Loading...

100 Pendeta Paling Berpengaruh Di Indonesia

Loading...

 

Artikel ini berisi tentang 100 pendeta paling berpengaruh di Indonesia saat ini.

Ada ribuan pendeta Indonesia yang ada di lingkup gereja-gereja Protestan dari berbagai denominasi dan aliran.

Baca juga: 25 Gereja Terbesar Di Indonesia

Sebagian dari antara mereka adalah pendeta-pendeta yang paling berpengaruh di Indonesia saat ini, yang merupakan para pendeta terbesar di Indonesia.

Mereka berpengaruh karena mereka memimpin/menggembalakan sejumlah besar anggota  jemaat dan memimpin sebuah sinode gereja atau organisasi gereja.

Baca juga: 20 Sekolah Alkitab Terbaik Di Indonesia

Mereka juga berpengaruh karena kerap berkhotbah di berbagai gereja, televisi dan radio; karena menulis buku ataupun artikel-artikel yang dimuat di media nasional dan internasional.

Artikel kali ini akan membahas 100 pendeta paling berpengaruh di Indonesia.

Baca juga: 20 Universitas Kristen Terbaik Di Indonesia

Mereka terdiri dari berbagai denominasi atau aliran gereja dan dari berbagai kota di Indonesia.

Siapa sajakah 100 pendeta paling berpengaruh di Indonesia? Berikut daftarnya dan sedikit tentang profil mereka, yang sebagian diambil dari Wikipedia.

 

1. Jacob Nahuway

Pdt Jacob Nahuway adalah pendiri dan pendeta senior Gereja Bethel Indonesia (GBI) Mawar Saron Jakarta dengan 10.000 anggota gereja di lebih dari lima belas cabang gereja di seluruh Indonesia.

Pdt Jacob Nahuway dikenal sebagai salah satu pengkhotbah unggul di Indonesia, yang telah berkhotbah di KKR-KKR di berbagai kota di Indonesia. 
Ia telah melayani selama lebih dari 50 tahun, menulis buku, mendirikan sekolah Kristen, Sekolah Alkitab, tabloid, dan pondok doa.
Dia juga berbicara dalam seminar di dalam dan luar negeri. 
Jacob Nahuway pernah menjabat sebagai Ketua sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI) dan kini menjabat sebagai ketua Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia (PGPI).

2. Stephen Tong

Pdt Stephen Tong adalah salah satu tokoh teologi Reformed terkemuka, mengadakan seminar-seminar di seluruh dunia secara teratur setiap tahun.

Ia mendirikan Stephen Tong Evangelistic Ministries International (STEMI).
Pdt. Stephen Tong selama 25 tahun mengajar teologi dan filosofi di Seminari Alkitab Asia Tenggara, Malang dan saat ini mengajar di Sekolah Tinggi Teologi Reformed Injili Indonesia (STTRII) Jakarta yang ia dirikan.
Ia telah menulis lebih dari 75 buku, juga telah mengarang banyak lagu gereja.
Seminar-seminarnya diadakan di berbagai kota di Indonesia dan di kota-kota mancanegara.

3. Abraham Alex Tanuseputra

Pdt. Abraham Alex Tanuseputra merupakan pendiri GBI Bethany (sekarang menjadi Sinode Gereja Bethany Indonesia) dan merupakan Ketua Umum dari Sinode Gereja Bethany Indonesia untuk periode 2003-2007.

Pdt. Alex membangun Graha Bethany di Surabaya, yang dianggap sebagai gedung gereja terbesar di Asia Tenggara.

Graha Bethany kini mampu menampung  jemaatnya 35.000 orang dalam satu kali ibadah.

Pdt Alex juga mendirikan sekolah Alkitab dan gerejanya telah melahirkan banyak pemimpin rohani, seperti Pdt Niko Njotorahardjo.

 

4. Niko Njotorahardjo

Pdt. Niko Njotorahardjo adalah Gembala Sidang dari keluarga besar GBI Gatot Subroto Jakarta yang membawahi banyak cabang.

Dalam kelanjutannya, GBI Bethany wilayah Barat di bawah penggembalaan Pdt Niko berkembang sangat pesat.

Jumlah gereja cabangnya telah mencapai 800-an di dalam negeri dan luar negeri, 6.000 kelompok COOL- Community of Love (sebelumnya dikenal dengan Family Altar ) dengan sekitar 250 ribu jemaata.

Saat ini Pdt. Niko menjabat sebagai Pengarah Jaringan Doa Nasional dan anggota Majelis Penasihat Sinode Gereja Bethel Indonesia.

Pdt. Niko Njotorahardjo juga sudah banyak menciptakan lagu rohani.

 

5. Erastus Sabdono

Pdt. Dr. Erastus Sabdono adalah Pendiri dan Gembala Sidang GBI Rehobot.

Ia  menjadi pembicara berbagai seminar rohani dan KKR di Indonesia dan luar negeri setiap bulannya, serta pengisi acara rohani Kristen di televisi dan radio.

Erastus Sabdono sudah menulis lebih dari 50 judul buku dan menggubah lebih dari 160 lagu.

Ia mengajar teologi dan etika Kristen di STT Bethel Indonesia. Sebelumnya ia pernah menjadi Ketua STT Bethel Indonesia pada 2005–2009.

Gereja tersebut berkembang menjadi Rehobot Ministry dan kini terdiri dari 8 wilayah gereja lokal dengan 9 tempat ibadah di Jakarta dan Bekasi dengan sekitar 12 ribu orang anggota jemaat.

Namun khotbah dan pengajarannya melalui berbagai media seperti televisi, radio, YouTube dan podcast sudah menjangkau ratusan ribu orang.

Lagu-lagunya diterbitkan dalam bentuk album melalui label Solagracia Record yang didirikannya pada 1997.

 

6. Gilbert Lumoindong

Pdt Gilbert Lumoindong  terkenal sebagai salah satu pembawa acara “Penyegaran Rohani Agama Kristen” di RCTI pada tahun 1992-1997.

Pdt Gilbert sempat menjadi ketua GO Studio Jakarta pada tahun 1993 sampai 1997, dan juga ia sempat menjadi jemaat di Gereja Tiberias Indonesia, sebelum akhirnya ia memisahkan diri dan mendirikan GL Ministry pada tahun 1998.

Saat ini ia masih aktif sebagai pengkhotbah baik di stasiun TV maupun radio dan memimpin sekitar 18.000 jemaat yang tergabung dalam GBI Glow Fellowship Centre.

 

7. Yesaya Pariadji

Pdt. Yesaya Pariadji adalah gembala gereja Tiberias Jakarta sekaligus ketua sinode dari gereja tersebut.

Jumlah anggota jemaat Pdt Pariadji sekitar 200.000 orang.

Selain itu, ia juga mendirikan sebuah sekolah Alkitab yang diberi nama STT Tiberias.

Pdt Pariadji adalah salah satu pendeta paling terkenal di Indonesia, kendati pengajaran dan kesaksian-kesaksiannya diragukan oleh banyak kalangan.

 

8. Abraham Conrad Supit

Pdt. Abraham Conrad Supit adalah pendiri dan gembala GBI Rahmat Emmanuel Ministry (REM) Jakarta dengan beberapa cabangnya di Jakarta, Tangerang, dll.

Selain mendirikan dan menggembalakan GBI REM dengan ribuan anggota jemaat, Pdt Abraham Conrad Supit juga mendirikan STT Rahmat Emmanuel Jakarta dan menjadi rektor pertamanya, Radio REM-SSK, serta tabloid Victorious.

 

9. Jusuf Sutanto 

Pdt Jusuf Sutanto adalah pendiri dan gembala senior Gereja Mawar Saron (GMS) Surabaya.

Selain itu, Pdt Jusuf Sutanto juga adalah ketua sinode GMS.

Sinode GMS terdiri dari 70 gereja lokal dengan 30.000 anggota jemaat, 20.000 di antaranya berada di pusat Surabaya.

 

10. Bambang Widjaja

Pdt Bambang Widjaja saat ini melayani sebagai gembala jemaat GKPB Bandung, dan rektor STT INTI Bandung.

Ia pernah menjabat sebagai ketua sinode GKPB dan ketua umum Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga Injili di Indonesia (PGLII).

Di samping itu ia juga melayani sebagai anggota Majelis Pertimbangan PGI, Pembina Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) dan Pembina Yayasan Penerjemah Alkitab Kartidaya.

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!