3. Jenderal Pol Soetjipto Danoekoesoemo

Jenderal Indonesia yang masuk Kristen, yang ketiga adalah Jenderal Polisi (Purn) Soetjipto Danoekoesoemo.

Jenderal (Purn) Soetjipto Danoekoesoemo adalah Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) ke-3, periode 1963-1965.

Jenderal (Purn) Soetjipto Danoekoesoemo  memang beragama Islam ketika menjabat kapolri, dan masuk Kristen setelah pensiun.

Sehingga tidaklah salah mengatakan bahwa ada 3 Jenderal Kristen Yang Pernah Menjadi Kapolri, bukan 3 Kapolri beragama Kristen.

Sebelum menjabat Kapolri, Jenderal (Purn) Soetjipto Danoekoesoemo menjabat Komandan Mobrig Polisi Pusat (1962).

Mobrig (mobile brigade) adalah brigade mobil (brimob) saat ini.

Saat itu pangkatnya baru AKBP (Letkol), sehingga untuk menjadi kapolri, ia dinaikkan pangkatnya tiga tingkat menjadi Mayor Jenderal.

Ini adalah rekor kenaikan pangkat tercepat/sekaligus di tubuh Polri.

Jenderal (Purn) Soetjipto Danoekoesoemo banyak berjuang di medan tempur, baik pada masa Belanda maupun ketika menghadapi para pemberontak, seperti Permesta.

Advertisements
Ad 16
Advertisements Text

Sehingga ia mendapat banyak medali penghargaan.

Jenderal (Purn) Soetjipto Danoekoesoemo kemudian menjadi duta besar di Bulgaria, lalu menjadi anggota DPR/MPR.

Ia juga menjadi pengusaha konstruksi. Dan ketika usahanya sedang kesulitan, ia menemukan Tuhan Yesus dan menjadi Kristen.

Jenderal Polisi (Purn.) Soetjipto Danoekoesoemo meninggal di RSPAD Gatot Soebroto pada tahun 1998 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

 

Itulah 3 Jenderal Indonesia yang masuk Kristen.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Balasan