20 Sekolah Alkitab Terbaik Di Indonesia

 

Artikel ini membahas tentang sekolah Alkitab terbaik di Indonesia.

Sekolah Alkitab atau sekolah teologi adalah perguruan tinggi Kristen yang mencetak para pendeta, penginjil, guru agama, dosen teologi, dan para teolog.

Saat ini ada ratusan sekolah Alkitab di Indonesia, baik yang sudah terakreditasi di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sebagai bukti bahwa sekolah tersebut punya kualitas yang diakui, maupun yang tidak/belum terakreditasi.

Kehadiran sebuah sekolah Alkitab bagi gereja Tuhan tentu sangat dibutuhkan, khususnya pada masa sekarang, di mana berbagai ajaran marak ditemukan. Belum lagi masalah-masalah kehidupan yang semakin kompleks membutuhkan jawaban yang kontekstual dan realistis tanpa mengabaikan firman Tuhan.

Baca juga: 20 Universitas Kristen Terbaik Di Indonesia

Nah, dari sekian banyak sekolah Alkitab yang tergolong bagus di Indonesia, di sini akan didaftarkan 20 di antaranya. Kedua puluh sekolah Alkitab ini adalah yang dianggap terbaik dari seluruh sekolah Alkitab yang ada di Indonesia saat ini.

Kriterianya antara lain adalah: gedung perkuliahan yang bagus dan milik sendiri (bukan sewa), kualifikasi dosen yang mengajar (pendidikan, pengalaman, karya tulis), perpustakaan yang memadai, jumlah alumni yang berkualifikasi (dikenal karena kualitas pribadi dan karyanya), dan lain sebagainya.

Baca juga: 7 Perguruan Tinggi Kristen Negeri Di Indonesia

Namun perlu ditekankan di sini bahwa daftar ini adalah menurut penilaian saya sendiri. Hal ini berdasarkan pengamatan saya pribadi (beberapa dari sekolah tersebut pernah saya kunjungi), informasi di internet, penilaian banyak orang, serta pengalaman saya sendiri dalam berinteraksi dengan beberapa dosen atau alumni dari sekolah-sekolah tersebut.

Kendati demikian, saya berusaha mencoba membuat daftar ini seobjektif mungkin.

 

Berikut 20 sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini dan sedikit penjelasan tentangnya.

 

1. STT Jakarta

Sekolah Tinggi Teologi Jakarta (STT Jakarta) boleh dikatakan merupakan sekolah teologi/sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini. Seperti namanya, sekolah ini terletak di kota Jakarta.

STT Jakarta adalah salah satu perguruan tinggi teologi tertua di Indonesia. STT Jakarta didirikan pada tahun 1934, saat itu bernama Hoogere Theologische School (HTS) dan berlokasi di Bogor, sebelum pindah ke Jakarta pada tahun 1936.

Boleh dikatakan sebagian besar teolog Indonesia, pimpinan PGI, para penerjemah Alkitab di LAI, merupakan alumni STT ini.  Sebut saja Eka Darmaputera, J.L.Ch. Abineno, S.A.E. Nababan, Sularso Sopater, Natan Setiabudi, A.A.Yewangoe, dan lain sebagainya. Hal ini cukup wajar, mengingat STT ini salh satu perguruan teologi tertua di Indonesia (tentu selain karena mutunya yang baik).

Dosen senior yang hingga kini masih mengajar di STT ini adalah Prof. Dr. Jan Aritonang (mantan Rektor/Ketua) yang dikenal sebagai pakar sejarah gereja di Indonesia.

Sebagian besar tenaga dosen STT Jakarta saat ini merupakan lulusan dari sekolah-sekolah Alkitab terbaik di luar negeri, seperti Amerika Serikat dan Belanda.

STT Jakarta mempunyai program S1 hingga S3. Dan yang luar biasanya, semua program tersebut mendapat nilai akreditasi A. Hal ini menjadikannya sebagai satu-satunya sekolah teologi di Indonesia yang mendapat nilai seperti itu. Tidak heran, STT ini menjadi perguruan teologi favorit bagi banyak orang di Indonesia, termasuk para dosen teologi.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.sttjakarta.ac.id

 

2. Fakultas Teologi Universitas Duta Wacana Yogyakarta

STT Duta Wacana Yogyakarta merupakan salah satu sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini.

STT ini didirikan pada tahun 1962 sebagai hasil penggabungan dari dua sekolah teologi, yaitu Akademi Theologia Yogyakarta dan Sekolah Theologia Bale Wiyata Malang. Ketika Duta Wacana menjadi Universitas pada tahun 1985, STT Duta Wacana menjadi salah satu Fakultas dari Universitas tersebut.

Saat ini, Fakultas Teologi tetap merupakan bagian yang penting dari Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) dan tetap melanjutkan perannya sebagai lembaga pendidikan teologi yang terkemuka di Indonesia. UKDW didukung oleh 12 Sinode Gereja Protestan dan bekerjasama dengan banyak gereja lain dari berbagai denominasi.

Kualitas STT ini tidak diragukan lagi. Salah satu program studi doktoralnya (Ph.D bidang studi perbandingan agama) bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM), salah satu universitas terbaik di Indonesia.

STT ini juga banyak menghasilkan teolog terkenal di Indonesia, seperti Harun Hadiwijono dan R. Soedarmo, keduanya dikenal sebagai pakar dogmatika.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.ukdw.ac.id

 

3. STT HKBP Pematangsiantar

Sekolah Alkitab terbaik di Indonesia berikutnya adalah STT HKBP Pematangsiantar, Sumatera Utara. STT HKBP awalnya merupakan Fakultas Teologi Universitas HKBP Nommensen. Kemudian pada 12 April 1978, STT HKBP memisahkan diri dari Universitas tersebut.

Seperti namanya, STT ini adalah milik HKBP, sinode gereja terbesar di Indonesia. Namun demikian, mahasiswanya ini berasal dari berbagai gereja.

Para alumni STT ini dan dosen yang pernah mengajar di situ, banyak yang cukup dikenal. Antara lain, Dr. A.A. Sitompul dan Dr. S.M. Siahaan, yang dikenal sebagai para pakar Perjanjian Lama. Dulu banyak juga dosennya yang berasal dari luar negeri, khususnya Jerman. Dan beberapa dosen tersebut kemudian mengajar di STT Jakarta, seperti David L. Baker yang berasal dari Inggris.

Dosen sekarang yang mengajar di STT ini banyak juga lulusan luar negeri, khususnya Jerman.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.stthkbp.ac.id

 

4. STT Cipanas

Sekolah Alkitab lain yang termasuk terbaik di Indonesia adalah STT Cipanas. Seperti namanya, STT ini beralamat di Cipanas, Jawa Barat.

STT Cipanas didirikan pada tanggal 20 Februari 1967 atas prakarsa Pdt. Paulus Kurniawan dari Gereja Kristus Ketapang. Saat ini STT Cipanas dikelola oleh Yayasan Pendidikan Teologi Gereja Kristus Ketapang.

Beberapa dosen terkemuka yang pernah mengajar di STT ini antara lain adalah Armand Barus, Eddy Paimoen, dan Yonky Karman, yang kini mengajar di STT Jakarta. STT ini tampaknya punya kerjasama yang baik dengan STT Jakarta. Dosen-dosen yang mengajar di sini banyak juga dulu yang mengajar di STT Jakarta.

Sebagian besar dosen pengajar di kampus ini merupakan lulusan luar negeri, atau pernah bersekolah di luar negeri.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.sttcipanas.ac.id

 

5. Fakultas Teologi Universitas Satyawacana Salatiga

Fakultas Teologi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Jawa Tengah, adalah salah satu sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini.

UKSW merupakan salah satu universitas swasta tertua dan terbaik di Indonesia. “Satya Wacana” berasal dari bahasa Sanskerta, yang berarti “Setia kepada Sabda/FirmanTuhan”.

Kampus ini berawal dari Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Kristen Indonesia, yang berdiri pada 30 November 1956 dipelopori oleh DR. Oeripan Notohamidjojo, SH. Pada tahun 1959 berubah nama menjadi FKIP Kristen Indonesia Satya Wacana. Kemudian pada tanggal 5 Desember 1959 menjadi Universitas Kristen Satya Wacana.

Universitas Kristen Satya Wacana, termasuk Fakultas Teologinya,  didukung oleh 18 Sinode Gereja di Indonesia.

Salah satu dosen senior yang mengajar di kampus ini adalah Prof. Dr. John Titaley, seorang ahli pendidikan Kristen.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.uksw.edu

 

6. STTII Yogyakarta

Sekolah Alkitab lainnya yang termasuk terbaik di Indonesia saat ini adalah STTII Yogyakarta.

STT Injili Indonesia (STTII) Yogyakarta didirikan pada 1 Agustus 1979 oleh seorang hamba Tuhan asal Maluku, Pdt. Christ Marantika, Th.D., D.D. Pdt. Christ Marantika merupakan alumni Dallas Theological Seminary, Texas (salah satu sekolah Alkitab terbaik di Amerika Serikat).

Tenaga dosen yang mengajar di kampus ini masih terdapat beberapa dari luar negeri, khususnya Amerika Serikat.

STT ini dikenal bagus dalam bidang Teologi Biblika, termasuk penguasaan bahasa-bahasa asli Alkitab (Ibrani dan Yunani). Selain itu, para alumni kampus ini banyak yang mendirikan sekolah teologi atau menjadi dosen teologi di berbagai sekolah Alkitab di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.sttiijogjakarta.com

 

7. STT Baptis Semarang

Seminari Teologi Baptis Indonesia (STBI) atau STT Baptis Semarang, merupakan salah satu sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini.

Secara historis, STBI didirikan oleh Misi Baptis Indonesia dari Foreign Mission Board of The Southern Baptist Convention pada 11 Oktober 1954, kurang dari tiga tahun semenjak mereka masuk Indonesia.

Hingga usianya yang ke-54 tahun, STBI telah meluluskan 1129 orang mahasiswa. Mereka melayani Tuhan di berbagai denominasi gereja di Indonesia, bahkan di Amerika Serikat dan Australia sebagai gembala sidang, pemimpin denominasi, penginjil, dosen, dan ketua STT.

Program S1, S2, dan S3 di STT ini telah terakreditasi oleh BAN-PT. Program doktoralnya saat ini merupakan salah satu program doktor teologi yang terbaik di Indonesia.

Beberapa tenaga dosen di STT ini berasal dari luar negeri, khususnya Amerika Serikat.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.seminaribaptis.com

 

8. STT Tiranus Bandung

STT Tiranus Bandung merupakan salah satu sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini.

STT ini didirikan oleh Prof. Dr. Stanley Heath, seorang hamba Tuhan asal Amerika Serikat. Prof. Heath memiliki gelar Doktor dalam bidang teknologi dan teologi. Ia masuk ke Indonesia pada tahun 1961 sebagai dosen Institut Teknologi Bandung (ITB). Kemudian pada 1966 ia mendirikan STT Tiranus, Bandung.

Heath dikenal karena pengabdiannya bagi pelayanan di Indonesia.  Ia seorang yang cerdas, namun hidup sangat sederhana.

Selain Prof Heath, dosen yang cukup terkenal di STT ini adalah Dr. Samuel Sijabat, yang cukup dikenal sebagai pakar Pendidikan Agama Kristen di Indonesia, dan Dr. Purnawan Tenibemas, pakar Misiologi dan Islamologi, lulusan Fuller Theological Seminary, California (salah satu sekolah Alkitab terbaik di Amerika Serikat, bahkan di dunia).

Jurusan terkenal di kampus ini adalah Misiologi, Konseling Kristen, dan Filsafat Apologetika.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.tiranus.ac.id

 

9. STT SAAT Malang

Salah satu sekolah Alkitab terbaik lainnya di Indonesia adalah STT SAAT Malang, Jawa Timur.

STT ini didirikan pada tahun 1952 oleh Pdt. Dr. Andrew Gih, seorang misionaris dari Shanghai, Tiongkok, bersama beberapa pendeta dari gereja-gereja Tionghoa di Malang.

Awalnya STT ini berlokasi di Bandung, tepatnya di Jalan Pasundan No. 54. Pada saat itu namanya adalah Sekolah Teologia Madrasah Alkitab Asia Tenggara (MAAT).

Dua tahun kemudian, yakni pada 1954, kampusnya dipindahkan ke Malang, Jawa Timur, dan diganti namanya menjadi Seminari Alkitab Asia Tenggara (SAAT).

STT SAAT merupakan STT beraliran reformed tertua di Indonesia. Dosen-dosennya banyak yang lulusan sekolah-sekolah Alkitab terbaik di luar negeri.

Alumni STT ini banyak yang kemudian menjadi pendiri atau dosen STT-STT beraliran reformed di Indonesia, seperti STT Reformed Indonesia, STT Reformed Injili Internasional, STT Bandung, dan STT Amanat Agung.

Hingga saat ini STT SAAT tidak/belum membuka program S3.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.seabs.ac.id

 

10. STT Bethel Jakarta

STT Bethel Jakarta adalah salah satu sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini.

Sejarah STT Bethel Indonesia, atau yang lebih dikenal dengan sebutan ITKI (Institut Teologi dan Keguruan Indonesia), beranjak dari visi Tuhan kepada hamba-Nya, Pdt. Prof. H.L. Senduk pada tahun 1953, untuk menyelenggarakan pendidikan teologi bagi mereka yang terpanggil untuk menjadi hamba Tuhan.

Pada tanggal 1 April 1954 kursus Sekolah Penginjil dibuka di Jl. Matraman 54 A, Jakarta. Pada tanggal 7 April 1956 Sekolah Penginjil Bethel dibuka dengan resmi, dengan dihadiri wakil dari pemerintah dan gereja-gereja.

STT ini adalah milik sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI) dan sekarang dikelola oleh Badah Pekerja Harian Gereja Bethel Indonesia (BPH GBI).

Karena milik sinode GBI, maka banyak pendeta GBI yang sekolah di tempat ini. Saat ini dosen-dosen tetapnya sudah banyak bergelar S3, baik dari dalam maupun dari luar negeri. Satu hal yang menarik adalah bahwa cukup banyak dosennya yang meraih gelar doktor teologi dari STT Baptis Semarang, termasuk ketuanya, Pdt. Dr. Gernaida Pakpahan (mungkin satu-satunya ketua STT perempuan di Indonesia saat ini).

Dosen yang terkenal di STT ini antara lain adalah Pdt. Dr. Erastus Sabdono (mantan rektor/ketua), yang merupakan pendeta terkenal di Jakarta, dan Pdt. Dr. Jonathan Trisna (mantan ketua), seorang lulusan Amerika Serikat yang cukup dikenal sebagai pakar Konseling Kristen di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.sttbi.ac.id

 

11. STT I-3 Batu

STT I-3 (Institut Injil Indonesia) kota Batu, Malang, Jawa Timur, merupakan salah satu sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini.

Lembaga yang diselenggarakan oleh Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia Batu (YPPII Batu) ini lahir pada tahun 1959, bermula sebagai Sekolah Alkitab Keluarga yang dipelopori oleh Rev. H. German Edey.

Pada tahun 1961 YPPII didirikan oleh Pdt. DR. Petrus Octavianus (seorang hamba Tuhan terkenal asal Timor, Nusa Tenggara Timur) bersama para hamba Tuhan lainnya, dan YPPII menjadi Badan Penyelenggara Pendidikan “I-3”.

Beberapa dosen dari luar negeri pernah mengajar di STT ini dan menjadi penulis buku-buku Kristen di Indonesia.

Untuk semua program studinya, S1-S3, Institut Injil Indonesia telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Saat ini, jumlah alumni “I-3” telah mencapai kurang lebih 7000 orang yang tersebar di berbagai penjuru dalam dan luar negeri.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.i3batu.ac.id

 

12. STT Jaffray Jakarta

Sekolah Alkitab lainnya yang termasuk terbaik di Indonesia saat ini adalah STT Jaffray Jakarta.

STT Jaffray Jakarta (IFTK Jaffray Jakarta) berawal dari Sekolah Alkitab Makassar (SAM) yang didirikan oleh Pdt. Dr. Robert Alexander Jaffray (Misionaris The Christian and Missionary Alliance asal Kanada) di Makassar, Sulawesi Selatan.

STT Jaffray Jakarta adalah saudara kembar STT Jaffray Makassar yang dimulai dengan Program Kelas Jarak Jauh (PKJJ) pada tanggal 6 Februari 1984 oleh Pdt. Dr. Yakob Tomatala (alumni Fuller Theological Seminary, California), yang cukup dikenal sebagai ahli Misiologi dan Kepemimpinan Kristen di Indonesia.

Berdasarkan perkembangan dan kebutuhan gereja, PKJJ ini ditingkatkan statusnya menjadi STT Jaffray Cabang Jakarta pada 1987. STT Jaffray Jakarta kemudian ditetapkan sebagai sekolah yang berdiri sendiri dalam Konferensi Nasional Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) di Denpasar, Bali pada tanggal 8 September 1991.

Salah satu program unggulan di STT ini adalah jurusan Kepemimpinan Kristen.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.sttjaffrayjakarta.ac.id

 

13. STT Rahmat Emmanuel Jakarta

STT Rahmat Emmanuel (STT REM) Jakarta merupakan salah satu sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini.

STT Rahmat Emmanuel didirikan oleh Pdt. Dr. Abraham Conrad Supit, gembala sidang Gereja Bethel Indonesia Rahmat Emmanuel (GBI REM) dan seorang hamba Tuhan yang cukup terkenal di Jakarta, bersama Pdt. Edward Supit, M.Sc. Namun STT ini sifatnya interdenominasi, di mana para dosennya berasal dari latar belakang teologi yang beragam.

STT ini berdiri pada tanggal 1 Maret 1999 dengan nama Sekolah Alkitab REM (SAR) di Apotik Tomang JL. Tomang Raya No. 25 Jakarta Barat. SAR kemudian berkembang menjadi  sebuah institusi teologi dengan nama: Institut Teologi dan Kepemimpinan REM (ITKR), yang kemudian berubah nama menjadi STT REM (Sekolah Tinggi Teologi Rahmat Emmanuel) pada tahun 2010.

Hingga saat ini STT REM telah memiliki 7 program studi, mulai dari program studi sarjana sampai pascasarjana, yang terdiri dari: Program Sarjana Teologi (S.Th), Program Sarjana Pendidikan Agama Kristen (S.Pd.K), Program Magister Atrium (M.A) bidang konseling, Program Magister Teologi (M.Th), Program Magister Pendidikan Agama Kristen (M.Pd.K), Program Doctor of Mininstry (D.Min), dan Program Doktor Teologi (D.Th).

Kendati masih relatif muda, STT REM telah banyak menghasilkan wisudawan yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, sebagai dosen teologi, pendeta, penginjil, dan sebagainya. Setidaknya tiga STT di Jakarta saat ini didirikan oleh para alumni STT REM.

Dua mantan Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), yakni Pdt. Dr. Natan Setiabudi dan Pdt. Dr. A.A. Yewangoe, pernah menjabat sebagai Direktur Program Pascasarjana di kampus ini.

Selain di Kelapa Gading sebagai pusat, STT REM juga punya kampus di beberapa tempat, antara lain: Karawaci, Tangerang dan Bogor. Umumnya perkuliahan diselenggarakan pada sore-malam hari sehingga dapat mengakomodir para pekerja kantoran atau guru-guru sekolah.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.sttrem.ac.id.

 

14. STT Jaffray Makassar

STT Jaffray Makassar, Sulawesi Selatan, adalah salah satu sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini.

STT ini pada mulanya bernama Sekolah Alkitab Makassar (SAM), yang didirikan oleh Dr. Robert Alexander Jaffray (seorang misionaris asal Kanada) pada tahun 1932. Dr. Jaffray mengabdikan dirinya selama 32 tahun di China dan Vietnam. Kemudian dia datang ke Indonesia pada tahun 1928, tepatnya di Samarinda, Kalimantan Timur.

Pada tahun 1932, dengan dibantu oleh mantan siswanya dari Tiongkok, ia membentuk badan misi bernama Chinese Foreign Mission Union (CFMU) yang dipimpin oleh Pdt. Dr. Leland Wang, dan membuka Sekolah Alkitab Makassar (SAM). Tahun 1959, SAM berubah nama menjadi Jaffray Bible College untuk mengenang sang pendiri, kemudian menjadi STT Jaffray.

Saat ini STT Jaffray berada di jantung kota Makassar di atas tanah seluas 10.141 m2, memiliki 460 mahasiswa (S1 dan S2) dari berbagai denominasi gereja yang ada di Indonesia, khususnya Indonesia Timur.

Sekolah ini ada di bawah naungan sinode Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) yang adalah anggota PGI dan PGLII, namun sekolah ini bersifat interdenominasi.

Saat ini alumninya telah tersebar di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Dosennya yang cukup terkenal adalah Pdt. Dr. Daniel Ronda (lulusan Asbury Thelogical Seminary, Amerika Serikat), yang menjabat sebagai rektor/ketua STT.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.sttjaffray.ac.id

 

15. STT Reformed Injili Internasional Jakarta

Sekolah Alkitab lainnya yang termasuk terbaik di Indonesia adalah STT Reformed Injili Internasional, Jakarta.

STT beraliran reformed (penganut teologi John Calvin, salah satu reformator gereja) ini berlokasi dalam satu kompleks yang sama dengan Gereja Reformed Injili Indonesia Pusat di Kemayoran, Jakarta Pusat, yang juga mengakomodasi kehadiran Concert Hall dan Museum. Bangunan gedungnya cukup mewah.

STT ini dimulai oleh Pdt. Dr. Stephen Tong, seorang tokoh teologi reformed di Indonesia,  pada 21 Juli 1996 di Jakarta dengan mahasiswa angkatan pertama 120 orang, dalam bentuk part-time. Program full-time angkatan pertama ada 26 orang untuk gelar M.Div., M.C.S., dan S.Th.

Pada bulan April 2011, kampus ini menandatangani MOU kerjasama dengan Westminster Theological Seminary di Philadelphia (sekolah Alkitab terkenal di Amerika Serikat bahkan dunia). Menindaklanjuti penandatanganan MOU ini, mulai Juli 2011, STT Reformed Injili Internasional memulai program Th.M. dalam jurusan Historical Theology (sejarah gereja).

Dosen STT ini banyak lulusan dari sekolah-sekolah Alkitab terbaik di luar negeri.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.sttrii.ac.id.

 

16. STT Bandung

STT Bandung merupakan salah satu sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini. Seperti namanya, STT ini berlokasi di kota Bandung dan beraliran reformed.

STT ini didirikan pada tahun 1992 oleh tiga orang, yakni Caleb Tong, Joseph Tong, dan Dorothy Marx (teolog perempuan asal Jerman yang pernah menjadi rektor/ketua di kampus tersebut).

Sebagaimana umumnya dengan STT beraliran reformed, dosen-dosen yang mengajar di kampus ini banyak yang lulusan sekolah-sekolah Alkitab terbaik di luar negeri, khususnya yang beraliran reformed. Dan seperti STT beraliran reformed lainnya, Teologi Sistematika (Dogmatika) menjadi salah satu program unggulan di kampus ini.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.sttb.ac.id

 

17. STT Reformed Indonesia Jakarta

STT lainnya yang termasuk sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini adalah STT Reformed Indonesia, Jakarta.

STT ini didirikan pada tanggal 18 Agustus 1991, oleh Pdt. Dr. Stephen Tong, Pdt. Dr. Caleb Tong, dan Pdt. Yakub B. Susabda, Ph.D. (para alumni STT SAAT Malang). Namanya ketika berdiri adalah Sekolah Tinggi Teologi Reformed Injili Indonesia (STTRII), kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Teologi Reformed Indonesia (STTRI).

Dengan fasilitas yang memang sudah tersedia untuk sebuah lembaga pendidikan, kuliah perdana dapat segera dimulai dengan 19 mahasiswa, 13 tenaga pengajar, 3 ruang kelas, dan 10.000 buku di Perpustakaan.

STTRI yang diresmikan di gedung Granadha Jakarta ini sekarang memiliki sebuah kampus yang terletak di Jalan Kemang Utara IX/10, Warung Buncit, Jakarta Selatan.

Seperti namanya, kampus ini beraliran reformed dan para dosennya banyak lulusan sekolah-sekolah Alkitab di luar negeri. Salah satu dosen terkenalnya adalah Pdt. Dr. Yakub Susabda (kini menjabat sebagai ketua/rektor), yang dikenal sebagai ahli Konseling Kristen. Dan Konseling Kristen merupakan salah satu program unggulan di STT ini.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.reformedindonesia.ac.id

 

18. STT Harvest Tangerang

STT Harvest Karawaci, Tangerang, adalah salah satu sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini.

Sekolah Tinggi Teologi Internasional Harvest (STTIH) atau disebut juga Harvest International Theological Seminary (HITS) merupakan sekolah tinggi teologi yang berada dalam asuhan Gereja Injili Seutuh Indonesia (GISI). Sejak berdiri hingga saat ini, ketua dari HITS adalah Pdt. DR. Jimmy B. Oentoro, yang merupakan pendiri STT ini.

HITS didirikan pada tanggal 10 Mei 1993. HITS menawarkan program pendidikan Sarjana untuk bidang studi Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gerejawi, dan program pendidikan Pasca Sarjana dan Doktoral di bidang Kepemimpinan dan Transformasi.

Salah satu program studi unggulan di kampus ini yang cukup dikenal adalah Kepemimpinan Kristen (pascasarjana).

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.hits.ac.id

 

19. STT Amanat Agung Jakarta

Sekolah Alkitab lain yang termasuk terbaik di Indonesia adalah STT Amanat Agung Jakarta.

Pendirian STT Amanat Agung dimulai Pada 25 Oktober 1993 oleh Majelis Gereja Kristus Jemaat Mangga Besar (GKJMB), yang sekarang menjadi Sinode Gereja Kristus Yesus (GKY). Langkah awalnya bermula dari penunjukan beberapa anggota majelis untuk memikirkan pendirian STT.

Kemudian Majelis GKJMB melalui Badan Studi Hamba Tuhan mengutus beberapa Hamba Tuhan GKJMB ke Amerika Serikat untuk studi lanjut guna dipersiapkan menjadi tim dosen inti dalam STT.

Pada 9 September 1996 Yayasan Amanat Agung secara resmi didirikan. Kampus ini beralamat di Jalan Kedoya Raya No. 18, Jakarta Barat. Dari tahun 2002-2007 STT Amanat Agung dibantu dalam pengelolaan manajemennya oleh STT SAAT Malang.

STT ini merupakan STT beraliran reformed. Dosen-dosennya berkualitas, banyak lulusan sekolah-sekolah Alkitab terbaik di luar negeri.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya:  www.sttaa.ac.id.

 

20. STTII Jakarta

Sekolah Alkitab terakhir yang termasuk terbaik di Indonesia adalah STTII Jakarta. Sekolah Tinggi Teologi Injili Indonesia (STTII) Jakarta adalah cabang dari STTII Yogyakarta. Jadi STTII Jakarta merupakan bagian utuh dari STTII, yang kampusnya tersebar di 16 kota di seluruh tanah air.

Sama seperti STTII pusat di Yogyakarta, para alumni STT ini cukup banyak tersebar sebagai dosen di berbagai STT di Jakarta dan kota-kota lainnya di Indonesia.

Beberapa dosennya yang cukup terkenal antara lain adalah Pdt. Dr. Petrus Maryono dan Pdt. Dr. Parlaungan Gultom, dari STTII Yogyakarta.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.etsijakarta.wix.com

 

Itulah 20 sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini.

 

Sebagai tambahan, ketika ingin memilih salah satu sekolah Alkitab, maka ada beberapa yang menjadi pertimbangan. Pertama, tentu adalah kualitas. Kedua, dana. Jika dana kurang maka kampus berkualitas akan sulit didapatkan. Ketiga, jarak. Jarak kampus yang jauh dari tempat tinggal atau kantor kita tentu akan menjadi suatu kendala.

 

Keempat, waktu. Beberapa kampus ada yang kuliah malam, tetapi banyak juga yang mengharuskan kuliah pagi (bahkan untuk program pascasarjana/S2 atau S3). Hal ini tentu akan menjadi masalah bagi para pelayan/pekerja yang memiliki jam kantor. Karena itu, pilihlah STT yang cukup berkualitas, tetapi tidak terhalang oleh dana, jarak dan waktu.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

37 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!