Categories: GEREJA

20 Sekolah Alkitab Terbaik Di Indonesia

 

11. STT I-3 Batu

STT I-3 (Institut Injil Indonesia) kota Batu, Malang, Jawa Timur, merupakan salah satu sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini.

Lembaga yang diselenggarakan oleh Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia Batu (YPPII Batu) ini lahir pada tahun 1959, bermula sebagai Sekolah Alkitab Keluarga yang dipelopori oleh Rev. H. German Edey.

Pada tahun 1961 YPPII didirikan oleh Pdt. DR. Petrus Octavianus (seorang hamba Tuhan terkenal asal Timor, Nusa Tenggara Timur) bersama para hamba Tuhan lainnya, dan YPPII menjadi Badan Penyelenggara Pendidikan “I-3”.

Beberapa dosen dari luar negeri pernah mengajar di STT ini dan menjadi penulis buku-buku Kristen di Indonesia.

Untuk semua program studinya, S1-S3, Institut Injil Indonesia telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Saat ini, jumlah alumni “I-3” telah mencapai kurang lebih 7000 orang yang tersebar di berbagai penjuru dalam dan luar negeri.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.i3batu.ac.id

 

12. STT Jaffray Jakarta

Sekolah Alkitab lainnya yang termasuk terbaik di Indonesia saat ini adalah STT Jaffray Jakarta.

STT Jaffray Jakarta (IFTK Jaffray Jakarta) berawal dari Sekolah Alkitab Makassar (SAM) yang didirikan oleh Pdt. Dr. Robert Alexander Jaffray (Misionaris The Christian and Missionary Alliance asal Kanada) di Makassar, Sulawesi Selatan.

STT Jaffray Jakarta adalah saudara kembar STT Jaffray Makassar yang dimulai dengan Program Kelas Jarak Jauh (PKJJ) pada tanggal 6 Februari 1984 oleh Pdt. Dr. Yakob Tomatala (alumni Fuller Theological Seminary, California), yang cukup dikenal sebagai ahli Misiologi dan Kepemimpinan Kristen di Indonesia.

Berdasarkan perkembangan dan kebutuhan gereja, PKJJ ini ditingkatkan statusnya menjadi STT Jaffray Cabang Jakarta pada 1987. STT Jaffray Jakarta kemudian ditetapkan sebagai sekolah yang berdiri sendiri dalam Konferensi Nasional Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) di Denpasar, Bali pada tanggal 8 September 1991.

Salah satu program unggulan di STT ini adalah jurusan Kepemimpinan Kristen.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.sttjaffrayjakarta.ac.id

 

13. STT Rahmat Emmanuel Jakarta

STT Rahmat Emmanuel (STT REM) Jakarta merupakan salah satu sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini.

STT Rahmat Emmanuel didirikan oleh Pdt. Dr. Abraham Conrad Supit, gembala sidang Gereja Bethel Indonesia Rahmat Emmanuel (GBI REM) dan seorang hamba Tuhan yang cukup terkenal di Jakarta, bersama Pdt. Edward Supit, M.Sc. Namun STT ini sifatnya interdenominasi, di mana para dosennya berasal dari latar belakang teologi yang beragam.

STT ini berdiri pada tanggal 1 Maret 1999 dengan nama Sekolah Alkitab REM (SAR) di Apotik Tomang JL. Tomang Raya No. 25 Jakarta Barat. SAR kemudian berkembang menjadi  sebuah institusi teologi dengan nama: Institut Teologi dan Kepemimpinan REM (ITKR), yang kemudian berubah nama menjadi STT REM (Sekolah Tinggi Teologi Rahmat Emmanuel) pada tahun 2010.

Hingga saat ini STT REM telah memiliki 7 program studi, mulai dari program studi sarjana sampai pascasarjana, yang terdiri dari: Program Sarjana Teologi (S.Th), Program Sarjana Pendidikan Agama Kristen (S.Pd.K), Program Magister Atrium (M.A) bidang konseling, Program Magister Teologi (M.Th), Program Magister Pendidikan Agama Kristen (M.Pd.K), Program Doctor of Mininstry (D.Min), dan Program Doktor Teologi (D.Th).

Kendati masih relatif muda, STT REM telah banyak menghasilkan wisudawan yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, sebagai dosen teologi, pendeta, penginjil, dan sebagainya. Setidaknya tiga STT di Jakarta saat ini didirikan oleh para alumni STT REM.

Dua mantan Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), yakni Pdt. Dr. Natan Setiabudi dan Pdt. Dr. A.A. Yewangoe, pernah menjabat sebagai Direktur Program Pascasarjana di kampus ini.

Selain di Kelapa Gading sebagai pusat, STT REM juga punya kampus di beberapa tempat, antara lain: Karawaci, Tangerang dan Bogor. Umumnya perkuliahan diselenggarakan pada sore-malam hari sehingga dapat mengakomodir para pekerja kantoran atau guru-guru sekolah.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.sttrem.ac.id.

 

14. STT Jaffray Makassar

STT Jaffray Makassar, Sulawesi Selatan, adalah salah satu sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini.

STT ini pada mulanya bernama Sekolah Alkitab Makassar (SAM), yang didirikan oleh Dr. Robert Alexander Jaffray (seorang misionaris asal Kanada) pada tahun 1932. Dr. Jaffray mengabdikan dirinya selama 32 tahun di China dan Vietnam. Kemudian dia datang ke Indonesia pada tahun 1928, tepatnya di Samarinda, Kalimantan Timur.

Pada tahun 1932, dengan dibantu oleh mantan siswanya dari Tiongkok, ia membentuk badan misi bernama Chinese Foreign Mission Union (CFMU) yang dipimpin oleh Pdt. Dr. Leland Wang, dan membuka Sekolah Alkitab Makassar (SAM). Tahun 1959, SAM berubah nama menjadi Jaffray Bible College untuk mengenang sang pendiri, kemudian menjadi STT Jaffray.

Saat ini STT Jaffray berada di jantung kota Makassar di atas tanah seluas 10.141 m2, memiliki 460 mahasiswa (S1 dan S2) dari berbagai denominasi gereja yang ada di Indonesia, khususnya Indonesia Timur.

Sekolah ini ada di bawah naungan sinode Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) yang adalah anggota PGI dan PGLII, namun sekolah ini bersifat interdenominasi.

Saat ini alumninya telah tersebar di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Dosennya yang cukup terkenal adalah Pdt. Dr. Daniel Ronda (lulusan Asbury Thelogical Seminary, Amerika Serikat), yang menjabat sebagai rektor/ketua STT.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.sttjaffray.ac.id

 

15. STT Reformed Injili Internasional Jakarta

Sekolah Alkitab lainnya yang termasuk terbaik di Indonesia adalah STT Reformed Injili Internasional, Jakarta.

STT beraliran reformed (penganut teologi John Calvin, salah satu reformator gereja) ini berlokasi dalam satu kompleks yang sama dengan Gereja Reformed Injili Indonesia Pusat di Kemayoran, Jakarta Pusat, yang juga mengakomodasi kehadiran Concert Hall dan Museum. Bangunan gedungnya cukup mewah.

STT ini dimulai oleh Pdt. Dr. Stephen Tong, seorang tokoh teologi reformed di Indonesia,  pada 21 Juli 1996 di Jakarta dengan mahasiswa angkatan pertama 120 orang, dalam bentuk part-time. Program full-time angkatan pertama ada 26 orang untuk gelar M.Div., M.C.S., dan S.Th.

Pada bulan April 2011, kampus ini menandatangani MOU kerjasama dengan Westminster Theological Seminary di Philadelphia (sekolah Alkitab terkenal di Amerika Serikat bahkan dunia). Menindaklanjuti penandatanganan MOU ini, mulai Juli 2011, STT Reformed Injili Internasional memulai program Th.M. dalam jurusan Historical Theology (sejarah gereja).

Dosen STT ini banyak lulusan dari sekolah-sekolah Alkitab terbaik di luar negeri.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.sttrii.ac.id.

 

16. STT Bandung

STT Bandung merupakan salah satu sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini. Seperti namanya, STT ini berlokasi di kota Bandung dan beraliran reformed.

STT ini didirikan pada tahun 1992 oleh tiga orang, yakni Caleb Tong, Joseph Tong, dan Dorothy Marx (teolog perempuan asal Jerman yang pernah menjadi rektor/ketua di kampus tersebut).

Sebagaimana umumnya dengan STT beraliran reformed, dosen-dosen yang mengajar di kampus ini banyak yang lulusan sekolah-sekolah Alkitab terbaik di luar negeri, khususnya yang beraliran reformed. Dan seperti STT beraliran reformed lainnya, Teologi Sistematika (Dogmatika) menjadi salah satu program unggulan di kampus ini.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.sttb.ac.id

 

17. STT Reformed Indonesia Jakarta

STT lainnya yang termasuk sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini adalah STT Reformed Indonesia, Jakarta.

STT ini didirikan pada tanggal 18 Agustus 1991, oleh Pdt. Dr. Stephen Tong, Pdt. Dr. Caleb Tong, dan Pdt. Yakub B. Susabda, Ph.D. (para alumni STT SAAT Malang). Namanya ketika berdiri adalah Sekolah Tinggi Teologi Reformed Injili Indonesia (STTRII), kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Teologi Reformed Indonesia (STTRI).

Dengan fasilitas yang memang sudah tersedia untuk sebuah lembaga pendidikan, kuliah perdana dapat segera dimulai dengan 19 mahasiswa, 13 tenaga pengajar, 3 ruang kelas, dan 10.000 buku di Perpustakaan.

STTRI yang diresmikan di gedung Granadha Jakarta ini sekarang memiliki sebuah kampus yang terletak di Jalan Kemang Utara IX/10, Warung Buncit, Jakarta Selatan.

Seperti namanya, kampus ini beraliran reformed dan para dosennya banyak lulusan sekolah-sekolah Alkitab di luar negeri. Salah satu dosen terkenalnya adalah Pdt. Dr. Yakub Susabda (kini menjabat sebagai ketua/rektor), yang dikenal sebagai ahli Konseling Kristen. Dan Konseling Kristen merupakan salah satu program unggulan di STT ini.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.reformedindonesia.ac.id

 

18. STT Harvest Tangerang

STT Harvest Karawaci, Tangerang, adalah salah satu sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini.

Sekolah Tinggi Teologi Internasional Harvest (STTIH) atau disebut juga Harvest International Theological Seminary (HITS) merupakan sekolah tinggi teologi yang berada dalam asuhan Gereja Injili Seutuh Indonesia (GISI). Sejak berdiri hingga saat ini, ketua dari HITS adalah Pdt. DR. Jimmy B. Oentoro, yang merupakan pendiri STT ini.

HITS didirikan pada tanggal 10 Mei 1993. HITS menawarkan program pendidikan Sarjana untuk bidang studi Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gerejawi, dan program pendidikan Pasca Sarjana dan Doktoral di bidang Kepemimpinan dan Transformasi.

Salah satu program studi unggulan di kampus ini yang cukup dikenal adalah Kepemimpinan Kristen (pascasarjana).

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.hits.ac.id

 

19. STT Amanat Agung Jakarta

Sekolah Alkitab lain yang termasuk terbaik di Indonesia adalah STT Amanat Agung Jakarta.

Pendirian STT Amanat Agung dimulai Pada 25 Oktober 1993 oleh Majelis Gereja Kristus Jemaat Mangga Besar (GKJMB), yang sekarang menjadi Sinode Gereja Kristus Yesus (GKY). Langkah awalnya bermula dari penunjukan beberapa anggota majelis untuk memikirkan pendirian STT.

Kemudian Majelis GKJMB melalui Badan Studi Hamba Tuhan mengutus beberapa Hamba Tuhan GKJMB ke Amerika Serikat untuk studi lanjut guna dipersiapkan menjadi tim dosen inti dalam STT.

Pada 9 September 1996 Yayasan Amanat Agung secara resmi didirikan. Kampus ini beralamat di Jalan Kedoya Raya No. 18, Jakarta Barat. Dari tahun 2002-2007 STT Amanat Agung dibantu dalam pengelolaan manajemennya oleh STT SAAT Malang.

STT ini merupakan STT beraliran reformed. Dosen-dosennya berkualitas, banyak lulusan sekolah-sekolah Alkitab terbaik di luar negeri.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya:  www.sttaa.ac.id.

 

20. STTII Jakarta

Sekolah Alkitab terakhir yang termasuk terbaik di Indonesia adalah STTII Jakarta. Sekolah Tinggi Teologi Injili Indonesia (STTII) Jakarta adalah cabang dari STTII Yogyakarta. Jadi STTII Jakarta merupakan bagian utuh dari STTII, yang kampusnya tersebar di 16 kota di seluruh tanah air.

Sama seperti STTII pusat di Yogyakarta, para alumni STT ini cukup banyak tersebar sebagai dosen di berbagai STT di Jakarta dan kota-kota lainnya di Indonesia.

Beberapa dosennya yang cukup terkenal antara lain adalah Pdt. Dr. Petrus Maryono dan Pdt. Dr. Parlaungan Gultom, dari STTII Yogyakarta.

Untuk informasi lebih lanjut tentang STT ini, silakan mengunjungi websitenya: www.etsijakarta.wix.com

 

Itulah 20 sekolah Alkitab terbaik di Indonesia saat ini.

 

Sebagai tambahan, ketika ingin memilih salah satu sekolah Alkitab, maka ada beberapa yang menjadi pertimbangan. Pertama, tentu adalah kualitas. Kedua, dana. Jika dana kurang maka kampus berkualitas akan sulit didapatkan. Ketiga, jarak. Jarak kampus yang jauh dari tempat tinggal atau kantor kita tentu akan menjadi suatu kendala.

 

Keempat, waktu. Beberapa kampus ada yang kuliah malam, tetapi banyak juga yang mengharuskan kuliah pagi (bahkan untuk program pascasarjana/S2 atau S3). Hal ini tentu akan menjadi masalah bagi para pelayan/pekerja yang memiliki jam kantor. Karena itu, pilihlah STT yang cukup berkualitas, tetapi tidak terhalang oleh dana, jarak dan waktu.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Page: 1 2

View Comments

  • Dengan banyaknya sarjana-sarjana luar biasa lulusan teologia yg menjadi pemimpin gereja-gereja (atau gembala) saat ini, mengapa jemaat masih banyak yg belum mencerminkan kepribadian Kristen? Rajin ibadah, tapi keadaan rohani memprihatinkan.

    Pergaulan buruk, hubungan seks sebelum menikah, homoseksualitas, bahkan sudah umum saat ini hamil lebih dulu baru dinikahkan oleh pendeta, bisnis tidak jujur, perpecahan, bahkan dalam satu gereja sekalipun, terkotak-kotak, mudah terombang-ambing oleh ajaran agama lain yg bukan Kristen, mementingkan kekayaan materi daripada pelayanan.

    Ke mana kemampuan sarjana-sarjana yg luar biasa itu?

  • Mau tanya, STT yang bekerja sama dengan UGM maksudnya gimana yah!!
    Ada keterkaitan ikatan universitas atau hanya untuk kajian STT aja??

    • Bersama UIN mereka mendirikan sebuah konsorsium untuk program doktoral bidang studi agama-agama.

  • Sekolah Tinggi Agama Kristen Sola Scriptura-STAK Sola Scriptura, yang dulu gedung sekolahnya di "GKPI" Rawamangun, Jl. Belanak VI nlNo.26 B Jakarta Timur, gedung sekolahnya di mana sekarang Kak, atau sudah berubah nama kampusnya ya Kak? Makasih...

    • Maaf Agustina, kami tidak tahu dengan sekolah tersebut, kami sudah coba mencari tahu, tapi tidak ada hasil.

      Mudah2an ada pembaca yang bisa menjawab pertanyaan Anda ini.

      Terima kasih, Gbu.

  • Mau tanya kak, Institute for Syriac Christian Studies (ISCS) yang didirikan oleh Bapak Dr. Bambang Noorsena itu tempat perkuliahan atau bagaimana ya kak...

    • Bukan, itu semacam lembaga kajian kekristenan Timur, terutama gereja Ortodoks Siria, sekalipun mungkin ada kelas2 pembelajaran/seminar.

  • Mohon maaf seandainya daftar2 terbaik ini juga diakui oleh pemerintah ya,... sehingga seperti harapan saya tidak perlu harus jauh-jauh ke Ambon untuk tes PPG untuk guru Pelajaran Agama Kristen.

    • Shalom Sindy, apa yang dimaksud dengan orang berdosa? Jika yang dimaksud adalah orang percaya yang jatuh ke dalam dosa atau hidup di dalam dosa, tetapi orang tersebut menyadari dosa-dosanya, minta ampun kepada Tuhan dan bertobat dari dosa-dosa tersebut, maka ia tetap diterima masuk Sekolah Alkitab. Terima kasih, GBU.

    • Shalom, untuk informasi atau pendaftaran silakan hubungi STT-STT tersebut ya, ada alamat situsnya kan. Terima kasih, Gbu.

    • Shalom Wahyu, silakan menghubungi STT-STT tersebut ya, hubungi situsnya, ada nomor telepon, email, dan alamatnya disitu. Terima kasih.

  • Shalom pak.. Saya mohon ijin untuk share dan pakai versi ini untuk STT terbaik di Indonesia... Kalau boleh.
    Terima kasih

  • Apakah STT harus terdaftar di Dikti dan BAN PT?
    Bagaimana kalau hanya terdaftar di Dikti!
    Apakah STT INALTA Jakarta benar status A?
    Trims.

    • Kalau perguruan tinggi umum/sekuler di bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, kalau perguruan tinggi agama seperti STT di bawah Kementerian Agama.

      Tetapi setiap perguruan tinggi wajib terakreditasi oleh BAN PT agar mutunya terjaga. Kalau tidak/belum terakreditasi ijazahnya tidak diakui karena dianggap belum memenuhi standard.

      Setahu kami STT Inalta Jakarta bukan nilai A.

  • Shalom,

    Terima kasih sudah mencantumkan STT Bandung sebagai 20 institusi teologi terbaik di Indonesia.

    STT Bandung telah diakreditasi oleh BAN-PT dan ATA (Asia Theological Association) serta menjadi anggota PERSETIA.

    Saat ini menyelenggarakan Program Studi Strata 1 dan Strata 2 dengan bahasa pengantara baik Indonesia maupun Mandarin.

  • Syalom, pertanyaan saya:

    Masih banyak STT-STT di Indonesia yang masih belum terakreditasi atau belum diakui negara. Mengapa hal itu dibiarkan oleh para pengurus.
    Karena menurut saya, kasihan para mahasiswanya yang kuliah di STT-STT tersebut, mereka sudah niat sungguh-sungguh dan sekolah tinggi-tinggi, dan tentunya banyak pengorbanan mereka di situ, baik dari pengorbanan waktu, pikiran, tenaga, materi bahkan pengorbanan sakit hati... tapi mereka nggak diakui di dalam lembaran negara, atau bahkan kadang Ijazahnya tidak dapat digunakan karena belum diakui...
    Pertanyaannya, mengapa hal-hal seperti itu dibiarkan atau diizinkan oleh para pengurus...

    Kasihan masa depan mereka yang sungguh-sungguh menuntut ilmu. Bagaimana solusi dan pendapatnya...

    • Bro Adi, numpang berpendapat ya:
      1. Untuk lebih memudahkan, calon mahasiswa yang ingin mendaftar di sekolah tinggi teologi bisa gunakan portal ini forlap.ristekdikti.go.id (untuk mengetahui terdaftar tidaknya sekolah tujuan). Ini tidak ada kaitannya dengan nilai akreditasi ya.
      2. Untuk nilai akreditasi institusi dan/atau prodi, gunakan banpt.or.id (di portal ini kita bisa tahu apakah prodi atau sekolah yang akan dituju sudah terakreditasi apa belum. termasuk nilai akreditasinya
      3. Pertimbangkan setidaknya hal ini:
      a. jika sekolah yang dituju sudah terdaftar di portal, cermati betul2 apakah data setiap semester rutin diupload (bisa dilihat di tampilan)
      b. jika sekolah/prodi belum tidak terakreditasi, pertimbangkan ulang.
      4. Kontaklah sebanyak mungkin STT. Minta katalog, minta brosur. jika memungkinkan, kontak via telepon atau datang. (di forlap sudah ada alamat semua PTN dan PTS)
      Semoga bisa sedikit membantu

    • Shalom Adi. Ada berbagai macam alasan untuk hal ini. Pertama, memang ada pemimpin/pemilik STT yang berpikiran tidak benar, dengan mengatakan bahwa akreditasi/pengakuan dari pemerintah/manusia itu tidak perlu, yang penting pengakuan dari Tuhan. STT seperti ini pasti tidak benar dan tidak usah dimasuki.

      Tetapi yang paling banyak adalah STT yang berusaha untuk diakreditasi tapi belum bisa. Banyak kendala, terutama dalam hal keuangan. Sebagai contoh, untuk dapat diakreditasi, sebuah program studi S1 harus memiliki minimal 6 dosen bergelar S2. Sedangkan STT tersebut tidak sanggup memenuhinya karena keuangan tidak mampu untuk membayar dosen. Atau untuk menyediakan buku-buku yang banyak di perpustakaan, harus butuh banyak dana, padahal itu salah satu syarat untuk diakreditasi.

      Meski begitu, menurut saya ini pun sepenuhnya tergantung dari pihak STT yang bersangkutan, mau diakreditasi atau tidak. Walau banyak kendala, seperti keuangan, kalau mereka mau berusaha pasti bisa jalan.

      Agar mahasiswa tidak dirugikan, carilah STT yang sudah diakreditasi. Jangan mau ketipu dengan promosi STT-STT yang marak saat ini, yang mutunya tidak jelas, selidiki dulu kebenaran akreditasi STT mereka.

      Itu pendapat dan saran saya. Terima kasih, GBU.

      • Harus diakui bahwa pernah ada "masa kegelapan". Namun sifatnya kasuistis. Ada kasus2, ketika "oknum" pemimpin STT atau yayasan yang menyatakan "yang penting diakui Tuhan".

        Dampak dari "pemikiran dari masa gelap" itu adalah, ketika tangan negara, atas nama undang2, mengharuskan semua lembaga pendidikan tinggi (termasuk STT) untuk ikut tatanan negara (dan itu menurut saya TIDAK SALAH), STT2 itu sendirilah yang harus pontang-panting.

        Namun kondisinya sekarang, yang saya ketahui, "masa kegelapan" itu sudah berlalu. Jargonnya mulai bergeser: "Melayani Tuhan ya, taat kepada aturan negara, WAJIB.

      • Shalom, hanya ingin berbagi pendapat saja. Ketika parameter penentu kualitas STT yang dijadikan acuan untuk menentukan peringkat (terbaik), maka selayaknya kita perlu menyadari beberapa hal terkait akreditasi oleh BAN PT:
        1, Sampai saat ini, secara umum lembaga akreditor PTN dan PTS di Indonesia adalah BAN PT (termasuk Sekolah Tinggi Teologi).
        2. Untuk jurusan vokasi tertentu (keperawatan/kesehatan sudah ada LAM=Lembaga Akreditasi Mandiri)
        3. Menurut saya (berdasarkan pengalaman menjadi anggota panitia penyusun borang akreditasi Prodi dan Institusi), penilaian BAN PT obyektif.
        4. Penilaian akreditasi lebih mengarah pada manajerial (lihat 7 komponen borang akreditasi)
        5. Masih banyak STT yang berkualitas, namun karena keterbatasan pendanaan yang dialokasikan ke BAN PT (dibandingkan banyaknya jumlah prodi dan institusi yang mengajukan akreditasi dan/atau re-akreditasi (yang memenuhi standar minimal penilaian sebelum divisitasi), membuat prodi atau institusi di STT, "belum beruntung" sehingga belum divisitasi (yang nilai minimalnya sudah memenuhi lho ya).
        6. konsekuensi dari poin 5 adalah, penilaian akreditasi STT menjadi tertunda.
        7. yang perlu diupayakan adalah bekerja setulus dan semaksimal mungkin untuk melahirkan sistem tata kelola yang baik demi menghasilkan mutu lulusan yang tidak hanya pintar, namun berhati hamba dan pelayan Tuhan.
        8. Pemeringkatan (peringkat 1 dst) menurut saya adalah hasil dari upaya tulus dan kerja keras bersama untuk menghasilkan lulusan (lihat poin 7)
        9. Mari kita kerja..kerja dan kerja.

    • Maaf, saya kurang tahu persis, mungkin STT Jaffray Makassar, STT Jakarta, Fak Teologi Duta Wacana, Fak teologi Satya Wacana, STT Baptis Semarang? Silakan dicek lagi di artikel di atas. Thanks.

  • STT Cipanas saat ini berusia 50 tahun - usianya bisa dikatakan 'matang' tetapi harus tetap terus menambah kualitas dan mutu dari kampus tersebut.
    Dalam sejarahnya, STT Cipanas pernah memiliki staff dosen yang berkualitas diantaranya;
    Pdt. Prof. Dr. Abineno
    Pdt. Prof. Sularso Sopater, D.Th
    Pdt. Dr. Richard Daulay, D.Th, M.A
    Pdt. Ir. Armand Barus, Ph.D
    Pdt. Dr. Eddy Paimoen
    Pdt. Dr. Barnabas Ludji
    Pdt. Dr. Paulus Kurnia
    Pdt. Dr. Johanes Setiawan
    Pdt. Dr. Daniel Susanto
    Pdt. Dr. (Teol) Agus Santoso
    Dr. Daniel Stefanus
    Pdt. Dr. Leonard Hale
    Pdt. Kumala Setiabrata, M.Th

    • Horas amang, maaf ya amang, aku pengen niat amang masuk STTII Jakarta
      amang. Atas nama: HINSA JANUARTONO SITORUS.

      • Shalom Hinsa, horas. Kalau mau masuk STTII Jakarta langsung aja hubungi ke kampusnya ya. Alamat dan nomor teleponnya bisa dilihat di Google. Semoga niatnya bisa tercapai ya. GBU.

    • Ya, tidak bisa dipungkiri, STT Cipanas adalah salah satu STT terbaik di Indonesia saat ini. Saya sendiri sangat ingin untuk menempuh program doktor teologi di sana.

      Saya pernah berbincang dengan Pdt. Dr. Agus Santoso, yang saat itu masih menjabat sebagai rektor/ketua STT Cipanas, yang meraih gelar doktor teologinya dari Universitas Heidelberg, Jerman.

      Beliau berkata bahwa STT Cipanas adalah STT termurah di Indonesia, khususnya untuk pascasarjana. Memang saya juga lihat begitu, setelah membandingkannnya dengan STT-STT yang lain. Selain berkualitas, harga terjangkau, ini yang kita inginkan.

      Pdt. Dr. Richard Daulay adalah salah satu dosen penguji tesis S2 saya beberapa waktu lalu.

  • STT Cipanas masuk dalam peringkat 4 luar biasa.
    Besar harapan saya, STT Cipanas menjadi STT terbaik nomor 2 setelah STT Jakarta kemudian, di masa depan ada alumni STT Cipanas menjadi pengurus MPH-PGI.

    • Dr. Richard Daulay pernah berkata kepada mahasiswanya kalau satu-satunya orang yang pernah masuk ke dalam pengurus MPH PGI yang non-sttjakarta adalah saya, ujar Pak Daulay. Beliau adalah alumnus STT HKBP.

      • Ya, gelar doktor teologi Pak Richard Daulay kalau tidak salah dari SEAGST (semacam konsorsium STT di Asia Tenggara), walau sebenarnya kerjasama dgn STT Jakarta juga, dan dengan STT-STT lainnya di Indonesia, termasuk STT Cipanas.

        Pak Richard juga punya gelar doktor politik dari Universitas Gadjah Mada.

  • Syalom pak,saya mau nanya apakah sekolah di STT bisa jadi penginjil???

    Terimakasih pak
    Tuhan Yesus Memberkati

    • Shalom Mestriyati. Sangat bisa. Tetapi di STT sekarang ini sekolahnya harus S1 ya, ngga seperti dulu lagi, bisa hanya 6 bulan, setahun, atau 2 tahun.

      Silakan cari STT yang sesuai dengan keinginan Anda, atau yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Bisa cari infonya di internet. Terima kasih. GBU.

  • Shalom. Trimakasih buat infox. Saya sebagai mahasiswa dari STT Jaffray Makassar sangat berterima kasih buat masuknya STTJ dalam daftar, namun saya ingin menambahkan info terbaru bahwa kampus kami saat ini sudah terakreditasi secara institusi dan bukan hanya program studi saja (prodi dan institusi) serta kami sudah memiliki program S3 (D.Th)
    Thank you
    Kiranya memberkati dan banyak yang mau kuliah di STTJ krn S1nya memiliki 4 konsentrasi, Teo, PAK, PAR, dan Musik

    God bless

  • Kami membutuhkan tamatan sekolah alkitab yg mau bekerja keras ditempat pelayanan yg masih sederhana sekaligus ada panti asuhannya.

    • Shalom Goriah, silakan menghubungi salah satu dari Sekolah Alkitab yang ada di artikel ini, atau Sekolah Alkitab yang dekat dengan tempat Anda.

  • Apa yang saudara muat memiliki daya yang luar biasa, dan memang ada beberapa STT yang memiliki kriteria yang Saudara sebutkan di atas, tetapi persoalannya adalah bagaimana dengan STT-STT yang tidak sesuai dengan Kriteria yang Saudara sebutkan? lalu seperti yang sudah saudara sampaikan ini adalah 20 STT yang terbaik di indonesia, bagaimana jika ada 100 STT di indonesia, asumsi saudara adalah 80 STT tidak baik. tetapi kenyataan yang bisa diihat adalah dilapangan, dari beberapa STT yang saudara sebutkan, ternyata ada beberapa alumni yang tidak sesuai dengan Kriteria yang saudara sebutkan tersebut.
    sedangkan STT yang diluar yang terbaik yang Suadara sebutkan malah banyak mencetak, bahkan dibilang mumpuni dalam hal teologi maupun nonteologi,
    Ini yang bisa saya share kan pada saudara,. TYM

    • Shalom Mas Eko, artikel yang berisi daftar peringkat sebuah lembaga, institusi, perusahaan, organisasi atau individu, adalah suatu hal yang biasa dalam berbagai media. Dan hal ini tidak bisa diartikan bahwa yang tidak termasuk ke dalam daftar peringkat berarti jelek. Pasti banyak yang bagus, tetapi harus diakui ada beberapa yang lebih bagus, karena itulah ada peringkat.

      Hal ini juga tidak berarti bahwa "semua" orang yang ada di sebuah lembaga, institusi atau perusahaan yang dianggap terbaik pasti lebih baik dari "semua" orang di lembaga, institusi atau perusahaan yang tidak termasuk dalam daftar peringkat terbaik.

      Jika kita katakan bahwa Universitas Harvard, MIT, Standford, Cambridge, dan Oxford adalah "5 Universitas terbaik di dunia", maka tidak berarti semua universitas yang tidak termasuk ke dalam daftar tersebut adalah jelek. Dan tidak berarti juga bahwa "semua" alumni kelima universitas tersebut pasti lebih berkualitas ketimbang alumni universitas-universitas lain di dunia.

      Demikan penjelasan kami, semoga dapat memaklumi. Terima kasih, GBU.

    • Shalom Amelia, boleh saja. Tetapi hanya sebagian sekolah Alkitab yang menerima mahasiswa dari Katholik, sebagian lagi tidak. Karena setiap Sekolah Alkitab punya aturan dan syarat yang berbeda-beda. Silakan hubungi salah satu dari 20 Sekolah Alkitab dalam artikel ini, lalu utarakan niat dan latar belakang Anda, nanti mereka akan membantu Anda. Terima kasih. GBU.

    • Sudah dijelaskan di bagian pendahuluan artikel, silakan dibaca lagi. Terima kasih, GBU.