Loading...

25 Politisi Indonesia Terpopuler Beragama Kristen

Loading...

Artikel ini berisi tentang politisi terpopuler Indonesia beragama Kristen/Katolik.

Politisi atau politikus adalah mereka yang berkecimpung dalam dunia politik. Mereka umumnya menjadi orang-orang penting dalam struktur sebuah Partai Politik, ataupun menduduki kursi parlemen (DPR) dan pemerintahan (seperti menteri atau gubernur).

Artikel kali ini akan menyoroti 25 politisi Indonesia terpopuler beragama Kristen dan Katholik. Artikel ini khusus menyoroti mereka yang duduk di kursi DPR dan dalam  struktur kepengurusan tingkat pusat sebuah Partai Politik.

Baca juga: 20 Pahlawan Indonesia Beragama Kristen Terpopuler

Mereka ini dianggap populer karena mereka vokal dan kritis dalam menjalankan tugas-tugas mereka, menduduki posisi penting di partainya atau di Komisi mereka di DPR.

Selain itu, juga karena mereka sering muncul sebagai narasumber di berbagai acara televisi, radio, ataupun dalam seminar-seminar, baik mewakili partai/fraksi mereka ataupun mewakili Komisi mereka di DPR.

Baca juga: 20 Jenderal Terbaik Indonesia Beragama Kristen

Dalam konteks pemilu, pilpres dan pilkada, mereka juga menjadi populer karena menjadi juru kampanye partainya atau tim sukses salah satu calon (presiden/gubernur) yang didukung partainya.

Bukan hanya itu, bahkan di antara mereka ada juga yang menjadi populer karena kontroversialnya.

Siapa sajakah mereka? Berikut daftarnya.

 

1. Hasto Kristiyanto (Sekjen DPP PDI-P)

Politisi Indonesia terpopuler beragama Kristen/Katholik pertama adalah Hasto Kristiyanto.

Hasto Kristiyanto lahir di Yogyakarta, pada 7 Juli 1966.

Saat ini ia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Sekjen PDI-P), menggantikan Tjahjo Kumolo yang diangkat sebagai Menteri Dalam Negeri. Sebelumnya, Hasto menjabat Wakil Sekretaris Jenderal PDI-P.

Hasto juga merupakan salah satu deputi Tim Transisi menjelang pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden ke-7 Republik Indonesia, pada 20 Oktober 2014.

Ia menjadi anggota DPR RI pada periode 2004-2009 dari fraksi PDI-P. Saat itu, dia duduk di Komisi VI yang menangani permasalahan perdagangan, perindustrian, investasi dan koperasi.

Sejak duduk di bangku SMA, dia sudah tertarik dengan dunia politik dan gemar membaca buku politik. Dan ketika menjadi mahasiswa, Hasto aktif berorganisasi dan pernah menjabat sebagai Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Teknik UGM.

Ia meraih gelar S1 dari Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dan S2 dari Prasetya Mulya Business School, Jakarta.

 

2. Maruarar Sirait (Politisi PDI-P)

Politisi Indonesia terpopuler beragama Kristen/Katholik selanjutnya adalah Maruarar Sirait.

Maruarar Sirait, yang akrab dipanggil Ara, lahir di Medan, Sumatera Utara, pada 23 Desember 1969.

Saat duduk di bangku kuliah, Ara mulai aktif berorganisasi dengan bergabung dalam Resimen Mahasiswa Universitas Katholik Parahyangan (Unpar) Bandung, dan aktif di Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) cabang Bandung.

Kemudian ia bergabung ke dalam partai politik, yakni Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P), sejak tahun 1999.

Ara sudah menjadi anggota DPR-RI sejak periode 2004-2009 hingga kini.

Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai salah satu Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI-P.

Ia pernah menjadi panitia hak angket yang menangani kasus Bank Century, dan menjadi bagian partainya ketika menolak kenaikan harga BBM yang semula direncanakan naik pada tanggal 1 April 2012.

Ia merupakan salah satu tim sukses utama Jokowi-JK pada pemilihan presiden 2014 silam, dan digadang-gadang masuk kabinet, tetapi gagal, karena konon tidak mendapat restu dari ketua umum partai.

Ara adalah lulusan FISIP Universitas Katholik Parahyangan, Bandung, dan merupakan putra dari Sabam Sirait, politisi senior PDI-P.

 

3. Ruhut Sitompul (Politisi Partai Demokrat)

Politisi Indonesia terpopuler beragama Kristen/Katholik lainnya adalah Ruhut Sitompul.

Ruhut Sitompul lahir di Medan, Sumatera Utara, pada 24 Maret 1954.

Ruhut merupakan anggota DPR dari partai Demokrat dan pernah menjabat sebagai salah satu Ketua DPP Partai Demokrat.

Sebelum masuk ke partai Demokrat, Ruhut merupakan politisi Partai Golkar.

Ruhut sangat populer sebagai politisi dan semakin populer berkat perannya sebagai tokoh Poltak yang mengaku sebagai Raja Minyak dari Tarutung di sinetron Gerhana, serta dalam beberapa sinetron lainnya.

Sebelum terjun ke dunia politik, ia dikenal sebagai seorang pengacara. Ia pernah menangani kasus-kasus yang kontroversial dan kurang populer di masyarakat. Di antaranya adalah menjadi pengacara Ketua Umum Partai Golkar saat itu, Akbar Tandjung, dan pengacara sejumlah yayasan milik mantan Presiden Soeharto.

Ketika masa pilpres 2014 silam, ia berani mendukung Jokowi-Jk ketika partainya menyatakan netral. Bahkan ketika partainya mencalonkan Agus Harimurti Yodhoyono (putra SBY, ketua Umum partai Demokrat) sebagai calon gubernur DKI Jakarta, Ruhut malah mendukung pasangan Ahok-Djarot. Hal ini membuatnya terpaksa hengkang dari partai Demokrat.

Dulu banyak pernyataan Ruhut yang kontroversial, tetapi sekarang ia terlihat lebih bijak.

Ruhut menyelesaikan pendidikan akademiknya di Fakultas Hukum, Universitas Padjadjaran, Bandung pada tahun 1979.

 

4. Viktor Laiskodat (Ketua DPP Partai Nasdem)

Politisi Indonesia terpopuler beragama Kristen/Katholik lainnya adalah Viktor Laiskodat.

Viktor Bungtilu Laiskodat lahir di Kupang, Nusa Tenggara Timur, pada 17 Februari 1965.

Saat ini ia menjadi anggota DPR RI dari Partai NasDem dari daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur II,dan merupakan Ketua Fraksi Partai NasDem di DPR RI.

Ia juga menjabat sebagai Ketua Bidang Pertanian dan Maritim DPP Partai NasDem (2013-2018).

Sebelum di Partai Nasdem, ia pernah menjadi Anggota DPR RI dari Partai Golkar, pada periode 2004-2009.

Ia juga salah satu anggota Badan Pemenangan Pilpres Jokowi-JK (2014).

Viktor adalah alumnus Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jakarta. Dan sebelum menjadi politisi, ia merupakan seorang pengacara/Konsultan Hukum, yang pernah menjadi Wakil Ketua Penasihat Himpunan Advokat Indonesia.

Loading...
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!