Loading...
Loading...

17 Gereja Dengan Jumlah Jemaat Terbanyak Di Indonesia

 

Artikel ini berisi tentang 17 gereja dengan jumlah jemaat terbanyak di Indonesia saat ini.

Saat ini ada puluhan ribu gereja lokal di Indonesia, khususnya yang ada di lingkup gereja-gereja Protestan dari berbagai denominasi dan aliran.

Sebagian dari gereja-gereja tersebut adalah gereja-gereja yang besar dengan jumlah anggota jemaat mencapai ribuan orang.

Bahkan ada beberapa gereja yang tergolong sangat besar, dengan jumlah anggota jemaat mencapai puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang, yang merupakan gereja-gereja dengan jumlah jemaat terbanyak di Indonesia saat ini.

Baca juga: 100 Pendeta Paling Berpengaruh Di Indonesia

Artikel kali ini akan membahas tentang 17 gereja dengan jumlah jemaat terbanyak di Indonesia.

Gereja-gereja tersebut terdiri dari berbagai denominasi atau aliran gereja serta dari berbagai kota di Indonesia, tetapi semuanya berpusat di Pulau Jawa.

Gereja-gereja yang dimaksud di sini adalah gereja lokal, bukan sinode gereja.

Tetapi sebagian dari ke-17 gereja lokal tersebut mempunyai cabang-cabang yang tidak otonom, yang masih terhitung ke dalam gereja lokal pusat/induknya, bukan gereja lokal tersendiri.

Baca juga: 25 Gereja Terbesar Di Indonesia

Itulah sebabnya banyak dari gereja lokal yang dibahas di sini bisa mempunyai jumlah anggota jemaat mencapai puluhan ribu bahkan ratusan ribu jiwa, sebab gereja-gereja cabangnya juga ikut dihitung.

Selain itu, ada juga dari gereja lokal yang dibahas di sini yang mempunyai sinode gereja tersendiri, walaupun gereja tersebut hanya terdiri dari satu gereja lokal yang terdiri dari banyak cabang.

Karena itu gereja tersebut masih dikategorikan sebagai gereja lokal sehingga termasuk dalam pembahasan artikel ini.

Baca juga: 20 Sekolah Alkitab Terbaik Di Indonesia

Data tentang jumlah anggota jemaat dari masing-masing gereja yang dicantumkan di sini semuanya diambil dari internet, terutama dari situs gereja yang bersangkutan atau dari profil gembala gereja tersebut.

Sebagian gereja tidak mencantumkan angka pasti jumlah anggota jemaat mereka, karena itu angka yang dicantumkan di sini hanya perkiraan saja, berdasarkan besarnya gedung gereja, jumlah jam ibadah, dan jumlah gereja cabang dari gereja tersebut.

Baca juga: 20 Universitas Kristen Terbaik Di Indonesia

Demikian juga jika ada perbedaan angka jumlah anggota jemaat dari satu gereja tertentu, baik yang terdapat di satu situs ataupun di beberapa situs, di artikel ini hanya dicantumkan angka perkiraan saja, bukan angka pasti.

Lalu, gereja apa sajakah yang termasuk ke dalam 17 gereja dengan jemaat terbanyak di Indonesia? Berikut daftarnya dan sedikit tentang profilnya.

 

1. GBI Gatot Subroto Jakarta (Anggota Jemaat: 250.000)

Gereja Bethel Indonesia (GBI) Gatot Subroto Jakarta digembalakan oleh Pdt. Niko Njotorahardjo, yang juga dikenal sebagai penyanyi dan pencipta lagu rohani terkemuka di Indonesia.

GBI Gatot Subroto Jakarta mempunyai banyak cabang gereja.

Jumlah gereja cabangnya telah mencapai 800-an di dalam negeri dan luar negeri, 6.000 kelompok COOL- Community of Love (sebelumnya dikenal dengan Family Altar ) dengan sekitar 250.000 anggota jemaat.

Salah satu gereja cabangnya yang terbesar adalah di Sentul, Bogor, sebuah gereja yang sangat megah.

GBI Gatot Subroto juga mempunyai sekolah Alkitab, yakni STT The Way Jakarta.

 

2. Gereja Tiberias Indonesia Jakarta (Anggota Jemaat: 200.000)

Gereja Tiberias Indonesia (GTI) Jakarta digembalakan oleh Pdt. Yesaya Pariadji, salah satu pendeta terkenal di Indonesia saat ini, sekalipun agak kontroversial.

Gereja Tiberias, selain gereja lokal, juga merupakan sinode gereja tersendiri, yakni GTI, yang juga dipimpin oleh Pdt. Yesaya Pariadji.

Gereja ini sebelumnya merupakan bagian dari sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI), dengan nama GBI Tiberias.

GTI mempunyai cabang di berbagai kota di Indonesia.

Jumlah anggota jemaat GTI saat ini sekitar 200.000 orang.

Gereja cabangnya yang terbesar salah satunya adalah di Balai Sarbini, Jakarta.

GTI juga mempunyai sebuah sekolah Alkitab, yakni STT Tiberias Jakarta.

 

3. Gereja Bethany Surabaya (Anggota Jemaat: 35.000)

Gereja Bethany Indonesia (GBI) Surabaya digembalakan oleh Pdt. Abraham Alex Tanuseputra, yang juga pendiri sinode gereja Bethany.

Gereja ini sebelumnya merupakan bagian dari sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI), dengan nama GBI Bethany.

Graha Bethany di Surabaya, dianggap sebagai gedung gereja terbesar di Asia Tenggara.

Jumlah anggota jemaat Gereja Bethany Surabaya saat ini sekitar 35.000 orang.

 

4. GBI Keluarga Allah Solo (Anggota Jemaat: 30.000)

GBI Keluarga Allah Solo, Jawa Tengah digembalakan oleh Pdt. Obaja Tanto Setiawan.

Gereja yang dirintis dari sebuah persekutuan doa beranggotakan 7 orang pada tahun 1989 tersebut, kini telah berkembang secara luar biasa dengan jemaat kurang lebih 30.000 orang dengan 20 gereja lokal yang tersebar di berbagai kota.

Sejak menerapkan sistem gereja sel, GBI Keluarga Allah mengadakan konferensi internasional setiap tahunnya yang diikuti oleh banyak gereja dari dalam da luar negeri seperti Jepang, Korea, Australia, Taiwan, Malaysia, Singapura, Hongkong, Srilanka.

Dan GBI Keluarga Alah, dan gembalanya, Pdt Obaja Tanto Setiawan, terutama dikenal karena menerapkan gereja sel.

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!