20 Universitas Kristen Terbaik Di Indonesia

 

Universitas Kristen terbaik di Indonesia

Artikel ini membahas tentang universitas Kristen terbaik di Indonesia.

Peran universitas sebagai perguruan tinggi sangatlah penting dalam mencetak generasi muda untuk menjadi para pemimpin masa depan bangsa.

Dari sekian banyak perguruan tinggi (universitas, institut, sekolah tinggi)  yang ada di Indonesia saat ini, terdapat beberapa perguruan tinggi Kristen.

Baca juga: 20 Sekolah Alkitab Terbaik Di Indonesia.

Perguruan tinggi Kristen adalah universitas atau institut yang didirikan oleh seorang Kristen atau sekelompok Kristen, dengan dilandasi nilai-nilai Kristen, di mana sebagian besar pimpinan yayasan dan institusi, dosen dan stafnya adalah orang Kristen, sekalipun universitas/institut tersebut tidak selalu memakai nama “Kristen”.

Dari sekian banyak perguruan tinggi Kristen tersebut, di sini didaftarkan 20 di antaranya, yang dianggap terbaik saat ini di Indonesia. Perguruan tinggi tersebut terdiri dari 19 universitas dan 1 institut. Semua perguruan tinggi ini sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Republik Indonesia.

Baca juga: 7 Perguruan Tinggi Kristen Negeri Di Indonesia

Kriteria yang dipakai dalam melakukan penilaian antara lain adalah: usia perguruan tinggi, prestasi, kualitas dosen dan para alumni, gedung kampus, sarana dan prasarana perkuliahan, serta – yang terutama- nilai akreditasi institusi dan program-program studinya dari BAN-PT.

Namun perlu ditekankan di sini bahwa ini bukanlah daftar resmi dari pihak pemerintah atau pihak mana pun, hanya berdasarkan penilaian yang saya lakukan berdasarkan penelitian saya sendiri.

Bahan-bahan utama dalam penulisan artikel ini terutama berasal dari Wikipedia dan website universitas yang bersangkutan.

Berikut daftar universitas/institut yang termasuk ke dalam 20 universitas Kristen terbaik di Indonesia saat ini.

 

1. Universitas Kristen Petra Surabaya

Universitas Kristen pertama yang tergolong ke dalam 20 universitas Kristen terbaik di Indonesia adalah Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Universitas Kristen Petra (disingkat UK Petra atau UKP) didirikan pada 22 September 1961 atas prakarsa dari beberapa pendiri Perhimpunan Pendidikan dan Pengajaran Kristen Petra  (PPPK Petra), sebuah perhimpunan Kristen yang didirikan pada tahun 1951 untuk menyelenggarakan pendidikan taman kanak-kanak hingga pendidikan menengah.

Ide mendirikan Universitas Petra telah tercetus sejak tahun 1956, dan dihembuskan kembali pada tahun 1960, setelah pendiri PPPK Petra, Tan Tjiauw Yong dan Tan Gie Djien bertemu dengan Brigjen TNI Prof. Dr. Moestopo dalam Kongres Persatuan Dokter Gigi di Bandung, yang telah mendirikan Universitas Moestopo di Jakarta.

Pada 22 September 1961 secara resmi diumumkan berdirinya Universitas Kristen Petra dengan fakultas Sastra sebagai fakultas pertama dan satu tahun kemudian pada tahun 1962 berdirilah Fakultas Teknik Sipil.

Pada tahun 1964 didirikanlah Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Petra (YPTK Petra) yang beranggotakan wakil dari PPPK Petra, tokoh-tokoh Kristen, dan didukung oleh 6 gereja Protestan di Surabaya.

Saat ini Universitas Kristen Petra telah berkembang pesat menjadi salah satu universitas yang ternama di Indonesia dengan memiliki 10.000 mahasiswa dari dalam maupun luar negeri.

Pendidikan yang diselenggarakan meliputi program Pascasarjana dan Strata 1 (S1) yang terdiri dari enam Fakultas yaitu: Fakultas Sastra, Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Seni & Desain, serta Fakultas Ilmu Komunikasi.

Dalam pengembangannya, pada tahun 2013, UK Petra mulai membangun gedung baru yang merupakan gedung universitas ramah lingkungan pertama di Surabaya.

Perpustakaan universitas Kristen Petra merupakan perpustakaan yang terbesar dan terlengkap di Jawa Timur saat ini.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.petra.ac.id

 

2. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Universitas Kristen lainnya yang termasuk terbaik di Indonesia adalah Universitas Kristen Satya Wacana.

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) adalah sebuah universitas swasta tertua dan salah satu yang terbaik di Indonesia, terletak di Salatiga, Jawa Tengah.

Universitas ini berawal dari Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Kristen Indonesia pada 30 November 1956, dipelopori oleh DR. Oeripan Notohamidjojo, SH. Pada tahun 1959 berubah nama menjadi FKIP Kristen Indonesia Satya Wacana, kemudian pada tanggal 5 Desember 1959 menjadi Universitas Kristen Satya Wacana.

Universitas Kristen Satya Wacana didukung oleh 18 Sinode Gereja di Indonesia.

Selain kerja sama dengan institusi pendidikan dan nonpendidikan dalam negeri, UKSW juga memiliki kerja sama dengan beberapa institusi luar negeri.

Pada saat ini UKSW memiliki 56 Program Studi yang terdiri dari 4 Program Studi Diploma 3, 39 Program Studi Sarjana (S1), 10 Program Studi Magister (S2), dan 3 Program Studi Doktoral (S3).

Ada banyak prestasi yang telah dicapai universitas ini.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.uksw.edu

 

3. Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta

Universitas Kristen lainnya yang termasuk terbaik di Indonesia adalah Universitas Kristen Duta Wacana.

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) didirikan pada tahun 1985 sebagai pengembangan dari Sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana yang berdiri sejak 31 Oktober 1962 hasil penggabungan antara Akademi Theologia Jogjakarta dan Sekolah Theologia Bale Wiyata, Malang.

Sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana ini dibentuk sebagai jawaban akan harapan gereja-gereja untuk meningkatkan mutu pendidikan para pelayan jemaatnya melalui pendidikan tinggi yang setara dengan universitas.

Dukungan tidak hanya datang dari pemerintah tetapi juga dari gereja dengan semakin banyaknya gereja yang menjadi pendukung Duta Wacana.

Gereja-gereja pendukung ini kemudian sepakat untuk meningkatkan pelayanannya dengan mengembangkan sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana menjadi Universitas Kristen Duta Wacana. Maka secara resmi berdirilah Universitas Kristen Duta Wacana, pada 31 Oktober 1985 walaupun secara operasional sudah mulai berjalan sejak bulan Mei 1985.

Hingga saat ini UKDW memiliki 6 fakultas (Theologia, Ekonomi, Teknologi Informasi, Arsitektur dan Desain, Biologi dan Kedokteran) dengan 9 Program Studi yaitu Theologia, Manajemen, Akuntansi, Arsitektur, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Desain Produk, Biologi dan Kedokteran untuk jenjang S1.

Selain itu, program S-2 dan S-3 juga sudah dibuka di institusi ini.

Universitas ini merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, dan telah mendapat banyak penghargaan.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.ukdw.ac.id

 

4. Universitas Kristen Indonesia Jakarta

Universitas Kristen lainnya yang termasuk terbaik di Indonesia adalah Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta.

Tidak lama setelah kemerdekaan Republik Indonesia (1945), beberapa tokoh nasional yang juga adalah pemuka-pemuka Kristen Indonesia tergerak dan merasa perlu untuk mendirikan Dewan Gereja di Indonesia (DGI) atau PGI.

Harapan tersebut baru terlaksana pada tanggal 25 Mei 1950. Di awal kegiatannya, lembaga ini juga telah memberikan perhatian yang cukup besar pada masalah pendidikan, karena ketika itu bangsa Indonesia sangat memerlukan sumber daya manusia untuk mengisi lapangan kerja dalam berbagai aspek kehidupan. Kebutuhan ini bersifat mendesak.

Atas dasar itulah maka DGI membentuk suatu komisi yang dipimpin oleh Prof. Dr. I.P. Simandjuntak MA. Komisi ini bertugas membuat suatu studi kelayakan untuk mendirikan universitas. Hasilnya dilaporkan kepada DGI. Sebagai tindak lanjutnya, DGI mengeluarkan resolusi mengenai Universiteit Kristen pada tanggal 30 Juni 1953.

Resolusi, yang ditandatangani oleh Ds. W.J. Rumambi selaku Sekretaris Umum DGI dalam Sidang lengkap DGI dari tanggal 20 s/d 30 Juni 1953, mengusulkan kepada semua gereja dan masyarakat Kristen di Indonesia untuk membantu sepenuhnya pendirian Universiteit Kristen, baik secara moril maupun materiel.

Beranjak dari resolusi tersebut, maka tokoh-tokoh Kristen Indonesia, yakni Mr. Todung Sutan Gunung Mulia, Mr. Yap Thiam Hien, Benjamin Thomas Philip Sigar, atas nama gereja-gereja yang tergabung dalam DGI, mendirikan Yayasan Universitas Kristen Indonesia di hadapan notaris Raden Kadiman, dengan nomor akta 117, tertanggal 18 Juli 1953.

Anggota Yayasan kemudian diperbesar dengan kehadiran Elviannus Katoppo, Ong Jan Hong MD, Aminudin Pohan MD, Seri Condar Nainggolan MD, Benjamin Prawirohadmodjo, Pdt. Komarlin Tjakraatmadja, Gerrit Siwabessy MD, Tan Tek Heng, dan J.C. Simorangkir.

Tiga bulan kemudian, yaitu pada tanggal 15 Oktober 1953, diresmikanlah Universitas Kristen Indonesia (UKI) yang terdiri dari (a) Fakultas Sastra dan Filsafat dengan sub-sub fakultasnya adalah Pedagogik dan Sastra, dan (b) Fakultas Ekonomi. Ketika itu, perkuliahan dan kegiatan administrasi masih berlangsung di gedung HSK, yang terletak di Jalan Diponegoro 86, dan di 3 buah flat di Jalan Salemba 10 Jakkarta.

Di dalam perjalanan pengabdiannya, didirikanlah Fakultas Hukum (1956), Fakultas Kedokteran (1962), Fakultas Teknik (1963), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (1995).

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.uki.ac.id

 

5. Universitas Kristen Maranatha Bandung

 Universitas Kristen lainnya yang termasuk terbaik di Indonesia adalah Universitas Kristen Maranatha Bandung, Jawa Barat.

Berdirinya Universitas Kristen Maranatha tidak terlepas dari hasil perjuangan para mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI) Immanuel yang berjumlah 130 orang, yang telah menyatakan melepaskan diri dari UKI Immanuel pada tanggal 4 Juli 1964 bertempat di Lyceum Jln. Ir. H Juanda Bandung.

Pada tanggal 29 Desember 1984, bertempat di Lycuem Bandung, diadakan pertemuan para tokoh tokoh gereja dan masyarakat Kristen, dalam rangka memeceahkan kesulitan yang di hadapi oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran yang melepaskan diri dari UKI Immanuel.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Gereja-gereja Kristen, Sinode GKI dan Sinode GKP, DGI, PIKI, Yayasan Pendidikan Kristen, Majelis Daerah Pendidikan Kristen (MDKP), para pendeta, dermawan dan cendekiawan.

Pada pertemuan itu muncul kesepakatan untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi Kristen yang baru di Bandung, yang didukung oleh Gereja Kristen Indonesia (GKI) dan Gereja Kristen Pasundan (GKP).

Pada 14 Juni 1965, dibuat akta pendirian Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Maranatha oleh notaris Lie Kwee Nio di Bandung. Ketua Yayasan PTK Maranatha dijabat oleh dr. J.E. Siregar dari GKP.

Pada 11 September 1965 bertempat di GKI-Jabar Jl. Kebon Jati Bandung, diresmikan berdirinya Universitas Kristen Marantaha dengan hanya satu fakultas yaitu Fakultas Kedokteran, kemudian menyusul Fakultas Teknik dengan jurusan Teknik Sipil dan Fakultas Psikologi serta Fakultas sastra Jurusan Sastra Inggris pada tahun-tahun berikutnya.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.maranatha.edu

 

6. Universitas Kristen Krida Wacana Jakarta

Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) merupakan salah satu universitas Kristen terbaik di Indonesia.

Universitas ini berdiri dengan nama Universitas Djaya atas prakarsa beberapa tokoh Gereja Kristen Indonesia Jawa Barat (GKI Wilayah Jabar) didukung Prof. Dr. G.A. Siwabessy (Menteri Kesehatan pada saat itu) beserta Ny. Pdt. Rumambi-Kolopita (istri menteri penerangan pada saat itu).

Universitas ini adalah kelanjutan dari sekolah-sekolah di bawah BPK Penabur (TK, SD, SMP, SMU).

Karena adanya keharusan memisahkan pengelolaan antara pendidikan dasar, menengah, dan umum dengan pendidikan tinggi, maka sejak tanggal 22 November 1990, pengelolaan Ukrida dipisahkan dari BPK Penabur ke Yayasan Pendidikan Tinggi Kristen (YPTK) Krida Wacana.

Kemudian nama Universitas Kristen Djaya resmi berganti pada tanggal 8 Februari 1992 menjadi Universitas Kristen Krida Wacana.

Kegiatan belajar-mengajar sejak tahun 1985 hingga saat ini berada di Kampus I Tanjung Duren; sebelumnya diselenggarakan di Kampus Gunung Sahari, Jakarta Pusat. UKRIDA lalu mendirikan Kampus II di Jalan Terusan Arjuna No. 6, khususnya untuk Fakultas Kedokteran. Dan Kampus III di Wilcon Sentra Bisnis Blok A 6A/11, khusus untuk Fakultas Ekonomi – Bussiness Management.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.ukrida.ac.id

 

7. Universitas Pelita Harapan Karawaci

Universitas Kristen berikutnya yang termasuk terbaik di Indonesia adalah Universitas Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang-Banten.

Universitas Pelita Harapan didirikan pada bulan September 1994 oleh Ir. Johannes Oentoro dan Dr. (HC) James Riady (Lippo Group). Awalnya UPH menempati gedung sementara di Gedung Lippo Bank, Kedoya, Jakarta, kemudian pindah ke gedung Menara Asia, di kota mandiri Lippo Karawaci, Tangerang.

Tanggal 27 September 1994 kegiatan perkuliahan dimulai di Menara Asia dengan kurang lebih 250 mahasiwa di 3 fakultas dan 8 jurusan, sementara pembangunan gedung UPH Tower berjalan.

Tahun 1995, semua kegiatan perkuliahan dipindahkan ke UPH Tower.

Sejalan dengan pertumbuhan jumlah mahasiswa dan pertambahan jurusan, pembangunan gedung kuliah juga bertambah, Gedung D (2004), Gedung E (2005), Gedung C (2006), UPH Business School (2008).

Pada tahun 2006, UPH juga membuka kelas internasional bagi mereka yang ingin mendapatkan gelar Sarjana di Indonesia. Sedangkan untuk program S2 Master, UPH membuka kelas di kawasan Semanggi, Jakarta.

UPH juga membuka cabang di luar Jabodetabek, yaitu di Surabaya, Jawa Timur, dengan 6 program sarjana S-1 dan 2 program S-2 master, dan di Medan, Sumatera Utara.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.uph.edu

 

8. Universitas HKBP Nommensen Medan

 Universitas Kristen lainnya yang termasuk terbaik di Indonesia adalah Universitas HKBP Nommensen, Medan, Sumatera Utara.

Universitas HKBP Nommensen merupakan milik sinode gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP). Universitas ini didirikan pada 7 Oktober 1954. Namanya diambil dari nama Ingwer Ludwig Nommensen, seorang penginjil asal Jerman yang membawa Injil ke Tanah Batak,  Sumatera Utara pada akhir abad ke-19.

Suara untuk mendirikan Universitas HKBP Nommensen pertama kali lahir di Sinode Agung HKBP tahun 1952, sebagai respons atas permintaan masyarakat dan tugas pelayanan yang diemban. Sinode Agung menerima usulan tersebut dan membentuk suatu Panitia Persiapan Pendirian dengan jangka waktu kerja satu tahun.

Pada tanggal 7 Oktober 1954, bertepatan dengan Ulang Tahun ke-73 HKBP, Universitas HKBP Nommensen diresmikan. Waktu pembukaannya, Universitas ini memiliki tiga Fakultas yaitu: Fakultas Hukum,

Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Theologia, yang pada tahun memisahkan diri menjadi sekolah tinggi teologia HKBP.

Kemudian menyusul dibuka Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik tahum 1961, FKIP tahun 1962, Fakultas Teknik tahun 1975, Fakultas Peternakan tahun 1976, Fakultas Pertanian tahun 1984, Fakultas Bahasa dan Seni tahun 1987, Fakultas psikologi tahun 2001, Program Pasca Sarjana tahun 2003 dan Fakultas Kedokteran pada tahun 2008.

Saat ini Universitas HKBP Nommensen terdiri dari 11 Fakultas dan 33 program studi untuk tingkat Sarjana dan Pasca Sarjana serta memiliki dua lokasi kampus, di Medan dan Pematangsiantar.

Di Pematangsiantar Universitas HKBP memiliki kampus Fakultas Keguruan dan Pendidikan dan Fakultas Pascasarjana untuk program Magister Manajemen (MM) dan Magister Pendidikan Bahasa Inggris, serta auditorium dan asrama mahasiswa.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.uhn.ac.id

 

9. Universitas Methodist Indonesia Medan

Universitas Kristen berikutnya yang termasuk terbaik di Indonesia adalah Universitas Metodist Indonesia, Medan.

Berdirinya Universitas Methodist Indonesia Medan (UMI) tidak terlepas dari prakarsa seorang warga jemaat Alm. Drs. F. Hutagalung yang dicetuskannya pada konferensi tahunan Gereja Methodist Indonesia (GMI) yang berlangsung di Medan dari tanggal 26 sampai tanggal 31 Januari 1945, dan prakarsa tersebut mendapat sambutan positif dan merupakan salah satu keputusan Konferensi GMI tersebut.

Dengan berbekal fasilitas yang sangat minim, maka pada tanggal 1 Agustus 1965 berdirilah Perguruan Tinggi Methodist Indonesia (PTMI) Medan yang saat itu perkuliahan dilaksanakan di Pergurun Kristen Methodist Indonesia di Jl.Thamrin No.58 (PKMI 2 sekarang).

Pada tahun 1967 PTMI membuka Fakultas Jurusan Mesin. Pada tahun 1968 PTMI kembali membuka Fakultas Kedokteran.

Maka sesuai undang-undang nomor 22 tahun 1961 tentang perguruan tinggi yang dikelola pihak PTMI dengan persyaratan 2 fakultas eksakta dan 2 fakultas non eksakta maka Perguruan Tinggi Methodist Indonesia (PTMI) berubah menjadi Universitas Methodist Indonesia Medan yang disingkat dengan UMI Medan pada tanggal 4 September 1969.

Setelah memenuhi standard untuk Universitas maka melalui konferensi Agung 1 Gereja Methodist Indonesia Medan tanggal 12 sampai dengan 16 Februari 1969 ditetapkan bahwa kampus UMI Medan berlokasi di Jl.Hang Tuah No.8 Medan.

Awal perwujudan tersebut ditandai dengan diresmikannya gedung kampus II yang baru pada tanggal 22 Juni 1993 yang terletak di Jl. Setia Budi pasar II Tanjung Sari Medan, dan kegiatan perkuliahan Fakultas Kedokteran dan Fakultas Pertanian dipindahkan ke kampus II. Pada tahun 2001/2002 pihak Universitas membuka Diploma 3 (D-3) dengan program studi Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi.

Pada akhir genap semester T.A 2004/2005 Universitas Methodist Indonesia Medan kembali membuka satu Fakultas baru yaitu Fakultas Ilmu Komputer dengan mengasuh dua program studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.methodist.ac.id atau www.umimedan.ac.id

 

10. Universitas Kristen Indonesia Tomohon

Universitas Kristen lainnya yang termasuk terbaik di Indonesia adalah Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT), Tomohon, Sulawesi Utara.

Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT) dalam perkembangannya telah menelusuri sejarah yang panjang, dimulai ketika Sekolah Pembantu Penginjilan didirikan pada 1 November 1868. Hingga tahun 1886, sekolah ini kemudian menjadi cikal bakal berdirinya School tot Opleiding van Inlandse Leeraaren (STOVIL).

Masa pendudukan Jepang kala itu dan situasi pasca Perang Dunia II mengakibatkan proses belajar-mengajar di STOVIL terhenti. Kevakuman kegiatan pendidikan Teologi ternyata menjadi perhatian Ds. A.Z.R Wenas yang kala itu menjabat Ketua Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) beserta seluruh jajarannya, hingga melahirkan keputusan pendirian Perguruan Tinggi Theologia (PPTh) di Tomohon pada 7 Oktober 1962.

Hingga tepat tanggal 19 Oktober 1964 disepakatilah pendirian Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT) dengan menunjuk Prof. S.J. Warouw sebagai Rektor. Ketika itu UKIT memiliki empat fakultas, yaitu: Fakultas Teologia, Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA), Fakultas Psikologi, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Penahbisan UKIT untuk beroperasi secara resmi dilakukan di Gereja Sion 20 Februari 1965. Sebuah lembaga yang ditunjuk untuk melayani kegiatan operasional UKIT pada awal berdirinya adalah Yayasan Perguruan Tinggi Kristen (YPTK) pada 12 Juli 1965.

Fakultas di UKIT memiliki beberapa program studi baik di tingkat sarjana, magister, maupun doktor. UKIT bertanggungjawab sepenuhnya kepada sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM).

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.ukit.ac.id

 

11. Universitas Klabat, Airmadidi

Universitas Kristen lainnya yang termasuk terbaik di Indonesia adalah Universitas Klabat (UNKLAB) Airmadidi, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Universitas ini didirikan pada tahun 1965 dengan nama Perguruan Tinggi Klabat (PTK) yang dibina dan diawasi oleh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) melalui Yayasan Perguruan Tinggi Klabat.

Pada mulanya, perguruan tinggi ini didirikan untuk menghasilkan pendeta-pendeta dan guru-guru yang akan melayani kebutuhan khusus organisasi GMAHK di propinsi-propinsi di Sulawesi, Maluku, dan Irian Jaya.

Ketika pada tahun 1970 PTK diubah menjadi Sekolah Tinggi Klabat (STK), maka dikembangkan program Sarjana Muda Empat Tahun untuk program studi Teologia dan Pendidikan Sekolah Menengah dan dibuka program D2 untuk program studi Sekretari dan Business Administration atau Commerce.

Selanjutnya program studi Commerce dikembangkan menjadi program sarjana muda yang diikuti dengan program studi sarjana muda Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Agama untuk memperluas pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat yang lebih luas.  Kemudian pada tahun 1982 terjadi perubahan dari STK menjadi Universitas Klabat.

Sekarang UNKLAB memiliki 1 Program Pascasarjana, 7 fakultas dan 1 akademi, yaitu: Pascasarjana Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Fakultas Filsafat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Pertanian, dan Akademi Sekretari Klabat.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.unklab.ac.id

 

12. Institut Teknologi Harapan Bangsa Bandung

Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) Bandung, merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kristen terbaik di Indonesia.

Institut Teknologi Harapan Bangsa didirikan pada tahun 2002 di bawah naungan Yayasan Petra Harapan Bangsa. Visi ITHB adalah menjadi perguruan tinggi yang dikenal dalam skala regional sebagai lembaga yang mendidik pemimpin masa depan yang memiliki potensi berstandar global, karakter unggul, dan komitmen pada panggilan hidup yang jelas.

Kendati masih tergolong baru, institusi ini mempunyai kualitas akademik yang tidak perlu diragukan lagi. Banyak tenaga dosennya lulusan dari Institut Teknologi Bandung (ITB), salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia, serta dari universitas luar negeri.

Nilai-nilai kristiani sangat ditekankan di kampus ini dan diterapkan dalam kehidupan para mahasiswa melalui acara-acara kerohanian yang diadakan secara rutin di kampus tersebut.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.ithb.ac.id

 

13. Universitas Kristen Paulus Makassar

Universitas Kristen berikutnya yang termasuk terbaik di Indonesia adalah Universitas Kristen Paulus, Makassar, Sulawesi Selatan.

Universitas Kristen Indonesia Paulus, adalah perguruan tinggi swasta di Makassar, Indonesia yang tergabung dalam Kopertis Wilayah IX Sulawesi, berdiri pada tanggal 2 September 1963.

Rektor yang menjabat pada tahun 2014-2019 adalah Dr. Ir. Josefine Ernestine Latupeirissa, M.T, seorang perempuan.

Universitas Kristen Indonesia Paulus memiliki 3 fakultas, yaitu: Fakultas Ekonomi: Akuntansi dan Manajemen; Fakultas Hukum: Ilmu-ilmu Hukum. Dekan : Liberthin Palullungan, S.H., M.H; Fakultas Teknik: Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia dan Teknik Informatika.

Kampus ini juga telah membuka program S-2.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.ukipaulus.ac.id

 

14. Universitas Kristen Maluku Ambon

Universitas Kristen lainnya yang termasuk terbaik di Indonesia adalah Universitas Kristen Maluku (UKIM), Ambon, Maluku.

Universitas Kristen tersebut merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Theologia Gereja Protestan Maluku yang sudah ada dan yang pada dasarnya telah terbina dengan baik sesuai persyaratan yang dituntut oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada saat itu, Sekolah Tinggi Theologia Gereja Protestan Maluku mengemban tugas dan misi historis kelembagaan dari embrionya yaitu, School Tot Opleiding van Inlands Leraars, disingkat STOVIL yang didirikan tahun 1885. Tahun 1949, STOVIL berganti nama menjadi Sekolah Theologia Gereja Protestan Maluku.

Selanjutnya Badan Pekerja Harian Sinode Gereja Protestan Maluku membentuk Yayasan Perguruan Tinggi Gereja Protestan Maluku, disingkat YAPERTI GPM, dengan tugas utama menyelenggarakan Universitas Kristen Indonesia Maluku untuk dan atas nama Gereja Protestan Maluku selaku pemilik.

Atas dasar ketetapan tersebut, Universitas Kristen Indonesia Maluku didirikan dengan Surat Keputusan Badan Pekerja Harian Sinode Gereja Protestan Maluku, tanggal 8 Agustus 1985.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.ukim.ac.id

 

15. Universitas Kristen Artha Wacana Kupang

Universitas Kristen berikutnya yang termasuk terbaik di Indonesia adalah Universitas Kristen Artha Wacana, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Universitas Kristen Artha Wacana Kupang hadir dengan mengemban misi gereja pendirinya yakni Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) dan Gereja Kristen Sumba (GKS) untuk melayani jemaat, lewat layanan pendidikan tinggi.

Sejarah Kehadiran UKAW Kupang dimulai dari Akademi Teologia Kupang (ATK) yang berdiri 1971, kemudian dikembangkan menjadi Sekolah Tinggi Teologia (STT) tahun 1980. Selanjutnya pada tanggal 04 September 1985 dikembangkan lagi menjadi Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW).

Pada tahun 2015, jumlah mahasiswa aktif mencapai 7.876 mahasiswa, dengan jumlah dosen 189 terdiri dari 126 dosen tetap dan 63 dosen kontrak dan dosen luar biasa.

Universitas ini diberi nama “Universitas Kristen Artha Wacana” yang memiliki makna bahwa pemilik sebenarnya dari Universitas ini adalah TUHAN ALLAH sendiri yang kita kenal melalui dan di dalam diri Yesus Kristus, melalui kedua Gereja pendiri.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.ukaw.ac.id

 

16. Universitas Advent Bandung

Universitas Kristen selanjutnya yang termasuk terbaik di Indonesia adalah Universitas Advent Bandung.

Universitas Advent Indonesia (UNAI) berasal dari suatu sekolah pendidikan yang didirikan di Cimindi pada tahun 1929 bernama Opleiding School der Advent Zending, suatu sekolah untuk pendidikan penginjil-penginjil Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh.

Dalam perkembangannya, sekolah dipindahkan ke Gadobangkong, Cimahi, pada 1938. Namun dampak Perang Dunia Kedua yang terasa sampai ke Indonesia memaksa sekolah ini ditutup pada tahun 1942.

Setelah Perang Kedua Dunia Kedua berakhir, sekolah tersebut dibuka kembali pada tahun 1948 dengan nama baru, Indonesia Union Seminary (IUS). Nama perguruan tinggi ini pun diganti menjadi Perguruan Tinggi Advent (PTA).

Dengan semakin berkembangnya program studi pada jurusan Keguruan & Ilmu Pendidikan, maka pada tahun 1971 namanya diubah lagi menjadi Institut Theologia & Keguruan Advent (ITKA), lalu menjadi Universitas Advent Indonesia (UNAI).

Universitas Advent Indonesia memiliki enam fakultas, yaitu: Fakultas Filsafat, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknologi Informasi. Selain itu sekarang telah dibuka 2 program Pasca Sarjana.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.unai.edu

 

17. Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta

Universitas Kristen lainnya yang termasuk terbaik di Indonesia adalah Universitas Kristen Immanuel, Yogyakarta.

Universitas Kristen Immanuel (UKRIM) didirikan pada tanggal 21 Juni 1982, diasuh oleh Yayasan Iman Indonesia. Sebagai pimpinan Yayasan Iman Indonesia adalah DR. Chris Marantika. Nama-nama pendiri Yayasan adalah: DR. Chris Marantika, DR. Daniel Marantika, John Remberth, B.Th, Titus Abraham, A.Y. Serworwora, SH

Untuk kegiatan akademiknya Universitas Kristen Immanuel (UKRIM) menggunakan bangunan milik sendiri seluas 7.076,42 m2 di atas tanah area 40.141 m2 yang beralokasi di Jl. Solo Km 11, 1 Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta.

Jumlah dosen /staf akademik 107 orang dengan 64 orang dosen tetap dan 43 orang staf paruh waktu. Untuk meningkatkan mutu staf akademik, UKRIM terus mengutus stafnya untuk studi lanjut. Sampai dengan September 2002 jumlah dosen yang sedang studi lanjut ada 13 orang untuk program S2 dan S3 (90 % Dosen bergelar S2 dan S3).

Jumlah mahasiswa aktif pada semester gasal 2002/2003 : 855 orang.

Sampai dengan September 2003 ini jumlah lulusan ada 1442 yang bekerja dalam bermacam-macam instansi/perusahaan baik negeri maupun swasta.

Dalam rangka mendekatkan mahasiswa dengan industri dan profesional maka setiap mahasiswa diwajibkan mengambil mata kuliah kewirausahaan, sehingga calon sarjana UKRIM tidak canggung untuk menjadi profesional yang siap pakai maupun calon pengusaha yang menciptakan lapangan pekerjaan.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.ukrimuniversity.ac.id

 

18. Universitas Kristen Toraja

Universitas Kristen lainnya yang termasuk terbaik di Indonesia adalah Universitas Kristen Toraja, Sulawesi Selatan.

Universitas Kristen Indonesia Toraja disingkat UKI Toraja adalah Perguruan Tinggi yang didirikan Gereja Toraja pada tahun 1967. Pendirian Perguruan Tinggi ini merupakan salah satu wujud keterpanggilan pelayanan dan kepedulian sinode Gereja Toraja untuk turut serta dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa dalam terang iman Kristen.

Kehadiran UKI Toraja di daerah Tana Toraja, diharapkan akan memudahkan dan memungkinkan masyarakat sekitarnya mendapatkan pendidikan tinggi, sehingga kelak mereka dapat bersama-sama dengan masyarakat lainnya untuk membangun dan memajukan bangsa dan negara. Dalam hal ini, Tana Toraja diupayakan akan berkembang menjadi daerah pendidikan, sehingga melalui pendidikan, daerah ini dapat menjadi berkat bagi banyak orang.

Dalam mengemban tugas panggilan sebagaimana yang diamanatkan di atas, UKI Toraja dibina dan dikembangkan dalam semangat melayani dengan motto: “menjadi berkat bagi semua”.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.ukitoraja.ac.id

 

19. Universitas Kristen Papua Sorong

Universitas Kristen Papua (UKIP), Sorong, Papua Barat, merupakan salah satu universitas Kristen terbaik di Indonesia.

Universitas Kristen Papua (disingkat UKiP atau UKIP) merupakan perguruan tinggi swasta di Sorong, Papua Barat, yang dikelola oleh Yayasan Universitas Kristen Papua (YUKIP).

Universitas Kristen Papua (UKiP) Sorong didirikan oleh Yayasan Pendidikan Kristen Neria Papua (YPNKP), yaitu sebuah lembaga yang dibentuk oleh anak-anak Tuhan yang sadar akan kebutuhan pendidikan di tanah Papua serta misi dalam perluasan pelayanan Kristen oleh  Lembaga Gereja Bethel Indonesia (GBI) di Tanah Papua.

Universitas Kristen Papua (UKiP) Sorong didirikan pada tanggal 5 Februari 2004 dengan membuka 6 (enam) Fakultas dan memiliki 10 (sepuluh) Program Studi (Prodi).

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.ukipsorong.ac.id

 

20. Universitas Halmahera Tobelo

Universitas Kristen lainnya yang termasuk terbaik di Indonesia adalah Universitas Kristen Halmahera, Tobelo, Halmahera Utara, Maluku Utara.

Universitas Halmahera (UNIERA) Tobelo merupakan perguruan tinggi yang bertumbuh kembang melalui suatu proses sejarah dan dimulai dari sebuah Akademi Teologi yang didirikan pada 1 September 1967 di Ternate oleh Gereja Masehi Injili di Halmahera (GMIH).

Pada tahun 1985, Akademi Teologi berubah menjadi Sekolah Tinggi Teologi (STT) GMIH.

Selanjutnya, Sidang Sinode GMIH XXIII tahun 1992 di Daruba-Morotai memutuskan agar STT GMIH dikembangkan menjadi universitas.

Menanggapi keputusan tersebut, Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Halmahera pada tahun 2006 mulai merancang skenario pengembangan STT GMIH menjadi universitas yang meliputi studi banding, studi kelayakan dan penyusunan draft akhir pengembangan serta pengajuan ijin penyelenggaraan pendidikan tinggi kepada Departemen Pendidikan Nasional RI di Jakarta.

Pergumulan panjang untuk menghadirkan sebuah perguruan tinggi dalam rangka menjawab kebutuhan akan sumber daya manusia akhirnya terjawab setelah Menteri Pendidikan Nasional pada tanggal 22 September 2008 menerbitkan Surat Keputusan bernomor 200/D/O/2008 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program-Program Studi Baru dan Perubahan Bentuk STT GMIH menjadi Universitas Halmahera.

Universitas Halmahera memulai kuliah perdana pada 1 September 2008 sedangkan acara peresmian pembukaan universitas dilaksanakan pada 11 Oktober 2008 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI yang diwakili Koordinator Kopertis Wilayah XII.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.uniera.ac.id

 

Itulah 20 universitas Kristen terbaik di Indonesia saat ini.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

22 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!