Loading...
Loading...

10 Wanita Paling Cantik Di Alkitab

 

6. Tamar, Anak Daud

Wanita lain yang disebut berparas cantik di Alkitab adalah Tamar. Tamar adalah salah satu anak perempuan Daud.

Salah satu anak Daud dari istrinya yang lain, yakni Amnon, sangat menyukai Tamar. Hal ini tentu sangat memalukan, sebab bagaimanapun Tamar tetaplah saudara Amnon, walaupun mereka beda ibu, karena mereka punya ayah yang sama, yakni Daud.

“Sesudah itu terjadilah yang berikut. Absalom bin Daud mempunyai seorang adik perempuan yang cantik, namanya Tamar; dan Amnon bin Daud jatuh cinta kepadanya.” (2 Samuel 13:1)

Setelah mendapat saran dari sahabatnya, Amnon pun menjalankan siasatnya untuk memperkosa Tamar. Ia berpura-pura sakit dan meminta kepada ayahnya, Daud, agar mengijinkan Tamar membawa makanan ke kamarnya. Setelah Daud mengijinkannya, Amnon pun memperkosa Tamar.

Hal ini membuat Absalom, saudara kandung Tamar, marah besar kepada Amnon, sehingga ia membunuh Amnon.

 

7. Tamar, Anak Absalom

Wanita selanjutnya yang disebut berparas cantik di Alkitab adalah Tamar, anak Absalom.

“Bagi Absalom lahir tiga orang anak laki-laki dan seorang anak perempuan, yang bernama Tamar. Ia seorang perempuan yang cantik.” (2 Samuel 14:27)

Menarik, Tamar anak Absalom ini mempunyai nama yang sama dengan saudara Absalom sendiri, juga sama-sama cantik. Mungkin Absalom dengan sengaja menamai anaknya dengan nama saudara perempuannya itu.

Tidak ada informasi tambahan tentang anak perempuan Absalom ini. Hanya saja, Absalom adalah seorang pria yang sangat tampan (2 Samuel 14:25), sehingga tidaklah mengherankan jika ia mempunyai seorang anak perempuan yang cantik.

 

8. Abisag

Abisag adalah wanita berparas cantik lainnya yang disebut di Alkitab. Abisag merupakan pelayan Daud di masa tuanya. Tetapi ia tidak mengambilnya menjadi istri atau gundiknya.

“Maka di seluruh daerah Israel dicarilah seorang gadis yang cantik, dan didapatlah Abisag, gadis Sunem, lalu dibawa kepada raja. Gadis itu amat cantik, dan ia menjadi perawat raja dan melayani dia, tetapi raja tidak bersetubuh dengan dia.” (1 Raja-raja 1:3-4)

Sebelumnya dibuat semacam sayembara untuk mencari perempuan cantik yang merawat raja Daud di masa tuanya. Dan Abisaglah yang terpilih dari semua gadis di Israel. Itu artinya Abisag pasti sangat cantik.

Tidak dijelaskan lebih jauh latar belakang Abisag. Tetapi ketika Daud meninggal, Adonia, salah satu anak Daud, menyukai Abisag dan ingin mengambilnya menjadi istrinya. Tetapi hal ini dengan tegas ditolak oleh Salomo (raja pengganti Daud dan yang menjadi tuan Abisag) karena dianggap sebagai keinginan untuk merebut tahta kerajaan.

 

9. Ratu Wasti

Wanita lainnya yang disebut berparas cantik di Alkitab adalah Wasti. Wasti adalah seorang ratu, istri raja Persia, Ahasyweros.

Suatu saat, ketika raja Persia mengadakan pesta yang sangat besar bagi para pegawai istananya dan seluruh rakyatnya, ia meminta ratu Wasti untuk mempertunjukkan kecantikannya di hadapan para pembesar dan rakyatnya.

“Pada hari yang ketujuh, ketika raja riang gembira hatinya karena minum anggur, bertitahlah baginda kepada Mehuman, Bizta, Harbona, Bigta, Abagta, Zetar dan Karkas, yakni ketujuh sida-sida yang bertugas di hadapan raja Ahasyweros, supaya mereka membawa Wasti, sang ratu, dengan memakai mahkota kerajaan, menghadap raja untuk memperlihatkan kecantikannya kepada sekalian rakyat dan pembesar-pembesar, karena sang ratu sangat elok rupanya.” (Ester 1:10-11)

Namun sang ratu menolak permintaan raja. Tidak jelas mengapa ratu menolaknya. Tetapi, ini adalah suatu hal yang sangat berani, terutama pada zaman itu, mengingat kedudukan wanita sangat lemah dibanding pria.

Akan tetapi ratu Wasti harus menerima konsekwensi perbuatannya, ia akhirnya dibuang dan posisinya sebagai ratu digantikan oleh orang lain.

 

10. Ester

Wanita terakhir yang disebut berparas cantik di Alkitab adalah Ester. Ester adalah ratu pengganti Wasti di kerajaan Persia.

“Mordekhai itu pengasuh Hadasa, yakni Ester, anak saudara ayahnya, sebab anak itu tidak beribu bapa lagi; gadis itu elok perawakannya dan cantik parasnya. Ketika ibu bapanya mati, ia diangkat sebagai anak oleh Mordekhai.” (Ester 2:7)

Setelah ratu Wasti dibuang, maka diadakanlah sebuah kontes untuk mencari penggantinya. Setelah melalui seleksi yang ketat, Ester akhirnya terpilih sebagai ratu baru di Persia. Tetapi saat itu Ester menyembunyikan asal-usulnya sebagai seorang Yahudi.

Melalui Esterlah bangsa Yahudi diselamatkan dari pembantaian di Persia. Dengan kedudukannya sebagai ratu, ia berhasil menyelamatkan bangsanya dari kemusnahan di negeri orang.

 

Itulah 10 wanita paling cantik di Alkitab.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Loading...
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!