Kapolri beragama Kristen hingga saat ini baru ada dua orang, satu orang sedang menjabat sebagai Kapolri, satu orang lagi sudah pensiun, bahkan sudah meninggal.

Kapolri beragama Kristen ini menjabat sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) pada masa Orde Baru dan pada masa reformasi/saat ini.

Baca juga: 3 Jenderal Kristen Yang Pernah Menjadi Kapolri

Meski Kapolri beragama Kristen hingga saat ini baru ada dua orang, namun sebenarnya ada tiga Jenderal Kristen yang pernah menjadi Kapolri.

Sebab hanya dua Kapolri beragama Kristen ketika menjabat, sedangkan satu kapolri lagi beragama Kristen setelah menjabat.

Baca juga: 20 Jenderal Polri Aktif Beragama Kristen

Artikel ini akan membahas dua Kapolri beragama Kristen.

Siapa sajakah mereka?

Berikut pembahasannya.

Advertisements
Ad 16
Advertisements Text

 

1. Jenderal (Purn) Widodo Budidarmo 

Kapolri beragama Kristen yang pertama adalah: Jenderal Polisi (Purn) Widodo Budidarmo.

Jenderal Polisi (Purn) Widodo Budidarmo lahir di Surabaya, Jawa Timur,  pada 1 September 1927.

Jenderal (Purn) Widodo Budidarmo adalah Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) ke-7, periode 1974-1978.

Sebelumnya, ia adalah Kepala Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya (Kapolda Metro Jaya), periode 1970-1974.

Kapolri beragama Kristen Jenderal (Purn) Widodo Budidarmo disebut oleh banyak orang sebagai Kapolri terbaik Indonesia hingga saat ini.

Salah satu “warisan” Jenderal (Purn) Widodo yang masih dipakai sampai saat ini adalah penerapan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

Samsat adalah penggabungan tiga instansi pemerintah, yakni Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan Jasa Raharja (asuransi) dalam satu atap, sehingga memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Kapolri beragama Kristen Jenderal (Purn) Widodo Budidarmo dikenal sebagai seorang jenderal yang tegas, berintegritas, dan tidak pandang bulu dalam menegakkan hukum.

Bahkan anaknya sendiri pun dia serahkan untuk diadili karena bersalah.

Jenderal Polisi (Purn) Widodo Budidarmo meninggal pada 5 Mei 2017 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. (Baca: 50 Jenderal Polri Terbaik Beragama Kristen)

 

Tinggalkan Balasan