Loading...

25 Pengacara Terbaik Indonesia Beragama Kristen

Loading...

 

7. Albert Hasibuan 

Albert Hasibuan adalah seorang advokat senior yang telah banyak menangani kasus-kasus hukum besar.

Pada tahun 1971, bersama Adnan Buyung Nasution, ia mendirikan lembaga hukum, Lembaga Bantuan Hukum (LBH).

Albert Hasibuan adalah anggota Komnas HAM, sejak tahun 1993 hingga 2002.

Saat menjadi anggota Komnas HAM, ia pernah menjadi Ketua Penyelidik Pelanggaran (KPP) HAM Timtim (1999), KPP HAM Abepura (2000), Ketua KPP HAM Trisakti, Semanggi I dan Semanggi II (2001).

Albert Hasibuan pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) bidang Hukum dan Ketatanegaraan, pada masa presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

 

8. O.C. Kaligis

Otto Cornelis Kaligis adalah pengacara senior Indonesia yang telah menangani banyak kasus hukum, terutama dari kalangan artis dan pejabat, yang menyedot perhatian orang banyak .

Antara lain: ia mendampingi artis Ida Iasha, Lidya Kandou, Onky Alexander, Nike Ardilla, dan Zarima.

Selain itu, dia juga pernah membela sejumlah pejabat dan mantan presiden, di antaranya adalah Samadikun Hartono, HM Soeharto dan BJ Habibie.

Namun O.C. Kaligis juga menangani kasus orang-orang biasa, seperti buruh pabrik, kuli bangunan, sopir PPD, dan rakyat miskin lainnya.

Tetapi sayang, O.C. Kaligis kini justru mendekam di penjara karena terlibat dalam kasus klien yang dibelanya.

 

9. Denny Kailimang

Denny Kailimang sudah menekuni profesinya sebagai Advokat sejak tahun 1978.

Denny banyak terlibat dalam pembelaan perkara-perkara yang menarik perhatian masyarakat, antara lain kasus mantan Presiden Suharto, kasus subversi A.M Fatwa, kasus Bulog Gate II yang melibatkan mantan Ketua DPR Akbar Tandjung, dan kasus mantan Ketua KPK Antasari Azhar.

Denny juga tercatat sebagai Konsultan Hukum Pasar Modal pada Badan Pengawas Pasar Modal & Lembaga Keuangan (Bapepam-LK).

Denny adalah salah satu Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI), 2005-2010 dan Ketua Umum Asosiasi Advokat Indonesia (AAI), 2000-2005, 2005-2010.

Denny kemudian terjun ke dunia politik dengan menjadi salah satu pengurus Partai Demokrat.

 

10. Ruhut Sitompul 

Saat ini Ruhut dikenal sebagai politisi, yang merupakan anggota DPR dari partai Demokrat dan pernah menjabat sebagai salah satu Ketua DPP Partai Demokrat.

Ruhut juga populer sebagai pemeran di beberapa sinetron, seperti pemeran tokoh Poltak yang mengaku sebagai Raja Minyak dari Tarutung di sinetron Gerhana.

Namun sejatinya Ruhut adalah seorang pengacara terkenal yang pernah menangani kasus-kasus yang kontroversial dan kurang populer di masyarakat.

Di antaranya adalah menjadi pengacara Ketua Umum Partai Golkar saat itu, Akbar Tandjung, dan pengacara sejumlah yayasan milik mantan Presiden Soeharto.

 

11. Johnson Panjaitan

Johnson Panjaitan telah berpengalaman dalam menangani banyak kasus perkara, mulai dari kasus-kasus kecil yang melibatkan orang-orang kecil hingga kasus-kasus besar.

Antara lain menjadi Ketua Tim Pembela Kasus Becak tahun 1989 -1991 dan Anggota Tim Advokasi Pedagang Asongan Jabotabek.

Kemudian Koordinator Tim Pembela Gugatan Kerusuhan Mei 1998, Koordinator Tim Pengacara Xanana Gusmao, Ketua Tim Advokasi Korban Pelanggaran HAM Timor-Timur, dan Ketua Tim Pengacara Peledakan Bom BEJ, tahun 2001.

Johnson Panjaitan juga dikenal sebagai Penasehat Bidang Hukum IPW (Indonesian Police Wacht).

 

12. Lucas

Lucas adalah Pendiri dan sekaligus Chairman Law Firm Lucas, S.H. & Partners.

Lucas adalah anggota Dewan Pembina Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI), ketua Ikatan Kurator dan Pengurus Indonesia (IKAPI), dan anggota Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal (HKHPM).

Lucas pernah dianugerahi sebagai Business Lawyer of the Year 2002 oleh Kapital Award dan Lawyer of the Year 2003 oleh Legal Review Award.

Namun sayang, seperti O.C. Kaligis, kini Lucas juga berada dalam bui karena kasus klien yang ditanganinya.

Bagikan ini:

Loading...
Tags:, , ,

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!