10 Tokoh Alkitab Paling Kaya

king solomon 

Artikel ini berisi tentang para tokoh Alkitab paling kaya.

Secara rutin, majalah ternama Forbes merilis daftar orang-orang terkaya di dunia beserta jumlah total kekayaan atau aset mereka.

Alkitab juga mencatat beberapa tokoh yang kaya, bahkan yang sangat kaya. Tetapi, berbeda dengan majalah Forbes, tidak semua dari tokoh Alkitab yang kaya tersebut yang dicatat jumlah kekayaannya.

Sebenarnya Alkitab tidak banyak menyebut tentang orang kaya, hanya sekitar dua puluhan. Namun demikian, karena mereka secara khusus disebut kaya di Alkitab, maka dapat disimpulkan bahwa merekalah orang-orang paling kaya dari semua orang yang ada di Alkitab.

Baca juga: 10 Tokoh Alkitab Yang Telah Sukses Di Usia Muda

Dari dua puluhan orang kaya yang disebut di Alkitab, di sini didaftarkan sepuluh di antaranya, 10 tokoh Alkitab paling kaya, yang dianggap paling kaya di Alkitab. Mereka terdiri dari raja-raja dan orang-orang biasa, orang Israel dan orang non-Israel, orang yang percaya Tuhan dan orang yang tidak percaya kepadaNya, orang benar dan orang jahat.

Siapa sajakah 10 tokoh Alkitab paling kaya? Berikut pembahasannya.

 

1. Salomo

Tokoh Alkitab pertama yang paling kaya adalah Salomo. Salomo adalah raja Israel ketiga setelah Saul dan Daud, ayahnya.

Karena Salomo takut akan Tuhan, maka Tuhan memberkatinya secara berlimpah-limpah, seperti janji Tuhan kepadanya. Dikatakan oleh Alkitab bahwa Salomo lebih kaya daripada seluruh raja di bumi. (Baca: 10 Raja Israel Terbesar Di Alkitab).

Karena para raja biasanya lebih kaya dari seluruh rakyatnya, maka dapat diartikan bahwa Salomo lebih kaya dari seluruh orang di bumi pada saat itu.

Alkitab membahas secara rinci kekayaan yang dimiliki oleh Salomo,

“Segala perkakas minuman raja Salomo dari emas dan segala barang di gedung ‘Hutan Libanon’ itu dari emas murni; perak tidak dianggap berharga pada zaman Salomo. Sebab raja mempunyai kapal-kapal yang berlayar ke Tarsis bersama-sama dengan orang-orang Huram; dan sekali tiga tahun kapal-kapal Tarsis itu datang membawa emas dan perak serta gading; juga kera dan burung merak. Raja Salomo melebihi semua raja di bumi dalam hal kekayaan dan hikmat. Salomo mempunyai juga empat ribu kandang untuk kuda-kudanya dan kereta-keretanya dan dua belas ribu orang berkuda, yang ditempatkan dalam kota-kota kereta dan dekat raja di Yerusalem.” (2 Tawarikh 9:20-22,25).

Ratu negeri Syeba sendiri (dari Arab) sampai datang mengunjungi Salomo untuk melihat kekayaannya (dan hikmatnya). Namun sayang, di kemudian hari Salomo justru jatuh ke dalam dosa dan meninggalkan Tuhan yang telah begitu memberkatinya.

 

2. Ahasyweros

Tokoh Alkitab berikutnya yang paling kaya adalah Ahasyweros.

Ahasyweros adalah raja Persia. Pada masanya, Persia menjadi negara superpower/adikuasa di dunia.

“Pada tahun yang ketiga dalam pemerintahannya, diadakanlah oleh baginda perjamuan bagi semua pembesar dan pegawainya; tentara Persia dan Media, kaum bangsawan dan pembesar daerah hadir di hadapan baginda. Di samping itu baginda memamerkan kekayaan kemuliaan kerajaannya dan keindahan kebesarannya yang bersemarak, berhari-hari lamanya, sampai seratus delapan puluh hari. Setelah genap hari-hari itu, maka raja mengadakan perjamuan lagi tujuh hari lamanya bagi seluruh rakyatnya yang terdapat di dalam benteng Susan, dari pada orang besar sampai kepada orang kecil, bertempat di pelataran yang ada di taman istana kerajaan. Minuman dihidangkan dalam piala emas yang beraneka warna, dan anggurnya ialah anggur minuman raja yang berlimpah-limpah, sebagaimana layak bagi raja. (Ester 1:3-5, 7).

Lamanya pesta yang diadakan oleh raja Ahasyweros (180 hari!), membuktikan betapa kayanya dia. Mungkin saja itu adalah kekayaan kerajaannya. Tetapi karena pada saat itu kekayaan sebuah kerajaan tak bisa dipisahkan dari kekayaan rajanya, maka dapat diartikan bahwa kekayaan kerajaan Persia juga merupakan kekayaan pribadi Ahasyweros.

 

3. Hizkia

Tokoh Alkitab selanjutnya yang paling kaya adalah Hizkia.

Hizkia adalah raja Yehuda (Israel Selatan), keturunan raja Daud.

“Hizkia mendapat kekayaan dan kemuliaan yang sangat besar. Ia membuat perbendaharaan-perbendaharaan untuk emas, perak, batu permata yang mahal-mahal, rempah-rempah, perisai-perisai dan segala macam barang yang indah-indah, juga tempat perbekalan untuk hasil gandum, untuk anggur dan minyak, dan kandang-kandang untuk berbagai jenis hewan besar dan kandang-kandang untuk kawanan kambing domba. Ia mendirikan kota-kota, memperoleh banyak kambing domba dan lembu sapi, karena Allah mengaruniakan dia harta milik yang amat besarHizkia ini juga telah membendung aliran Gihon di sebelah hulu, dan menyalurkannya ke hilir, ke sebelah barat, ke kota Daud. Hizkia berhasil dalam segala usahanya.” (2 Tawarikh 32:27-30).

Namun sayang, kekayaan yang diperoleh Hizkia dari Tuhan, justru menjadi sumber kehancurannya di kemudian hari.

Secara umum Hizkia dikenal sebagai raja yang saleh dan mengandalkan Tuhan. Namun di akhir hidupnya ia mulai mengandalkan raja Babel untuk melindungi Yehuda dari musuh. Hal ini dibenci oleh Tuhan, sehingga Ia justru mengizinkan bangsa Babel menjarah kekayaan Hizkia dan menghancurkan bangsa Yehuda. (Baca: 10 Hukuman Tuhan Terbesar Kepada Manusia).

 

4. Ayub

Ayub adalah tokoh Alkitab lainnya yang paling kaya.

Ayub adalah seorang yang benar dan saleh di hadapan Allah. Allah mengizinkan iblis untuk mencobai Ayub dengan sangat berat: kematian anak-anaknya secara mendadak, penyakit yang dideritanya, dan harta kekayaannya yang lenyap seketika. Meski sempat ragu, namun imannya tetap kokoh kepada Tuhan.

Pada akhirnya Ayub dipulihkan oleh Tuhan setelah ia selesai menjalani pencobaan iblis yang Allah izinkan terjadi atas dirinya.(Baca: 10 Tokoh Alkitab Yang Setia Sampai Mati).

Ayub sangat kaya, dan menjadi terkaya di antara orang-orang di negeri timur (Negara-negara sebelah timur Israel).

“Ada seorang laki-laki di tanah Us bernama Ayub; orang itu saleh dan jujur; ia takut akan Allah dan menjauhi kejahatan. Ia mendapat tujuh anak laki-laki dan tiga anak perempuan. Ia memiliki tujuh ribu ekor kambing domba, tiga ribu ekor unta, lima ratus pasang lembu, lima ratus keledai betina dan budak-budak dalam jumlah yang sangat besar, sehingga orang itu adalah yang terkaya dari semua orang di sebelah timur.” (Ayub 1:1-3).

 

5. Abraham

 Tokoh Alkitab selanjutnya yang termasuk paling kaya adalah Abraham.

Abraham adalah nenek moyang bangsa Israel, umat pilihan Tuhan.

Allah memanggil Abraham keluar dari negerinya, Ur-Kasdim, dan pergi ke suatu negeri yang akan ditunjukkanNya. Ia berjanji akan memberkati Abraham, membuat nama Abraham masyhur, dan oleh Abraham seluruh bangsa di muka bumi akan diberkati.

Abraham menaati panggilan Tuhan tersebut. Ia meninggalkan negerinya dan pergi ke negeri yang akan  ditunjukkan Tuhan kepadanya. Dan ia menerima berkat-berkat jasmani yang Tuhan janjikan kepadanya ketika ia menjadi pendatang di negeri orang Kanaan. Abraham menjadi orang kaya di situ. (Baca: 10 Tokoh Alkitab Yang Terpaksa Mengungsi Ke Negeri Orang).

“Adapun Abram sangat kaya, banyak ternak, perak dan emasnya.” (Kejadian 13:2)

 “TUHAN sangat memberkati tuanku itu, sehingga ia telah menjadi kaya; TUHAN telah memberikan kepadanya kambing domba dan lembu sapi, emas dan perak, budak laki-laki dan perempuan, unta dan keledai.“  (Kejadian 24:35).

Harta kekayaan Abraham, selain hasil dari pekerjaannya, juga hasil pemberian orang lain, seperti ketika mengungsi ke Mesir dari Tanah Kanaan, Abraham mendapat banyak ternak dari Firaun, raja Mesir (Kejadian 12:16, 20).

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!