14 Universitas Kristen Dan Katolik Terbaik 2017

Artikel ini berisi tentang 14 Universitas Kristen dan Katolik terbaik 2017 versi pemerintah RI.

Pada bulan Agustus 2017 silam, pemerintah, melalui Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Dari antara perguruan tinggi swasta tersebut terdapat 14 perguruan tinggi atau universitas Kristen dan Katolik terbaik.

Kemenristekdikti melakukan pengelompokan/klasterisasi perguruan tinggi menjadi dua: perguruan tinggi politeknik dan perguruan tingi non-politeknik.

Kemenristekdikti mengumumkan 100 Besar Perguruan Tinggi non Politeknik terbaik dan 25 Besar Perguruan Tinggi Politeknik terbaik di Indonesia.

Baca juga: 20 Universitas Kristen Terbaik Di Indonesia

Performa perguruan tinggi Indonesia dinilai dari 4 (empat) komponen utama, yaitu: a) Kualitas SDM; b) Kualitas Kelembagaan; c) Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan; serta d) Kualitas Penelitian dan Publikasi Ilmiah.

Indikator pada Kualitas SDM meliputi: i) persentase dosen berpendidikan S3; ii) persentase dosen dalam jabatan lektor kepala dan guru besar; iii) rasio jumlah dosen terhadap jumlah mahasiswa.

Baca juga: 7 Perguruan Tinggi Kristen Negeri Di Indonesia

Indikator kualitas kelembagaan dicerminkan oleh: i) Akreditasi Institusi, ii) Akreditasi Program Studi, iii) jumlah program studi yang telah memiliki Akreditasi/Sertifikasi International, dan iv) jumlah mahasiswa asing.

Indikator yang mencerminkan Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan adalah prestasi mahasiswa. Variabel yang mencerminkan prestasi mahasiswa tersebut adalah: prestasi mahasiswa secara nasional dan internasional, baik dalam kegiatan-kegiatan yang dikelola oleh Kemenristekdikti maupun non-kemenristekdikti, serta tingkat kepedulian perguruan tinggi/institusi terhadap kegiatan kemahasiswaan.

Sedangkan indikator yang mencerminkan Kualitas Penelitian meliputi: i) kinerja penelitian, ii) rasio jumlah publikasi terindeks terhadap jumlah dosen, iii) kinerja pengabdian pada masyarakat.

Baca juga: 20 Sekolah Alkitab Terbaik Di Indonesia

100 perguruan tinggi non politeknik tersebut, terdiri dari perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS), baik universitas, institut, maupun sekolah tinggi, di mana terdapat 14 perguruan tinggi Kristen, yakni 7 perguruan tinggi Kristen Protestan dan 7 perguruan tinggi Kristen Katolik.

Semua perguruan tinggi Kristen/Katolik atau universitas Kristen dan Katolik terbaik tersebut, berada di Pulau Jawa, dan berada di antara peringkat 30 (peringkat tertinggi untuk perguruan tinggi swasta) dan peringkat 99 dari daftar 100 perguruan tinggi terbaik non-Politeknik.

Berikut daftar ke-14 perguruan tinggi Kristen/Katolik tersebut.

 

1. Universitas Kristen Petra Surabaya (Peringkat: 30)

Universitas Kristen Petra Surabaya (disingkat UK Petra atau UKP) didirikan pada 22 September 1961 atas prakarsa dari beberapa pendiri Perhimpunan Pendidikan dan Pengajaran Kristen Petra  (PPPK Petra), sebuah perhimpunan Kristen yang didirikan pada tahun 1951 untuk menyelenggarakan pendidikan taman kanak-kanak hingga pendidikan menengah.

Ide mendirikan Universitas Petra telah tercetus sejak tahun 1956, dan dihembuskan kembali pada tahun 1960, setelah pendiri PPPK Petra, Tan Tjiauw Yong dan Tan Gie Djien bertemu dengan Brigjen TNI Prof. Dr. Moestopo dalam Kongres Persatuan Dokter Gigi di Bandung, yang telah mendirikan Universitas Moestopo di Jakarta.

Pada 22 September 1961 secara resmi diumumkan berdirinya Universitas Kristen Petra dengan fakultas Sastra sebagai fakultas pertama dan satu tahun kemudian pada tahun 1962 berdirilah Fakultas Teknik Sipil.

Pada tahun 1964 didirikanlah Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Petra (YPTK Petra) yang beranggotakan wakil dari PPPK Petra, tokoh-tokoh Kristen, dan didukung oleh 6 gereja Protestan di Surabaya.

Saat ini Universitas Kristen Petra telah berkembang pesat menjadi salah satu universitas yang ternama di Indonesia dengan memiliki 10.000 mahasiswa dari dalam maupun luar negeri.

Pendidikan yang diselenggarakan meliputi program Pascasarjana dan Strata 1 (S1) yang terdiri dari enam Fakultas yaitu: Fakultas Sastra, Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Seni & Desain, serta Fakultas Ilmu Komunikasi.

Dalam pengembangannya, pada tahun 2013, UK Petra mulai membangun gedung baru yang merupakan gedung universitas ramah lingkungan pertama di Surabaya.

Perpustakaan universitas Kristen Petra merupakan perpustakaan yang terbesar dan terlengkap di Jawa Timur saat ini.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.petra.ac.id

 

2. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta (Peringkat: 32)

Universitas Sanata Dharma lahir dari kursus-kursus yang diselenggarakan oleh para imam Katolik, terutama Ordo Societas Jesu (Serikat Yesus, yang lazim disingkat S.J.).

Kemudian lahirlah Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). Pada awalnya PTPG Sanata Dharma mempunyai 4 Jurusan, yaitu Bahasa Inggris, Sejarah, IPA, dan Ilmu Mendidik. Para pembesar misi Serikat Yesus menunjuk Pater Prof. Nicolaus Driyarkara, S.J. menjadi Dekan PTPG Sanata Dharma dan Pater H. Loeff sebagai Wakil Dekan.

Untuk menyesuaikan diri dengan ketentuan pemerintah, maka PTPG Sanata Dharma pada bulan November 1958 berubah menjadi FKIP (Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan) Sanata Dharma dan merupakan bagian dari Universitas Katolik Indonesia cabang Yogyakarta.

Lalu, FKIP Sanata Dharma berubah menjadi IKIP Sanata Dharma berdasarkan SK Menteri PTIP No. 237/B – Swt/U/1965. Surat Keputusan ini berlaku mulai tanggal 1 September 1965.

Selain melaksanakan Program S1 (sebelumnya Sarjana Muda dan Sarjana), IKIP Sanata Dharma juga dipercaya pemerintah untuk mengelola Program Diploma I, II, dan III untuk jurusan Matematika, Fisika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPS, dan PMP. Berbagai program Diploma ini ditutup pada tahun 1990 dan selanjutnya dibuka program Diploma II PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar).

Akhirnya, 20 April 1993 sesuai dengan SK Mendikbud No. 46/D/O/1993, IKIP Sanata Dharma dikembangkan menjadi Universitas Sanata Dharma atau lebih dikenal dengan nama USD.

Universitas Sanata Dharma sekarang memiliki 8 Fakultas dengan 25 Program Studi, 3 Program Pasca Sarjana, 1 Program Profesi, dan 3 Program Kursus Bersertifikat.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.usd.ac.id

 

3. Universitas Katolik Parahyangan Bandung (Peringkat: 34)

Universitas Katolik Parahyangan atau dikenal dengan UNPAR,  terletak di kota Bandung. Kampus utamanya terletak di Jalan Ciumbuleuit, dan kampus lainnya terletak di Jalan Merdeka dan Jalan Nias.

17 Januari 1955, merupakan tonggak awal berdirinya niversitas Katolik Parahyangan. Pada hari itu didirikan Akademi Perniagaan oleh Keuskupan Bandung, sebagai hasil kerjasama antara Uskup Bandung Mgr. Pierre Marin Arntz, O.S.C. dengan Uskup Bogor Mgr. Prof. Dr. Paternus Nicholas Joannes Cornelius Geise, O.F.M.

Pada Agustus 1955, Akademi Perniagaan ditingkatkan menjadi Perguruan Tinggi Sosio – Ekonomi Parahyangan, yang sekarang menjadi Fakultas Ekonomi.

Pada 1958, nama Perguruan Tinggi Sosio – Ekonomi Parahyangan diubah menjadi Perguruan Tinggi Katolik Parahyangan.

Pada tahun 1961 terbitlah Undang-undang Nomor 22 tahun 1961 tentang Perguruan Tinggi, sehingga nama Perguruan Tinggi Katolik Parahyangan diganti menjadi Universitas Katolik Parahyangan.

Program S1 dan dipoma yang ada saat ini di Unpar adalah: Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik , Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains, dan Fakultas Filsafat. Sedangkan Program Magister meliputi: Manajemen, Ilmu Hukum, Teknik Sipil, Arsitektur, Ilmu Sosial, dan Ilmu Teologi.

Sementara Program Doktor terdiri dari ilmu Ekonomi, Hukum, Teknik Sipil, dan Arsitektur.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.unpar.ac.id

 

4. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga (Peringkat: 36)

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) adalah sebuah universitas swasta tertua dan salah satu yang terbaik di Indonesia, terletak di Salatiga, Jawa Tengah.

Universitas ini berawal dari Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Kristen Indonesia pada 30 November 1956, dipelopori oleh DR. Oeripan Notohamidjojo, SH. Pada tahun 1959 berubah nama menjadi FKIP Kristen Indonesia Satya Wacana, kemudian pada tanggal 5 Desember 1959 menjadi Universitas Kristen Satya Wacana.

Universitas Kristen Satya Wacana didukung oleh 18 Sinode Gereja di Indonesia.

Selain kerja sama dengan institusi pendidikan dan nonpendidikan dalam negeri, UKSW juga memiliki kerja sama dengan beberapa institusi luar negeri.

Pada saat ini UKSW memiliki 56 Program Studi yang terdiri dari 4 Program Studi Diploma 3, 39 Program Studi Sarjana (S1), 10 Program Studi Magister (S2), dan 3 Program Studi Doktoral (S3).

Ada banyak prestasi yang telah dicapai universitas ini.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.uksw.edu

 

5. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (Peringkat: 46)

Universitas Atma Jaya Yogyakarta, didirikan 27 September 1965 oleh Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta. Lima orang pendiri Universitas Atma Jaya Yogyakarta adalah: Prof. R.A. Soehardi, S.H, Drs. A.J. Liem Sioe Siet, A. Sutijoso, S.H, Prof. Drs. Oey Liang Lee, dan Dr. Leo Sukoto, S.J.

Awalnya universitas ini adalah cabang Universitas Atma Jaya Jakarta (lihat poin 11 di bawah). Kemudian memisahkan diri dan menjadi independen di bawah Yayasan Slamet Rijadi pada tanggal 31 Agustus 1973.

Dimulai dengan meminjam ruang kelas di IKIP Sanata Dharma, kini Universitas Sanata Dharma (poin 2 di atas), pembangunan gedung kampus sendiri selesai pada tahun 1980 yang berlokasi di Jalan Demangan Baru 28, berseberangan dengan Universitas Sanata Dharma.

Dengan semakin berkembangnya jumlah mahasiswa, pada tahun 1990 bertepatan dengan pesta peraknya, rektorat dan Fakultas Teknik menempati gedung baru di Jalan Babarsari. Pada tahun 1995, Fakultas Ekonomi dan Program Magister juga menempati gedung baru, di seberang gedung rektorat, juga di Jalan Babarsari Yogyakarta.

Sejak 31 Agustus 1973 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Yogyakarta melepaskan diri dari Universitas Katolik Indonesia Atmajaya di Jakarta, dan berdiri sendiri sebagai Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Program Sarjana di Universitas Atma Jaya saat ini adalah: Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknobiologi, Fakultas Teknologi Industri, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Sedangkan Program Magisternya adalah: Manajemen, Teknik, dan Hukum.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: http://www.uajy.ac.id

 

6. Universitas Katolik Soegijapranata Semarang (Peringkat: 54)

Universitas Katolik Soegijapranata  Semarang berada di bawah naungan Yayasan Sandjojo yang terafiliasi dengan Keuskupan Agung Semarang.

Universitas ini merupakan kelanjutan dari Universitas Katolik Indonesia Atmajaya Cabang Semarang yang lahir tahun 1964 dan yang kemudian berubah menjadi Institut Teknologi Katolik Semarang (I.T.K.S.) pada tahun 1973.

Pada tanggal 5 Agustus 1982 dengan Surat Keputusan Mendikbud RI tanggal 24 September 1983 Nomor.0400/0/1983, I.T.K.S. berubah nama menjadi Universitas Katolik Soegijapranata.

Di awal berdirinya, Universitas Katolik Soegijapranata yang berlokasi di Jl. Pandanaran 100 Semarang terdiri dari tiga Fakultas yakni Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ekonomi.

Seiring dengan perkembangan Universitas, sejak pertengahan dekade 1990 seluruh aktivitas Unika Soegijapranata dipusatkan di Kampus Bendan Dhuwur dan hingga saat ini Kampus Bendhan Dhuwur menjadi pusat kegiatan akademis perguruan tinggi ini.

Nama “Soegijapranata” diambil dari nama Mgr. Albertus Soegijapranata, SJ, seorang imam dan Uskup Agung, satu dari 20 Pahlawan Indonesia Beragama Kristen Terpopuler.

Hingga saat ini Unika Soegijapranata mengelola 18 Program Studi Sarjana, 1 Program Studi Diploma III, dan 8 Program Magister.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.unika.ac.id

 

7. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (Peringkat: 63)

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya didirikan pada tahun 1960 dan berada di bawah pengelolaan Keuskupan Surabaya.

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya adalah anggota dari ASEACCU (Association of Southeast and East Asian Catholic Colleges and Universities) dan APTIK (Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik Indonesia).

Selain itu Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya adalah salah satu dari sedikit universitas di Indonesia yang Fakultas Bisnisnya memperoleh keanggotaan (membership) dari AACSB (Association of Advance Collegiate School of Business) yaitu sebuah organisasi akreditasi internasional untuk program studi bisnis yang berkedudukan di Tampa, Florida, USA

Program S1 di Universitas ini adalah: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Fakultas Farmasi, Fakultas Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Psikologi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Ilmu Filsafat, Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Kedokteran.

Sedangkan Pascasarjana meliputi: Manajemen Strategik, Manajemen Keuangan, dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.ukwms.ac.id

2 komentar untuk “14 Universitas Kristen Dan Katolik Terbaik 2017”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!