25 Tokoh Alkitab Yang Berpoligami

  

Artikel ini membahas tentang 25 tokoh Alkitab yang berpoligami.

Alkitab mencatat banyak tokoh Alkitab yang berpoligami, atau mempunyai lebih dari satu istri pada saat yang bersamaan.

Ada yang mempunyai dua istri, tiga istri, lima istri, belasan istri, puluhan istri, bahkan seribu istri!

Istri-istri tersebut ada yang menjadi istri yang sah, yang setara kedudukannya dengan istri pertama.

Tetapi ada juga istri-istri, yang kedua dan seterusnya, yang kedudukannya lebih rendah daripada istri yang sah. Inilah yang disebut sebagai gundik.

Sangat menarik, hanya ada dua ayat di Alkitab yang melarang orang percaya untuk berpoligami, satu ayat di Perjanjian Lama dan satu ayat lagi di Perjanjian Baru.

Dan kedua ayat tersebut pun sama-sama ditujukan kepada para pemimpin, bukan kepada umat pada umumnya.

Dalam Perjanjian Lama ayat tersebut ditujukan kepada raja-raja Israel (Ulangan 17:17), sedangkan dalam Perjanjian Baru ditujukan kepada para penilik/penatua jemaat (1 Timotius 3:2).

Sebaliknya, ada dua bagian ayat-ayat di Alkitab, khususnya di Perjanjian Lama yang “mengatur” tentang praktek poligami di antara umat Tuhan (Keluaran 21:10; Ulangan 21:15-17).

Baca juga: 7 Skandal Seks Terbesar Di Alkitab

Hal ini telah sering menimbulkan pertanyaan: Apakah Tuhan menghendaki umatNya untuk berpoligami?

Jika tidak, mengapa Ia hanya memperingatkan umatNya sebanyak dua kali/dalam dua ayat saja?

Dan mengapa Ia membiarkan umatNya berpoligami?

Bagaimanapun, rancangan awal Tuhan bukanlah poligami, banyak istri, tetapi monogami, satu istri.

Kendati demikian, sejak manusia jatuh ke dalam dosa, Tuhan mengizinkan dosa dan kesalahan terjadi, seperti poligami, sekalipun hal itu tidak disukaiNya.

Tetapi sejak kedatangan Tuhan Yesus ke dunia, rancangan Allah semula bagi manusia, termasuk pernikahan monogami, telah dipulihkan.

Baca juga: 7 Perempuan Mandul Di Alkitab Yang Melahirkan Secara Ajaib

Itulah sebabnya dalam Perjanjian Baru monogami secara tersirat diajarkan dan dipraktekkan. Dan tidak ada anggota jemaat Kristen di Perjanjian Baru yang berpoligami, setidaknya yang dicatat di Alkitab.

Lagi pula, ayat 1 Timotius 3:2 yang dikutip di atas dapat juga diterapkan pada semua umat Tuhan, bukan hanya para pemimpin gereja. Hanya saja, karena rasul Paulus dalam ayat itu sedang membicarakan tentang pemimpin gereja, maka hanya monogami pemimpin gerejalah yang disinggungnya.

Jadi pandangan Alkitab Perjanjian Baru tentang poligami adalah jelas: menolak poligami dan mengajarkan monogami. Artinya, itu jugalah pandangan Kristen terhadap poligami, yakni menolaknya.

Baca juga: 17 Tokoh Alkitab Yang Menjomblo Seumur Hidup

Pasti sangat banyak tokoh Alkitab Perjanjian Lama yang berpoligami (misalnya yang dicatat dalam Kejadian 6:2 dan 2 Tawarikh 11:23), tetapi artikel kali ini hanya membahas sebagian di antaranya, yang secara eksplisit disebut di Alkitab, baik nama mereka maupun praktek poligami mereka.

Jadi yang dibahas di sini adalah 25 tokoh Alkitab yang berpoligami, semuanya  di Perjanjian Lama, baik yang percaya kepada Tuhan maupun tidak.

Mereka umumnya adalah para pemimpin, baik para pemimpin suku atau puak, maupun para raja Israel dan Yehuda (Israel Selatan).

Lalu, siapa sajakah ke-25 tokoh Alkitab yang berpoligami tersebut? Berikut pembahasannya.

 

1. Lamekh

Lamekh adalah manusia pertama di bumi yang berpoligami, seperti yang dicatat di Alkitab.

“Lamekh mengambil isteri dua orang; yang satu namanya Ada, yang lain Zila.” (Kejadian 4:19).

Lamekh menyombongkan diri kepada kedua istrinya bahwa ia telah membunuh seorang laki-laki yang melukainya.

Dengan sombong ia berkata bahwa jika Kain dibalaskan 7 kali lipat, maka Lamekh harus dibalaskan 70 kali lipat (Kejadian 4:23-24).

Tuhan Yesus tampaknya merujuk kepada perkataan Lamekh ini tatkala Ia berkata kepada Petrus untuk mengampuni orang yang bersalah sebanyak 70 x 7 kali (Matius 18:21-22).

Tetapi ada bedanya, jika Lamekh berbicara tentang pembalasan dendam, maka Tuhan Yesus berbicara tentang pengampunan.

 

2. Abraham

Abraham adalah nenek moyang bangsa Israel, umat pilihan Tuhan.

Allah memanggil Abraham keluar dari negerinya, Ur-Kasdim, dan pergi ke suatu negeri yang akan ditunjukkanNya.

Ia berjanji akan membuat keturunan Abraham sebanyak bintang di langit dan sebanyak pasir di tepi laut.

Tetapi Sara, istri Abraham, adalah seorang perempuan mandul dan sudah tua.

Karena itu, Sara meminta suaminya, Abraham, untuk menghampiri pembantunya, Hagar, agar ia melahirkan seorang anak dan dianggap sebagai anak Sara.

“Adapun Sarai, isteri Abram itu, tidak beranak. Ia mempunyai seorang hamba perempuan, orang Mesir, Hagar namanya. Berkatalah Sarai kepada Abram: Engkau tahu, TUHAN tidak memberi aku melahirkan anak. Karena itu baiklah hampiri hambaku itu; mungkin oleh dialah aku dapat memperoleh seorang anak. Dan Abram mendengarkan perkataan Sarai. Jadi Sarai, isteri Abram itu, mengambil Hagar, hambanya, orang Mesir itu, –yakni ketika Abram telah sepuluh tahun tinggal di tanah Kanaan–, lalu memberikannya kepada Abram, suaminya, untuk menjadi isterinya. (Kejadian 16:1-3).

Tetapi Hagar dan anaknya, Ismail, kemudian diusir oleh Sara, sehingga membuat hati Abraham sangat kesal.

 

3. Nahor

Nahor adalah saudara Abraham. Alkitab juga mencatat bahwa Nahor berpoligami, sebagaimana dengan saudaranya, Abraham.

Nahor mempunyai gundik.

“Dan gundik Nahor, yang namanya Reuma, melahirkan anak juga, yakni Tebah, Gaham, Tahash dan Maakha.” (Kejadian 22:24).

 

4. Esau

Esau adalah anak Ishak, cucu Abraham.

Esau juga berpoligami dengan menikahi beberapa perempuan Kanaan.

“Esau mengambil perempuan-perempuan Kanaan menjadi isterinya, yakni Ada, anak Elon orang Het, dan Oholibama, anak Ana anak Zibeon orang Hewi, dan Basmat, anak Ismael, adik Nebayot.” (Kejadian 36:2-3).

 

5. Yakub

Yakub adalah anak Ishak, cucu Abraham, saudara kembar Esau.  Yakub disebut juga Israel, yang merupakan ayah dari 12 anak laki-laki yang kemudian menjadi nenek moyang bangsa Israel.

Yakub juga berpoligami dengan mempunyai empat istri.

Maka Yakub berbuat demikian; ia menggenapi ketujuh hari perkawinannya dengan Lea, kemudian Laban memberikan kepadanya Rahel, anaknya itu, menjadi isterinya. (Kejadian 29:28).

“Kata Rahel: Ini Bilha, budakku perempuan, hampirilah dia, supaya ia melahirkan anak di pangkuanku, dan supaya oleh dia akupun mempunyai keturunan.  Maka diberikannyalah Bilha, budaknya itu, kepada Yakub menjadi isterinya dan Yakub menghampiri budak itu. Bilha mengandung, lalu melahirkan seorang anak laki-laki bagi Yakub…. Ketika dilihat Lea, bahwa ia tidak melahirkan lagi, diambilnyalah Zilpa, budaknya perempuan, dan diberikannya kepada Yakub menjadi isterinya. Dan Zilpa, budak perempuan Lea, melahirkan seorang anak laki-laki bagi Yakub.” (Kejadian 30:3-5, 9-10).

 

6. Elifas

Elifas adalah salah satu anak Esau.

Elifas juga dicatat dalam Alkitab sebagai pria yang berpoligami.

“Anak-anak Elifas ialah Teman, Omar, Zefo, Gaetam dan Kenas. Timna adalah gundik Elifas anak Esau; ia melahirkan Amalek bagi Elifas. Itulah cucu-cucu Ada isteri Esau.” (Kejadian 36:11-12).

 

7. Manasye

Manasye adalah anak sulung Yusuf, atau cucu Yakub.

Manasye juga salah satu tokoh Alkitab yang berpoligami, sebab ia disebut mempunyai seorang gundik yang melahirkan anak baginya, yakni Asriel.

Keturunan Manasye ialah Asriel yang dilahirkan oleh gundiknya, perempuan Aram itu; perempuan ini melahirkan Makhir, bapa Gilead. (1 Tawarikh 7:14).

 

8. Yerahmeel

Yerahmeel adalah salah satu keturunan Yehuda, anak Yakub. Dia adalah anak sulung Hezron, dan kakak dari Kaleb (lihat poin 9 di bawah).

Yerahmeel juga berpoligami dengan mempunyai dua orang istri.

 “Anak-anak Yerahmeel, anak sulung Hezron, ialah Ram, anak sulung, Buna, Oren, Ozem dan Ahia. Tetapi Yerahmeel mempunyai seorang isteri lain, bernama Atara; dialah ibu Onam.” (1 Tawarikh 2:25-26).

 

9. Kaleb

Kaleb adalah salah satu pemimpin Israel yang terkenal, salah satu dari 12 pengintai yang diutus Musa untuk mengintai Tanah Kanaan/Tanah Perjanjian.

Dari generasinya, hanya Kaleb dan Yosua yang Tuhan izinkan memasuki Tanah Kanaan. Sedangkan 10 pengintai lainnya, beserta seluruh laki-laki Israel yang berusia 20 tahun ke atas, mati di padang gurun dan tidak diizinkan memasuki Tanah Kanaan karena mereka memberontak kepada Tuhan.

Kaleb juga salah satu tokoh Alkitab yang berpoligami dengan mempunyai beberapa istri dan gundik.

 “Efa, gundik Kaleb, melahirkan Haran, Moza dan Gazes; Haran memperanakkan Gazes…. Gundik Kaleb, yakni Maakha, melahirkan Seber dan Tirhana.” (1 Tawarikh 2:46,48).

 

10. Asyur

Asyur, atau Asyhur, adalah anak Kaleb (1 Tawarikh 2:24).

Asyur berpoligami dengan mempunyai dua orang istri.

Asyur, bapa Tekoa, mempunyai dua isteri, yakni Hela dan Naara. Naara melahirkan baginya Ahuzam, Hefer, Temeni dan orang Ahastari. Itulah anak-anak Naara. Anak-anak Hela ialah Zeret, Yezohar dan Etnan.” (1 Tawarikh 4:5-7).

 

11. Saharaim

Saharaim adalah salah satu keturunan Benyamin, anak Yakub.

Saharaim berpoligami dan mempunyai beberapa anak yang menjadi kepala-kepala puak Benyamin.

“Saharaim mendapat anak di daerah Moab, sesudah diusirnya Husim dan Baara, isteri-isterinya. Ia mendapat anak dari Hodesh, isterinya, yakni Yobab, Zibya, Mesa, Malkam, Yeus, Sokhya dan Mirma; itulah anak-anaknya, kepala-kepala puak.” (1 Tawarikh 8:8-10).

 

12. Gideon

Gideon adalah salah satu hakim Israel terbesar.

Hakim adalah sebutan bagi para pemimpin Israel setelah Musa dan Yosua, sebelum timbulnya lembaga kerajaan di Israel.

Gideon mempunyai banyak istri yang melahirkan 70 anak laki-laki baginya, juga seorang gundik di Sikhem.

“Gideon mempunyai tujuh puluh anak laki-laki, semuanya anak kandungnya, sebab ia beristeri banyak; juga gundiknya yang tinggal di Sikhem melahirkan seorang anak laki-laki baginya, lalu ia memberikan nama Abimelekh kepada anak itu.” (Hakim-hakim 8:30-31).

Anak gundik Gideon ini, Abimelekh, kemudian membunuh ketujuh puluh anak laki-laki Gideon, hanya satu yang terluput.

 

13. Gilead

Gilead adalah salah satu keturunan Manasye, anak Yakub.

Gilead berpoligami dan mempunyai gundik.

Dari gundiknya ini Gilead mendapat seorang anak yang bernama Yefta, salah satu hakim terbesar Israel.

“Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa, tetapi ia anak seorang perempuan sundal; ayah Yefta ialah Gilead. Juga isteri Gilead melahirkan anak-anak lelaki baginya. Setelah besar anak-anak isterinya ini, maka mereka mengusir Yefta, katanya kepadanya: Engkau tidak mendapat milik pusaka dalam keluarga kami, sebab engkau anak dari perempuan lain.” (Hakim-hakim 11:1-2).

 

14. Elkana

Elkana adalah seorang laki-laki dari suku Efraim.

Efraim adalah anak bungsu Yusuf, saudara Manasye, atau cucu Yakub.

Elkana berpoligami dan mempunyai dua orang Istri.

Salah satu istrinya, yakni istri tertuanya, Hana, adalah perempuan mandul yang tidak mempunyai anak. Karenanya ia dihina oleh madunya, istri muda suaminya, yakni Penina.

Tetapi Hana tekun berdoa kepada Tuhan sehingga Tuhan memberinya 6 anak laki-laki dan perempuan. Salah satunya adalah Samuel, yang sulung, yang kemudian menjadi salah satu nabi terbesar di Israel.

“Ada seorang laki-laki dari Ramataim-Zofim, dari pegunungan Efraim, namanya Elkana bin Yeroham bin Elihu bin Tohu bin Zuf, seorang Efraim. Orang ini mempunyai dua isteri: yang seorang bernama Hana dan yang lain bernama Penina; Penina mempunyai anak, tetapi Hana tidak.” (1 Samuel 1:1-2).

 

15. Saul

Saul adalah raja Israel yang pertama.

Sebagai raja, Saul berpoligami, sebagaimana umumnya para raja pada masa itu (lihat poin 17 di bawah).

Setidaknya satu gundik Saul disebut, yakni Rizpa, yang kemudian dinikahi oleh Abner, panglima Saul, setelah Saul mati.

Pernikahan Abner dengan Rizpa menjadi sumber pertengkaran Isyboset, putra Saul yang menjadi raja atas suku Benyamin, dengan Abner, yang mengakibatkan Abner berbalik membela raja Daud dan meninggalkan keluarga Saul.

“Saul mempunyai gundik yang bernama Rizpa; dia anak perempuan Aya. Berkatalah Isyboset kepada Abner: Mengapa kauhampiri gundik ayahku?” (2 Samuel 3:7).

 

16. Daud                   

Daud adalah raja kedua Israel setelah Saul dan raja terhebat Israel sepanjang masa.

Daud mempunyai banyak istri dan gundik.

“Inilah anak-anak Daud yang lahir bagi dia di Hebron; anak sulung ialah Amnon, dari Ahinoam, perempuan Yizreel; anak yang kedua ialah Daniel, dari Abigail, perempuan Karmel; anak yang ketiga ialah Absalom, anak Maakha, yakni anak perempuan Talmai, raja Gesur; anak yang keempat ialah Adonia, anak Hagit; anak yang kelima ialah Sefaca, dari Abital; anak yang keenam ialah Yitream, dari Egla, isterinya itu…. Inilah yang lahir bagi dia di Yerusalem: Simea, Sobab, Natan dan Salomo, empat orang dari Batsyua binti Amiel,…. Semuanya itu anak-anak Daud, belum terhitung anak-anak dari gundik-gundik.” (1 Tawarikh 3:1-3,5,9a).

Sepuluh gundik Daud diperkosa oleh Absalom, anak kandung Daud, sebagai hukuman atas dosa Daud yang menghampiri Batsyeba, istri Uria, salah satu prajurit Daud (2 Samuel 12:11-12; 16:22).

 

17. Salomo 

Salomo adalah raja Israel ketiga setelah Saul dan Daud.

Salomo dikenal terutama karena hikmatnya.

Salomo juga berpoligami bahkan ia mempunyai 700 istri dan 300 gundik, jadi total ada 1000 istri dan gundik.

Salomo adalah tokoh Alkitab yang paling banyak punya istri.

Dapat dipastikan bahwa pernikahan Salomo sebagian besar adalah penikahan politis, sebagaimana umumnya pada masa itu.

Sebab dia menikahi perempuan-perempuan dari keluarga bangsawan, yang tentu bertujuan politis: untuk mempererat hubungannya dengan sekutu-sekutu politiknya.

Adapun raja Salomo mencintai banyak perempuan asing. Di samping anak Firaun ia mencintai perempuan-perempuan Moab, Amon, Edom, Sidon dan Het,…. Ia mempunyai tujuh ratus isteri dari kaum bangsawan dan tiga ratus gundik; isteri-isterinya itu menarik hatinya dari pada TUHAN.” (1 Raja-raja 11:1,3).

Akhir hidup Salomo sangat memprihatinkan, sebab ketika ia sudah tua, istri-istrinya, yang merupakan para penyembah berhala, membawanya kepada allah-allah mereka dan meninggalkan Allah yang hidup.

Akibatnya Tuhan murka kepada Salomo dan memecah kerajaan Israel menjadi dua: Israel utara dan Israel selatan (Yehuda).

Keturunan Salomo hanya memerintah atas Yehuda saja, yang hanya terdiri dari suku Yehuda dan Benyamin.

Tetapi hal ini baru terjadi pada masa pemerintahan anak Salomo, Rehabeam (1 Raja-raja 12:1-24).

 

18. Rehabeam

Rehabeam adalah anak Salomo dan raja Yehuda.

Rehabeam, seperti ayahnya, Salomo, mempunyai banyak istri dan gundik.

“Rehabeam mencintai Maakha, anak Absalom itu, lebih dari pada semua isteri dan gundiknya–ia mengambil delapan belas isteri dan enam puluh gundik dan memperanakkan dua puluh delapan anak laki-laki dan enam puluh anak perempuan.” (2 Tawarikh 11:21).

 

19. Abia

Abia adalah anak Rehabeam, yang menggantikannya sebagai raja Yehuda.

Abia juga berpoligami, seperti ayahnya, Rehaeam.

Abia menunjukkan dirinya kuat. Ia mengambil empat belas isteri dan memperanakkan dua puluh dua anak laki-laki dan enam belas anak perempuan. (2 Tawarikh 13:21).

 

20. Ahab

Ahab adalah salah satu raja Israel utara yang paling jahat, yang terutama diakibatkan oleh pengaruh istrinya yang jahat, yakni Izebel, perempuan Sidon penyembah dewa baal.

Ahab juga berpoligami dan mempunyai banyak istri.

Benhadad, raja Aram, mengikhtiarkan kehancuran Israel. Ia meminta secara paksa mengambil istri-istri Ahab serta harta kekayaannya, dan Ahab tak kuasa menolaknya.

“Lalu raja Israel memanggil semua tua-tua negeri itu dan berkata: Camkanlah, orang ini mengikhtiarkan kecelakaan kita, sebab ia telah menyuruh orang kepadaku meminta isteri-isteriku, anak-anakku, emas dan perakku, dan aku tidak menolak memberikannya kepadanya.” (1 Raja-raja 20:7).

Tetapi oleh pertolongan Tuhan, Ahab dan rakyatnya dapat mengalahkan bangsa Aram yang datang menyerang mereka.

 

21. Yoram

Yoram adalah raja Yehuda dan anak Yosafat, salah satu raja Yehuda terbesar dan paling saleh.

Tetapi tidak seperti ayahnya, Yosafat, Yoram adalah seorang raja yang jahat. Hal ini terutama karena ia mempunyai seorang istri yang jahat, yakni Atalia, putri Ahab (lihat poin 20 di atas).

Akibatnya Tuhan mengizinkan bangsa Arab dan bangsa Filistin menyerbu Yehuda serta membawa istri-istri dan anak-anak Yoram, serta segala harta bendanya.

Yoram sendiri Tuhan hukum dengan penyakit usus berat yang mengakibatkan kematiannya.

“Maka TUHAN akan mendatangkan tulah besar atas rakyatmu, anak-anakmu, isteri-isterimu, dan atas semua harta milikmu…. Maka mereka maju melawan Yehuda, memasukinya dan mengangkut segala harta milik yang terdapat di dalam istana raja sebagai jarahan, juga anak-anak dan isteri-isterinya, sehingga tidak ada seorang anak yang tinggal padanya kecuali Yoahas, anaknya yang bungsu.”  (2 Tawarikh 21:14,17).

 

22. Yoas

Yoas adalah anak Ahazia, cucu Yoram. Ia memerintah sebagai raja Yehuda menggantikan ayahnya, Ahazia.

Imam Yoyada, yang mengangkat Yoas menjadi raja Yehuda ketika ia baru berusia 7 tahun!, mengambil istri dua orang bagi Yoas.

“Yoyada mengambil dua orang isteri bagi dia; dari mereka ia mendapat anak laki-laki dan anak perempuan.” (2 Tawarikh 24:3).

 

23. Yoyakhin

Yoyakhin adalah raja Yehuda kedua terakhir, sebelum akhirnya kerajaan tersebut runtuh dan bangsa Yehuda dibuang ke Babel.

Yoyakhin adalah raja yang jahat, akibatnya Tuhan mengizinkan Nebukadnezar, raja Babel, untuk menyerang Yehuda dan membawa Yoyakhin beserta istri-istrinya ke Babel.

“Ia mengangkut Yoyakhin ke dalam pembuangan ke Babel, juga ibunda raja, isteri-isteri raja, pegawai-pegawai istananya dan orang-orang berkuasa di negeri itu dibawanya sebagai orang buangan dari Yerusalem ke Babel.” (2 Raja-raja 24:15).

Namun Yoyakhin beruntung, ia diperlalukan baik di Babel dan tinggal di istana raja hingga matinya.

 

24. Belsyazar

Belsyazar adalah raja Babel yang lalaim sehingga Tuhan hukum dengan kematian yang mendadak sesuai dengan nubuat nabi Daniel.

Belsyazar ini mengambil perkakas-perkakas Bait Allah, yang telah dibawa oleh raja Nebukadnezar dari Yerusalem, lalu minum dari perkakas tersebut, beserta istri-istri dan gundik-gundiknya.

Inilah salah satu hal yang mengakibatkan kematiannya.

Tuanku meninggikan diri terhadap Yang Berkuasa di sorga: perkakas dari Bait-Nya dibawa orang kepada tuanku, lalu tuanku serta para pembesar tuanku, para isteri dan para gundik tuanku telah minum anggur dari perkakas itu; tuanku telah memuji-muji dewa-dewa dari perak dan emas, dari tembaga, besi, kayu dan batu, yang tidak dapat melihat atau mendengar atau mengetahui, dan tidak tuanku muliakan Allah, yang menggenggam nafas tuanku dan menentukan segala jalan tuanku. (Daniel 5:23).

 

25. Ahasyweros

Ahasyweros adalah raja Persia, kerajaan yang menaklukkan kerajaan Babel.

Ahasyweros juga mempunyai banyak gundik, yang dijaga khusus oleh sida-sida.

Pada zaman Ahasyweros, hiduplah Ester, salah satu dari orang-orang Yahudi yang dibuang pada zaman Nebukadnezar.

Setelah ratu Wasti dibuang, Ahasyweros melakukan “kompetisi” dan seleksi ketat untuk mencari perempuan paling cantik di kerajaannya, yang akan menggantikan ratu Wasti sebagai istrinya.

Ester, perempuan cantik yatim piatu, yang ikut “kompetisi” ini, akhirnya berhasil menang dan menjadi ratu di Persia.

Pada waktu petang ia masuk dan pada waktu pagi ia kembali, tetapi sekali ini ke dalam balai perempuan yang kedua, di bawah pengawasan Saasgas, sida-sida raja, penjaga para gundik. Ia tidak diperkenankan masuk lagi menghadap raja, kecuali jikalau raja berkenan kepadanya dan ia dipanggil dengan disebutkan namanya. (Ester 2:14).

 

Itulah 25 tokoh Alkitab yang berpoligami.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!