Loading...
Loading...

10 Tokoh Besar Alkitab Tetapi Lebih Kecil Dari Yesus

Artikel ini membahas tentang 10 tokoh besar Alkitab tetapi lebih kecil dari Yesus.

Alkitab mencatat banyak tokoh yang besar dan hebat, seperti para raja, nabi, imam, yang merupakan tiga jabatan penting di Perjanjian Lama. Mereka ini semua dihormati karena pribadi, jabatan, dan karya mereka.

Namun demikian, jika kita bandingkan dengan Yesus, ternyata mereka semua lebih kecil daripadaNya. Dengan kata lain,  Yesus masih lebih besar daripada semua tokoh tersebut. Yang dimaksud dengan lebih besar di sini adalah bahwa Yesus mengungguli mereka semua dalam hal karya dan jabatan mereka.

Baca juga: 10 Tokoh Alkitab Terbesar Di Perjanjian Lama

Hal ini nyata dari perbandingan antara tokoh-tokoh besar tersebut dengan Yesus, yang dilakukan oleh para penulis Alkitab, oleh Yesus sendiri, bahkan oleh tokoh yang bersangkutan.

Dalam artikel kali ini akan dibahas 10 tokoh Alkitab yang dianggap besar (beberapa bahkan terbesar), namun ternyata lebih kecil daripada Yesus.

Baca juga: 10 Tokoh Alkitab Terbesar Di Perjanjian Baru

Sebenarnya semua tokoh Alkitab, semua orang yang namanya disebut di Alkitab, lebih kecil daripada Yesus. Tetapi ada beberapa tokoh besar di Alkitab yang secara spesifik disebutkan, secara langsung atau tidak langsung, lebih kecil daripada Yesus, atau Yesus lebih besar daripada mereka. Karena itulah hal ini perlu dibahas.

Siapa sajakah 10 tokoh besar Alkitab tetapi lebih kecil dari Yesus? Berikut pembahasannya.

 

1. Adam

Adam jelas adalah tokoh besar Alkitab, sebab Adam adalah manusia yang pertama sekali diciptakan oleh Tuhan. Seluruh manusia di muka bumi merupakan keturunan Adam.

Kendati demikian, Adam jelas lebih kecil daripada Yesus. Mengapa? Sebab selain nenek moyang semua manusia, Adam ternyata hanya dapat membuat seluruh manusia jatuh ke dalam dosa, ketika ia dan Hawa berbuat dosa di Taman Eden. (Baca: 10 Hukuman Tuhan Terbesar Kepada Manusia)

Sementara Yesus adalah sebaliknya, Dia membawa seluruh umat manusia keluar dari belenggu dosa.

Rasul Paulus menjelaskan hal ini kepada jemaat di kota Roma. Paulus menulis,

“Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus. Dan kasih karunia tidak berimbangan dengan dosa satu orang. Sebab penghakiman atas satu pelanggaran itu telah mengakibatkan penghukuman, tetapi penganugerahan karunia atas banyak pelanggaran itu mengakibatkan pembenaran. Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.” (Roma 5:15-17)

Jelas Yesus mengatasi Adam. Ia lebih besar daripada Adam.

 

2. Abraham

Abraham adalah tokoh besar Alkitab lainnya.  Allah memanggil Abraham keluar dari negerinya, Ur-Kasdim, dan pergi ke suatu negeri yang akan ditunjukkanNya, yakni Tanah Kanaan.

Allah juga berjanji untuk memberkati Abraham, membuat nama Abraham masyhur, dan membuat keturunannya sebanyak bintang di langit dan sebanyak pasir di tepi laut. Itulah bangsa Israel. Jadi Abraham adalah nenek moyang Israel dan dia sangat dihormati oleh bangsa Israel.

Namun Yesus jelas lebih besar daripada Abraham, sekalipun sebagai manusia, Yesus merupakan keturunan Abraham. Namun karena Yesus adalah Tuhan yang sudah ada sejak kekekalan, maka Ia pastilah lebih besar dari Abraham.

Hal ini nyata dalam percakapan orang-orang Yahudi dengan Yesus.

 ”’Adakah Engkau lebih besar dari pada bapa kita Abraham, yang telah mati! Nabi-nabi pun telah mati; dengan siapakah Engkau samakan diri-Mu?’…. Kata Yesus kepada mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.” (Yohanes 8:53, 58)

Jawaban Yesus terhadap pertanyaan orang Yahudi apakah Ia lebih besar dari Abraham, secara tidak langsung adalah, “ya”. Sebab Ia sudah ada jauh sebelum kelahiran Abraham, sekalipun Ia baru lahir di bumi ribuan tahun setelah Abraham lahir.

 

3. Yakub

Yakub adalah anak Ishak, cucu Abraham.  Yakub disebut juga Israel, yang merupakan ayah dari 12 anak laki-laki yang kemudian menjadi nenek moyang bangsa Israel.

Yakub adalah salahsatu bapa leluhur Israel, selain Abraham, neneknya dan Ishak ayahnya.

Yakub jelas sangat dihormati oleh orang Israel, karena dari dialah berasal 12 bapa leluhur mereka.

Ketika Yesus kehausan dan meminta air kepada perempuan Samaria yang sedang menimba air di sebuah sumur yang disebut sumur Yakub, perempuan tersebut enggan memberinya. Ia juga mempertanyakan apakah Yesus lebih besar dari Yakub.

Yesus memang tidak secara langsung menjawab bahwa Ia lebih besar daripada Yakub. Tetapi dari jawabanNya yang mengatakan bahwa barangsiapa minum air dari sumur Yakub pasti masih haus lagi, sedangkan barangsiapa minum air yang akan diberikanNya tidak akan haus sampai selamanya, maka kita tahu bahwa Ia memang lebih besar daripada Yakub.

Tentu air yang akan diberikanNya bukan air biasa, tetapi air kehidupan, hidup yang kekal.

”’Adakah Engkau lebih besar dari pada bapa kami Yakub, yang memberikan sumur ini kepada kami dan yang telah minum sendiri dari dalamnya, ia serta anak-anaknya dan ternaknya?’ Jawab Yesus kepadanya: ’Barangsiapa minum air ini, ia akan haus lagi, tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal.’” (Yohanes 4:12-14)

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!