Loading...

10 Wanita Bijak Di Alkitab Dan Kisah Mereka

Loading...

4. Hana 

Hana adalah istri Elkana, seorang laki-laki dari suku Efraim, dan ibu dari nabi Samuel, salah satu nabi terbesar Israel.

Awalnya Hana adalah seorang wanita yang mandul, tidak mempunyai anak.

Dan Penina, madunya, istri lain dari suaminya (poligami adalah sesuatu yang umum dalam Perjanjian Lama), selalu menyakiti hatinya karena kemandulannya tersebut; sehingga Hana sering menangis.

Karena itu Hana pun berdoa kepada Tuhan untuk meminta seorang anak, serta bernazar bahwa jika Tuhan mengabulkan doanya, anaknya itu akan dipersembahkannya kepada Tuhan.

Tuhan mendengar doa Hana. Ia mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, yakni Samuel (1 Samuel 1:19-20).

Seperti nazarnya, Hana pun menyerahkan Samuel kepada Tuhan, Samuel menjadi pelayan Tuhan di Bait Suci. Namun Tuhan memberi pengganti Samuel kepada Hana, Hana melahirkan 5 anak lagi setelah Samuel (1 Samuel 2:21).

Hana adalah seorang wanita yang bijak.

Hana menyerahkan segala pergumulan hidupnya hanya kepada Tuhan

Ia tidak berusaha membalas perbuatan orang lain (Penina) yang selalu menyakiti hatinya.

Hana juga tidak berharap pada orang lain, bahkan kepada suaminya, hanya kepada Tuhan. Dan Tuhan menjawab segala keluhannya.

 

5. Abigail 

Abigail adalah bekas istri Nabal dan kemudian menjadi istri Daud. Abigail bukan hanya cantik tetapi juga bijak.

Nabal adalah seorang yang kaya namun pelit. Ketika ia sedang menggunting bulu domba-dombanya (artinya ia sedang panen), Daud mengirim sepuluh anak buahnya untuk meminta bantuan kepada Nabal.

Sebab Daud saat itu sedang dalam pelarian dari kejaran Saul yang ingin membunuhnya, walau saat itu Daud sudah diurapi menjadi raja.

Namun jawaban Nabal sangat kasar. Hal ini membuat Daud menjadi marah sehingga ia dan anak-anak buahnya berencana membunuh Nabal. Untunglah ia punya istri yang bijak, Abigail.

Abigail segera mendatangi Daud, sujud kepadanya,  dan meminta maaf atas kelakuan suaminya. Ia juga memberi apa yang Daud minta.

Hal ini membuat Daud membatalkan niatnya membunuh Nabal. Namun ketika mendengar rencana Daud yang ingin membunuhnya, Nabal pun meninggal seketika. Lalu Daud mengambil Abigail menjadi istrinya. (1 Samuel 25).

Abigail adalah seorang wanita yang bijak, yang bisa menutupi kebodohan suaminya dan meredakan amarah orang lain.

Ia juga wanita yang rendah hati dan pemurah, yang terbukti dari sikapnya kepada Daud (Baca: 10 Wanita Paling Cantik Di Alkitab)

 

6. Perempuan Sunem

Seorang perempuan di Sunem, yang masih termasuk wilayah Israel, juga merupakan seorang wanita yang bijak.

Nama perempuan Sunem ini tidak disebutkan, tetapi ia adalah seorang wanita kaya, juga orang yang murah hati.

Ketika nabi Elisa singgah di Sunem dalam perjalanannya, perempuan Sunem ini sering kali mengundangnya makan ke rumahnya.

Ia, atas persetujuan suaminya, bahkan menyediakan sebuah kamar khusus untuk Elisa, sehingga ketika abdi Allah itu pergi ke Sunem, dia boleh menginap di kamar tersebut. (Baca: 15 Tokoh Alkitab Yang Murah Hati)

Kemurahan hati perempuan Sunem ini mendapat ganjarannya.

Waktu itu ia belum mempunyai anak. Jadi Elisa berdoa dan bernubuat bahwa tahun depannya perempuan tersebut akan hamil dan punya anak. Dan hal itu benar-benar terjadi, tahun depannya perempuan Sunem ini pun punya anak (2 Raja-raja 4).

Perempuan Sunem ini disebut sebagai wanita bijak sebab ia mempunyai sifat yang mau berbagi dengan orang lain, khususnya hamba Tuhan.

Ia juga tidak melakukannya tanpa izin/sepengetahuan suaminya, ia tetap menghormati suaminya. Ini juga bentuk kebijakannya.

 

7. Ester 

Ester merupakan seorang wanita Yahudi yang berada di pembuangan di Persia (saat itu Babel sudah dikuasai oleh Persia).

Ester adalah seorang yang cantik parasnya. Namun ia seorang anak yatim piatu. Karena itu, ia diasuh oleh Mordekhai, saudara sepupunya.

Setelah ratu Persia, Wasti, dibuang, maka diadakanlah sebuah kontes untuk mencari penggantinya.

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!