Loading...

20 Pengkhotbah Terbaik Di Indonesia

Loading...

Artikel ini berisi tentang para pengkhotbah terbaik di Indonesia.

Tidak bisa dipungkiri bahwa khotbah memegang peranan yang sangat penting dalam ibadah Kristen. Khotbah adalah puncak ibadah gereja Kristen. Sebab khotbah adalah firman Tuhan kepada umatNya, yang disampaikanNya melalui hamba-hambaNya.

Itulah sebabnya peran para pengkhotbah sangat penting dalam setiap ibadah Kristen.

Baca juga: 100 Pendeta Paling Berpengaruh Di Indonesia

Ada banyak pendeta di Indonesia yang punya khotbah yang bagus. Mereka adalah para pengkhotbah terbaik di Indonesia, yang khotbah-khotbahnya telah memberkati banyak orang.

Mereka berkhotbah di berbagai gereja, persekutuan dan komunitas Kristen, serta di berbagai KKR-KKR (Kebaktian Kebangunan Rohani), baik di dalam maupun di luar negeri.

Baca juga: 17 Gereja Dengan Jumlah Jemaat Terbanyak Di Indonesia

Khotbah mereka juga disebarluaskan melalui kaset/CD, stasiun televisi, radio dan internet (Youtube).

Dari sekian banyak para pengkhotbah terbaik tersebut, di sini dicantumkan 20 di antaranya, yang terdiri dari berbagai denominasi dan aliran gereja.

Baca juga: 25 Gereja Terbesar Di Indonesia

Lalu siapa sajakah para pendeta Indonesia yang termasuk ke dalam 20 pengkhotbah terbaik di Indonesia saat ini?

Berikut daftarnya dan sedikit tentang profil mereka.

 

1. Jacob Nahuway

Pdt Jacob Nahuway adalah pendiri dan pendeta senior Gereja Bethel Indonesia (GBI) Mawar Saron Jakarta dengan 10.000 anggota gereja di lebih dari lima belas cabang gereja di seluruh Indonesia.

Pdt Jacob Nahuway dikenal sebagai salah satu pengkhotbah terbaik di Indonesia, yang telah berkhotbah di KKR-KKR di berbagai kota di Indonesia.

Ia telah melayani selama lebih dari 50 tahun, menulis buku, mendirikan sekolah

Kristen, Sekolah Alkitab, tabloid, dan pondok doa.

Dia juga berbicara dalam seminar di dalam dan luar negeri.

Jacob Nahuway pernah menjabat sebagai Ketua sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI) dan kini menjabat sebagai ketua Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia (PGPI).

 

 2. Stephen Tong

Pdt Stephen Tong adalah salah satu tokoh teologi Reformed terkemuka, mengadakan seminar-seminar di seluruh dunia secara teratur setiap tahun.

Pdt Stephen Tong juga sering berkhotbah di berbagai KKR.

Pdt. Stephen Tong selama 25 tahun mengajar teologi dan filosofi di Seminari Alkitab Asia Tenggara, Malang dan saat ini mengajar di Sekolah Tinggi Teologi Reformed Injili Indonesia (STTRII) Jakarta yang ia dirikan.

Ia telah menulis lebih dari 75 buku, juga telah mengarang banyak lagu gereja.

Seminar-seminarnya diadakan di berbagai kota di Indonesia dan di kota-kota mancanegara.

 

3. Erastus Sabdono

Pdt. Dr. Erastus Sabdono adalah Pendiri dan Gembala Sidang GBI Rehobot.

Ia  menjadi pembicara berbagai seminar rohani dan KKR di Indonesia dan luar negeri setiap bulannya, serta pengisi acara rohani Kristen di televisi dan radio.

Erastus Sabdono sudah menulis lebih dari 50 judul buku dan menggubah lebih dari 160 lagu.

Ia mengajar teologi dan etika Kristen di STT Bethel Indonesia. Sebelumnya ia pernah menjadi Ketua STT Bethel Indonesia pada 2005–2009.

Gereja tersebut berkembang menjadi Rehobot Ministry dan kini terdiri dari 8 wilayah gereja lokal dengan 9 tempat ibadah di Jakarta dan Bekasi dengan sekitar 12 ribu orang anggota jemaat.

Namun khotbah dan pengajarannya melalui berbagai media seperti televisi, radio, YouTube dan podcast sudah menjangkau ratusan ribu orang.

Lagu-lagunya diterbitkan dalam bentuk album melalui label Solagracia Record yang didirikannya pada 1997.

 

4. Gilbert Lumoindong

Pdt Gilbert Lumoindong  terkenal sebagai salah satu pembawa acara “Penyegaran Rohani Agama Kristen” di RCTI pada tahun 1992-1997.

Pdt Gilbert sempat menjadi ketua GO Studio Jakarta pada tahun 1993 sampai 1997, dan juga ia sempat menjadi jemaat di Gereja Tiberias Indonesia, sebelum akhirnya ia memisahkan diri dan mendirikan GL Ministry pada tahun 1998.

Saat ini ia masih aktif sebagai pengkhotbah baik di stasiun TV maupun radio dan memimpin sekitar 18.000 jemaat yang tergabung dalam GBI Glow Fellowship Centre.

 

5. Bambang Widjaja

Pdt Bambang Widjaja saat ini melayani sebagai gembala jemaat GKPB Bandung, dan rektor STT INTI Bandung.

Ia pernah menjabat sebagai ketua sinode GKPB dan ketua umum Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga Injili di Indonesia (PGLII).

Di samping itu ia juga melayani sebagai anggota Majelis Pertimbangan PGI, Pembina Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) dan Pembina Yayasan Penerjemah Alkitab Kartidaya.

Loading...
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!