, mahkota duri, tabut perjanjian, dan sebagainya, yang kemudian dibahas satu halaman penuh di bagian dalam buku renungan.

Selain cover dan isinya yang menarik, Mansor juga punya strategi pemasaran yang baik. Selain mempunyai para salesman yang khusus memasarkan buku renungan, Mansor juga membuka kantor cabang di beberapa kota, seperti Medan, Semarang, Surabaya, Kupang, dan Manado, yang juga disertai dengan para salesman.

Karena itulah Mansor merupakan salah satu renungan harian terlaris di Indonesia (kalau bukan nomor 1 mungkin nomor 2). Hal ini tentu tidak terlepas dari mutu renungan itu sendiri serta strategi marketing yang dilakukan.

Jika Anda pergi ke toko-toko buku dan bertanya kepada pelayan atau kasirnya, renungan apa sajakah yang paling laris di toko tersebut, maka hampir bisa dipastikan bahwa Manna Sorgawi adalah salah satu di antaranya.

Jika ingin mendapatkan renungan harian Kristen Manna Sorgawi, silakan kunjungi toko-toko buku terdekat di kota Anda. Untuk berlangganan renungan harian Manna Sorgawi, Anda dapat mengunjungi websitenya di www.mannasorgawi.net.

 

2. Spirit

Renungan harian Kristen Spirit juga merupakan salah satu renungan harian Kristen terbaik di Indonesia. Renungan ini berkantor di Solo, Jawa Tengah.

Renungan ini tampilannya bagus, disertai dengan gambar-gambar yang menarik di bagian atas setiap isi renungan. Isinya juga sangat bagus, ilustrasi yang dipakai sangat variatif dan mengena pada tema renungan.

Kelompok Renungan Spirit menerbitkan banyak buku renungan, yang paling terkenal tentu adalah Spirit, yang ditujukan kepada jemaat pada umumnya.

Selain Spirit, renungan lain dari kelompok ini adalah Spirit Motivator yang membidik kaum profesional. Seperti namanya, renungan ini berisi kisah-kisah yang memotivasi, yang sangat cocok untuk para profesional dan karyawan kantor.

Lalu ada juga Spirit Penuai, yang ditujukan bagi para hamba Tuhan. Renungan ini biasanya diberikan secara cuma-cuma kepada para hamba Tuhan.

Ada juga Spirit Next yang ditujukan bagi para pemuda dan pelajar, yang tentu isinya cocok untuk para kaum muda.

Lalu Spirit Girl yang merupakan bacaan para gadis atau perempuan muda, pelajar dan mahasiswi.

Tak ketinggalan ada Spirit Woman, yang merupakan bacaan kaum wanita atau Ibu-Ibu.

Penampilan fisik semua buku renungan ini sangat menarik, selain tentu isinya juga sangat bagus.

Jika ingin mendapatkan renungan harian Kristen Spirit, silakan kunjungi toko-toko buku terdekat di kota Anda. Untuk berlangganan renungan harian Spirit, silakan kunjungi websitenya di www.renungan-spirit.com

Loading...
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!