3 alasan mengapa Ganjar Pranowo selalu memuncaki hasil survei

Hingga saat ini, gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, selalu berada di urutan teratas dalam sejumlah survei calon presiden (capres) 2024 mendatang.

Jika bukan urutan pertama, Ganjar Pranowo berada di urutan kedua, di bawah Prabowo Subianto, menteri pertahanan sekaligus ketua umum partai Gerindra.

Hasil survei yang mengunggulkan Ganjar Pranowo ini berasal dari lembaga-lembaga survei yang kredibel, bukan dari lembaga survei abal-abal, yang kredibilitasnya diragukan.

Tiga tahun lalu, nama Prabowo Subianto selalu berada di urutan pertama dalam survei capres 2024. Sementara Ganjar Pranowo berada di bawahnya, di urutan kedua atau ketiga (tergantung lembaga surveinya).

Tetapi semakin lama, nama Ganjar Pranowo terus merangkak naik, hingga mendekati nama Prabowo Subianto. Bahkan kemudian Ganjar Pranowo berhasil menyalip Prabowo menjadi capres terfavorit untuk pilpres 2024 mendatang.

Itulah yang berlaku saat ini: nama Ganjar Pranowo berada di urutan teratas dalam survei sejumlah lembaga terpercaya, mengalahkan nama Prabowo Subianto dan tokoh-tokoh lainnya.

Apa kira-kira yang membuat nama Ganjar Pranowo semakin populer dan menjadi capres terfavorit untuk pilpres 2024?

Saya melihat ada banyak, tetapi setidaknya ada 3 yang paling utama.

Pertama, Ganjar Pranowo memiliki kepribadian yang menarik.

Ganjar Pranowo dikenal sebagai figur yang baik, menyenangkan, dan merakyat. Ganjar bukan tipe orang yang sombong, jaim, dan menjaga jarak dengan orang biasa.

Sifat yang baik ini menjadi pelengkap bagi Ganjar Pranowo yang sebenarnya juga kempunyai fisik dan penampilan yang menarik.

Kedua, Ganjar Pranowo adalah orang yang berprestasi.

Ganjar Pranowo mempunyai banyak program pembangunan yang telah bisa dinikmati oleh rakyat. Selama menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah, ia telah melakukan banyak perubahan di daerahnya.

Tidak heran Ganjar Pranowo bisa menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah selama dua periode. Artinya, di periode pertama pemerintahannya ia dianggap sukses sehingga dipilih lagi untuk periode kedua.

Ketiga, Ganjar Pranowo pintar dalam memanfaatkan media sosial.

Tak bisa dipungkiri zaman ini adalah zaman digital. Semua serba online. Dan media online/media sosial sangat efektif untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Hal ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Ganjar Pranowo untuk “menjual” program-programnya yang berhasil selama menjadi gubernur Jawa Tengah, sehingga ia mendapat banyak pengikut di dunia maya, bukan hanya masyarakat Jawa Tengah, tetapi juga masyarakat seluruh Indonesia.

Saya yakin, jika Ganjar Pranowo tetap konsisten dengan ketiga hal ini: pribadi yang menarik, berprestasi, dan aktif di medsos, maka ia akan tetap unggul di survei-survei capres di masa mendatang.

Hal ini akan membuat parpol-parpol semakin yakin untuk mencalonkannya jadi capres di pilpres 2024, khususnya PDIP,  partai Ganjar sendiri.

Haris JO adalah seorang penulis yang tulisan-tulisannya telah banyak dimuat di berbagai media, baik media cetak maupun media online, baik media Kristen maupun media sekuler.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!