20 Sekolah Alkitab Terbaik Di Indonesia

 

Artikel ini membahas tentang sekolah Alkitab terbaik di Indonesia.

Sekolah Alkitab atau sekolah teologi adalah perguruan tinggi Kristen yang mencetak para pendeta, penginjil, guru agama, dosen teologi, dan para teolog.

Saat ini ada ratusan sekolah Alkitab di Indonesia, baik yang sudah terakreditasi di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sebagai bukti bahwa sekolah tersebut punya kualitas yang diakui, maupun yang tidak/belum terakreditasi.

Kehadiran sebuah sekolah Alkitab bagi gereja Tuhan tentu sangat dibutuhkan, khususnya pada masa sekarang, di mana berbagai ajaran marak ditemukan. Belum lagi masalah-masalah kehidupan yang semakin kompleks membutuhkan jawaban yang kontekstual dan realistis tanpa mengabaikan firman Tuhan.

Baca juga: 20 Universitas Kristen Terbaik Di Indonesia

Nah, dari sekian banyak sekolah Alkitab yang tergolong bagus di Indonesia, di sini akan didaftarkan 20 di antaranya. Kedua puluh sekolah Alkitab ini adalah yang dianggap terbaik dari seluruh sekolah Alkitab yang ada di Indonesia saat ini.

Kriterianya antara lain adalah: gedung perkuliahan yang bagus dan milik sendiri (bukan sewa), kualifikasi dosen yang mengajar (pendidikan, pengalaman, karya tulis), perpustakaan yang memadai, jumlah alumni yang berkualifikasi (dikenal karena kualitas pribadi dan karyanya), dan lain sebagainya.

Baca juga: 7 Perguruan Tinggi Kristen Negeri Di Indonesia

Namun perlu ditekankan di sini bahwa daftar ini adalah menurut penilaian saya sendiri. Hal ini berdasarkan pengamatan saya pribadi (beberapa dari sekolah tersebut pernah saya kunjungi), informasi di internet, penilaian banyak orang, serta pengalaman saya sendiri dalam berinteraksi dengan beberapa dosen atau alumni dari sekolah-sekolah tersebut.

Kendati demikian, saya berusaha mencoba membuat daftar ini seobjektif mungkin.

 

Berikut 20 sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini dan sedikit penjelasan tentangnya.

 

1. STT Jakarta

Sekolah Tinggi Teologi Jakarta (STT Jakarta) boleh dikatakan merupakan sekolah teologi/sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini. Seperti namanya, sekolah ini terletak di kota Jakarta.

STT Jakarta adalah salah satu perguruan tinggi teologi tertua di Indonesia. STT Jakarta didirikan pada tahun 1934, saat itu bernama Hoogere Theologische School (HTS) dan berlokasi di Bogor, sebelum pindah ke Jakarta pada tahun 1936.

Boleh dikatakan sebagian besar teolog Indonesia, pimpinan PGI, para penerjemah Alkitab di LAI, merupakan alumni STT ini.  Sebut saja Eka Darmaputera, J.L.Ch. Abineno, S.A.E. Nababan, Sularso Sopater, Natan Setiabudi, A.A.Yewangoe, dan lain sebagainya. Hal ini cukup wajar, mengingat STT ini salh satu perguruan teologi tertua di Indonesia (tentu selain karena mutunya yang baik).

Dosen senior yang hingga kini masih mengajar di STT ini adalah Prof. Dr. Jan Aritonang (mantan Rektor/Ketua) yang dikenal sebagai pakar sejarah gereja di Indonesia.

Sebagian besar tenaga dosen STT Jakarta saat ini merupakan lulusan dari sekolah-sekolah Alkitab terbaik di luar negeri, seperti Amerika Serikat dan Belanda.

STT Jakarta mempunyai program S1 hingga S3. Dan yang luar biasanya, semua program tersebut mendapat nilai akreditasi A. Hal ini menjadikannya sebagai satu-satunya sekolah teologi di Indonesia yang mendapat nilai seperti itu. Tidak heran, STT ini menjadi perguruan teologi favorit bagi banyak orang di Indonesia, termasuk para dosen teologi.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.sttjakarta.ac.id

 

2. Fakultas Teologi Universitas Duta Wacana Yogyakarta

STT Duta Wacana Yogyakarta merupakan salah satu sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini.

STT ini didirikan pada tahun 1962 sebagai hasil penggabungan dari dua sekolah teologi, yaitu Akademi Theologia Yogyakarta dan Sekolah Theologia Bale Wiyata Malang. Ketika Duta Wacana menjadi Universitas pada tahun 1985, STT Duta Wacana menjadi salah satu Fakultas dari Universitas tersebut.

Saat ini, Fakultas Teologi tetap merupakan bagian yang penting dari Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) dan tetap melanjutkan perannya sebagai lembaga pendidikan teologi yang terkemuka di Indonesia. UKDW didukung oleh 12 Sinode Gereja Protestan dan bekerjasama dengan banyak gereja lain dari berbagai denominasi.

Kualitas STT ini tidak diragukan lagi. Salah satu program studi doktoralnya (Ph.D bidang studi perbandingan agama) bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM), salah satu universitas terbaik di Indonesia.

STT ini juga banyak menghasilkan teolog terkenal di Indonesia, seperti Harun Hadiwijono dan R. Soedarmo, keduanya dikenal sebagai pakar dogmatika.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.ukdw.ac.id

 

3. STT HKBP Pematangsiantar

Sekolah Alkitab terbaik di Indonesia berikutnya adalah STT HKBP Pematangsiantar, Sumatera Utara. STT HKBP awalnya merupakan Fakultas Teologi Universitas HKBP Nommensen. Kemudian pada 12 April 1978, STT HKBP memisahkan diri dari Universitas tersebut.

Seperti namanya, STT ini adalah milik HKBP, sinode gereja terbesar di Indonesia. Namun demikian, mahasiswanya ini berasal dari berbagai gereja.

Para alumni STT ini dan dosen yang pernah mengajar di situ, banyak yang cukup dikenal. Antara lain, Dr. A.A. Sitompul dan Dr. S.M. Siahaan, yang dikenal sebagai para pakar Perjanjian Lama. Dulu banyak juga dosennya yang berasal dari luar negeri, khususnya Jerman. Dan beberapa dosen tersebut kemudian mengajar di STT Jakarta, seperti David L. Baker yang berasal dari Inggris.

Dosen sekarang yang mengajar di STT ini banyak juga lulusan luar negeri, khususnya Jerman.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.stthkbp.ac.id

 

4. STT Cipanas

Sekolah Alkitab lain yang termasuk terbaik di Indonesia adalah STT Cipanas. Seperti namanya, STT ini beralamat di Cipanas, Jawa Barat.

STT Cipanas didirikan pada tanggal 20 Februari 1967 atas prakarsa Pdt. Paulus Kurniawan dari Gereja Kristus Ketapang. Saat ini STT Cipanas dikelola oleh Yayasan Pendidikan Teologi Gereja Kristus Ketapang.

Beberapa dosen terkemuka yang pernah mengajar di STT ini antara lain adalah Armand Barus, Eddy Paimoen, dan Yonky Karman, yang kini mengajar di STT Jakarta. STT ini tampaknya punya kerjasama yang baik dengan STT Jakarta. Dosen-dosen yang mengajar di sini banyak juga dulu yang mengajar di STT Jakarta.

Sebagian besar dosen pengajar di kampus ini merupakan lulusan luar negeri, atau pernah bersekolah di luar negeri.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.sttcipanas.ac.id

 

5. Fakultas Teologi Universitas Satyawacana Salatiga

Fakultas Teologi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Jawa Tengah, adalah salah satu sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini.

UKSW merupakan salah satu universitas swasta tertua dan terbaik di Indonesia. “Satya Wacana” berasal dari bahasa Sanskerta, yang berarti “Setia kepada Sabda/FirmanTuhan”.

Kampus ini berawal dari Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Kristen Indonesia, yang berdiri pada 30 November 1956 dipelopori oleh DR. Oeripan Notohamidjojo, SH. Pada tahun 1959 berubah nama menjadi FKIP Kristen Indonesia Satya Wacana. Kemudian pada tanggal 5 Desember 1959 menjadi Universitas Kristen Satya Wacana.

Universitas Kristen Satya Wacana, termasuk Fakultas Teologinya,  didukung oleh 18 Sinode Gereja di Indonesia.

Salah satu dosen senior yang mengajar di kampus ini adalah Prof. Dr. John Titaley, seorang ahli pendidikan Kristen.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.uksw.edu

 

6. STTII Yogyakarta

Sekolah Alkitab lainnya yang termasuk terbaik di Indonesia saat ini adalah STTII Yogyakarta.

STT Injili Indonesia (STTII) Yogyakarta didirikan pada 1 Agustus 1979 oleh seorang hamba Tuhan asal Maluku, Pdt. Christ Marantika, Th.D., D.D. Pdt. Christ Marantika merupakan alumni Dallas Theological Seminary, Texas (salah satu sekolah Alkitab terbaik di Amerika Serikat).

Tenaga dosen yang mengajar di kampus ini masih terdapat beberapa dari luar negeri, khususnya Amerika Serikat.

STT ini dikenal bagus dalam bidang Teologi Biblika, termasuk penguasaan bahasa-bahasa asli Alkitab (Ibrani dan Yunani). Selain itu, para alumni kampus ini banyak yang mendirikan sekolah teologi atau menjadi dosen teologi di berbagai sekolah Alkitab di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.sttiijogjakarta.com

37 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!