4 Bidan Yang Disebut Di Alkitab

4 Bidan yang disebut di Alkitab adalah para perempuan yang membantu perempuan-perempuan lainnya dalam melahirkan, seperti yang dicatat di Alkitab.

Setidaknya ada empat Bidan yang disebut di Alkitab, khususnya di dalam Perjanjian Lama.

Keempat bidan tersebut dicatat di Alkitab dalam tiga kisah yang berbeda, tetapi hanya dua orang di antara mereka yang namanya disebut. 

Baca juga: 7 Perempuan Pemberani di Alkitab 

Bidan dalam bahasa Ibrani disebut Meyalledet, yang artinya penolong dalam bersalin.

Tentu ada sejumlah perbedaan cara bersalin zaman dahulu, zaman Alkitab, dengan zaman sekarang. Hal ini tentu wajar, mengingat zaman yang sudah berubah akibat teknologi yang semakin maju.

Baca juga: 7 Perempuan mandul di Alkitab yang melahirkan secara  ajaib

Namun pada prinsipnya adalah bahwa setiap perempuan yang akan melahirkan, baik dulu maupun sekarang, umumnya ditolong oleh seorang bidan, atau dokter, zaman sekarang.

Lalu, siapa sajakah keempat bidan yang disebut  di Alkitab tersebut?

Berikut pembahasannya.  

 

1. Bidan yang menolong Rahel melahirkan  

Rahel adalah istri kesayangan Yakub, nenek moyang bangsa Israel.

Seorang bidan menolong Rahel ketika ia hendak melahirkan anak keduanya, yakni Benyamin.

Bidan tersebut juga menguatkan Rahel sebab saat itu perjuangan dan penderitaan Rahel memang sangat berat ketika akan melahirkan Benyamin.

“Sedang ia sangat sukar bersalin, berkatalah bidan kepadanya: Janganlah takut, sekali ini pun anak laki-laki yang kaudapat.” (Kejadian 35:17).

Selain Yusuf, Rahel masih Tuhan berkati dengan seorang anak lagi, yakni Benyamin.

Tetapi sayang, Rahel kemudian harus meninggal sesaat setelah melahirkan putra bungsunya tersebut (Kejadian 35:16-20).

Karena itu, dari pernikahannya dengan Yakub, Rahel hanya mempunyai 2 anak laki-laki.

Tidak seperti kakaknya, Lea, yang mempunyai 6 anak laki-laki dan 1 anak perempuan dari pernikahannya dengan Yakub. (Baca: 7 Fakta tentang Rahel di Alkitab)

 

2. Bidan yang menolong Tamar melahirkan  

 Awalnya Tamar adalah menantu Yehuda, anak Yakub. Tetapi kemudian Tamar mengandung dari Yehuda karena Tamar menjebak ayah mertuanya tersebut.

Hal ini terjadi karena Yehuda tidak memberikan anaknya yang bungsu menjadi suami Tamar, setelah suami Tamar, anak pertama dan anak kedua Yehuda, mati dihukum Tuhan.

Dari Tamar Yehuda mendapat dua anak laki-laki, anak kembar, yakni Peres dan Zerah.

Sebenarnya Zerah adalah anak yang pertama keluar dari rahim Tamar, tetapi hanya tangannya saja. Maka bidan mengikat tangannya dengan benang sebagai tanda anak sulung.

Tetapi Zerah kemudian memasukkan tangannya lagi, maka keluarlah Peres. Sehingga Peres adalah anak sulung Yehuda dan Tamar. 

“Pada waktu perempuan itu hendak bersalin, nyatalah ada anak kembar dalam kandungannya.
Dan ketika ia bersalin, seorang dari anak itu mengeluarkan tangannya, lalu dipegang oleh bidan, diikatnya dengan benang kirmizi serta berkata: Inilah yang lebih dahulu keluar.

Ketika anak itu menarik tangannya kembali, keluarlah saudaranya laki-laki, dan bidan itu berkata: Alangkah kuatnya engkau menembus ke luar, maka anak itu dinamai Peres. Sesudah itu keluarlah saudaranya laki-laki yang tangannya telah berikat benang kirmizi itu, lalu kepadanya diberi nama Zerah.” (Kejadian 38:27-30).

Peres adalah nenek moyang raja Daud dan nenek moyang Mesias, Yesus Kristus (Baca: 7 Fakta tentang Tamar di Alkitab)

 

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!