20 Rasul Di Alkitab Dan Kisah Mereka

 

11. Simon Orang Zelot

Simon orang Zelot kemungkinan besar adalah mantan anggota kelompok orang Zelot, suatu golongan orang Yahudi yang berusaha melawan penjajahan Romawi dengan cara peperangan.

Nikephorus dari Konstantinopel (758-828 Masehi), seorang penulis dan rohaniwan Kristen, menulis,

“Simon, yang lahir di Kana, Galilea, yang juga disebut orang Zelot, setelah menerima Roh Kudus dari Surga, mengadakan perjalanan ke Mesir dan Afrika, lalu Mauritania dan Libia, untuk memberitakan Injil.

Dan ajaran yang sama dia ajarkan juga di seputar Samudera Atlantik dan kepulauan yang dikenal sebagai Britania.”

 

12. Yudas Iskariot

Seluruh Injil serta Kisah Para Rasul menempatkan nama Yudas Iskariot di urutan terakhir dari daftar murid-murid Tuhan Yesus.

Tidak diragukan lagi, ini mencerminkan reputasi buruk Yudas Iskariot sebagai pengkhianat Gurunya.

Lagipula, namanya biasanya disertai keterangan dengan kesan buruk, seperti: “Yang mengkhianati Dia” atau “Yang kemudian menjadi pengkhianat”.

Yudas Iskariot bertugas sebagai bendahara para rasul. Tetapi Yudas biasa mencuri uang dari kas yang dipegangnya (Baca: 10 Tokoh Alkitab Yang Tidak Jujur)

Setelah Tuhan Yesus dijatuhi hukuman mati, maka Yudas pun menyesal atas perbuatannya menjual Gurunya, dan ia mengembalikan uang penjualanNya kepada imam-imam kepala dan tua-tua Yahudi.

Lalu Yudas pun bunuh diri (Matius 27:3-10). (Baca: 7 Tokoh Alkitab Yang Mati Bunuh Diri)

Menurut sebuah cerita, ia menggantung diri di sebuah pohon yang kuncupnya merah janbu, yang kemudian disebut “pohon Yudas”.

Menurut Agustinus (354-430 Masehi), seorang bapa gereja terkemuka, tali yang dipakai Yudas gantung diri putus, lalu ia terjatuh dan mati.

Hal ini cocok dengan kematian Yudas yang jatuh tertelungkup, lalu perutnya terbelah dan semua isi perutnya tertumpah keluar (Kisah Para Rasul 1:18-19).

 

13. Yakobus Saudara Tuhan Yesus

Yakobus saudara Tuhan Yesus juga merupakan seorang rasul (Galatia 1:19).

Yakobus beserta saudara-saudaraNya yang lain tidak percaya kepada Tuhan Yesus sebelum kebangkitanNya (Markus 3:21; Yohanes 7:3-5).

Barulah setelah kebangkitanNya, Tuhan Yesus menampakkan diri kepada Yakobus.

Penampakan ini rupanya bukan hanya membuat Yakobus menjadi percaya kepadaNya sebagai Mesias dan Tuhan, tetapi juga menjadikannya seorang rasul (1 Korintus 15:7).

Bersama Kefas (Petrus) dan Yohanes, Yakobus merupakan sokoguru jemaat Yerusalem (Galatia 2:9), bahkan pemimpin utama di gereja tersebut (Kisah Para Rasul 15:13).

Tradisi gereja juga mengatakan bahwa pemimpin utama gereja Yerusalem adalah Yakobus saudara Yesus, bukan Petrus.

Ia memimpin gereja tersebut salama 30 tahun hingga ia mati martir sekitar tahun 62 Masehi.

Yakobus inilah yang menulis Kitab Yakobus, salah satu dari 66 kitab dari Alkitab. (Baca: 7 Anggota Keluarga Yesus Yang Aktif Dalam Pelayanan)

 

14. Matias

Ketika Yudas Iskariot sudah mati, maka jumlah rasul sekaligus pemimpin gereja mula-mula menjadi berkurang.

Karena itu rasul Petrus berkata agar satu orang dari antara murid-murid Yesus dipilih sebagai rasul untuk menggantikan posisi Yudas Iskariot.

Maka diusulkanlah dua nama, yakni Yusuf Barsabas atau Yustus dan Matias.

Kemudian para rasul dan jemaat berdoa kepada Tuhan Yesus agar Dia memilih siapa yang dikehendakiNya.

Lalu mereka membuang undi dan yang kena undi adalah Matias.

Matias pun resmi terpilih sebagai rasul menggantikan Yudas Iskariot (Kisah Para Rasul 1:15-26).

Yang memilih Matias menggantikan Yudas Iskariot sebagai rasul bukanlah para rasul dan jemaat, tetapi Tuhan Yesus sendiri.

Sebab mereka membuang undi hanya untuk mengetahui siapa yang “telah dipih” Tuhan Yesus.

Menurut sejarawan gereja mula-mula, Eusebius (260-340 Masehi), Matias termasuk salah seorang dari 70 murid Tuhan Yesus (Lukas 10:1).

Tradisi gereja menyebut ia mati martir dengan dilempari batu oleh orang-orang Yahudi.

 

15. Paulus

Rasul Paulus adalah tokoh besar Perjanjian Baru. Hampir separoh kitab-kitab Perjanjian Baru (dari Kitab Roma hingga Kitab Filemon) merupakan tulisan Paulus.

Ia adalah seorang rasul Tuhan Yesus (Galatia 1:1) yang memberitakan Injil ke banyak bangsa dan mendirikan banyak gereja di mana-mana.

Paulus lahir di Tarsus, wilayah Yunani, tetapi dibesarkan di Yerusalem, Israel.

Sebelum bertobat, ia bernama Saulus, dan ia adalah seorang penganut agama Yahudi yang sangat fanatik serta telah membunuh dan menganiaya banyak orang Kristen.

Ketika sedang dalam perjalanan ke Damsyik, Siria, untuk menganiaya dan membunuh orang Kristen, maka Saulus pun bertobat setelah Yesus menampakkan diri kepadanya (Kisah Para Rasul 9:1-9).

Seperti halnya Yakobus saudara Tuhan Yesus, penampakan diri Tuhan Yesus kepada Saulus (Paulus) ternyata bukan hanya membuatnya bertobat dan percaya kepadaNya, tetapi juga menjadikannya sebagai rasul.

Tuhan Yesus memanggilnya sebagai rasulNya, khususnya kepada bangsa-bangsa lain di luar Israel.

Menurut tradisi gereja, rasul Paulus mati martir di Roma pada masa pemerintahan kaisar Nero, bersama dengan rasul Petrus. (Baca: 7 Fakta Penting Tentang Rasul Paulus Di Alkitab)

 

16. Barnabas

Rasul lainnya di Alkitab adalah Barnabas (Kisah Para Rasul  13:43).

Barnabas adalah salah satu anggota jemaat di gereja Yerusalem.

Ia seorang yang kaya namun murah hati.

Ia termasuk anggota jemaat yang menjual hartanya dan memberikannya kepada para rasul untuk dijual dan dibagi-bagikan kepada jemaat (Kisah Para Rasul 4:36-37).

Barnabas berperan penting dalam “karier” pelayanan rasul Paulus.

Ketika jemaat di Yerusalem menolak Paulus dan mencurigai pertobatannya, Barnabas menerimanya dan membawanya kepada rasul-rasul (Kisah Para Rasul 9:26-27).

Kemudian, ketika Barnabas diutus ke gereja Antiokhia yang baru berdiri, Barnabas menjemput Paulus ke kampung halamannya di Tarsus, dan membawanya bersamanya ke Antiokhia (Kisah Para Rasul 11:22-26).

Barnabas dan Paulus kemudian menjadi pemimpin gereja Antiokhia.

Lalu Roh Kudus memilih mereka berdua untuk memberitakan Injil (Kisah Para Rasul 13:1-3), hingga mereka berselisih paham lalu berpisah (lihat poin 17 di bawah).

Tradisi gereja memasukkan nama Barnabas ke dalam 70 murid Tuhan Yesus dan ia mati sebagai martir.

 

17. Silas

Rasul selanjutnya yang disebut di Alkitab adalah Silas (Kisah Para Rasul 16:38-39).

Silas pertama kali muncul di Alkitab tatkala ia bersama Yudas dipilih sebagai utusan para rasul dan penatua yang bersidang di Yerusalem tentang sunat.

Mereka diutus ke gereja di Antiokhia dan gereja-gereja di tempat lainnya untuk menyampaikan hasil sidang tersebut, yakni bahwa bangsa-bangsa lain di luar Israel tidak perlu disunat untuk bisa diselamatkan (Kisah Para Rasul 15:22).

Ketika Paulus dan Barnabas berselisih paham dalam pelayanan karena Markus, maka Paulus memilih Silas bersamanya dalam pemberitaan Injil.

Sedangkan Barnabas tetap bersama Markus (Kisah Para Rasul 15:36-41).

Hampir pasti bahwa Silwanus (1 Tesalonika 1:1) dan Silas adalah orang yang sama.

Menurut tradisi gereja, Silas adalah salah satu dari 70 murid Tuhan Yesus.

 

18. Andronikus

Andronikus juga seorang rasul menurut Roma 16:7.

Rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di kota Roma menyebut Andronikus bersama Yunias (lihat poin 19 di bawah) sebagai orang-orang yang terpandang di antara para rasul.

Arti “yang terpandang di antara para rasul” bukan hanya sekedar bahwa mereka terkenal di antara para rasul, atau diakui oleh para rasul, melainkan bagian dari para rasul itu sendiri.

Dengan kata lain, Andronikus (dan Yunias) adalah rasul.

Paulus menyebut Andronikus (dan Yunias) sebagai saudara-saudara sebangsanya, artinya sesama orang Yahudi.

Karena nama mereka berdua adalah kata Yunani, bukan Ibrani, maka mereka adalah orang Kristen Hellenis (orang Yahudi diaspora yang berbahasa Yunani), seperti para diaken di Yerusalem (Kisah Para Rasul 6:5).

Paulus juga mengatakan bahwa mereka adalah teman sepenjaranya, namun tidak dijelaskan di mana mereka sama-sama dipenjara.

Tetapi pastilah Andronikus (dan Yunias) dipenjara karena memberitakan Injil, seperti halnya Paulus.

Paulus juga mengatakan bahwa Andronikus (dan Yunias) telah menjadi Kristen sebelum dia.

Boleh jadi Andronikus (dan Yunias) sudah menjadi Kristen sebelum Tuhan Yesus disalibkan, ataupun ketika Petrus berkhotbah dan 3000 orang bertobat.

Hal ini berarti bahwa mereka sudah menjadi Kristen selama 25-30 tahun sebelum Paulus bertobat!

Dalam tradisi gereja, Andronikus termasuk ke dalam 70 murid Tuhan Yesus dan ia mati martir.

 

19. Yunias

Seperti telah disebut di atas, Yunias (bersama Andronikus) disebut sebagai rasul oleh rasul Paulus.

Ia merupakan sesama Yahudi dengan Paulus, teman sepenjara Paulus, dan telah menjadi Kristen sebelum Paulus (Roma 16:7).

Tradisi gereja menyebut bahwa Yunias, bersama Andronikus, memberitakan Injil di Pannonia (sekarang masuk wilayah beberapa negara Eropa) dengan mujizat dan kesembuhan, sehingga banyak orang yang dibawa kepada Kristus.

 

20. Tuhan Yesus

Rasul terakhir yang disebut di Alkitab adalah Tuhan Yesus sendiri (Ibrani 3:1).

Tentu saja karena Dia juga merupakan Utusan Allah ke dunia, Utusan terakhir setelah para nabi Perjanjian Lama dan yang lebih besar dari mereka semua (Ibrani 1:1-3).

Inilah satu-satunya ayat Alkitab yang menyebut Yesus sebagai rasul.

Karena itu rasul bukanlah gelar Yesus yang populer di Alkitab, bukan salah satu dari 10 Gelar Yesus Terpopuler Di Alkitab

 

Itulah 20 rasul yang disebut di Alkitab Perjanjian Baru dan kisah hidup mereka.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!