11. Perbedaan Dalam Hal Letak Kapernaum

Dalam Injil Barnabas juga disebutkan bahwa Yesus “naik” ke Kapernaum, padahal menurut Kitab Injil Kristen Kapernaum terletak tepat di tepi Danau.

 

12. Perbedaan Dalam Hal Letak Yerusalem

Bukan hanya itu. Injil Barnabas juga secara salah menyebut bahwa Yesus naik kapal (dari Nazaret?) dan selanjutnya kita membaca bahwa Dia tiba di Yerusalem.

Yerusalem bukan di tepi pantai dalam kitab Injil Kristen.

 

13. Perbedaan Dalam Hal Masa Pemerintahan Pilatus

Menurut Injil Barnabas, Yesus lahir ketika Pilatus menjadi gubernur, padahal sebenarnya dia baru menjadi gubernur antara tahun 26 dan 27 M, saat Yesus diadili.

Sejarah dan keempat Injil Keisten mencatat hal ini.

 

14. Perbedaan Dalam Hal Jumlah Orang Majus

Menurut Injil Barnabas, ada tiga orang Majus atau orang bijak yang datang dari Timur.

Sebenarnya Perjanjian Baru tidak menyebutkan jumlahnya, tetapi memberikan daftar tiga pemberian yang dibawa oleh orang Majus, yaitu emas, mur, dan kemenyan.

Hal ini kemudian memunculkan anggapan bahwa ada tiga orang bijak dari Timur. Tetapi kepercayaan ini tentu saja tidak berasal dari Injil Kristen tetapi dari tradisi.

 

15. Perbedaan Dalam Hal Kerasulan Barnabas

Menurut Injil Barnabas, “Barnabas” yang diklaim sebagai penulis injil Barnabas, adalah Rasul. Ini tidak sepenuhnya benar.

Meskipun Barnabas disebut sebagai Rasul (Kisah Para Rasul 14:4,14), Injil Barnabas konsepnya cukup berbeda.

Pertobatan Barnabas terjadi setelah Hari Pentakosta dan akibatnya dia tidak memenuhi syarat untuk kerasulan sebagaimana diuraikan dalam Kisah Para Rasul 1:21-22 (dan mengingat I Korintus 15:8, 9:1-2, 1:1, Roma 1:1 dst.).

 

16. Perbedaan Dalam Hal Penyembahan Terhadap Yesus

Injil Barnabas menulis, “Yesus mendekat kepada Imam (Imam Besar) dengan hormat, tetapi dia berharap untuk membungkuk dan menyembah Yesus, ketika Yesus berseru: ‘Waspadalah terhadap apa yang engkau lakukan, Imam dari Allah yang Hidup! Jangan berbuat dosa terhadap Allah kita!”

Kitab Injil Kristen tidak mencatat peristiwa ini.

Lagipula dalam Kitab Injil Kristen, Yesus tidak menolak penyembahan orang-orang terhadapNya, karena memang Dia adalah Tuhan.

Advertisements
Ad 16
Advertisements Text

 

17. Perbedaan Dalam Hal Nenek Moyang Mesias

Dalam Injil Barnabas dicatat, “Kitab Musa yang sebenarnya … (itu) tertulis bahwa Ismail adalah bapa dari Mesias, dan Ishak adalah bapa dari utusan Mesias”

Jelas hal ini bertentangan dengan seluruh Alkitab dan kitab Injil Kristen. Karena nenek moyang Mesias adalah Ishak, bukan Ismail.

 

18. Perbedaan Dalam Hal Waktu Doa Yesus

Dalam Injil Barnabas dicatat bahwa Yesus berdoa lima kali sehari dan semua waktu sholat Muslim disebutkan.

Keempat kitab Injil tidak menyebut demikian. Keempat kitab Injil hanya mencatat doa-doa Yesus, kalaupun waktunya dicatat, waktunya adalah pagi hari dan malam hari.

 

19. Perbedaan Dalam Hal Kitab Yang Diterima Yesus

Konsep Islam tentang “Kitab” ditemukan dalam Injil Barnabas, di mana kita membaca bahwa malaikat Jibril memberikan kepada Yesus sebuah buku, seperti cermin bersinar yang turun ke dalam hati Yesus.

Ini sangat sesuai dengan Al Quran Sura 5:49 dan 2:97.

Kitab-kitab Injil Kristen tidak mencatat hal itu.

 

20. Perbedaan Dalam Hal Ajaran Yesus Tentang Dosa, Hukuman, dan Neraka

Injil Barnabas mengutip Yesus yang berkata kepada Petrus: “Karena itu ketahuilah, bahwa neraka itu satu, namun memiliki tujuh pusat satu di bawah yang lain. Oleh karena itu, sama seperti dosa terdiri dari tujuh jenis, karena seperti tujuh gerbang neraka yang Setan buat: Demikian juga tujuh hukuman di dalamnya.”

Keempat Injil tidak mencatat bahwa Yesus pernah mengajarkan hal seperti itu.

 

Itulah 20 Perbedaan utama Injil Barnabas dengan keempat Injil Kristen, yang perlu kita ketahui.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Balasan