12 Anak Yakub, Nenek Moyang Bangsa Israel

 

7. Gad

Gad dalam bahasa Ibrani adalah Gad, yang artinya “nasib baik”.

Gad adalah anak ke-7 Yakub dari gundiknya, Zilpa. Zilpa adalah budak Lea, yang diberikannya kepada Yakub agar ia melahirkan anak bagi Lea, seperti yang diperbuat Rahel dengan hambanya, Bilha (lihat poin 5 di atas).

Lea melakukan hal ini mungkin karena ia berpikir bahwa ia tidak akan melahirkan anak lagi. Tetapi ternyata ia masih melahirkan lagi (lihat poin 9 dan 10 di bawah).

Tidak ada catatan lain Alkitab tentang Gad secara khusus.  Tetapi sudah pasti Gad ikut terlibat dalam pembunuhan orang-orang Sikhem dan penjualan Yusuf ke Mesir, seperti telah disinggung di atas.

Ketika mengungsi ke Mesir beserta ayah dan saudara-saudaranya, Gad telah mempunyai tujuh orang anak laki-laki (Kejadian 46:16).

 

8. Asyer

Asyer dalam bahasa Ibrani adalah Asher, yang artinya “bahagia”.

Asyer adalah anak ke-8 Yakub dari Zilpa, budak Lea, atau anak ke-2 Zilpa.

Tidak ada catatan lain Alkitab tentang Asyer secara khusus.  Tetapi sudah pasti Asyer ikut terlibat dalam pembunuhan orang-orang Sikhem dan penjualan Yusuf ke Mesir, seperti telah disinggung di atas.

Ketika mengungsi ke Mesir beserta ayah dan saudara-saudaranya, Asyer telah mempunyai empat orang anak laki-laki dan satu orang anak perempuan (Kejadian 46:17).

 

9. Isakhar

Isakhar dalam bahasa Ibrani adalah Yissakhar, yang artinya “pekerja yang diupah”.

Isakhar merupakan anak ke-9 Yakub dari istrinya, Lea, atau anak laki-laki ke-7 Lea.

Tidak ada catatan lain Alkitab tentang Isakhar secara khusus.  Tetapi sudah pasti Isakhar ikut terlibat dalam pembunuhan orang-orang Sikhem dan penjualan Yusuf ke Mesir, seperti telah disinggung di atas.

Ketika mengungsi ke Mesir beserta ayah dan saudara-saudaranya, Isakhar telah mempunyai empat orang anak laki-laki (Kejadian 46:13).

 

10. Zebulon

Zebulon dalam bahsa Ibrani adalah Zevulun, yang artinya “memuliakan”

Zebulon adalah anak laki-laki Yakub yang ke-10. Zebulon merupakan anak Yakub dari Lea. Bagi Lea, inilah anak laki-lakinya yang ke-8.

Tidak ada catatan lain Alkitab tentang Zebulon secara khusus.  Tetapi sudah pasti Zebulon ikut terlibat dalam pembunuhan orang-orang Sikhem dan penjualan Yusuf ke Mesir, seperti telah disinggung di atas.

Ketika mengungsi ke Mesir beserta ayah dan saudara-saudaranya, Zebulon telah mempunyai tiga orang anak laki-laki (Kejadian 46:14).

 

11. Yusuf

Yusuf dalam bahasa Ibrani adalah Yosef, yang artinya “menambahi”

Yusuf adalah anak ke-11 Yakub dari istrinya, Rahel. Dan Yusuf adalah anak pertama Rahel.

Yusuf adalah anak kesayangan Yakub, sebab Yusuf lahir di masa tua Yakub dari istri kesayangannya, Rahel. Karena itulah Yakub memanjakan Yusuf. Ia membelikan Yusuf jubah yang sangat indah.

Hal ini membuat saudara-saudara Yusuf menjadi cemburu. Apalagi setelah Yusuf menceritakan mimpinya kepada mereka yang menggambarkan keunggulan Yusuf atas saudara-saudaranya itu, makin bencilah mereka kepada Yusuf.

Itulah sebabnya Yusuf mereka jual kepada seorang Ismael yang kemudian membawa Yusuf ke Mesir. Yusuf dijual kepada seorang pegawai istana Firaun yang bernama Potifar. Yusuf kemudian menjadi kepala rumah tangga Potifar dan orang kepercayaannya (Kejadian 39:4, 6).

Karena Yusuf difitnah oleh istri Potifar dengan berkata bahwa Yusuf ingin memperkosanya, maka Yusuf dimasukkan ke penjara. Di penjara, Yusuf berhasil menafsirkan mimpi juru minum dan juru roti Firaun, yang saat itu sama-sama dipenjarakan dengan Yusuf. Hal ini membuat Yusuf dipanggil untuk menafsirkan mimpi raja Firaun, raja Mesir.

Akhirnya, raja Firaun mengangkat Yusuf sebagai pempimpin tertinggi di Mesir di bawah kuasa Firaun. Jadi Yusuf menjadi orang kedua di kerajaan Mesir. Dialah yang dipercayakan oleh Firaun untuk mengelola pemerintahan Mesir, termasuk logistik, yang berpengaruh kepada bangsa-bangsa lain pada masa itu (Kejadian 41:39-44).

Yusuf berhasil menyelamatkan banyak bangsa dari bahaya kelaparan, termasuk keluarganya sendiri di Tanah Kanaan, yang datang ke Mesir untuk membeli gandum. (Baca: 10 Tokoh Minoritas Di Alkitab Yang Berkuasa Di Tengah Kaum Mayoritas)

Akhirnya ayah Yusuf, Yakub, dan saudara-saudaranya, menetap di Mesir, hingga Tuhan memanggil keturunan mereka kembali ke Tanah Perjanjian (Tanah Kanaan), 400 tahun kemudian.

Yusuf mempunyai dua orang anak laki-laki yang lahir di Mesir, yakni Manasye dan Efraim (Kejadian 46:20).

 

12. Benyamin

Benyamin dalam bahasa Ibrani adalah Binyamiyn, yang artinya “putra tangan kanan”.

Benyamin adalah anak ke-12 Yakub, atau anak bungsu Yakub. Benyamin merupakan anak kedua atau anak bungsu Yakub dari istrinya, Rahel. Rahel meninggal sesaat setelah ia melahirkan Benyamin.

Ketika Yusuf dijual ke Mesir, dan Yakub merasa bahwa dia telah mati, maka Yakub mencurahkan kasih sayangnya kepada Benyamin. Apalagi saat itu Rahel sudah meninggal.

Ketika Yusuf menyuruh saudara-saudaranya untuk kembali ke Kanaan dan datang lagi ke Mesir dengan membawa Benyamin, Yakub tidak setuju. Dia takut kehilangan Benyamin lagi, sebagaimana ia telah kehilangan Yusuf. Tetapi jika Benyamin tidak dibawa ke Mesir menghadap Yusuf, maka mereka tidak diperbolehkan lagi membeli gandum, malahan akan dituduh sebagai para pengintai atau mata-mata.

Sebab mereka sudah sempat mengatakan kepada Yusuf bahwa mereka masih mempunyai satu lagi saudara yang tinggal dengan ayah mereka di Kanaan. Lagi pula, mereka harus kembali ke Mesir untuk membawa pulang saudara mereka Simeon, yang ditahan oleh Yusuf sebagai jaminan bahwa mereka akan kembali lagi ke Mesir dengan membawa Benyamin.

Tetapi Ruben dan Yehuda, kakak-kakak Benyamin, berusaha meyakinkan Yakub sehingga ia akhirnya mengijinkan anak-anaknya membawa adik mereka, Benyamin ke Mesir (Kejadian 42-43).

Ketika mengungsi ke Mesir beserta ayah dan saudara-saudaranya, Benyamin telah mempunyai sepuluh orang anak laki-laki (Kejadian 46:21).

 

Itulah 12 anak Yakub, nenek moyang bangsa Israel sebagaimana dicatat di Alkitab.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Sukai Halaman” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

 

2 komentar untuk “12 Anak Yakub, Nenek Moyang Bangsa Israel”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!