Loading...

20 Sekolah Alkitab Terbaik Di Indonesia

Loading...

 

7. STT Baptis Semarang

Seminari Teologi Baptis Indonesia (STBI) atau STT Baptis Semarang, merupakan salah satu sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini.

Secara historis, STBI didirikan oleh Misi Baptis Indonesia dari Foreign Mission Board of The Southern Baptist Convention pada 11 Oktober 1954, kurang dari tiga tahun semenjak mereka masuk Indonesia.

Hingga usianya yang ke-54 tahun, STBI telah meluluskan 1129 orang mahasiswa. Mereka melayani Tuhan di berbagai denominasi gereja di Indonesia, bahkan di Amerika Serikat dan Australia sebagai gembala sidang, pemimpin denominasi, penginjil, dosen, dan ketua STT.

Program S1, S2, dan S3 di STT ini telah terakreditasi oleh BAN-PT. Program doktoralnya saat ini merupakan salah satu program doktor teologi yang terbaik di Indonesia.

Beberapa tenaga dosen di STT ini berasal dari luar negeri, khususnya Amerika Serikat.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.seminaribaptis.com

 

8. STT Tiranus Bandung

STT Tiranus Bandung merupakan salah satu sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini.

STT ini didirikan oleh Prof. Dr. Stanley Heath, seorang hamba Tuhan asal Amerika Serikat. Prof. Heath memiliki gelar Doktor dalam bidang teknologi dan teologi. Ia masuk ke Indonesia pada tahun 1961 sebagai dosen Institut Teknologi Bandung (ITB). Kemudian pada 1966 ia mendirikan STT Tiranus, Bandung.

Heath dikenal karena pengabdiannya bagi pelayanan di Indonesia.  Ia seorang yang cerdas, namun hidup sangat sederhana.

Selain Prof Heath, dosen yang cukup terkenal di STT ini adalah Dr. Samuel Sijabat, yang cukup dikenal sebagai pakar Pendidikan Agama Kristen di Indonesia, dan Dr. Purnawan Tenibemas, pakar Misiologi dan Islamologi, lulusan Fuller Theological Seminary, California (salah satu sekolah Alkitab terbaik di Amerika Serikat, bahkan di dunia).

Jurusan terkenal di kampus ini adalah Misiologi, Konseling Kristen, dan Filsafat Apologetika.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.tiranus.ac.id

 

9. STT SAAT Malang

Salah satu sekolah Alkitab terbaik lainnya di Indonesia adalah STT SAAT Malang, Jawa Timur.

STT ini didirikan pada tahun 1952 oleh Pdt. Dr. Andrew Gih, seorang misionaris dari Shanghai, Tiongkok, bersama beberapa pendeta dari gereja-gereja Tionghoa di Malang.

Awalnya STT ini berlokasi di Bandung, tepatnya di Jalan Pasundan No. 54. Pada saat itu namanya adalah Sekolah Teologia Madrasah Alkitab Asia Tenggara (MAAT).

Dua tahun kemudian, yakni pada 1954, kampusnya dipindahkan ke Malang, Jawa Timur, dan diganti namanya menjadi Seminari Alkitab Asia Tenggara (SAAT).

STT SAAT merupakan STT beraliran reformed tertua di Indonesia. Dosen-dosennya banyak yang lulusan sekolah-sekolah Alkitab terbaik di luar negeri.

Alumni STT ini banyak yang kemudian menjadi pendiri atau dosen STT-STT beraliran reformed di Indonesia, seperti STT Reformed Indonesia, STT Reformed Injili Internasional, STT Bandung, dan STT Amanat Agung.

Hingga saat ini STT SAAT tidak/belum membuka program S3.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.seabs.ac.id

 

10. STT Bethel Jakarta

STT Bethel Jakarta adalah salah satu sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini.

Sejarah STT Bethel Indonesia, atau yang lebih dikenal dengan sebutan ITKI (Institut Teologi dan Keguruan Indonesia), beranjak dari visi Tuhan kepada hamba-Nya, Pdt. Prof. H.L. Senduk pada tahun 1953, untuk menyelenggarakan pendidikan teologi bagi mereka yang terpanggil untuk menjadi hamba Tuhan.

Pada tanggal 1 April 1954 kursus Sekolah Penginjil dibuka di Jl. Matraman 54 A, Jakarta. Pada tanggal 7 April 1956 Sekolah Penginjil Bethel dibuka dengan resmi, dengan dihadiri wakil dari pemerintah dan gereja-gereja.

STT ini adalah milik sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI) dan sekarang dikelola oleh Badah Pekerja Harian Gereja Bethel Indonesia (BPH GBI).

Karena milik sinode GBI, maka banyak pendeta GBI yang sekolah di tempat ini. Saat ini dosen-dosen tetapnya sudah banyak bergelar S3, baik dari dalam maupun dari luar negeri. Satu hal yang menarik adalah bahwa cukup banyak dosennya yang meraih gelar doktor teologi dari STT Baptis Semarang, termasuk ketuanya, Pdt. Dr. Gernaida Pakpahan (mungkin satu-satunya ketua STT perempuan di Indonesia saat ini).

Dosen yang terkenal di STT ini antara lain adalah Pdt. Dr. Erastus Sabdono (mantan rektor/ketua), yang merupakan pendeta terkenal di Jakarta, dan Pdt. Dr. Jonathan Trisna (mantan ketua), seorang lulusan Amerika Serikat yang cukup dikenal sebagai pakar Konseling Kristen di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.sttbi.ac.id

 

11. STT I-3 Batu

STT I-3 (Institut Injil Indonesia) kota Batu, Malang, Jawa Timur, merupakan salah satu sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini.

Lembaga yang diselenggarakan oleh Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia Batu (YPPII Batu) ini lahir pada tahun 1959, bermula sebagai Sekolah Alkitab Keluarga yang dipelopori oleh Rev. H. German Edey.

Pada tahun 1961 YPPII didirikan oleh Pdt. DR. Petrus Octavianus (seorang hamba Tuhan terkenal asal Timor, Nusa Tenggara Timur) bersama para hamba Tuhan lainnya, dan YPPII menjadi Badan Penyelenggara Pendidikan “I-3”.

Beberapa dosen dari luar negeri pernah mengajar di STT ini dan menjadi penulis buku-buku Kristen di Indonesia.

Untuk semua program studinya, S1-S3, Institut Injil Indonesia telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Saat ini, jumlah alumni “I-3” telah mencapai kurang lebih 7000 orang yang tersebar di berbagai penjuru dalam dan luar negeri.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.i3batu.ac.id

 

12. STT Jaffray Jakarta

Sekolah Alkitab lainnya yang termasuk terbaik di Indonesia saat ini adalah STT Jaffray Jakarta.

STT Jaffray Jakarta (IFTK Jaffray Jakarta) berawal dari Sekolah Alkitab Makassar (SAM) yang didirikan oleh Pdt. Dr. Robert Alexander Jaffray (Misionaris The Christian and Missionary Alliance asal Kanada) di Makassar, Sulawesi Selatan.

STT Jaffray Jakarta adalah saudara kembar STT Jaffray Makassar yang dimulai dengan Program Kelas Jarak Jauh (PKJJ) pada tanggal 6 Februari 1984 oleh Pdt. Dr. Yakob Tomatala (alumni Fuller Theological Seminary, California), yang cukup dikenal sebagai ahli Misiologi dan Kepemimpinan Kristen di Indonesia.

Berdasarkan perkembangan dan kebutuhan gereja, PKJJ ini ditingkatkan statusnya menjadi STT Jaffray Cabang Jakarta pada 1987. STT Jaffray Jakarta kemudian ditetapkan sebagai sekolah yang berdiri sendiri dalam Konferensi Nasional Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) di Denpasar, Bali pada tanggal 8 September 1991.

Salah satu program unggulan di STT ini adalah jurusan Kepemimpinan Kristen.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.sttjaffrayjakarta.ac.id

 

13. STT Rahmat Emmanuel Jakarta

STT Rahmat Emmanuel (STT REM) Jakarta merupakan salah satu sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini.

STT Rahmat Emmanuel didirikan oleh Pdt. Dr. Abraham Conrad Supit, gembala sidang Gereja Bethel Indonesia Rahmat Emmanuel (GBI REM) dan seorang hamba Tuhan yang cukup terkenal di Jakarta, bersama Pdt. Edward Supit, M.Sc. Namun STT ini sifatnya interdenominasi, di mana para dosennya berasal dari latar belakang teologi yang beragam.

STT ini berdiri pada tanggal 1 Maret 1999 dengan nama Sekolah Alkitab REM (SAR) di Apotik Tomang JL. Tomang Raya No. 25 Jakarta Barat. SAR kemudian berkembang menjadi  sebuah institusi teologi dengan nama: Institut Teologi dan Kepemimpinan REM (ITKR), yang kemudian berubah nama menjadi STT REM (Sekolah Tinggi Teologi Rahmat Emmanuel) pada tahun 2010.

Hingga saat ini STT REM telah memiliki 7 program studi, mulai dari program studi sarjana sampai pascasarjana, yang terdiri dari: Program Sarjana Teologi (S.Th), Program Sarjana Pendidikan Agama Kristen (S.Pd.K), Program Magister Atrium (M.A) bidang konseling, Program Magister Teologi (M.Th), Program Magister Pendidikan Agama Kristen (M.Pd.K), Program Doctor of Mininstry (D.Min), dan Program Doktor Teologi (D.Th).

Kendati masih relatif muda, STT REM telah banyak menghasilkan wisudawan yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, sebagai dosen teologi, pendeta, penginjil, dan sebagainya. Setidaknya tiga STT di Jakarta saat ini didirikan oleh para alumni STT REM.

Dua mantan Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), yakni Pdt. Dr. Natan Setiabudi dan Pdt. Dr. A.A. Yewangoe, pernah menjabat sebagai Direktur Program Pascasarjana di kampus ini.

Selain di Kelapa Gading sebagai pusat, STT REM juga punya kampus di beberapa tempat, antara lain: Karawaci, Tangerang dan Bogor. Umumnya perkuliahan diselenggarakan pada sore-malam hari sehingga dapat mengakomodir para pekerja kantoran atau guru-guru sekolah.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.sttrem.ac.id.

Loading...
41 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!