100 Pendeta Paling Berpengaruh Di Indonesia

 

Artikel ini berisi tentang 100 pendeta paling berpengaruh di Indonesia saat ini.

Ada ribuan pendeta Indonesia yang ada di lingkup gereja-gereja Protestan dari berbagai denominasi dan aliran.

Baca juga: 25 Gereja Terbesar Di Indonesia

Sebagian dari antara mereka adalah pendeta-pendeta yang paling berpengaruh di Indonesia saat ini, yang merupakan para pendeta terbesar di Indonesia.

Mereka berpengaruh karena mereka memimpin/menggembalakan sejumlah besar anggota  jemaat dan memimpin sebuah sinode gereja atau organisasi gereja.

Baca juga: 7 Aliran Utama Dalam Gereja Kristen

Mereka juga berpengaruh karena kerap berkhotbah di berbagai gereja, televisi dan radio; karena menulis buku ataupun artikel-artikel yang dimuat di media nasional dan internasional.

Artikel kali ini akan membahas 100 pendeta paling berpengaruh di Indonesia.

Baca juga: 10 Aliran Gereja Terbesar Dalam Agama Kristen Protestan

Mereka terdiri dari berbagai denominasi atau aliran gereja dan dari berbagai kota di Indonesia.

Siapa sajakah 100 pendeta paling berpengaruh di Indonesia? Berikut daftarnya dan sedikit tentang profil mereka, yang sebagian diambil dari Wikipedia.

 

1. Jacob Nahuway

Pdt Jacob Nahuway adalah pendiri dan pendeta senior Gereja Bethel Indonesia (GBI) Mawar Saron Jakarta dengan 10.000 anggota gereja di lebih dari lima belas cabang gereja di seluruh Indonesia.
Pdt Jacob Nahuway dikenal sebagai salah satu pengkhotbah unggul di Indonesia, yang telah berkhotbah di KKR-KKR di berbagai kota di Indonesia. 
Ia telah melayani selama lebih dari 50 tahun, menulis buku, mendirikan sekolah Kristen, Sekolah Alkitab, tabloid, dan pondok doa.
Dia juga berbicara dalam seminar di dalam dan luar negeri. 
Jacob Nahuway pernah menjabat sebagai Ketua sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI) dan kini menjabat sebagai ketua Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia (PGPI).

2. Stephen Tong

Pdt Stephen Tong adalah salah satu tokoh teologi Reformed terkemuka, mengadakan seminar-seminar di seluruh dunia secara teratur setiap tahun.

Ia mendirikan Stephen Tong Evangelistic Ministries International (STEMI).
Pdt. Stephen Tong selama 25 tahun mengajar teologi dan filosofi di Seminari Alkitab Asia Tenggara, Malang dan saat ini mengajar di Sekolah Tinggi Teologi Reformed Injili Indonesia (STTRII) Jakarta yang ia dirikan.
Ia telah menulis lebih dari 75 buku, juga telah mengarang banyak lagu gereja.
Seminar-seminarnya diadakan di berbagai kota di Indonesia dan di kota-kota mancanegara.

3. Abraham Alex Tanuseputra

Pdt. Abraham Alex Tanuseputra merupakan pendiri GBI Bethany (sekarang menjadi Sinode Gereja Bethany Indonesia) dan merupakan Ketua Umum dari Sinode Gereja Bethany Indonesia untuk periode 2003-2007.

Pdt. Alex membangun Graha Bethany di Surabaya, yang dianggap sebagai gedung gereja terbesar di Asia Tenggara.

Graha Bethany kini mampu menampung  jemaatnya 35.000 orang dalam satu kali ibadah.

Pdt Alex juga mendirikan sekolah Alkitab dan gerejanya telah melahirkan banyak pemimpin rohani, seperti Pdt Niko Njotorahardjo.

 

4. Niko Njotorahardjo

Pdt. Niko Njotorahardjo adalah Gembala Sidang dari keluarga besar GBI Gatot Subroto Jakarta yang membawahi banyak cabang.

Dalam kelanjutannya, GBI Bethany wilayah Barat di bawah penggembalaan Pdt Niko berkembang sangat pesat.

Jumlah gereja cabangnya telah mencapai 800-an di dalam negeri dan luar negeri, 6.000 kelompok COOL- Community of Love (sebelumnya dikenal dengan Family Altar ) dengan sekitar 250 ribu jemaata.

Saat ini Pdt. Niko menjabat sebagai Pengarah Jaringan Doa Nasional dan anggota Majelis Penasihat Sinode Gereja Bethel Indonesia.

Pdt. Niko Njotorahardjo juga sudah banyak menciptakan lagu rohani.

 

5. Erastus Sabdono

Pdt. Dr. Erastus Sabdono adalah Pendiri dan Gembala Sidang GBI Rehobot.

Ia  menjadi pembicara berbagai seminar rohani dan KKR di Indonesia dan luar negeri setiap bulannya, serta pengisi acara rohani Kristen di televisi dan radio.

Erastus Sabdono sudah menulis lebih dari 50 judul buku dan menggubah lebih dari 160 lagu.

Ia mengajar teologi dan etika Kristen di STT Bethel Indonesia. Sebelumnya ia pernah menjadi Ketua STT Bethel Indonesia pada 2005–2009.

Gereja tersebut berkembang menjadi Rehobot Ministry dan kini terdiri dari 8 wilayah gereja lokal dengan 9 tempat ibadah di Jakarta dan Bekasi dengan sekitar 12 ribu orang anggota jemaat.

Namun khotbah dan pengajarannya melalui berbagai media seperti televisi, radio, YouTube dan podcast sudah menjangkau ratusan ribu orang.

Lagu-lagunya diterbitkan dalam bentuk album melalui label Solagracia Record yang didirikannya pada 1997.

 

6. Gilbert Lumoindong

Pdt Gilbert Lumoindong  terkenal sebagai salah satu pembawa acara “Penyegaran Rohani Agama Kristen” di RCTI pada tahun 1992-1997.

Pdt Gilbert sempat menjadi ketua GO Studio Jakarta pada tahun 1993 sampai 1997, dan juga ia sempat menjadi jemaat di Gereja Tiberias Indonesia, sebelum akhirnya ia memisahkan diri dan mendirikan GL Ministry pada tahun 1998.

Saat ini ia masih aktif sebagai pengkhotbah baik di stasiun TV maupun radio dan memimpin sekitar 18.000 jemaat yang tergabung dalam GBI Glow Fellowship Centre.

 

7. Yesaya Pariadji

Pdt. Yesaya Pariadji adalah gembala gereja Tiberias Jakarta sekaligus ketua sinode dari gereja tersebut.

Jumlah anggota jemaat Pdt Pariadji sekitar 200.000 orang.

Selain itu, ia juga mendirikan sebuah sekolah Alkitab yang diberi nama STT Tiberias.

Pdt Pariadji adalah salah satu pendeta paling terkenal di Indonesia, kendati pengajaran dan kesaksian-kesaksiannya diragukan oleh banyak kalangan.

 

8. Abraham Conrad Supit

Pdt. Abraham Conrad Supit adalah pendiri dan gembala GBI Rahmat Emmanuel Ministry (REM) Jakarta dengan beberapa cabangnya di Jakarta, Tangerang, dll.

Selain mendirikan dan menggembalakan GBI REM dengan ribuan anggota jemaat, Pdt Abraham Conrad Supit juga mendirikan STT Rahmat Emmanuel Jakarta dan menjadi rektor pertamanya, Radio REM-SSK, serta tabloid Victorious.

 

9. Jusuf Sutanto 

Pdt Jusuf Sutanto adalah pendiri dan gembala senior Gereja Mawar Saron (GMS) Surabaya.

Selain itu, Pdt Jusuf Sutanto juga adalah ketua sinode GMS.

Sinode GMS terdiri dari 70 gereja lokal dengan 30.000 anggota jemaat, 20.000 di antaranya berada di pusat Surabaya.

 

10. Bambang Widjaja

Pdt Bambang Widjaja saat ini melayani sebagai gembala jemaat GKPB Bandung, dan rektor STT INTI Bandung.

Ia pernah menjabat sebagai ketua sinode GKPB dan ketua umum Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga Injili di Indonesia (PGLII).

Di samping itu ia juga melayani sebagai anggota Majelis Pertimbangan PGI, Pembina Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) dan Pembina Yayasan Penerjemah Alkitab Kartidaya.

 

11. A.A. Yewangoe

Pdt Andreas Anangguru Yewangoe adalah Ketua Dewan Pertimbangan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), organisasi Kristen terbesar di Indonesia, dan Ketua Umumnya periode 2004-2009 dan 2009-2014.

Pdt Yewangoe juga dikenal sebagai seorang penulis yang cukup produktif. Tulisan-tulisannya banyak muncul di suratkabar Suara Pembaruan.

Kini Pdt Yewangoe ditunjuk presiden Jokowi sebagai salah satu anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), sebuah lembaga yang kedudukannya setara dengan menteri.

 

12. Eddy Leo

Pdt Eddy Leo adalah penatua/gembala Abbalove Ministries atau Gereja Yesus Kristus Tuhan, Jakarta.
Pdt Eddy Leo ikut mendirikan
penerbit dan toko buku Metanoia, Sekolah Tunas Bangsa, Sekolah Tinggi Teologi LETS dan juga pelayanan masyarakat lewat Yayasan Bina Mandiri.
Eddy Leo adalah ketua Pria Sejati Indonesia (CMN), cabang CMN pusat yang didirikan oleh Pdt Edwin Louis Cole di Amerika Serikat.
Pdt Eddy Leo adalah salah satu pendeta yang paling produktif dalam menulis buku.

 

13. Sutjiono 

Pdt Sutjiono adalah pendiri dan gembala senior dari Gereja Kristen Rahmani Indonesia (GKRI) Mangga Besar, Jakarta, yang juga merupakan pusat sinode GKRI.

Ia juga pendiri sinode GKRI, dan ketua sinode pertamanya.

Pdt Sutjiono juga mendirikan sekolah GKRI tingkat TK sampai SMU, di samping juga mendirikan sekolah Alkitab, yakni STT Lintas Budaya Jakarta.

Ia juga dikenal sebagai tokoh injili yang pernah menjadi pengurus PGLII pusat dalam beberapa periode.

 

14. Obaja Tanto Setiawan

Pdt. Obaja Tanto Setiawan adalah gembala sidang dari GBI Keluarga Allah Solo.

Gereja yang dirintis dari sebuah persekutuan doa beranggotakan 7 orang pada tahun 1989 tersebut, kini telah berkembang secara luar biasa dengan jemaat kurang lebih 30.000 orang dengan 20 gereja lokal yang tersebar berbagai kota.

Sejak menerapkan sistem gereja sel, GBI Keluarga Allah mengadakan konferensi internasional setiap tahunnya yang diikuti oleh banyak gereja dari dalam da luar negeri seperti Jepang, Korea, Australia, Taiwan, Malaysia, Singapura, Hongkong, Srilanka, dll.

 

15. Henrietta Lebang

Pdt Henrietta Hutabarat-Lebang adalah pendeta asal Gereja Toraja yang kini menjabat sebagai ketua PGI, ketua perempuan pertama di organisasi Kristen tersebut.

Dia juga tercatat menjadi Direktur Institut Teologi Gereja Toraja sejak 2006 – 2010.

Tak cukup ditingkat nasional, Pdt. Eri Lebang pun mulai terlibat dalam pelayanan tingkat Asia sebagai Sekretaris Jenderal di Dewan Gereja-gereja (Christian Conference of Asia (CCA) hingga 2015.

Dalam hal ini, dia pun dikenal sebagai perempuan pertama Asia yang pernah menjadi pemimpin tertinggi CCA.

Selain aktif di CCA, Pdt Eri Lebang juga aktif dalam World Council of Chruches (WCC) atau Dewan Gereja-gereja Sedunia.

Keterlibatannya dalam pelayanan ini dimulai sejak dirinya terpilih sebagai anggota Central Committee and Executive Committee dari lembaga oikumene global pada Sidang Raya ke-10 WWC di Busan, Korea Selatan tahun 2013 silam hingga tahun 2021.

 

16. Japarlin Marbun

Pdt Japarlin Marbun adalah Ketua Sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI) periode 2014-2018.

Jabatan Sekretaris Umum [Sekum] ia pegang pada era Ketua Umum Pdt. Dr. Soehandoko Wirhaspati.

Ketika pada era Ketua Umum Pdt. Dr. Jacob Nahuway, ia menjabat Ketua yang membidangi Organisasi dan Pembinaan Daerah-daerah.

Pdt. Japarlin hingga kini melayani sebagai Gembala di GBI Permata Bekasi, GBI Ujung Menteng dan GBI Kali Malang, Bekasi.

Kiprah pelayanan di lingkup Aras Nasional, ia menjabat sebagai Sekretaris Umum PGPI [2008 – 2012], Ketua Umum Sekolah Alkitab & Theologia Pentakosta Indonesia di Jakarta [PESATPIN] pada tahun 2006 – sekarang.

Saat ini Pdt Japarlin juga Ketua Umum Badan Musyawarah Antar Gereja Nasional [Bamag Nasional].

 

Pdt. Timotius Arifin Tedjasukmana, adalah gembala GBI ROCK.

Memulai pelayanan gereja di Bali tahun 1989 dengan hanya 5 keluarga di Denpasar, saat ini beliau menggembalakan sekitar 15.000 anggota jemaat yang tersebar pada hampir 150 cabang R.O.C.K. Ministries di Indonesia, Asia, Timur Tengah dan Australia.

ROCK artinya adalah Kristus, batu karang. Singkatan dari Representative Of Christ Kingdom (perwakilan Kerajaan Allah).

Timotius Arifin adalah pengkhotbah yang handal dan sering berkhotbah di televisi.

 

19. A.H. Mandey

Pdt Andre Hanny Mandey, adalah gembala senior GPdI Jemaat Ketapang-Kramat Jakarta.
Pdt Mandey selama beberapa periode menjabat sebagai ketua sinode Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI), yang membawahi ribuan gereja dan 1,5 juta anggota jemaat.
Saat ini ia juga masih menjabat sebagai ketua Dewan Penasihat GPdI untuk periode kesekian kalinya.
Pdt Mandey sering berkhotbah di televisi serta menulis sejumlah buku.

 

20. Jusuf Roni

Kemas Abubakar Masyhur Jusuf Roni atau lebih dikenal dengan nama Pdt. Dr. K.A.M Jusuf Roni adalah pendeta yang sangat berpengaruh di Indonesia.

Ia adalah anak tunggal dari Kemas M. Toha Roni, seorang pemuka agama di Palembang, Sumatera Selatan.

Jusuf Roni merantau bersama keluarganya ke Bandung dan memasuki sekolah agama yang cukup ternama di Jawa Barat.

Bahkan ia pun aktif di berbagai organisasi  kepemudaan berbasis agama.

Tetapi akhirnya Jusuf Roni menemukan Yesus dalam kehidupannya.

Karena imannya kepada Yesus ia pernah dipenjara tahun 1979.

Dia terus melayani dan kini menggembalakan sebuah gereja dan mendirikan serta memimpin sebuah sekolah Alkitab.

Pdt Jusuf Roni juga adalah seorang pengkhotbah yang handal.

 

21. M.D. Wakkary

Pendeta Markus Daniel Wakkary adalah anak seorang pendeta pendiri GPdI Maranatha, Medan.

Setelah ayahnya meninggal, maka ia pun menjadi gembala sidang GPdI Maranatha, Medan, hingga saat ini.

Sebelumnya ia adalah seorang wartawan surat kabar.

Pdt Wakkary pernah menjabat sebagai ketua sinode GPdI dan ketua Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia (PGPI).

 

22. Ruyandi Hutasoit

Pdt Ruyandi Hutasoit adalah pendiri Yayasan Doulos yang terdiri dari pelayanan terhadap korban penyalahgunaan narkoba dan gangguan jiwa.

Yayasan Doulos juga membawahi sekolah Alkitab, yakni STT Doulos di mana Pdt Ruyandi rektor pertamanya.

Pdt Ruyandi pernah menjadi ketua II PGLII, sebuah lembaga Kristen yang menaungi 86 Sinode gereja dan 117 lembaga atau yayasan.

Ia juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Umum Jaringan Doa Nasional (JDN) dan Ketua Jaringan Doa Sekota (JDS), sebuah jaringan doa di 113 kota di Indonesia, yang merupakan bagian dari JDN.

Pdt Ruyandi adalah pendiri dan ketua sinode Gereja Kristen Bersinar (GKB).

Pdt Ruyandi juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Damai Sejahtera (PDS) periode 2001-2009, partai Kristen yang fenomenal dengan berhasil mendapat 13 kursi di DPR RI dan banyak kursi di DPRD pada saat pertama kali ikut berkontestasi di pemilu.

 

23. Jimmy Oentoro

Pdt. Jimmy Oentoro adalah pendeta senior di International Full Gospel Fellowship – Gereja Injil Seutuh International (disingkat IFGF GISI).

Ia juga merupakan pendiri dan pengurus World Harvest, sebuah organisasi misi non-profit yang melakukan misi pelayanan, pendidikan, dan media.

Pdt Oentoro juga merupakan anggota tim manajemen stasiun televisi kristiani U-Channel dan mengisi acara Live Full Lives yang ditayangkan di stasiun televisi tersebut.

Pdt Jimmy Oentoro adalah pendiri dan rektor STT Harvest Karawaci Tangerang, Bendahara Umum PGLII dan telah menulis puluhan judul buku.

 

24. Jim Yost

Pdt Jim Yost adalah seorang hamba Tuhan asal Amerika yang melayani di pedalaman Papua.

Ia telah bekerja selama lebih dari 20 tahun di Papua dan sedikitnya telah mendirikan tujuh gereja di antara suku terabaikan yang dilayaninya.

Selain mengajar firman Tuhan, Pdt Yost juga memberantas buta huruf, membangun sumber air, dan mengajar beternak kepada anggota jemaatnya.

 

25. Daniel Alexander

Pdt Daniel Alexander dikenal sebagai pengkhotbah, pendidik dan penginjil di Papua yang telah banyak melahirkan anak rohani.

Ia banyak menghabiskan waktunya untuk tinggal di mancanegara seperti Amerika dan Australia.

Namun pada tahun 1994, ia melepaskan segala kenyamanannya itu dan memilih untuk melayani suku pedalaman Papua.

Pdt Daniel mencoba memberikan pendidikan kepada penduduk lokal, dengan harapan mereka dapat mengelolah tanah mereka sendiri.

Pdt Daniel kemudian membuat sebuah asrama dan sekolah untuk penduduk lokal.

Hingga saat ini, ia telah membangun 56 Taman Kanak-kanak dan 14 sekolah lanjutan.

 

27 komentar untuk “100 Pendeta Paling Berpengaruh Di Indonesia”

  1. Faustinus Windu Widhihastono

    Damai sejahtera bagi kita semua. Nama saya Faustinus Windu Widhihastono. Saya di sini hanya minta bantuan doa agar saya bisa mengatasi ekonomi keluarga kecil saya yang saat ini memburuk, dan agar segala usaha berjalan baik dan diberi rezeki cukup. Agar perekonomian keluarga saya membaik dan sejahtera.

      1. Admin, sekiranya berkenan saya mau buat button/tombol ke link ini. Kebetulan saya lagi buat liturgi (aplikasi android). Terima kasih.

  2. Shalom, nama saya Penima Gulo, permohonan saya minta bantu dukungan doanya supaya saya diberikan jalan keluar oleh Tuhan dalam pergumulan saya ini, supaya ke depan saya menjadi orang sukses. Terima kasih, Tuhan memberkati.

  3. Shalom, nama saya Ricky Pandapotan Siahaan..mohon bantuan doa sekiranya agar saya dapat menemukan jodoh yang hanya hidup dan berjalan bersama di dalam takut akan Tuhan. Juga ekonomi keluarga saya jadi lebih baik lagi.
    Terima kasih.. Yesus memberkati.
    Amin

  4. Roy Yelsin Dippu Halomoan Hutasoit

    Shalom, saya Roy Yelsin, saya sedang bingung terhadap tantangan zaman pada era in.

    Saya seorang pelayan Tuhan yang berada di kalangan bawah dan saya membutuhkan mentor atau bapak rohani untuk mengajarkan saya banyak ilmu dalam melayani Tuhan.

    1. Shalom Sdr. Roy Yelsin,

      Untuk mendapatkan seorang mentor rohani, Anda bisa menghubungi Pendeta/Gembala gereja Anda, agar mereka “menyediakan” seorang mentor bagi Anda, atau bahkan menyediakan dirinya sendiri menjadi mentor Anda.

      Anda juga bisa mendapatkan mentor rohani dengan aktif di persekutuan-persekutuan para hamba Tuhan di kota Anda.

      Terima kasih, Gbu.

    2. Shalom, berdoa biar Tuhan kirim atau pertemukan denganmu, oh ia ini alamat email saya, ronaxxx@gmail.com, silahkan email saya, mungkin saya bisa berbagi pengalaman denganmu dalam hal mencari mentor rohani yang benar sesuai kebenaran firman Tuhan, karena saya juga dulu seperti bapak. Tuhan Yesus memberkati.

      1. Shalom, terima kasih telah berbagi dan juga atas keinginan Anda untuk berbagi dengan sdr Roy, tetapi untuk menghindari alamat email Anda disalahgunakan oleh orang2 yang tidak bertanggungjawab, maka kami tidak bisa menampilkan alamat email Anda secara lengkap.

        Jika Anda ingin alamat email sdr Roy, atau jika sdr Roy butuh alamat email Anda, maka Anda berdua bisa memintanya kepada kami lewat email, rubrikkristen@gmail.com.

        Terima kasih, Gbu.

  5. Saya mau cari pasangan hidup yang seiman.. Kalau bisa dia hamba Tuhan atau pendeta.. Siapa yang mau kenalan dan punya kenalan. Saya seorang perempuan.. Usia 30-an.. Silahkan hubungi saya, 087722250xxx, nama saya Wina.. Semoga Tuhan Yesus mengabulkan doa saya. Amin.

    1. Shalom Sdri. Wina.

      Mohon maaf situs ini bukan biro jodoh, jadi kami tidak bisa menampilkan nomor HP Anda secara lengkap, karena takut disalah-gunakan orang2 yang tidak bertanggung jawab.

      Tetapi jika Anda ingin menemukan jodoh yang seiman, termasuk hamba Tuhan, Anda bisa coba di biro jodoh Kristen, yakni jodohkristen.com

      Anda bisa membacanya di artikel di bawah ini,

      7 Fakta Tentang Situs Jodoh Kristen Yang Perlu Anda Tahu.

      Terima kasih, semoga Anda menemukan jodoh yang tepat. Gbu.

    2. Pasti, yang penting cari dahulu Kerajaan ALLAH dan kebenarannya, maka semuanya akan ditambahkan kepadamu. Saya juga menikah usia 32 tahun dan saya menikah dengan pria yang hebat dari Tuhan.

  6. Shalom,
    Nama saya Samuel.

    Saya pengen sekali masuk sekolah Pendeta,
    tetapi dengan gaji yang pas2an,
    saya kerja Senin-Jumat.

    Apakah bisa sekolah pendeta sambil kerja?
    saya tinggal di daerah Jakarta.

    Terima kasih, Salam sejahtera.

    1. Shalom Sdr. Samuel,

      Untuk program S1 saat ini sepertinya tidak ada lagi sekolah pendeta/sekolah Alkitab di Jakarta yang bisa kuliah sambil kerja (kuliah malam), kecuali untuk program S2.

      Tetapi Anda bisa coba cari di internet.

      Atau Anda juga bisa coba hubungi salah satu sekolah Alkitab yang ada di artikel di bawah ini,

      20 Sekolah Alkitab Terbaik Di Indonesia

      Semoga keinginan Anda untuk sekolah pendeta dapat tercapai. Terima kasih, Gbu.

  7. Syalom saya Liedia, umur 27 tahun, sudah dari bulan Oktober menjalani perawatan medis karena sesak nafas.

    Bisakah saya didoakan supaya saya kembali sembuh, karena tidak diketahui pasti sudah 3 dokter spesialis menyatakan saya baik2 saja dari hasil tes.

    Mohon doanya untuk kesembuhan saya bapak pendeta.

  8. Mantap artikelnya.. Harusnya ada Pdt. Benny Solihin juga min.. Beliau berjasa mempersiapkan banyak pengkhotbah di Indonesia maupun luar negeri. Dosen di salah satu STT terbaik dan penulis buku.

  9. Shaloom, Saya Erwin Elwuar, saya ingin didoakan dalam pergumulan saya untuk mengikuti Tes CPNS di tahun ini, minta dukungan doa senantiasa dari saudara seiman agar pergumulan saya tidak sia sia. Terima kasih.

  10. Syalom, selamat malam.

    Nama saya Alwan Patrias, tinggal di Manokwari. Saya mengalami kesulitan dalam mengiring Tuhan, juga seorang mentor, yang bisa membimbing saya kepada pengajaran yang benar.

    Saya sering mendengarkan khotbah-khotbah menarik dari pendeta Erastus Sabdono.

    Bisakah saya diberikan alamat dan tempat ibadah cabang dari gereja pendeta Erastus Sabdono di Manokwari? Agar saya bisa mengikuti ibadah dan mengembangkan iman percaya kepada Tuhan. Trimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!