Loading...
Loading...

20 Universitas Kristen Terbaik Di Indonesia

 

Universitas Kristen terbaik di Indonesia

Artikel ini membahas tentang universitas Kristen terbaik di Indonesia.

Peran universitas sebagai perguruan tinggi sangatlah penting dalam mencetak generasi muda untuk menjadi para pemimpin masa depan bangsa.

Dari sekian banyak perguruan tinggi (universitas, institut, sekolah tinggi)  yang ada di Indonesia saat ini, terdapat beberapa perguruan tinggi Kristen.

Baca juga: 20 Sekolah Alkitab Terbaik Di Indonesia.

Perguruan tinggi Kristen adalah universitas atau institut yang didirikan oleh seorang Kristen atau sekelompok Kristen, dengan dilandasi nilai-nilai Kristen, di mana sebagian besar pimpinan yayasan dan institusi, dosen dan stafnya adalah orang Kristen, sekalipun universitas/institut tersebut tidak selalu memakai nama “Kristen”.

Dari sekian banyak perguruan tinggi Kristen tersebut, di sini didaftarkan 20 di antaranya, yang dianggap terbaik saat ini di Indonesia. Perguruan tinggi tersebut terdiri dari 19 universitas dan 1 institut. Semua perguruan tinggi ini sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Republik Indonesia.

Baca juga: 7 Perguruan Tinggi Kristen Negeri Di Indonesia

Kriteria yang dipakai dalam melakukan penilaian antara lain adalah: usia perguruan tinggi, prestasi, kualitas dosen dan para alumni, gedung kampus, sarana dan prasarana perkuliahan, serta – yang terutama- nilai akreditasi institusi dan program-program studinya dari BAN-PT.

Namun perlu ditekankan di sini bahwa ini bukanlah daftar resmi dari pihak pemerintah atau pihak mana pun, hanya berdasarkan penilaian yang saya lakukan berdasarkan penelitian saya sendiri.

Bahan-bahan utama dalam penulisan artikel ini terutama berasal dari Wikipedia dan website universitas yang bersangkutan.

Berikut daftar universitas/institut yang termasuk ke dalam 20 universitas Kristen terbaik di Indonesia saat ini.

 

1. Universitas Kristen Petra Surabaya

Universitas Kristen pertama yang tergolong ke dalam 20 universitas Kristen terbaik di Indonesia adalah Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Universitas Kristen Petra (disingkat UK Petra atau UKP) didirikan pada 22 September 1961 atas prakarsa dari beberapa pendiri Perhimpunan Pendidikan dan Pengajaran Kristen Petra  (PPPK Petra), sebuah perhimpunan Kristen yang didirikan pada tahun 1951 untuk menyelenggarakan pendidikan taman kanak-kanak hingga pendidikan menengah.

Ide mendirikan Universitas Petra telah tercetus sejak tahun 1956, dan dihembuskan kembali pada tahun 1960, setelah pendiri PPPK Petra, Tan Tjiauw Yong dan Tan Gie Djien bertemu dengan Brigjen TNI Prof. Dr. Moestopo dalam Kongres Persatuan Dokter Gigi di Bandung, yang telah mendirikan Universitas Moestopo di Jakarta.

Pada 22 September 1961 secara resmi diumumkan berdirinya Universitas Kristen Petra dengan fakultas Sastra sebagai fakultas pertama dan satu tahun kemudian pada tahun 1962 berdirilah Fakultas Teknik Sipil.

Pada tahun 1964 didirikanlah Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Petra (YPTK Petra) yang beranggotakan wakil dari PPPK Petra, tokoh-tokoh Kristen, dan didukung oleh 6 gereja Protestan di Surabaya.

Saat ini Universitas Kristen Petra telah berkembang pesat menjadi salah satu universitas yang ternama di Indonesia dengan memiliki 10.000 mahasiswa dari dalam maupun luar negeri.

Pendidikan yang diselenggarakan meliputi program Pascasarjana dan Strata 1 (S1) yang terdiri dari enam Fakultas yaitu: Fakultas Sastra, Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Seni & Desain, serta Fakultas Ilmu Komunikasi.

Dalam pengembangannya, pada tahun 2013, UK Petra mulai membangun gedung baru yang merupakan gedung universitas ramah lingkungan pertama di Surabaya.

Perpustakaan universitas Kristen Petra merupakan perpustakaan yang terbesar dan terlengkap di Jawa Timur saat ini.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.petra.ac.id

 

2. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Universitas Kristen lainnya yang termasuk terbaik di Indonesia adalah Universitas Kristen Satya Wacana.

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) adalah sebuah universitas swasta tertua dan salah satu yang terbaik di Indonesia, terletak di Salatiga, Jawa Tengah.

Universitas ini berawal dari Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Kristen Indonesia pada 30 November 1956, dipelopori oleh DR. Oeripan Notohamidjojo, SH. Pada tahun 1959 berubah nama menjadi FKIP Kristen Indonesia Satya Wacana, kemudian pada tanggal 5 Desember 1959 menjadi Universitas Kristen Satya Wacana.

Universitas Kristen Satya Wacana didukung oleh 18 Sinode Gereja di Indonesia.

Selain kerja sama dengan institusi pendidikan dan nonpendidikan dalam negeri, UKSW juga memiliki kerja sama dengan beberapa institusi luar negeri.

Pada saat ini UKSW memiliki 56 Program Studi yang terdiri dari 4 Program Studi Diploma 3, 39 Program Studi Sarjana (S1), 10 Program Studi Magister (S2), dan 3 Program Studi Doktoral (S3).

Ada banyak prestasi yang telah dicapai universitas ini.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.uksw.edu

 

3. Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta

Universitas Kristen lainnya yang termasuk terbaik di Indonesia adalah Universitas Kristen Duta Wacana.

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) didirikan pada tahun 1985 sebagai pengembangan dari Sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana yang berdiri sejak 31 Oktober 1962 hasil penggabungan antara Akademi Theologia Jogjakarta dan Sekolah Theologia Bale Wiyata, Malang.

Sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana ini dibentuk sebagai jawaban akan harapan gereja-gereja untuk meningkatkan mutu pendidikan para pelayan jemaatnya melalui pendidikan tinggi yang setara dengan universitas.

Dukungan tidak hanya datang dari pemerintah tetapi juga dari gereja dengan semakin banyaknya gereja yang menjadi pendukung Duta Wacana.

Gereja-gereja pendukung ini kemudian sepakat untuk meningkatkan pelayanannya dengan mengembangkan sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana menjadi Universitas Kristen Duta Wacana. Maka secara resmi berdirilah Universitas Kristen Duta Wacana, pada 31 Oktober 1985 walaupun secara operasional sudah mulai berjalan sejak bulan Mei 1985.

Hingga saat ini UKDW memiliki 6 fakultas (Theologia, Ekonomi, Teknologi Informasi, Arsitektur dan Desain, Biologi dan Kedokteran) dengan 9 Program Studi yaitu Theologia, Manajemen, Akuntansi, Arsitektur, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Desain Produk, Biologi dan Kedokteran untuk jenjang S1.

Selain itu, program S-2 dan S-3 juga sudah dibuka di institusi ini.

Universitas ini merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, dan telah mendapat banyak penghargaan.

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.ukdw.ac.id

 

4. Universitas Kristen Indonesia Jakarta

Universitas Kristen lainnya yang termasuk terbaik di Indonesia adalah Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta.

Tidak lama setelah kemerdekaan Republik Indonesia (1945), beberapa tokoh nasional yang juga adalah pemuka-pemuka Kristen Indonesia tergerak dan merasa perlu untuk mendirikan Dewan Gereja di Indonesia (DGI) atau PGI.

Harapan tersebut baru terlaksana pada tanggal 25 Mei 1950. Di awal kegiatannya, lembaga ini juga telah memberikan perhatian yang cukup besar pada masalah pendidikan, karena ketika itu bangsa Indonesia sangat memerlukan sumber daya manusia untuk mengisi lapangan kerja dalam berbagai aspek kehidupan. Kebutuhan ini bersifat mendesak.

Atas dasar itulah maka DGI membentuk suatu komisi yang dipimpin oleh Prof. Dr. I.P. Simandjuntak MA. Komisi ini bertugas membuat suatu studi kelayakan untuk mendirikan universitas. Hasilnya dilaporkan kepada DGI. Sebagai tindak lanjutnya, DGI mengeluarkan resolusi mengenai Universiteit Kristen pada tanggal 30 Juni 1953.

Resolusi, yang ditandatangani oleh Ds. W.J. Rumambi selaku Sekretaris Umum DGI dalam Sidang lengkap DGI dari tanggal 20 s/d 30 Juni 1953, mengusulkan kepada semua gereja dan masyarakat Kristen di Indonesia untuk membantu sepenuhnya pendirian Universiteit Kristen, baik secara moril maupun materiel.

Beranjak dari resolusi tersebut, maka tokoh-tokoh Kristen Indonesia, yakni Mr. Todung Sutan Gunung Mulia, Mr. Yap Thiam Hien, Benjamin Thomas Philip Sigar, atas nama gereja-gereja yang tergabung dalam DGI, mendirikan Yayasan Universitas Kristen Indonesia di hadapan notaris Raden Kadiman, dengan nomor akta 117, tertanggal 18 Juli 1953.

Anggota Yayasan kemudian diperbesar dengan kehadiran Elviannus Katoppo, Ong Jan Hong MD, Aminudin Pohan MD, Seri Condar Nainggolan MD, Benjamin Prawirohadmodjo, Pdt. Komarlin Tjakraatmadja, Gerrit Siwabessy MD, Tan Tek Heng, dan J.C. Simorangkir.

Tiga bulan kemudian, yaitu pada tanggal 15 Oktober 1953, diresmikanlah Universitas Kristen Indonesia (UKI) yang terdiri dari (a) Fakultas Sastra dan Filsafat dengan sub-sub fakultasnya adalah Pedagogik dan Sastra, dan (b) Fakultas Ekonomi. Ketika itu, perkuliahan dan kegiatan administrasi masih berlangsung di gedung HSK, yang terletak di Jalan Diponegoro 86, dan di 3 buah flat di Jalan Salemba 10 Jakkarta.

Di dalam perjalanan pengabdiannya, didirikanlah Fakultas Hukum (1956), Fakultas Kedokteran (1962), Fakultas Teknik (1963), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (1995).

Untuk info lebih lanjut tentang universitas ini, silakan mengunjungi websitenya: www.uki.ac.id

Loading...
24 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!