100 Pendeta Paling Berpengaruh Di Indonesia

 

Artikel ini berisi tentang 100 pendeta paling berpengaruh di Indonesia saat ini.

Ada ribuan pendeta Indonesia yang ada di lingkup gereja-gereja Protestan dari berbagai denominasi dan aliran.

Baca juga: 25 Gereja Terbesar Di Indonesia

Sebagian dari antara mereka adalah pendeta-pendeta yang paling berpengaruh di Indonesia saat ini, yang merupakan para pendeta terbesar di Indonesia.

Mereka berpengaruh karena mereka memimpin/menggembalakan sejumlah besar anggota  jemaat dan memimpin sebuah sinode gereja atau organisasi gereja.

Baca juga: 20 Sekolah Alkitab Terbaik Di Indonesia

Mereka juga berpengaruh karena kerap berkhotbah di berbagai gereja, televisi dan radio; karena menulis buku ataupun artikel-artikel yang dimuat di media nasional dan internasional.

Artikel kali ini akan membahas 100 pendeta paling berpengaruh di Indonesia.

Baca juga: 20 Universitas Kristen Terbaik Di Indonesia

Mereka terdiri dari berbagai denominasi atau aliran gereja dan dari berbagai kota di Indonesia.

Siapa sajakah 100 pendeta paling berpengaruh di Indonesia? Berikut daftarnya dan sedikit tentang profil mereka, yang sebagian diambil dari Wikipedia.

 

1. Jacob Nahuway

Pdt Jacob Nahuway adalah pendiri dan pendeta senior Gereja Bethel Indonesia (GBI) Mawar Saron Jakarta dengan 10.000 anggota gereja di lebih dari lima belas cabang gereja di seluruh Indonesia.

Pdt Jacob Nahuway dikenal sebagai salah satu pengkhotbah unggul di Indonesia, yang telah berkhotbah di KKR-KKR di berbagai kota di Indonesia. 
Ia telah melayani selama lebih dari 50 tahun, menulis buku, mendirikan sekolah Kristen, Sekolah Alkitab, tabloid, dan pondok doa.
Dia juga berbicara dalam seminar di dalam dan luar negeri. 
Jacob Nahuway pernah menjabat sebagai Ketua sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI) dan kini menjabat sebagai ketua Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia (PGPI).

2. Stephen Tong

Pdt Stephen Tong adalah salah satu tokoh teologi Reformed terkemuka, mengadakan seminar-seminar di seluruh dunia secara teratur setiap tahun.

Ia mendirikan Stephen Tong Evangelistic Ministries International (STEMI).
Pdt. Stephen Tong selama 25 tahun mengajar teologi dan filosofi di Seminari Alkitab Asia Tenggara, Malang dan saat ini mengajar di Sekolah Tinggi Teologi Reformed Injili Indonesia (STTRII) Jakarta yang ia dirikan.
Ia telah menulis lebih dari 75 buku, juga telah mengarang banyak lagu gereja.
Seminar-seminarnya diadakan di berbagai kota di Indonesia dan di kota-kota mancanegara.

3. Abraham Alex Tanuseputra

Pdt. Abraham Alex Tanuseputra merupakan pendiri GBI Bethany (sekarang menjadi Sinode Gereja Bethany Indonesia) dan merupakan Ketua Umum dari Sinode Gereja Bethany Indonesia untuk periode 2003-2007.

Pdt. Alex membangun Graha Bethany di Surabaya, yang dianggap sebagai gedung gereja terbesar di Asia Tenggara.

Graha Bethany kini mampu menampung  jemaatnya 35.000 orang dalam satu kali ibadah.

Pdt Alex juga mendirikan sekolah Alkitab dan gerejanya telah melahirkan banyak pemimpin rohani, seperti Pdt Niko Njotorahardjo.

 

4. Niko Njotorahardjo

Pdt. Niko Njotorahardjo adalah Gembala Sidang dari keluarga besar GBI Gatot Subroto Jakarta yang membawahi banyak cabang.

Dalam kelanjutannya, GBI Bethany wilayah Barat di bawah penggembalaan Pdt Niko berkembang sangat pesat.

Jumlah gereja cabangnya telah mencapai 800-an di dalam negeri dan luar negeri, 6.000 kelompok COOL- Community of Love (sebelumnya dikenal dengan Family Altar ) dengan sekitar 250 ribu jemaata.

Saat ini Pdt. Niko menjabat sebagai Pengarah Jaringan Doa Nasional dan anggota Majelis Penasihat Sinode Gereja Bethel Indonesia.

Pdt. Niko Njotorahardjo juga sudah banyak menciptakan lagu rohani.

 

5. Erastus Sabdono

Pdt. Dr. Erastus Sabdono adalah Pendiri dan Gembala Sidang GBI Rehobot.

Ia  menjadi pembicara berbagai seminar rohani dan KKR di Indonesia dan luar negeri setiap bulannya, serta pengisi acara rohani Kristen di televisi dan radio.

Erastus Sabdono sudah menulis lebih dari 50 judul buku dan menggubah lebih dari 160 lagu.

Ia mengajar teologi dan etika Kristen di STT Bethel Indonesia. Sebelumnya ia pernah menjadi Ketua STT Bethel Indonesia pada 2005–2009.

Gereja tersebut berkembang menjadi Rehobot Ministry dan kini terdiri dari 8 wilayah gereja lokal dengan 9 tempat ibadah di Jakarta dan Bekasi dengan sekitar 12 ribu orang anggota jemaat.

Namun khotbah dan pengajarannya melalui berbagai media seperti televisi, radio, YouTube dan podcast sudah menjangkau ratusan ribu orang.

Lagu-lagunya diterbitkan dalam bentuk album melalui label Solagracia Record yang didirikannya pada 1997.

 

6. Gilbert Lumoindong

Pdt Gilbert Lumoindong  terkenal sebagai salah satu pembawa acara “Penyegaran Rohani Agama Kristen” di RCTI pada tahun 1992-1997.

Pdt Gilbert sempat menjadi ketua GO Studio Jakarta pada tahun 1993 sampai 1997, dan juga ia sempat menjadi jemaat di Gereja Tiberias Indonesia, sebelum akhirnya ia memisahkan diri dan mendirikan GL Ministry pada tahun 1998.

Saat ini ia masih aktif sebagai pengkhotbah baik di stasiun TV maupun radio dan memimpin sekitar 18.000 jemaat yang tergabung dalam GBI Glow Fellowship Centre.

 

7. Yesaya Pariadji

Pdt. Yesaya Pariadji adalah gembala gereja Tiberias Jakarta sekaligus ketua sinode dari gereja tersebut.

Jumlah anggota jemaat Pdt Pariadji sekitar 200.000 orang.

Selain itu, ia juga mendirikan sebuah sekolah Alkitab yang diberi nama STT Tiberias.

Pdt Pariadji adalah salah satu pendeta paling terkenal di Indonesia, kendati pengajaran dan kesaksian-kesaksiannya diragukan oleh banyak kalangan.

 

8. Abraham Conrad Supit

Pdt. Abraham Conrad Supit adalah pendiri dan gembala GBI Rahmat Emmanuel Ministry (REM) Jakarta dengan beberapa cabangnya di Jakarta, Tangerang, dll.

Selain mendirikan dan menggembalakan GBI REM dengan ribuan anggota jemaat, Pdt Abraham Conrad Supit juga mendirikan STT Rahmat Emmanuel Jakarta dan menjadi rektor pertamanya, Radio REM-SSK, serta tabloid Victorious.

 

9. Jusuf Sutanto 

Pdt Jusuf Sutanto adalah pendiri dan gembala senior Gereja Mawar Saron (GMS) Surabaya.

Selain itu, Pdt Jusuf Sutanto juga adalah ketua sinode GMS.

Sinode GMS terdiri dari 70 gereja lokal dengan 30.000 anggota jemaat, 20.000 di antaranya berada di pusat Surabaya.

 

10. Bambang Widjaja

Pdt Bambang Widjaja saat ini melayani sebagai gembala jemaat GKPB Bandung, dan rektor STT INTI Bandung.

Ia pernah menjabat sebagai ketua sinode GKPB dan ketua umum Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga Injili di Indonesia (PGLII).

Di samping itu ia juga melayani sebagai anggota Majelis Pertimbangan PGI, Pembina Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) dan Pembina Yayasan Penerjemah Alkitab Kartidaya.

 

11. A.A. Yewangoe

Pdt Andreas Anangguru Yewangoe adalah Ketua Dewan Pertimbangan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), organisasi Kristen terbesar di Indonesia, dan Ketua Umumnya periode 2004-2009 dan 2009-2014.

Pdt Yewangoe juga dikenal sebagai seorang penulis yang cukup produktif. Tulisan-tulisannya banyak muncul di suratkabar Suara Pembaruan.

Kini Pdt Yewangoe ditunjuk presiden Jokowi sebagai salah satu anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), sebuah lembaga yang kedudukannya setara dengan menteri.

 

12. Eddy Leo

Pdt Eddy Leo adalah penatua/gembala Abbalove Ministries atau Gereja Yesus Kristus Tuhan, Jakarta.
Pdt Eddy Leo ikut mendirikan
penerbit dan toko buku Metanoia, Sekolah Tunas Bangsa, Sekolah Tinggi Teologi LETS dan juga pelayanan masyarakat lewat Yayasan Bina Mandiri.
Eddy Leo adalah ketua Pria Sejati Indonesia (CMN), cabang CMN pusat yang didirikan oleh Pdt Edwin Louis Cole di Amerika Serikat.
Pdt Eddy Leo adalah salah satu pendeta yang paling produktif dalam menulis buku.

 

13. Sutjiono 

Pdt Sutjiono adalah pendiri dan gembala senior dari Gereja Kristen Rahmani Indonesia (GKRI) Mangga Besar, Jakarta, yang juga merupakan pusat sinode GKRI.

Ia juga pendiri sinode GKRI, dan ketua sinode pertamanya.

Pdt Sutjiono juga mendirikan sekolah GKRI tingkat TK sampai SMU, di samping juga mendirikan sekolah Alkitab, yakni STT Lintas Budaya Jakarta.

Ia juga dikenal sebagai tokoh injili yang pernah menjadi pengurus PGLII pusat dalam beberapa periode.

 

14. Obaja Tanto Setiawan

Pdt. Obaja Tanto Setiawan adalah gembala sidang dari GBI Keluarga Allah Solo.

Gereja yang dirintis dari sebuah persekutuan doa beranggotakan 7 orang pada tahun 1989 tersebut, kini telah berkembang secara luar biasa dengan jemaat kurang lebih 30.000 orang dengan 20 gereja lokal yang tersebar berbagai kota.

Sejak menerapkan sistem gereja sel, GBI Keluarga Allah mengadakan konferensi internasional setiap tahunnya yang diikuti oleh banyak gereja dari dalam da luar negeri seperti Jepang, Korea, Australia, Taiwan, Malaysia, Singapura, Hongkong, Srilanka, dll.

 

15. Henrietta Lebang

Pdt Henrietta Hutabarat-Lebang adalah pendeta asal Gereja Toraja yang kini menjabat sebagai ketua PGI, ketua perempuan pertama di organisasi Kristen tersebut.

Dia juga tercatat menjadi Direktur Institut Teologi Gereja Toraja sejak 2006 – 2010.

Tak cukup ditingkat nasional, Pdt. Eri Lebang pun mulai terlibat dalam pelayanan tingkat Asia sebagai Sekretaris Jenderal di Dewan Gereja-gereja (Christian Conference of Asia (CCA) hingga 2015.

Dalam hal ini, dia pun dikenal sebagai perempuan pertama Asia yang pernah menjadi pemimpin tertinggi CCA.

Selain aktif di CCA, Pdt Eri Lebang juga aktif dalam World Council of Chruches (WCC) atau Dewan Gereja-gereja Sedunia.

Keterlibatannya dalam pelayanan ini dimulai sejak dirinya terpilih sebagai anggota Central Committee and Executive Committee dari lembaga oikumene global pada Sidang Raya ke-10 WWC di Busan, Korea Selatan tahun 2013 silam hingga tahun 2021.

 

16. Japarlin Marbun

Pdt Japarlin Marbun adalah Ketua Sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI) periode 2014-2018.

Jabatan Sekretaris Umum [Sekum] ia pegang pada era Ketua Umum Pdt. Dr. Soehandoko Wirhaspati.

Ketika pada era Ketua Umum Pdt. Dr. Jacob Nahuway, ia menjabat Ketua yang membidangi Organisasi dan Pembinaan Daerah-daerah.

Pdt. Japarlin hingga kini melayani sebagai Gembala di GBI Permata Bekasi, GBI Ujung Menteng dan GBI Kali Malang, Bekasi.

Kiprah pelayanan di lingkup Aras Nasional, ia menjabat sebagai Sekretaris Umum PGPI [2008 – 2012], Ketua Umum Sekolah Alkitab & Theologia Pentakosta Indonesia di Jakarta [PESATPIN] pada tahun 2006 – sekarang.

Saat ini Pdt Japarlin juga Ketua Umum Badan Musyawarah Antar Gereja Nasional [Bamag Nasional].

 

Pdt. Timotius Arifin Tedjasukmana, adalah gembala GBI ROCK.

Memulai pelayanan gereja di Bali tahun 1989 dengan hanya 5 keluarga di Denpasar, saat ini beliau menggembalakan sekitar 15.000 anggota jemaat yang tersebar pada hampir 150 cabang R.O.C.K. Ministries di Indonesia, Asia, Timur Tengah dan Australia.

ROCK artinya adalah Kristus, batu karang. Singkatan dari Representative Of Christ Kingdom (perwakilan Kerajaan Allah).

Timotius Arifin adalah pengkhotbah yang handal dan sering berkhotbah di televisi.

 

19. A.H. Mandey

Pdt Andre Hanny Mandey, adalah gembala senior GPdI Jemaat Ketapang-Kramat Jakarta.
Pdt Mandey selama beberapa periode menjabat sebagai ketua sinode Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI), yang membawahi ribuan gereja dan 1,5 juta anggota jemaat.
Saat ini ia juga masih menjabat sebagai ketua Dewan Penasihat GPdI untuk periode kesekian kalinya.
Pdt Mandey sering berkhotbah di televisi serta menulis sejumlah buku.

 

20. Jusuf Roni

Kemas Abubakar Masyhur Jusuf Roni atau lebih dikenal dengan nama Pdt. Dr. K.A.M Jusuf Roni adalah pendeta yang sangat berpengaruh di Indonesia.

Ia adalah anak tunggal dari Kemas M. Toha Roni, seorang pemuka agama di Palembang, Sumatera Selatan.

Jusuf Roni merantau bersama keluarganya ke Bandung dan memasuki sekolah agama yang cukup ternama di Jawa Barat.

Bahkan ia pun aktif di berbagai organisasi  kepemudaan berbasis agama.

Tetapi akhirnya Jusuf Roni menemukan Yesus dalam kehidupannya.

Karena imannya kepada Yesus ia pernah dipenjara tahun 1979.

Dia terus melayani dan kini menggembalakan sebuah gereja dan mendirikan serta memimpin sebuah sekolah Alkitab.

Pdt Jusuf Roni juga adalah seorang pengkhotbah yang handal.

 

21. M.D. Wakkary

Pendeta Markus Daniel Wakkary adalah anak seorang pendeta pendiri GPdI Maranatha, Medan.

Setelah ayahnya meninggal, maka ia pun menjadi gembala sidang GPdI Maranatha, Medan, hingga saat ini.

Sebelumnya ia adalah seorang wartawan surat kabar.

Pdt Wakkary pernah menjabat sebagai ketua sinode GPdI dan ketua Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia (PGPI).

 

22. Ruyandi Hutasoit

Pdt Ruyandi Hutasoit adalah pendiri Yayasan Doulos yang terdiri dari pelayanan terhadap korban penyalahgunaan narkoba dan gangguan jiwa.

Yayasan Doulos juga membawahi sekolah Alkitab, yakni STT Doulos di mana Pdt Ruyandi rektor pertamanya.

Pdt Ruyandi pernah menjadi ketua II PGLII, sebuah lembaga Kristen yang menaungi 86 Sinode gereja dan 117 lembaga atau yayasan.

Ia juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Umum Jaringan Doa Nasional (JDN) dan Ketua Jaringan Doa Sekota (JDS), sebuah jaringan doa di 113 kota di Indonesia, yang merupakan bagian dari JDN.

Pdt Ruyandi adalah pendiri dan ketua sinode Gereja Kristen Bersinar (GKB).

Pdt Ruyandi juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Damai Sejahtera (PDS) periode 2001-2009, partai Kristen yang fenomenal dengan berhasil mendapat 13 kursi di DPR RI dan banyak kursi di DPRD pada saat pertama kali ikut berkontestasi di pemilu.

 

23. Jimmy Oentoro

Pdt. Jimmy Oentoro adalah pendeta senior di International Full Gospel Fellowship – Gereja Injil Seutuh International (disingkat IFGF GISI).

Ia juga merupakan pendiri dan pengurus World Harvest, sebuah organisasi misi non-profit yang melakukan misi pelayanan, pendidikan, dan media.

Pdt Oentoro juga merupakan anggota tim manajemen stasiun televisi kristiani U-Channel dan mengisi acara Live Full Lives yang ditayangkan di stasiun televisi tersebut.

Pdt Jimmy Oentoro adalah pendiri dan rektor STT Harvest Karawaci Tangerang, Bendahara Umum PGLII dan telah menulis puluhan judul buku.

 

24. Jim Yost

Pdt Jim Yost adalah seorang hamba Tuhan asal Amerika yang melayani di pedalaman Papua.

Ia telah bekerja selama lebih dari 20 tahun di Papua dan sedikitnya telah mendirikan tujuh gereja di antara suku terabaikan yang dilayaninya.

Selain mengajar firman Tuhan, Pdt Yost juga memberantas buta huruf, membangun sumber air, dan mengajar beternak kepada anggota jemaatnya.

 

25. Daniel Alexander

Pdt Daniel Alexander dikenal sebagai pengkhotbah, pendidik dan penginjil di Papua yang telah banyak melahirkan anak rohani.

Ia banyak menghabiskan waktunya untuk tinggal di mancanegara seperti Amerika dan Australia.

Namun pada tahun 1994, ia melepaskan segala kenyamanannya itu dan memilih untuk melayani suku pedalaman Papua.

Pdt Daniel mencoba memberikan pendidikan kepada penduduk lokal, dengan harapan mereka dapat mengelolah tanah mereka sendiri.

Pdt Daniel kemudian membuat sebuah asrama dan sekolah untuk penduduk lokal.

Hingga saat ini, ia telah membangun 56 Taman Kanak-kanak dan 14 sekolah lanjutan.

 

26. Willem Hekmann

Pdt Willem Hekmann adalah salah satu tokoh gereja senior asal Belanda di Indonesia, khususnya di kalangan Injili.

Pdt Hekmann aktif sebagai pengurus PGLII (dulu PII) selama beberapa periode.

Ia mendirikan jaringan sekolah Alkitab BMW yang ada di berbagai kota di Indonesia serta mendirikan STT Inalta Jakarta.

 

27. Mark McLendon

Pdt Mark McLendon adalah pendeta asal Amerika yang terutama melayani di bidang broadcasting, terutama televisi dan internet melalui wadah CBN (Cahaya Bagi Negeri).

Program acara televisi Christian Broadcasting Network (CBN) adalah sebuah jaringan penyiaran Kristen yang didirikan  pdt Pat Robertson berbasis di Virgina, AS.

Didirikan Januari 1960,  kini tumbuh menjadi salah satu TV pelayanan Kristen terbesar dan yang pertama di dunia.

Di Indonesia, program ini dinamakan Cahaya Bagi Negeri (CBN) yang didiinisiatori oleh Pendeta Mark Mc Clendon.

CBN telah memproduksi banyak tayangan rohani. Sebut saja Solusi di SCTV dan O Channel dan “Obat Malam Khusus Dewasa” di MNCTV.

Ia juga founder pelayanan sosial (pengobatan gratis, bantuan untuk bencana alam, bantuan untuk rakyat kurang mampu) bernama OBI (Obor Berkat Indonesia).

Mark McClendon sendiri telah menetap di Indonesia selama 23 tahun dan merupakan  pengkhotbah yang hebat dengan bahasa Indonesia yang fasih.

 

28. Philip Mantofa

Philip Mantofa adalah seorang pendeta yang melayani di Gereja Mawar Sharon (GMS, bukan GBI Mawar Saron!) Surabaya sejak tahun 1998.

Selain berkhotbah di ratusan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) di dalam dan luar negeri, ia dikenal sebagai pembicara seminar Business BreakthroughCareer Break Through, dan Education Breakthrough yang diadakan di beberapa kota di Indonesia.

Pendeta Philip Mantofa dikenal sebagai pengkhotbah yang handal, terutama bagi anak-anak muda.

Army of God adalah sebuah gerakan dan kebangkitan muda-mudi yang dibentuk oleh Pdt Philip Mantofa di Surabaya.

 

29. Rahmat Manullang

Pdt Rachmat Manullang adalah pendeta Gereja Kristen Kemah Daud (GKKD) Bogor dan ketua sinode GKKD.

Ia juga merupakan Ketua Yayasan sekaligus rektor STT (Sekolah Tinggi Theologia) LETS (Lighthouse Equipping Theological School) Jakarta.

Sejak didirikan pada 1991, STT LETS telah mencetak alumni-alumni yang tersebar ke berbagai wilayah di Indonesia maupun luar negeri.

Pdt Rahmat Manullang juga seorang pendoa dan fasilitator Jaringan Doa Nasional (JDN).

 

30. Pudjo Setoto Abednego

Pdt Pudjo Setoto Abednego menggembalakan jemaat-jemaat: GBI Jemaat Karunia Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, GBI Jemaat Gracia Pamulang, Banten, GBI Jemaat Kharisma Pondok Cabe, Banten.
Pdt Pudjo menjabat sebagai Ketua Seminari Bethel 2008-2012, serta sebagai Dosen dan Ketua Program Studi Teologi Program S2 di Sekolah Tinggi Teologi Bethel (STT Bethel) Jakarta.
Dr Pudjo merupakan salah satu Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Sinode GBI periode 2004-2008 dan 2008-2012.
Pdt Pudjo juga pernah menjabat sebagai Sekretaris I Persekutuan Gereja dan Lembaga Injili Indonesia (PGLII), Anggota Majelis Pekerja Lengkap Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (MPL PGI), dan Anggota Majelis Pertimbangan PGI (MP PGI).

31. Rubin Adi Abraham

Pdt. Rubin Adi Abraham, M.Th adalah gembala sidang Gereja Bethel Indonesia di Bandung dan Jakarta.
Ia juga Ketua Sekolah Tinggi Teologi “Kharisma” Bandung, pembicara radio dan televisi yang ada di Indonesia, dan di berbagai acara rohani di Indonesia dan luar negeri (Asia, Australia, Eropa dan Amerika).
Pdt Rubin Adi juga merupakan ketua komisi teologi sinode GBI.

32. Darwin Lumbantobing

Pdt. Darwin Lumbantobing adalah Ephorus (Ketua Sinode) HKBP saat ini, sinode gereja terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

Sebagai ketua sinode, Pdt Darwin membawahi lebih dari 2900 pelayan dan calon pelayan, 1.500 orang lebih di antaranya adalah Pendeta.

Sedangkan jumlah umat yang dipimpin Pdt Darwin lebih dari 4,5 juta jiwa.

 

33. Johnny Weol

Pdt Johnny Weol adalah ketua sinode Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI).

Pdt Johnny Weol adalah mantan Bendahara Umum sinode GPdI dan mantan Ketua II Majelis Pusat GPdI.

Pdt Weol merupakan Gembala Sidang GPdI EL UZAY Muara Karang Pluit dan Taman Aries Jakarta, serta Ketua Sekolah Tinggi Teologi Pantekosta Jakarta

 

34. Mery Kolimon

Pdt. Mery Kolimon adalah Ketua Sinode Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT), yang mempunyai anggota jemaat sekitar 1 juta jiwa.

Pdt Mery Kolimon adalah perempuan pertama yang menjadi ketua sinode GMIT.

Pdt Mery pernah dianugerahi penghargaan internasional Sylvia Michel Prize yang diserahkan langsung oleh Ketua Sinode Gereja Reform Swiss, Pdt. Christoph Weber-Berg, di Aargau-Swiss.

Ketua Sinode Gereja Reform Swiss mengapresiasi karya bakti Pdt Mery yang berhasil membuat kaum perempuan menduduki 60 persen jabatan pendeta di sinode GMIT.

 

35. Dorman Wandikbo

Pdt. Dorman Wandikbo adalah ketua sinode atau presiden dari Gereja Injili Di Papua (GIDI).

GIDI adalah salah satu sinode gereja terbesar dan paling berpengaruh di Papua, yang memiliki anggota sekitar 1 juta jiwa.

Pdt. Dorman Wandikbo pernah menjadi Ketua Persekutuan Gereja-Gereja Jayawijaya, Gembala Sidang GIDI Jemaat Jerusalem, Ketua Klasis GIDI Lembah Baliem Wamena, dan Ketua P2J Sinode GIDI.

 

36. Hein Arina

Pdt Hein Arina adalah ketua sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM).

GMIM adalah sinode gereja terbesar di Sulawesi Utara dengan jumlah anggota jemaat lebih dari 800.000 jiwa.

Pdt. Hein Arina sebelumnya adalah wakil ketua sinode GMIM dan rektor Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT).

 

37. Andrikus Mofu

Pdt Andrikus Mofu adalah ketua sinode Gereja Kristen Indonesia di Papua (GKI Papua).

GKI Papua adalah salah satu sinode gereja terbesar dan paling berpengaruh di Papua.

Pdt Andrikus Mofu sebelumnya pernah menjabat sebagai  pendeta GKI Papua di Sorong,  ketua GKI Papua klasis Sorong serta ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sorong.

 

38. Alfred Samani

Pdt Alfred Samani adalah ketua sinode Gereja Kristen Sumba (GKS).

Jumlah gereja lokal GKS yang dipimpin Pdt Alfred Samani saat ini ada 712 buah, jumlah Kelompok Kebaktian 150 buah, jumlah Pos Kebaktian 700 buah, dan jumlah anggota jemaat sebanyak 596.500 jiwa.

Sedangkan jumlah pendeta ada 300 orang, jumlah pelayan lainnya 1656 orang (Guru Injil; Vicaris; Penolong Guru Injil).

 

39. Daniel Ronda

Pdt Daniel Ronda adalah ketua sinode Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII).

GKII mempunyai 90 Daerah Pelayanan, 2.455 gereja lokal, 998 Pos Penginjilan.

Sedangkan pekerja aktifnya ada 3.161 orang (Pendeta 2.187, Vicaris 216 orang, Evangelis 2.758 orang).

Jumlah angota jemaatnya adalah 507.083 jiwa.

Pdt. Daniel Ronda adalah mantan rektor STT Jaffray Makassar selama dua periode.

 

40. A.J.S. Werinussa

Pdt A.J.S. Werinussa adalah ketua sinode Gereja Kristen Maluku (GPM) yang berpusat di Ambon.

GPM adalah salah satu gereja tertua di Indonesia, berawal dari pelayanan para misionaris Belanda yang melakukan ibadah perdananya di Ambon pada 27 Februari 1605.

Sebagai ketua sinode, Pdt Werinussa memimpin anggota jemaat GPM sebanyak 504.128 jiwa.

 

41. Paulus Kariso Rumambi

Pdt Paulus Kariso Rumambi adalah ketua sinode Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB).

GPIB sendiri hadir di 26 Provinsi di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, Sulawesi serta pulau-pulau sekitarnya sesuai dengan wilayah yang ditetapkan pada waktu GPIB didirikan.

Pdt Paulus Kariso Rumambi memimpin jemaat GPIB sekitar 500.000 jiwa.

 

42. Tuhoni Telaumbanua

Pdt Tuhoni Telaumbanua adalah ephorus atau ketua sinode Banua Niha Keriso Protestan (BNKP), sinode gereja terbesar dan paling berpengaruh di pulau Nias.

Pdt. Tuhoni Telaumbanua, sebagai ketua sinode atau Ephorus BNKP, memimpin hampir setengah juta warga jemaat.

 

43. Harsanto Adi

Pdt Harsanto Adi adalah ketua sinode atau majelis pusat Gereja Gerakan Pentakosta (GGP).

Gereja Gerakan Pentakosta menyebar ke beberapa kota di pulau Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Papua, Nusa Tenggara Barat serta Maluku.

Jumlah anggota jemaat sinode GGP yang dipimpin Pdt Harsanto Adi adalah 450.000 jiwa.

Pdt. Drs. Harsanto Adi adalah ketua umum Asosiasi Pendeta Indonesia (API).

 

44. Jetroson Rense

Pdt Jetroson Rense adalah ketua sinode Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST).

Jumlah gereja lokal GKST ada 383 buah dan 24 kelompok kebaktian.

Jumlah anggota jemaat GKST yang dipimpin Pdt Jetroson Rense sebanyak 420.529 jiwa.

Jumlah pendeta 630 orang, jumlah pelayan lainnya 1915 orang, dan jumlah pelayan kategorial sebanyak 400 orang.

 

45. Musa Salusu

Pdt Musa Salusu adalah ketua sinode Gereja Toraja (GT), sinode gereja terbesar di Sulawesi Selatan.

Saat ini Gereja Toraja terbagi atas 89 klasis dan 1088 gereja lokal yang tergabung atas 4 wilayah, dengan jumlah anggota jemaat sebanyak 400.000 jiwa.

 

46. Oloan Pasaribu

Pdt Oloan Pasaribu adalah ketua sinode atau Bishop Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI).

GKPI adalah salah satu sinode gereja terbesar di Sumatera Utara.

Sebagai ketua sinode, Pdt. Oloan Pasaribu memimpin warga jemaat GKPI sebanyak 360.000 jiwa.

 

47. Pahala Hutabarat

Pdt M. Pahala Hutabarat adalah ketua sinode atau ephorus Huria Kristen Indonesia (HKI), salah satu sinode gereja terbesar di Sumatera Utara.

Anggota jemaat HKI yang dipimpin Pdt Manjalo Pahala Hutabarat kurang lebih berjumlah 355.000 jiwa.

Gereja ini terdiri dari 674 gereja lokal, 103 Resort, dan 8 Distrik/wilayah.

Pelayannya berjumlah 130 orang pendeta, 78 orang guru jemaat penuh waktu dan 596 orang guru jemaat paruh waktu, 8 orang bibelvrow (penginjil wanita), dan 4 orang diakones.

 

48. Wardiman S. Lidim

Pdt Wardiman S. Lidim adalah ketua sinode atau BPH Majelis sinode Gereja Kalimantan Evangelis (GKE).

Jumlah gereja lokal GKE dan calon gereja lokal yang dipimpin Pdt Wardiman S. Lidim ada 1.227 buah, dengan jumlah anggota jemaat sebanyak 329.776 jiwa.

 

49. Demianus Ice

Pdt Demianus Ice adalah ketua sinode Gereja Masehi Injili di Halmahera (GMIH), sinode gereja terbesar di Maluku Utara.

Jumlah gereja lokal GMIH yang dipimpin Pdt Demianus Ice ada 411, jumlah anggota jemaat sebanyak 300.000 orang, serta jumlah hamba Tuhan 326 Pendeta dan 48 Penginjil.

 

50. Agustinus Pengarapen Purba

Pdt. Agustinus Pengarapen Purba adalah ketua moderamen atau sinode Gereja Batak Karo Protestan (GBKP), salah satu sinode gereja terbesar di Sumatera Utara.

GBKP yang dipimpin Pdt. Agustinus Pengarapen Purba terdiri dari 22 Klasis (wilayah), 745 gereja lokal dan sekitar 275.000 anggota jemaat.

Gereja ini dilayani oleh 160 orang pendeta penuh waktu, 32 calon pendeta (vikaris), 3 guru agama, dan 50 guru injil.

 

51. W. Rumainum 

Pdt. W. Rumainum adalah ketua sinode  Gereja Protestan Indonesia di Papua (GPI Papua).

Jumlah gereja lokal GPI Papua yang dipimpin Pdt W. Rumainum ada 400, jumlah Pos Kebaktian sebanyak 230, dan jumlah anggota jemaat sekitar 250.000 jiwa.

Sedangkan jumlah pendeta ada 312 orang, calon pendeta 46 orang, serta pelayan lainnya sebanyak 1200 orang (guru agama paruh waktu, guru agama, diakonet dan misionaris).

 

52. Budi Cahyono Sugeng 

Pdt Budi Cahyono Sugeng adalah ketua sinode Gereja Kristen Indonesia (GKI).

Sebagai ketua sinode GKI, Pdt Budi Cahyono Sugeng memimpin warga jemaat sebanyak 248.000 Jiwa.

 

53. Patras Madonsa

Pdt Patras Madonsa adalah ketua sinode Gereja Masehi Injili di Sangihe Talaud (GMIST), salah satu sinode gereja terbesar di Sulawesi Utara.

Jumlah anggota jemaat GMIST yang dipimpin oleh Pdt Patras Madonsa adalah 220.000 jiwa.

Sedangkan jumlah gereja lokalnya saat ini ada 335 jemaat, yang dilayani oleh 253 pendeta dan 8.375 pelayan lainnya.

 

54. Simon Julianto

Pdt Simon Julianto adalah ketua sinode Gereja Kristen Jawa (GKJ).

GKJ seluruhnya berjumlah 307 gereja yang terhimpun dalam 32 klasis dan tersebar di 6 provinsi di pulau Jawa, yaitu: Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten.

Jumlah anggota jemaat GKJ yang dipimpin oleh Pdt Simon Julianto sebanyak 218.998 jiwa.

 

55. Rumanja Purba

Pdt. Rumanja Purba adalah Ephorus atau ketua sinode Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) yang berpusat di Pematangsiantar, Sumatera Utara.

GKPS membagi wilayah pelayanannya ke dalam 7 distrik. Setiap Distrik terdiri atas beberapa Resort, dan tiap Resort terdiri atas beberapa Gereja lokal.

Jumlah Resort GKPS keseluruhannya ada 106 buah, dengan 614 gereja lokal.

Sedangkan jumlah anggota jemaat GKPS yang dipimpin oleh Pdt Rumanja Purba sebanyak 213.042 jiwa.

 

56. Christina Noula Raintama-Pangulimang

Pdt. Christina Noula Raintama-Pangulimang adalah ketua sinode Gereja Masehi Injili di Bolaang Mongondow (GMIBM), Sulawesi Utara.

Dari data tahun 2012, jumlah gereja lokal sinode ini ada 181, yang tergabung ke dalam 21 wilayah.

Jumlah pendeta ada 122 orang, dan jumlah pelayan lainnya sebanyak 1.997 orang (penatua, diaken, guru agama, pegawai).

Sedangkan jumlah anggota jemaat GMIBM yang dipimpin oleh Pdt Christina Noula Raintama-Pangulimang adalah sebanyak 210.300 jiwa.

 

57. M.H. Siburian 

Pdt M.H. Siburian merupakan gembala Gereja Pantekosta Indonesia (GPI) Pematangsiantar, Sumatera Utara.
Pdt M.H. Siburian juga adalah ketua sinode GPI, yang mempunyai ratusan jemaat lokal dan puluhan ribu anggota jemaat, terutama di Sumatera dan Jawa.
GPI sendiri adalah sebuah sinode gereja aliran pentakosta yang didirikan oleh Pdt Renatus Siburian, ayah dari Pdt M.H. Siburian.

58. Sudhi Dharma

Pdt Sudhi Dharma adalah gembala GBI Diaspora Sejahtera Surabaya dengan cabang di berbagai tempat dan kota.
Pdt Sudhi Dharma juga menjabat sebagai ketua badan musywarah antar gereja (BAMAG) Jawa Timur.
Pdt Sudhi juga pernah menjabat sebagai sekretaris umum PGLII dan memegang berbagai jabatan di sinode GBI.

59. Budi Setiawan

Pdt. Budi Setiawan adalah gembala sidang Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) Kelapa Gading, Jakarta.
Pdt Budi adalah ketua sinode GSJA setelah sebelumnya menjabat sebagai sekretaris umum di sinode tersebut.
Pdt Budi juga salah satu pengurus pusat di PGLII.

60. J.E. Awondatu

Pdt J.E. Awondatu adalah gembala senior GPdI Cianjur, Jawa Barat.

Pdt Awondatu juga pendiri sekolah Alkitab Cianjur, salah satu sekolah Alkitab di lingkungan sinode GPdI.

Pdt Awondatu juga adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu-lagu rohani.

61. Josia Abdisaputera

Pdt Josia Abdisaputera adalah gembala GBI Nafiri Allah Jakarta dengan anggota jemaat lebih dari 5.000 orang.
Ia juga seorang pengkhotbah dan berbicara di berbagai seminar di berbagai kota bahkan hingga mancanegara.
Pdt Josia adalah salah satu pengurus pusat di sinode GBI.

62. Hengky So

Pdt. Hengky So adalah gembala sidang Gereja Bethel Indonesia Ecclesia yang berpusat di Taman Semanan Indah Jakarta Barat dengan cabang-cabang di Taman Palem Cengkareng, Tangerang, dll.
Pdt Hengky So pernah menjabat sebagai ketua Departemen Pemuda dan Anak serta ketua Departemen Teologi di sinode GBI Pusat.

63. Joas Adiprasetya

Pdt Joas Adiprasetya adalah pendeta GKI Pondok Indah, Jakarta.
Pdt Joas juga merupakan dosen STT Jakarta dan pernah menjabat sebagai rektor di kampus tersebut.
Pdt Joas aktif di komisi teologi PGI dan Anggota Tim Perumus dokumen Christian Self-Understanding, World Council of Churches (WCC) atau dewan gereja sedunia.
Pdt Joas telah menulis sejumlah buku teologi.

64. Martin Lukito Sinaga

Martin Lukito Sinaga adalah pendeta GKPS yang mengajar di STT Jakarta dan STFT Driyarkara Jakarta.
Ia aktif dalam diskusi dan dialog antar umat beragama.
Kini dia diangkat sebagai tenaga ahli utama di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), sebuah lembaga negara yang berada di bawah presiden.

65. Yonathan Wiryohadi

Pdt Yonathan Wiryohadi adalah gembala GBI WTC Serpong, Tangerang dengan 14.000 anggota jemaat dan 54 cabang di berbagai kota.

Saat ini ia juga merupakan ketua Pelayanan Masyarakat Sinode GBI, yang membawahi biro hukum, biro pelayanan sosial, dan biro pengembangan masyarakat.

 

66. Yakub Susabda

Pdt Yakub Susabda dikenal sebagai salah satu pelopor dan tokoh aliran Reformed Injili di Indonesia.

Bersama-sama dengan Pdt. Dr. Stephen Tong dan Pdt. Caleb Tong, dia mendirikan Lembaga Reformed Injili Indonesia (1986).

Ia juga telah menulis sejumlah buku seputar teologi dan konseling Kristen.

Pdt Yakub Susabda mendirikan dan menjadi Rektor di Sekolah Tinggi Teologi Reformed Injili Indonesia (STTRII) Jakarta.

 

67. Ronny Mandang

Pdt Ronny Mandang adalah gembala Gereja Kristen Rahmani Indonesia (GKRI) Karmel Jakarta Selatan.

Saat ini ia juga menjabat sebagai ketua umum PGLII yang membawahi hampir seratus sinode gereja dan lembaga Kristen di Indonesia.

 

68. Silas Bela 

Pdt Silas Bela adalah gembala GBI Visi Pemulihan Jakarta, dengan beberapa gereja cabang di Jakarta dan kota-kota lainnya di Indonesia.

Tetapi Pdt Silas Bela lebih dikenal sebagai  seorang penginjil terkemuka, yang telah puluhan tahun berkhotbah dan mengadakan KKR-KKR di berbagai kota di Indonesia dan mancanegara.

 

69. Andreas Raharjo

Andreas Raharjo adalah gembala senior GKPB MDC Surabaya dengan ribuan orang anggota jemaat.

Ia juga salah satu pendiri sinode GKPB dan pernah menjabat sebagai ketua sinode di gereja tersebut.

Andreas Raharjo juga seorang pengkhotbah di televisi dan dosen di STT INTI Bandung.

 

70. Gideon Munthe

Pdt Gideon Munthe adalah gembala Gereja Kemenangan Iman Indonesia (GKII) Medan dengan jumlah anggota jemaat ribuan orang.

GKII Medan juga menjadi gereja pusat sinode GKII dengan Pdt Gideon sebagai ketua sinodenya.

Pdt Gideon Munthe juga sering mengadakan ibadah KKR di berbagai kota di Indonesia.

 

71. Gunawan Susanto

Pdt. Gunawan Susanto adalah
Ketua Sinode Gereja Isa Almasih (GIA).
Pdt Gunawan juga merupakan Gembala Jemaat Gereja Isa Almasih Dr. Cipto Semarang.

Pdt Gunawan Susanto pernah menjabat sebagai rektor STT Abdiel Semarang, sekolah Alkitab milik sinode GIA, dan kini  masih mengajar di kampus tersebut.

 

72. Pati Ginting

Pdt Pati Stefanus Ginting adalah gembala Gereja Kemenangan Iman Indonesia (GKII) Bekasi dengan 14 cabang di berbagai tempat, khususnya di Jabodetabek.

Ia juga merupakan host acara rohani di televisi, yakni Kasih di TVRI dan Solusi Life di SCTV.

 

73. Jusuf B.S

Pdt Jusuf B.S adalah seorang pendeta senior di Surabaya.

Jusuf B.S adalah gembala Gereja Bukit Zaitun atau dikenal dengan nama GBZ yang berkantor pusat di Surabaya, Jawa Timur.

Pada zamannya, Pdt Jusuf B.S. adalah pendeta yang sangat terkenal di Indonesia.

 

74. Daniel Henubau

Pdt Daniel Henubau adalah pendiri dan gembala GEKARI Damai Sejahtera, Jakarta.

Ia telah terjun dalam pelayanan sejak tahun 1967, mulai dari daerah pedalaman hingga kota-kota besar Indonesia hingga internasional.

Dia juga Pengkotbah KKR dan seminar, juga melalui radio dan televisi.

Pdt Daniel Henubau adalah pendiri sinode
GEKARI dan menjadi ketua Sinode GEKARI sejak tahun 1996 – sekarang.

Ia juga pengurus Persekutuan gereja-gereja dan lembaga-lembaga Injili Indonesia (PGLII).

 

75. Soehandoko Wirhaspati

Pdt Soehandoko Wirhaspati adalah gembala GBI Karang Anyar, Jakarta Pusat, gereja yang sudah berdiri lebih dari 50 tahun.

Pdt. Soehandoko Wirhaspati adalah salah satu pejabat senior dari Sinode GBI.

Ia pernah menjabat sebagai ketua umum sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI) dan ketua umum Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta di Indonesia (PGPI).

 

76. Gomar Gultom

Pdt Gomar Gultom adalah Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI).

Pdt Gomar Gultom dipilih menjadi Sekretaris Umum PGI dalam periode 2009-2014 dan 2014-2019.

Ia ditahbis menjadi pendeta di Huria Batak Kristen Protestan (HKBP) pada tahun 1986.

Ia pernah menjadi Dosen STT HKBP, Pematang Siantar pada tahun 1988.

Ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan HKBP (2000-2005), dan selanjutnya sebagai Sekretaris Eksekutif Bidang Diakonia PGI (2005-2009).

 

77. Ara Siahaan

Pdt Ara Siahaan terkenal sebagai seorang pengkhotbah yang handal.

Pelayanannya kebanyakan dipakai untuk berkhotbah di berbagai gereja, terutama gereja-gereja besar.

Pdt Ara Siahaan selama bertahun-tahun menjadi pengkhotbah tetap di gereja Tiberias pimpinan Pdt Yesaya Pariadji.

 

78. Tony Mulia

Pdt. Tony Mulia adalah gembala Gereja Kristen Bersinar (GKB) El Bethel Jakarta utara.

Pdt Tony juga dikenal sebagai salah satu  Fasilitator Jaringan Doa Nasional (JDN), serta menjadi Pengarah dan Fasilitator Menara Doa Kota Nasional.

 

79. Iman Santoso 

Pdt. Iman Santoso adalah seorang pendeta di lingkungan sinode GKI yang aktif sebagai pendoa tingkat nasional.

Pdt Iman Santoso dikenal terutama sebagai Pendiri dan Fasilitator Jaringan Doa Nasional (JDN), sebuah jejaring gereja interdenominasi dalam menggalakkan doa syafaat bagi kota dan bangsa.

 

80. Daniel Pandji

Pdt. Daniel Pandji dikenal terutama sebagai Fasilitator Jaringan Doa Nasional (JDN), yang berbicara secara luas di seluruh Indonesia tentang doa dan kesatuan Tubuh Kristus.

Pdt Daniel Pandji juga dikenal sebagai pelayan bagi para pemuda, sebagai generasi penerus bangsa.

 

81. J.H. Gondowijoyo

J.H. Gondowijoyo dikenal sebagai Pendiri dan pemimpin Yayasan ANDI – Penerbit Buku rohani, Majalah Rohani Populer Bahana, Renungan Malam, Persekutuan Doa, Toko Buku dan Perpustakaan Narwastu.

Penerbit ANDI adalah salah satu penerbit buku Kristen terbesar di Indonesia.

Beban pelayanan pdt Gondowijoyo adalah di pedesaan.

Ia ikut mendirikan dan menjadi vice chairman Pelayanan Desa Terpadu, serta sebagai ketua Yayasan PESAT.

Pak Gondo, demikian sapaan akrabnya, juga terlibat langsung dalam berbagai Gerakan Doa di Indonesia.

Antara lain menjadi anggota presidium Pendoa 2000 yang memobilisasi 2000 pemimpin doa di lndonesia dan juga terlibat aktif dalam forum-forum pertemuan yang diadakan oleh Jaringan Doa Nasional.

 

82. Jan S. Aritonang

Pdt. Jan Sihar Aritonang adalah Guru Besar bidang Sejarah Gereja di Sekolah Tinggi Teologi Jakarta, dan rektor di kampus tersebut selama dua periode.

Jan Sihar Aritonang merupakan pendeta Gereja Kristen Protestan Indonesia atau yang dikenal dengan GKPI.

Jan Sihar Aritonang telah menulis buku-buku sejarah gereja yang sangat berharga dan yang menjadi buku pegangan bagi para mahasiswa teologi.

Pdt Jan Aritonang juga salah satu petinggi PGI dan aktif dalam dialog antar umat beragama.

 

83. Andar Ismail

Pdt Andar Ismail adalah seorang pendeta GKI yang pernah mengajar di STT Jakarta dalam bidang Pendidikan Kristen.

Namun ia dikenal terutama lewat buku-buku yang ditulisnya.

Selain itu tulisan-tulisannya telah banyak diterbitkan di media internasional seperti di Ecumenical Review, Presbyterian Survey dan sebagainya.

 

 84. Yonky Karman

Pdt. Yonky Karman adalah pengamat masalah sosial dan pengajar di Sekolah Tinggi Teologi Jakarta, Indonesia.

Ia juga aktif menjadi penerjemah di Lembaga Alkitab Indonesia.

Tulisan-tulisannya mengenai masalah sosial, filsafat, dan teologi banyak dimuat di surat kabar Kompas, dan  mendapat penghargaan.

 

85. Nus Reimas

Pdt. Nus Reimas selama bertahun-tahun melayani di Lembaga Pelayanan Mahasiswa Indonesia (LPMI).

Dia aktif dalam berbagai organisasi Kristen, salah satunya adalah Persekutuan Gereja dan Lembaga Injili Indonesia (PGLII).

Ia pernah menjabat sebagai sekretaris umum dan ketua umum di PGLII, dan kini menjabat sebagai ketua dewan pertimbangan di organisasi tersebut.

 

86. Richard Daulay

Pdt Richard M. Daulay ditahbis menjadi pendeta tahun 1991. Dia aktif melayani sebagai pendeta di Gereja Methodis Indonesia (GMI), hingga ia emeritus.

Ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Umum PGI masa bakti 2004-2009, setelah pada periode sebelumnya menjabat Wakil Sekum.

Pdt Dr Richard M Daulay juga aktif sebagai pengurus The International Reformed Theological Institutions (IRT) dan mengajar di beberapa sekolah teologi.

 

87. Yakob Tomatala 

Pdt Yakob Tomatala dikenal luas sebagai pengajar di berbagai sekolah teologi di Indonesia, khususnya di bidang misi dan kepemimpinanan.
Ia juga memberikan kuliah hingga di luar negeri, seperti Korea dan Amerika Serikat.
Pdt Yakob Tomatala adalah pendiri dan mantan rektor STT Jaffrey Jakarta, yang hingga kini masih aktif mengajar di kampus tersebut.
Ia juga pemimpin di berbagai organisasi Kristen, seperti ketua sinode GKII dan penasehat PGLII.

88. Robinson Nainggolan

Pendeta Robinson Nainggolan dikenal sebagai pemimpin di berbagai organisasi Kristen tingkat nasional.

Pdt Robinson Nainggolan kini adalah Ketua Harian Persekutuan Gereja-Gereja Pantekosta di Indonesia (PGPI).

Ia aktif dalam berbagai upaya mencapai kesatuan gereja dari berbagai denominasi.

 

89. Djohan Handojo

Pdt. Djohan Handojo adalah gembala sidang dari Bethany Church Singapore and GBI City Tower Jakarta.
Ia adalah wakil dari Pdt. Dr. Niko Njotorahardjo, gembala pembina GBI Gatot Subroto Jakarta, bidang pelayanan apostolik bangsa-bangsa, serta ketua World Mission Sinode/BPH GBI.
Pdt Djohan Handojo juga pengkhotbah di televisi serta penulis buku.
Sebelumnya ia dikenal sebagai penyanyi rohani yang terkenal pada masanya, yang telah menghasilkan sejumlah album.

90. Bigman Sirait

Pdt Bigman Fredore Leonard Sirait adalah seorang pendeta dan gembala sidang Gereja Reformasi Indonesia (GRI) Jakarta.

Pdt. Bigman Sirait dikenal terutama melalui khotbah dan pengajarannya, di samping buku-buku yang ditulisnya.

Dia juga pendiri dan pembina beberapa organisasi/yayasan Kristen.

 

91. Mangapul Sagala

Pdt Victor Mangapul Sagala dikenal sebagai Staf Persekutuan Antar Kampus (Perkantas) Jakarta.

Pdt. Mangapul Sagala juga seorang pengkhotbah dan dosen bergelar doktor teologi dari Trinity Theological College Singapore/SEAGST dan mengajar di sejumlah sekolah Alkitab.

Pdt. Mangapul Sagala telah menulis sejumlah buku dan menciptakan lebih dari 20 lagu rohani yang dikenal luas di persekutuan-persekutuan Kampus, termasuk Mars Oikumene Universitas Indonesia dan Mars Nasional Perkantas.

 

92. Jeffrey Rahmat

Pdt Jeffrey Rachmat adalah pendiri dari Jakarta Praise Community Church (JPCC) pada tahun 1999 dan melayani sebagai Gembala Sidang di gereja tersebut.

Dalam pelayanannya, Pdt Jeffry Rahmat  sering diundang untuk menjadi pembicara di berbagai seminar, baik di dalam dan luar negeri, dengan tema  kepemimpinan, keluarga, dan bisnis.

 

93. Weinata Sairin 

Pdt. Weinata Sairin adalah pendeta Gereja Kristen Pasundan (GKP) yang pernah menjadi sekretaris umum sinode gereja  tersebut dan wakil sekretaris umum PGI.

Badan Standar Nasional Pendidikan menetapkan Pdt. Weinata Sairin sebagai salah seorang Anggota Tim Ahli Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)  Tahun 2017.

Bidang yang digeluti Pdt Weinata Sairin adalah Standar Isi Mata pelajaran Agama dan Budi Pekerti.

Sebelumnya Pdt Weinata Sairin juga pernah menjadi anggota  BSNP dua periode.

 

94. Samuel Kusuma  

Pdt. Samuel Kusuma adalah gembala Gereja Bethany Favour of God (GOD) Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pdt Samuel Kusuma juga merupakan pendiri dan rektor Institut Kristen Borneo (IKB) Balikpapan.

 

95. Paul Halim  

Pdt. Paul Halim adalah gembala Gereja Sungai Yordan (GSY) Rajawali Jakarta.

Pdt Paul Halim juga adalah pendiri STT Pelita Bangsa dan mengajar di kampus tersebut.

 

96. Indri Gautama 

Pdt Indri Gautama adalah gembala gereja Apostolic Generation Church atau gereja generasi rasuli.
Pdt Indri dikenal sebagai pengkhotbah yang “keras”, yang telah banyak berbicara di berbagai gereja dan berbagai seminar.

97. Agnes Maria 

Pdt Agnes Maria Layantara sudah sejak lama dikenal sebagai pengkhotbah yang handal.
Ia telah banyak berkhotbah di berbagai gereja, radio, dan televisi.
Saat ini ia menggembalakan gereja Happy Family Surabaya bersama suaminya, Pdt Hanny Layantara.
Selain itu mereka juga mendirikan STT Happy Family Surabaya di mana Pdt Agnes duduk sebagai direktur pascasarjana.
Pdt Agnes juga seorang penulis yang produktif.

98. Jarot Wijanarko

Pdt Jarot Wijanarko adalah seorang pendeta di bawah naungan GBI yang dikenal terutama lewat seminar-seminar tentang keluarga dan bisnis.
Pdt Jarot juga mendirikan Happy Holy Kids yang bergerak di bidang pendidikan, hiburan, dan kebutuhan anak-anak, dengan sekolah KB dan TK sebanyak 42 cabang di seluruh Indonesia.

99. Jonathan Pattiasina

Pdt Jonathan Pattiasina adalah seorang hamba Tuhan yang selama bertahun-tahun memfokuskan diri melayani kaum pria dan anak-anak muda.
Pdt Jonathan Pattiasina adalah seorang pengkhotbah dan pengajar yang energik.
Saat ini ia merupakan gembala Garam Ministry Australia, dengan beberapa cabang di Australia dan Jakarta.
Namun Pdt Jonathan Pattiasina masih sering melayani di Indonesia.

100. Markus Tony Hidayat

Pdt Markus Tony Hidayat adalah gembala Gereja Sungai Yordan (GSY) Pontianak atau dikenal juga sebagai Gereja Psalm 21 Successful Community.

Gereja ini dimulai sejak tahun 1992 dan kini berkembang pesat dengan sekitar 3000 anggota jemaat.

 

Itulah 100 pendeta paling berpengaruh di Indonesia saat ini.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!