2 Hari Raya Yahudi Sekaligus Hari Raya Kristen

 

2. Hari Raya Pentakosta (Shavuot)

Hari Raya agama Yahudi sekaligus hari raya agama Kristen, yang kedua adalah Hari Raya Pentakosta.

“Kemudian kamu harus menghitung, mulai dari hari sesudah sabat itu, yaitu waktu kamu membawa berkas persembahan unjukan, harus ada genap tujuh minggu; sampai pada hari sesudah sabat yang ketujuh kamu harus hitung lima puluh hari; lalu kamu harus mempersembahkan korban sajian yang baru kepada TUHAN.(Imamat 23:15-16)

Hari Raya Pentakosta bagi agama Yahudi adalah hari raya untuk memperingati panen raya, khususnya gandum, yang tumbuh pada masa tersebut di Israel.

Nama asli hari raya ini di Perjanjian Lama adalah minggu-minggu (jamak) atau 7 minggu.

Maksudnya 7 minggu dihitung dari Hari Raya Buah Sulung (dan Paskah).

Jadi Hari Raya Pentakosta dirayakan 7 minggu setelah Hari Raya Buah Sulung dan Paskah.

Dalam bahasa Yunani, bahasa asli Perjanjian Baru, hari raya ini dikenal sebagai Pentakosta atau hari “kelima puluh” (=7 minggu).

Dalam perayaan Pentakosta, bangsa Israel harus membawa dua buah roti yang terbuat dari tepung gandum ke hadapan Tuhan sebagai korban sajian.

Juga tujuh ekor domba muda, seekor lembu muda, dan dua ekor domba jantan dewasa sebagai korban bakaran.

Selain itu, juga seekor kambing jantan sebagai korban penghapus dosa dan dua ekor domba muda sebagai korban keselamatan.

Pada hari raya ini, orang Israel juga tidak boleh melakukan pekerjaan berat dan tidak boleh menyabit habis ladang, harus ditinggalkan untuk orang-orang miskin (Imamat 23:17-22).

Hari Raya Pentakosta mempunyai kemiripan dengan Hari Raya Buah Sulung, yakni sama-sama hari raya panen.

Bedanya, dalam Hari Raya Buah Sulung yang dipersembahkan adalah berkas jelai, sedangkan dalam Hari Raya Pentakosta yang dipersembahkan adalah roti dari gandum.

Hari Raya Pentakosta diperingati pada tanggal 6 bulan ke-3 dalam kalender Israel atau bulan Mei-Juni pada kalender internasional.

Di Perjanjian Baru, hari raya ini dirayakan orang Yahudi ketika para murid Tuhan Yesus dipenuhi oleh Roh Kudus dan ada 3000 orang yang bertobat pada hari itu (Kisah Para Rasul 2).

Sehingga bagi orang Kristen, Hari Raya Pentakosta adalah hari raya Pencurahan Roh Kudus dan hari raya panen jiwa-jiwa.

 

Itulah 2 Hari Raya agama Yahudi sekaligus juga hari Raya agama Kristen.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Sukai Halaman” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

(Visited 14 times, 1 visits today)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!