Loading...
Loading...

10 Tokoh Alkitab Yang Tidak Taat Kepada Tuhan Dan Akibatnya

 

4. Abihu

Seperti telah disebut sebelumnya, Abihu adalah anak Harun, yang bersama saudaranya, Nadab, mempersembahkan api asing di hadapan Tuhan sehingga Tuhan membunuh mereka dengan api yang berasal dari Tuhan (lihat poin 3 di atas).

 

5. Musa

Musa adalah pemimpin besar Israel. Ia membawa bangsa Israel keluar dari perbudakan di Mesir menuju Tanah Perjanjian di Kanaan. Ia memimpin bangsa Israel sekitar 40 tahun di padang gurun.

Namun sangat ironis, Musa sendiri tidak masuk ke Tanah Perjanjian itu. Ia hanya mengantar bangsa Israel sampai perbatasan Tanah Kanaan.

Musa Tuhan perintahkan naik ke gunung Nebo. Tuhan hanya memperbolehkannya melihat Tanah Perjanjian dari atas gunung tersebut, tetapi tidak boleh memasukinya. Kemudian Musa mati di gunung tersebut.

Dari menyeberangi sungai Yordan hinga masuk ke Tanah Perjanjian, bangsa Israel dipimpin oleh Yosua, abdi Musa, yang menggantikannya sebagai pemimpin Israel.

Musa memohon kepada Tuhan agar kiranya ia diperbolehkan masuk ke Tanah Perjanjian. Namun Tuhan menolak doa Musa tersebut (Ulangan 3:23-26).

Alasan mengapa Musa tidak boleh masuk ke Tanah Perjanjian adalah karena ia tidak taat kepada perintah Tuhan. Ia dan Harun memberontak kepadanya. Ketika Tuhan memerintahkannya untuk memberi minum orang Israel dengan berkata kepada bukit batu agar airnya keluar, Musa malah memukulnya dua kali, sambil marah.

Tuhan memandang hal ini sebagai sebuah pemberontakan sehingga Ia murka kepada Musa dan Harun dan menghukum mereka dengan tidak mengijinkan mereka masuk ke Tanah Perjanjian (Bilangan 20:1-13).

Sebagian orang melihat kesalahan Musa sebagai kesalahan yang “kecil” dibanding jasanya dalam memimpin bangsa Israel di padang gurun. Namun rupanya Tuhan menginginkan ketaatan mutlak dari hamba-hambaNya. Ketaatan seorang pemimpin rohani dituntut lebih besar dari ketaatan orang biasa.

 

6. Harun

Harun adalah imam besar Israel yang dipilih langsung oleh Tuhan ketika bangsa Israel di padang gurun menuju Tanah Perjanjian. Kepadanya Tuhan memberi perintah-perintah perihal keimamatan dan ibadah Israel.

Imam Israel ada banyak, tetapi imam besar hanya satu dan seumur hidup. Imam besar Israel pertama adalah Harun. Setelah Harun mati, ia digantikan oleh anak-anaknya.

Namun demikian, seperti telah disebut di atas (lihat poin 5), Harun tidak bisa masuk ke Tanah Perjanjian diakibatkan oleh ketidak-taatannya (bersama adiknya, Musa) kepada Tuhan.

 

7. Akhan

Akhan adalah salah seorang pria Israel yang berasal dari suku Yehuda.

Ia dikenal karena tidak menaati perintah Tuhan untuk memusnahkan seluruh kota Yerikho beserta barang-barang berharga mereka, kecuali emas dan perak yang diambil untuk perbendaharaan Tuhan (Yosua 6).

Akan tetapi Akhan mengambil untuk dirinya sendiri jubah, perak dan emas, serta menyembunyikannya di dalam kemahnya.

Awalnya perbuatan Akhan ini tidak diketahui oleh orang Israel, tetapi kemudian ketahuan ketika mereka kalah dalam perang melawan orang Ai.

Loading...
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!