25 Pengacara Terbaik Indonesia Beragama Kristen

Artikel ini berisi tentang pengacara terbaik Indonesia beragama Kristen/Katolik.

Pengacara, lawyer, kuasa hukum, adalah mereka yang  bertindak selaku pembela pada seseorang/sekelompok orang/organisasi (klien) yang sedang berurusan dengan hukum.

Para pengacara adalah orang-orang yang berpendidikan hukum dan telah mendapat izin sebagai pengacara/advokat/konsultan hukum.

Setiap orang atau badan hukum (organisasi, lembaga, korporasi) yang sedang berperkara mendapat hak untuk didampingi oleh satu orang atau lebih pengacara.

Tujuannya adalah agar orang tersebut terjamin hak-haknya dan tidak “dizolimi”.

Baca juga: 25 Politisi Indonesia Terpopuler Beragama Kristen

Karena itu kehadiran para pengacara sangat penting bagi para klien yang sedang berperkara.

Mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk membebaskan kliennya atau setidaknya meringankan hukuman dari kasus yang disangkakan kepadanya.

Baca juga: 10 Budayawan Indonesia Terpopuler Beragama Kristen

Para pengacara yang mempunyai klien tokoh-tokoh penting, seperti pejabat negara, politisi, dan artis, maupun organisasi/perusahaan besar akan menjadi sorotan dan menjadi populer.

Apalagi jika mereka berhasil memenangkan perkara kliennya, dalam arti menang dalam suatu sengketa atau bebas sari segala tuntutan hukum. Maka mereka akan semakin mendapat nama.

Baca juga: 100 Artis Indonesia Beragama Kristen Terpopuler

Mereka semakin diperhitungkan dan dianggap sebagai pengacara papan atas.

Belum lagi keuntungan materi yang mereka dapat. Itulah sebabnya banyak pengacara yang kaya raya.

Tentu saja seorang pengacara menjadi terkenal atau mempunyai banyak klien “besar” tidak terjadi begitu saja.

Mereka harus membuktikan dahulu kemampuan mereka dengan menangani sebuah kasus hukum, bahkan memenangkannya di pengadilan.

Baca juga: 50 Penyanyi Pria Indonesia Terbaik Beragama Kristen

Hanya dengan demikianlah mereka semakin dikenal, diakui, dan dipercaya oleh banyak klien, serta dianggap sebagai pengacara terbaik.

Artikel kali ini akan menyoroti 25 pengacara terbaik Indonesia beragama Kristen, Protestan dan Katolik.

Semua pengacara ini sudah berpengalaman dalam menangani berbagai kasus hukum, bahkan memenangkannya.

Baca juga: 20 Pelawak Indonesia Terpopuler Beragama Kristen

Sebagian dari antara mereka adalah pengacara kelas atas Indonesia yang reputasinya sudah tidak diragukan lagi.

Siapa sajakah 25 pengacara terbaik Indonesia beragama Kristen saat ini?

Berikut daftarnya, yang sebagian besar datanya diambil dan diolah dari wikipedia atau situs kantor hukum yang bersangkutan.

 

1. Hotma Sitompoel

Pengacara terbaik Indonesia beragama Kristen yang pertama adalah Hotma Sitompoel.

Hotma Sitompoel punya nama yang disegani di dunia hukum Indonesia, dan telah banyak menangani kasus hukum yang menyita banyak perhatian publik.
Sebut saja kasus tuduhan narkoba pada artis Raffi Ahmad serta kasus pembunuhan gadis kecil Engeline di Bali.
Hotma termasuk pengacara yang memiliki bayaran yang tinggi untuk setiap kasus yang dia tangani, konon bisa mencapai ratusan juta rupiah per kasusnya.
Tidak heran, Hotma adalah salah satu pengacara paling kaya di Indonesia.
Hotma Sitompoel memiliki firma hukumnya sendiri, Hotma Sitompoel & Associates.
Hotma juga membuka lembaga sosial yang memberikan konsultasi dan perlindungan hukum secara gratis pada masyarakat, yakni Lembaga Bantuan Hukum Mawar Saron.

2. Otto Hasibuan 

Otto Hasibuan adalah ketua umum DPP Ikadin selama dua periode, yakni 2003-2007 dan 2007-2012.
Selain itu juga ketua umum Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) untuk periode 2005-2015.
Selain aktif berorganisasi, dan sebagai pengacara dengan mendirikan firm hukum Otto Hasibuan & Associates, Otto juga menjadi dosen di sejumlah perguruan tinggi.

Atas dedikasinya dalam dunia hukum, pada Oktober 2014, Otto mendapatkan gelar Profesor kehormatan dari Universitas Jayabaya atas jasanya dalam menegakkan hukum dan keadilan di Indonesia setelah pengabdiannya selama 32 tahun sebagai advokat.

Sebagai advokat, banyak kasus yang telah ditanganinya yang berhasil menyedot perhatian masyarakat dan media.

Otto Hasibuan adalah salah satu anggota Tim Kuasa Hukum Jessica Kumala Wongso yang didakwa melakukan pembunuhan terhadap Mirna yang dikenal dengan kopi beracun sianida pada tahun 2016.

Otto juga menjadi salah satu kuasa hukum kasus dugaan korupsi E-KTP yang melibatkan Ketua DPR RI, Setya Novanto pada tahun 2017.

 

3. Frans Hendra Winarta

Frans Hendra Winarta adalah ketua umum dari Peradin (Persatuan Advokat Indonesia) periode 2013-2017.

Frans menjadi salah satu pengacara ternama Indonesia karena tingkat keberhasilannya dalam setiap menangani kasus hukum sangat tinggi.

Frans dikenal sebagai seorang advokat yang selalu memegang teguh hati nurani. Ia berani menolak kasus jika tahu kliennya memang bersalah.

Sebagai pengacara sukses dia telah beberapa penghargaan nasional maupun internasional.

Antara lain sebagai pengacara yang direkomendasikan sebagai Praktisi Penyelesaian Perselisihan (Dispute Resolution) di Indonesia, dan sebagai lawyer yang direkomendasikan oleh Asialaw, edisi 2005.

Sama seperti pengacara kondang Indonesia lainnya, Frans juga memiliki firma hukumnya sendiri, yaitu Frans Winarta & Partners.

 

4. Hotman Paris Hutapea

Hotman Paris Hutapea adalah salah satu  pengacara paling terkenal di Indonesia saat ini.

Saat ini ia bahkan punya show sendiri yang tayang setiap minggunya di salah satu televisi swasta.

Selain karena banyak kasus besar yang ditanganinya, juga karena kasus-kasus tersebut melibatkan figur-figur populer, khususnya para artis.

Karena itu Hotman adalah salah satu pengacara yang kaya, dan yang kerap memamerkan kekayaanya.

Dia memiliki beberapa koleksi mobil mewah seperti Ferrari, Lamborghini, Cadillac Escalade, Bentley, dan Audi.

Namun Hotman Paris juga merupakan sosok yang suka menolong sesama, dia tidak segan-segan menjadi seorang pengacara untuk sebuah kasus yang menjerat orang-orang kelas ekonomi bawah yang tidak punya uang untuk mendapatkan perlindungan hukum.

Hotman Paris punya firma hukum sendiri bernama Hotman Paris Hutapea & Partners sejak tahun 1999.

 

5. Juniver Girsang 

Juniver Girsang adalah salah satu pengacara top di Indonesia yang sudah mulai berkarir di dunia hukum Indonesia sejak tahun 1987.

Juniver sudah banyak menangani kasus besar, seperti menjadi salah satu kuasa hukum Firman Wijaya dalam menghadapi gugatan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan kasus korupsi Mall Grand Indonesia.

Juniver Girsang pernah membentuk tim pembela pancasila bersama para petinggi kepolisian dan para Advokat Indonesia guna mempertahankan pancasila sebagai ideologi negara dari pihak-pihak yang ingin menggantinya.

 

6. Luhut M Pangaribuan 

Luhut Pangaribuan sejak lama telah dikenal sebagai pengacara beken di Indonesia, yang telah menangani banyak kasus hukum.

Salah satu kasus yang paling dikenal adalah ketika dia membela sesama rekan pengacara, Adnan Buyung Nasution, yang saat itu terancam akan disingkirkan dari praktik advokat oleh pemerintah.

Luhut Pangaribuan juga merupakan akademisi hukum yang disegani.

Dia juga telah banyak menulis buku-buku hukum best seller, mulai dari Hukum Acara Pidana, Hukum Pidana Khusus, dan Pengadilan Hukum dan Advokat.

 

7. Albert Hasibuan 

Albert Hasibuan adalah seorang advokat senior yang telah banyak menangani kasus-kasus hukum besar.

Pada tahun 1971, bersama Adnan Buyung Nasution, ia mendirikan lembaga hukum, Lembaga Bantuan Hukum (LBH).

Albert Hasibuan adalah anggota Komnas HAM, sejak tahun 1993 hingga 2002.

Saat menjadi anggota Komnas HAM, ia pernah menjadi Ketua Penyelidik Pelanggaran (KPP) HAM Timtim (1999), KPP HAM Abepura (2000), Ketua KPP HAM Trisakti, Semanggi I dan Semanggi II (2001).

Albert Hasibuan pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) bidang Hukum dan Ketatanegaraan, pada masa presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

 

8. O.C. Kaligis

Otto Cornelis Kaligis adalah pengacara senior Indonesia yang telah menangani banyak kasus hukum, terutama dari kalangan artis dan pejabat, yang menyedot perhatian orang banyak .

Antara lain: ia mendampingi artis Ida Iasha, Lidya Kandou, Onky Alexander, Nike Ardilla, dan Zarima.

Selain itu, dia juga pernah membela sejumlah pejabat dan mantan presiden, di antaranya adalah Samadikun Hartono, HM Soeharto dan BJ Habibie.

Namun O.C. Kaligis juga menangani kasus orang-orang biasa, seperti buruh pabrik, kuli bangunan, sopir PPD, dan rakyat miskin lainnya.

Tetapi sayang, O.C. Kaligis kini justru mendekam di penjara karena terlibat dalam kasus klien yang dibelanya.

 

9. Denny Kailimang

Denny Kailimang sudah menekuni profesinya sebagai Advokat sejak tahun 1978.

Denny banyak terlibat dalam pembelaan perkara-perkara yang menarik perhatian masyarakat, antara lain kasus mantan Presiden Suharto, kasus subversi A.M Fatwa, kasus Bulog Gate II yang melibatkan mantan Ketua DPR Akbar Tandjung, dan kasus mantan Ketua KPK Antasari Azhar.

Denny juga tercatat sebagai Konsultan Hukum Pasar Modal pada Badan Pengawas Pasar Modal & Lembaga Keuangan (Bapepam-LK).

Denny adalah salah satu Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI), 2005-2010 dan Ketua Umum Asosiasi Advokat Indonesia (AAI), 2000-2005, 2005-2010.

Denny kemudian terjun ke dunia politik dengan menjadi salah satu pengurus Partai Demokrat.

 

10. Ruhut Sitompul 

Saat ini Ruhut dikenal sebagai politisi, yang merupakan anggota DPR dari partai Demokrat dan pernah menjabat sebagai salah satu Ketua DPP Partai Demokrat.

Ruhut juga populer sebagai pemeran di beberapa sinetron, seperti pemeran tokoh Poltak yang mengaku sebagai Raja Minyak dari Tarutung di sinetron Gerhana.

Namun sejatinya Ruhut adalah seorang pengacara terkenal yang pernah menangani kasus-kasus yang kontroversial dan kurang populer di masyarakat.

Di antaranya adalah menjadi pengacara Ketua Umum Partai Golkar saat itu, Akbar Tandjung, dan pengacara sejumlah yayasan milik mantan Presiden Soeharto.

 

11. Johnson Panjaitan

Johnson Panjaitan telah berpengalaman dalam menangani banyak kasus perkara, mulai dari kasus-kasus kecil yang melibatkan orang-orang kecil hingga kasus-kasus besar.

Antara lain menjadi Ketua Tim Pembela Kasus Becak tahun 1989 -1991 dan Anggota Tim Advokasi Pedagang Asongan Jabotabek.

Kemudian Koordinator Tim Pembela Gugatan Kerusuhan Mei 1998, Koordinator Tim Pengacara Xanana Gusmao, Ketua Tim Advokasi Korban Pelanggaran HAM Timor-Timur, dan Ketua Tim Pengacara Peledakan Bom BEJ, tahun 2001.

Johnson Panjaitan juga dikenal sebagai Penasehat Bidang Hukum IPW (Indonesian Police Wacht).

 

12. Lucas

Lucas adalah Pendiri dan sekaligus Chairman Law Firm Lucas, S.H. & Partners.

Lucas adalah anggota Dewan Pembina Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI), ketua Ikatan Kurator dan Pengurus Indonesia (IKAPI), dan anggota Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal (HKHPM).

Lucas pernah dianugerahi sebagai Business Lawyer of the Year 2002 oleh Kapital Award dan Lawyer of the Year 2003 oleh Legal Review Award.

Namun sayang, seperti O.C. Kaligis, kini Lucas juga berada dalam bui karena kasus klien yang ditanganinya.

 

13. Juan Felix Tampubolon

Juan Felix Tampubolon adalah seorang pengacara senior Indonesia.

Tetapi Juan Felix Tampubolon lebih dikenal karena menjadi salah satu kuasa Hukum dari keluarga mantan Presiden Soeharto.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!